BERITA DESAINER GRAFIS 10 Trend Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2020

10 Trend Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2020


#desain grafis #2020 #tren
10 Trend Desain Grafis Yang Harus Kamu Ketahui Di Tahun 2020

Tahun baru, tren baru. Kira-kira desain grafis punya tren seperti apa sih di tahun 2020 ini? Yuk, lihat tren untuk desain grafis di tahun 2020 ini.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Desain grafis merupakan salah satu hal yang penting dalam dunia bisnis dan menjadi faktor yang mendukung bagi sebuah produk. Dengan adanya desain grafis, bisnis dapat dikembangkan dan pasarkan kepada target pasarnya. Selain itu, desain juga dapat menjadi sebuah tolak ukur untuk perkembangan jaman. Seorang desainer tentunya harus bisa melihat desain yang sedang booming saat ini agar produk atau bisnisnya dapat sejalan dengan minat orang-orang di dunia.

Desain grafis juga merupakan salah satu faktor penting sebagai penentu selera masyarakat. Untuk itu Tim Game Lab akan memberikan beberapa trens desain yang akan booming pada tahun 2020. Simak artikel ini hingga akahir untuk mengetahui tren-tren tersebut.

1. Monokrom dan warna yang kontras

"person holding black point-and-shoot camera" Photo by Matias Wong on Unsplash

Hal pertama yang perlu kalian ketahui untuk tren desain di tahun 2020 adalah adanya penggunaan warna-warna monokrom dengan warna yang krontras, serta kecenderungan warna-warna cerah yang tegas. 

Seperti kita ketahui, akhir-akhir ini sering kita lihat kecenderungan desainer grafis dan web menggunakan efek warna monokrom pada gambar yang mereka buat. Filter warna duotone ini banyak digunakan pada foto atau elemen parsial dalam komposisi grafik. Penggunaan filter ini tentunya melibatkan warna-warna yang cenderung cerah dan kontras satu sama lainnya.

Selain itu dalam segi penggunaan warna untuk ilustrasi, cenderung menggunakan warna-warna cerah yang tegas, seperti warna-warna neon. Dalam desain grafis, warna-warna cerah seperti ini sering dianggap sebagai warna futuristik yang sering dikaitakan dengan Cyberpunk, genre fiksi ilmiah yang biasanya menggambarkan kota-kota gelap, futuristik, denagn banyak neon disana-sini. 

2. Typografi unik dan custom

"National Museum of Iceland" Pict by Siggi Odds on Behance

Seperti pada tahun-tahun sebelumnya penggunaan tipografi masih menjadi sebuah hal yang penting dalam sebuah desain grafis. Demi menciptakan komposisi yang lebih modern dan inovatif, desainer akan lebih banyak menggunakan tipografi khusus yang dipersonalisasi. Tren ini diperkirakan akan berkembang di tahun 2020. 

Dalam beberapa tahu terakhir tipografi telah menjadi semakin besar, lebih bearani, dan lebih berekspresi dengan car ayang belum pernah kita lihat sebelumnya. Hal tersebut membuktikan bahwa komposisi yang ada pada teks tidak membatasi desainer untuk terus bereskperimen dalam mencari bentuk tipografi yang unik sesuai dengan personalisasi produk atau brand.

Salah satu hal yang patut menjadi perhatian adalah harga lisensi font yang semakin mahal, terutama untuk merek global. Sehingga untuk personalisasi font khusus secara profesional juga membutuhkan dana yang tidak sedikit. Membuat font khusus untuk merek atau brand bisa menjadi hal yang bagus untuklebih menonjolkan diri pada tahun 2020 ini. Tipografi khusus dan unik akan menjadi tren besar pada tahun 2020.

3. Desain Geometrik

Pict by ifourdezign on Behance

Sebagai salah satu elemen dasar dari desain grafis, garis juga dapat mengekspresikan bentuk dan sifat dari sebuah objek. Garis-garis geometris menggambarkan benda yang dibuat oleh manusia dan teknologi, sedangkan garis lengkung menggambarkan bentuk yang alami. Pada tahun 2020 ini perpaduan dari kedua garis tersebut sehingga dapat menciptakan sebuah bentuk yang indah yang terlihat tidak nyata atau tidak mungkin. Para desainer menggabungkan kedua bentuk garis-garis geometri tersebut untuk menciptakan desain yang futuristik dan misterius. Desain seperti ini akan populer pada tahun 2020.

Desain garis yang tipis, ramping, abstrak dann sulit dilakukan tanpa bantuan dari komputer, sehingga hal ini akan populer di bidang teknologi dan branding karena dapat mengekspresikan teknologi masa depan. Desain geometris mungkin akan terlihat sederhana tetapi sebenarnya membutuhkan banyak kesabaran dan waktu untuk menciptakan komposisi yang dapat membawa makna yang dapat dipahami oleh audience.

4. Isometri Ilustrasi

"ISOTYPE" Pict by Mario De Meyer on Behance

Siapa yang tidak mengenal ilustrasi atau desai isometrik? Ilustrasi atau desain isometrik sebenarnaya sudah menjadi tren selama bertahun-tahun dan tentunya ilustrasi ini sudah memiliki banyak transformasi. Ilustrasi isometrik sudah sering digunakan untuk desain infografis, desain presentasi, dan desain web. ilustrasi ini banyak disukai oleh para desainer karena kemampuan mereka untuk menggambarkan objek 3 dimensi ke dalam permukaan 2 dimensi.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, ilustrasi ini sudah mengalami berbagai macam transformasi, namun pada tahun 2020 ini transformasi yang terlihat mencolok adalah adanya animasi pada ilustrasi tersebut. Karena pada tahun 2020, animasi adalah segalanya. Ilustrasi atau desain isometrik berkembang menjadi sebuah karya visual yang sangat menarik dalam bentuk animasi. Pernyataan objek  3 dimensi ke dalam permukaan 2 dimensi terlihat menjadi lebih nyata dari sebelumnya. 

5. Simplified illustrations

"for Animals vegan bar" Picy by Baranovskaya Sasha on Behance

Ilustrasi dalam sebuah desain grafis juga menjadi salah satu poin penting untuk menyampaikan informasi, maksud dan tujuan dari karya atau produk yang dibuat. Ilustrasi digunakan sebagai aspek visual yang digunakan desainer untuk menyampaiakn maksud dan tuajuan dari karya atau produknya, sehingga biasanya ilustrasi yang dibuat disesuaikan dengan konsep dan ide untuk mengomunikasikan pesan dengan lebih baik. Ketika ilustrasi menjadi hal yang penting maka di tahun 2020, ilustrasi yang lebih simpel atau sederhana menjadi pilihan utama.

Ilustrasi yang simpel atau sederhana memungkinkan desainer untuk lebih fokus terhadap pesan yang disampaikan bukan pada seni atau gambar yang ada pada karya tersebut. Pada tahun 2020, ilustrasi yang digunakan akan lebih menjurus pada ilustrasi sederhana, sama, daan bahkan terlihat kekanak-kanakan.

6. Collages of Drawings and Photos

"Social Medial l Colapa" Pict by Alejandro Orbe on Behance

Tren yang cukup menarik dan kreatif yang akan mulai banyak digunakan pada tahun 2020 adalah kombinasi foto dan gambar atau doodle. Doodling telah mulai menjadi sebuah tren yang menyenangkan di dunia ilustrasi bahkan jauh sebelum menjadi sebuah tren seperti sekarang ini. Bisa kita ingat saat dulu masih berada di bangku sekolah kita sering mencorat-coret notebook atau buku pelajaran dengan gambar-gambar doodle, mungkin saja terinspirasi dari hal tersebut. 

Mencoret-coret, dengan tangan, kadang terlihat abstrak, tidak rapi namun menyimpan sebuah personalisasi dari desainer masing-masing. Hal ini membuat doodle satu dengan lainnya berbeda sesuai dengan coretan dari desainernya. Tahun 2020, desainer coba menggabungkan foto dan ilustrasi sederhana menggantikan bagian foto atau seakan berinteraksi dengan foto. Mirip dengan tren mencoret-coret pada buku kenangan atau pada papan mading namun dengan porsi yang jauh lebih kreatif. Sudah dipastikan tren ini akan ditemui pada tahun 2020, karena merupakan predisposisi kreativitas dan merupakan sebuah peluang besar untuk menciptakan sebuah karya yang unik.


Baca artikel lainnya : Penting! Prinsip dan Elemen Dasar Desain Yang Harus Diketahui Desainer


7. Image and Text masking

"Hermitage Culture Event" Pict by Cuberto on Behance

Gambar dan text adalah dua elemen yang penting dalam sebuah desain grafis, lalu bagaimana jika keduanya digabungkan? Sebuah tren yang akan cukup banyak dipakai oleh para desainer grafis adalah text masking pada gambar. Dengan menggunakan menyembunyikan sebagian gambar dan teks  akan terlihat cukup modern dan terlihat lebih misterius serta futuristik.

Seperti kebanyakan tren pada tahun 2020, yaitu desain yang cukup minimalis dan simpel.  Dengan menggunakan text masking tersebut dapat membantu membuat desain tersebut terlihat cukup minimalis tanpa adanya banyak gambar pada satu frame tersebut. Tidak berhenti sampai disitu, pada tahun 2020 desainer akan terus membuat komposisi gambar dan text masking hingga mencapai efek yang diinginkan.

8. Penggunaan 3D yang realistis

"Instagram - Create Don't Hate Official Posters" Pict by Leo Natsume on Behance

Salah satu hal yang akan semakin dan  semakin booming adalah penggunaan 3D. Tren ini mencapai puncaknnya pada tahun 2019 dengan berbagai karya dan penggunaan desain grafis berorientasi 3D, tentunya tidak membuat tren ini memudar dengan cepat. Berkat teknologi modern, pada tahun 2020 kita akan terus melihat komposisi 3D yang lebih mengagumkan. Selain itu agar nampak lebih kreatif, kadang desainer menggabungkannya dengan beberapa realitas lain.

 Selain komposisi karakter dalam bentuk 3D, dengan memanfaatkan teknologi modern memungkinkan kita untuk memanfaatkan penggunaan bentuk 3D untuk memberikan pengalaman nyata, seperti pada icon atau tombol aplikasi. Hal tersebut dapat menciptakan pengalaman sentuhan unyuk pengguna dan mengurangi kerataan tanpa mendominasi estetika visual layar.

9. Animasi yang berkelanjutan

Pict on Behance

Animasi pada tahun 2020 adalah hal yang harus dilakukan, karena animasi adalah salah satu cara paling ampuh untuk melakukan pemasaran terhadap brand atau produk dan menjadi semakin umum dalam dunia online. Lalu animasi seperti apa yang akan menjadi tren pada tahun 2020?

Animasi looping atau animasi yang berkelanjutan tanpa henti, adalah animasi yang akan mejadi salah satu tren yang  pada tahun 2020. Animasi jenis ini memiliki transisi yang sangat halus pada setiap adegan secara rela-time dari semua elemen-elemen yang ada pada frame tersebut. Hal ini berguna untuk membawa audience seolah-olah mereka ikut dalam dalam animasi tersebut dan berada di dalam dunia animasi tersebut secara nyata. Animasi seperti itu akan membuat audience fokus terhadap pesan dalam animasi tersebut dan secara terus-menerus mengulanginya.

10. Vintage Illustrations

"Winchester Condensed Font" Pict by Cheap Premium Graphic Resources on Behance

Percaya atau tidak, sulit melupakan tren tahun 50-an yang luar bisa dan tren berikut ini dapat membuktikannya. Tahun 50-an adalah sumber bagi para desainer, yaitu gaya vintage. Ilustrasi tinta dengan warna yang hangat dan bersahaja serta di gambar dengan tangan, hal ini diimplementasikan kembali oleh desainer saat ini pada desai web maupun grafis. Tampaknya pada tahun 2020, kita akan mengalami ledakan dari masa lalu. 

Illustrasi dengan nuansa cat air dan gambar tangan seperti ini bisa kalian terapkan pada karya atau produk yang kalian miliki. Carilah cara untuk mengintegrasikan keduanya untuk membuat  sebuahdesain atau karya yang segar atau sesuai dengan tren saat ini. Salah satu ciri dari gaya vintage ini adalah elem-elemen artistik dan digambar tangan, tentunya masih tetap menggunakan telnologi digital untuk membuatnya.

Nah itu tadi 10 tren desain grafis yang siap menyongosong tahun 2020. Baik buruknya dan benar tidaknya tren-tren tersebut adalah sebaik-baiknya kalian sebagai seorang desainer dalam melihat tren, pasar, dan peluang ada saat ini. Jika hal ini positif silahkan untukdiambil dan buang bagian negatifnya.

 


Sumber :

  • graphicmama.com
  • 99designs.com

Baca artikel menarik lainnya :

 


Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 2 Januari 2020