BERITA PERGURUAN TINGGI Matching Fund, Program Unggulan untuk Meningkatkan Kolaborasi Perguruan Tinggi dan DUDI

Matching Fund, Program Unggulan untuk Meningkatkan Kolaborasi Perguruan Tinggi dan DUDI

Oleh Ayu Larasati | Senin, 9 Mei 2022

Matching Fund, Program Unggulan untuk Meningkatkan Kolaborasi Perguruan Tinggi dan DUDI

Program Matching Fund diadakan oleh Pemerintah untuk mendorong kolaborasi antara perguruan tinggi dengan DUDI. Apa sebetulnya program Matching Fund itu?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Program Matching Fund digelar oleh Pemerintah melalui Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Kemendikbud Ristek. Program ini merupakan program pendanaan Kemendikbud Ristek yang menjadi program penguatan kolaborasi antara perguruan tinggi (PT) dengan dunia usaha dan dunia industri (DUDI).

Seperti apa program Matching Fund itu? Yuk simak penjelasan selengkapnya berikut ini.

Latar Belakang Program Matching Fund

Salah satu indikasi keberhasilan ekonomi adalah adanya hubungan dan kedekatan antara Perguruan Tinggi (baik vokasi maupun akademik), dengan Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI) sebagai mitra. Mitra yang dapat bekerja sama dengan industri meliputi Perusahaan, Industri, Startup, Lembaga Swadaya Masyarakat, BUMN, Pemerintah Daerah, Lembaga Pemerintah, UMKM, hingga Koperasi.

Sayangnya, aktivitas dan output dari Perguruan tinggi belum bisa berjalan selaras sesuai dengan perkembangan dan kebutuhan DUDI. Penerapan dan pengembangan IPTEK di Perguruan Tinggi belum menggunakan orientasi pada pemenuhan kebutuhan DUDI. Dengan kata lain, link and match antara perguruan tinggi dan DUDI masih terbatas.

Link and match antara PT dan DUDI merupakan sebuah kunci keberhasilan dari perkembangan ekonomi. Penelitian dan pembelajaran di perguruan tinggi harus dioptimalkan untuk mewujudkan inovasi yang bisa berkontribusi dengan baik pada masyarakat dan DUDI.

Dengan metode pembelajaran seperti project based learning, case method, dan product oriented learning, mahasiswa bisa mendapatkan kompetensi lulusan yang sesuai dengan kompetensi kerja. Tidak hanya itu, program ini juga menerapkan pembelajaran Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MB-KM).

Untuk itulah Program Matching Fund diluncurkan oleh Kemendikbud Ristek untuk menjembatani penerapan dan pengembangan IPTEK di Perguruan Tinggi agar berorientasi pada pengembangan dan keperluan teknologi di DUDI. Diharapkan program ini bisa menstimulasi terbentuknya ekosistem kolaborasi antara perguruan tinggi dan DUDI yang lebih erat dan lebih terakselerasi.

Baca Juga : Membangun Karir: Kolaborasi DUDI dalam Pendidikan Kejuruan (SMK)

Deskripsi dan Tujuan Program

Deskripsi Program

Matching Fund adalah program pendanaan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi yang mendorong penguatan kolaborasi antara perguruan tinggi dan DUDI. Secara bersama-sama, kolaborasi ini membentuk ekosistem Merdeka Belajar - Kampus Merdeka.

Diharapkan pada akhir program akan terbentuk kerja sama yang lebih baik dan berkelanjutan antara perguruan tinggi dan DUDI. Dengan begitu, kolaborasi ini dapat memberikan kontribusi nyata untuk menyelesaikan permasalahan nyata di lapangan. Diharapkan juga untuk bisa memberikan kontribusi pada penerapan kebijakan strategis nasional.

Skema program Matching Fund bisa dimanfaatkan untuk:

  • Melipatkan pendanaan riset pengembangan, inovasi, dan penerapan hasil penelitian di perguruan tinggi melalui pendanaan bersama pemerintah dan DUDI.
  • Membangun sinergi sharing pembiayaan riset dan pengembangan yang dilakukan perguruan tinggi dan DUDI.
  • Memperluas dan meningkatkan dampak positif kegiatan perguruan tinggi bersama DUDI mengingat kapasitas pembiayaan bagi kegiatan kerja sama tersebut akan mengalami peningkatan melalui skema pendanaan Matching Fund dari pemerintah.
  • Menstimulasi penciptaan produk atau jasa yang inovatif untuk diproduksi secara massal oleh industri dan kemudian digunakan masyarakat melalui pemberian dana dari pemerintah (matching fund) untuk menerapkan berbagai hasil penelitian yang dilakukan perguruan tinggi melalui kegiatan kerja sama dengan DUDI.
  • Menstimulasi perguruan tinggi dan DUDI untuk membangun bisnis berbasis IPTEK dan wirausaha.
  • Mendorong pengembangan Centre of Excellence atau Pusat Unggulan Teknologi bersama dengan DUDI yang bidang ilmu dan teknologinya relevan dengan kebutuhan nyata DUDI.
  • Menjadi ajang program Merdeka Belajar - Kampus Merdeka dari perguruan tinggi pengusul dan DUDI yang dapat diikuti oleh mahasiswa dari perguruan tinggi sendiri serta dapat ditawarkan ke mahasiswa perguruan tinggi lainnya.

Tujuan Program

Program Matching Fund memiliki tujuan untuk membangun ekosistem Merdeka Belajar - Kampus Merdeka sebagai sebuah cara untuk mengatasi berbagai masalah sosial, tantangan DUDI dan masyarakat, serta masalah perguruan tinggi melalui kerja sama antara perguruan tinggi dan DUDI.

Selain itu, program ini bertujuan untuk meningkatkan peran perguruan tinggi dalam membantu memecahkan masalah yang dihadapi bangsa dan meningkatkan daya saing bangsa melalui pengembangan SDM unggul dan produk unggulan yang dihasilkan.

Ingin bekerja sama dengan Gamelab dalam pelaksanaan program Kampus Merdeka? Yuk gabung dengan program Kelas Industri Gamelab! Program unggulan Gamelab ini sangat cocok untuk SMK Binaan dan Kampus Merdeka. Dengan kurikulum industri, pengajar ahli di bidangnya, dan pembelajaran yang intensif, Kelas Industri Gamelab menjadi solusi terbaik untuk mengoptimalkan potensi dan kompetensi SDM sehingga dapat memenuhi kebutuhan DUDI.

Tertarik bergabung dengan Kelas Industri Gamelab? Klik di sini sekarang!

 


Referensi:

https://edukasi.kompas.com/read/2022/04/08/090651571/program-matching-fund-kembali-dibuka-hingga-30-april-2022 

Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi. 2022. Panduan Matching Fund 2022. https://kedaireka.id/matchingfund  diakses pada 9 Mei 2022

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 9 Mei 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI