BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kenapa Sih Siswa SMK Perlu Ikut Kelas Industri/Prakerin?

Kenapa Sih Siswa SMK Perlu Ikut Kelas Industri/Prakerin?

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 14 Juni 2022

Kenapa Sih Siswa SMK Perlu Ikut Kelas Industri/Prakerin?

Kelas Industri atau Prakerin adalah kegiatan yang wajib diikuti oleh siswa SMK. Sebetulnya, kenapa sih siswa SMK harus ikutan Prakerin?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Untukmu yang sekolah di SMK, tentu diwajibkan untuk mengikuti Kelas Industri (KI) atau yang dikenal juga sebagai Praktik Kerja Industri (Prakerin). Sebenarnya, mengapa siswa SMK harus mengikuti Prakerin? Apa saja manfaat Prakerin untuk siswa SMK?

Yuk temukan jawabannya di artikel ini!

Definisi Kelas Industri

Sebelum kita beranjak ke pembahasan yang mendalam mengenai Kelas Industri/Prakerin, mari kita tengok definisinya terlebih dahulu. Kelas Industri adalah program kelas khusus yang diadakan di lingkungan sekolah. Program ini terdiri dari serangkaian kegiatan pendidikan, pembelajaran, dan pelatihan yang dilakukan di dunia usaha/dunia industri (DUDI) yang relevan dengan bidang kompetensi siswa.

Kelas ini dikelola oleh sekolah dan industri secara bersama. Iklim belajar yang diciptakan di program ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pendidikan siswa SMK agar sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Pelaksanaan Kelas Industri/Prakerin dilaksanakan dengan prosedur tertentu. Sebelumnya, siswa SMK perlu mempunyai bekal ilmu pengetahuan sesuai dengan bidang keahlian agar pelaksanaan Prakerin bisa berjalan optimal.

Apa Saja Tujuan Kelas Industri?

Berikut beberapa tujuan kegiatan Prakerin yang perlu kamu tahu:

  • Melatih siswa untuk berinteraksi atau berkomunikasi secara langsung di dunia kerja secara profesional. Dengan begitu, kamu tidak akan merasa canggung atau takut saat harus berkomunikasi dengan banyak orang di dunia kerja.
  • Mengimplementasikan dan mempraktikkan materi yang didapatkan di sekolah.
  • Membentuk etos kerja yang baik pada siswa-siswi SMK. Sehingga, menjadi seorang lulusan yang berkualitas serta memiliki kemampuan dan keahlian yang dibutuhkan dunia industri.
  • Meningkatkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan dasar yang dimiliki sesuai dengan bidang kompetensi.
  • Menambah jenis keterampilan siswa-siswi SMK, terutama skill-skill yang dibutuhkan di dunia kerja di industri agar makin siap kerja.
  • Menjalin kerja sama yang baik antara sekolah dengan DUDI yang menjadi tempat kegiatan Prakerin para siswa SMK.

Mengapa Harus Bergabung Kelas Industri?

Ada banyak manfaat yang dapat diperoleh oleh siswa SMK saat mengikuti program Kelas Industri/Prakerin. Apa sajakah itu?

Mengimplementasikan Materi yang Didapat di Sekolah

Di dalam Kelas Industri/Prakerin, siswa SMK bisa menerapkan materi yang didapatkan di sekolah selama ini. Tidak hanya materi yang sudah dikuasai, kamu juga dapat mempraktikkan apa yang dipelajari secara langsung di dunia usaha/dunia industri (DUDI).

Meningkatkan Skill

Kamu juga bisa menambah keterampilan, gagasan,  dan pengetahuan mengenai dunia usaha/dunia industri secara profesional. Tentunya, keterampilan yang kamu dapatkan saat Prakerin akan sangat berguna untuk membuatmu makin siap kerja.

Menghasilkan SDM Berkualitas

Dengan kegiatan pelatihan dan pendidikan yang intensif di Kelas Industri/Prakerin, siswa SMK dibentuk menjadi sumber daya manusia yang mempunyai keterampilan dan keahlian profesional, dengan pengetahuan yang memadai, dan etos kerja yang tinggi.

Memberikan Pengalaman Nyata

Kamu akan mendapatkan pengalaman nyata di dunia kerja/dunia industri. Tidak hanya itu, program Kelas Industri/Prakerin ini juga membentuk pola pikir siswa-siswi agar terkonstruktif dengan baik.

Melalui program ini, kamu juga dapat mengenal siswa-siswi pada pekerjaan di dunia usaha dan dunia nyata. Jadi, kamu dapat terjun ke lapangan pekerjaan secara langsung, kamu bisa lebih cepat dalam beradaptasi.

Menjalin Kerja Sama yang Baik

Dengan adanya program Kelas Industri/Prakerin, pihak sekolah dan industri bisa menjalin kerja sama yang baik. Baik itu di dunia usaha ataupun di dunia industri.

Prakerin juga memberikan keuntungan untuk pihak sekolah dan para siswa. Pertama, siswa-siswi SMK dapat dididik dan dilatih menjadi tenaga kerja yang berkualitas secara efisien. Kedua, para siswa bisa memperoleh keahlian baru yang sesuai dengan kompetensi standar industri.

Baca Juga : Siapkan Generasi Kompeten, Siswa SMK Cipta Karya Prembun Lulus On Boarding Kelas Industri

Penutup

Itu dia penjelasan lengkap mengenai Kelas Industri/Prakerin dan manfaatnya yang perlu kamu tahu. Ternyata, program ini punya peran yang sangat penting untuk mempersiapkan siswa SMK agar siap kerja dan siap wirausaha.

Kamu siswa SMK sedang mencari tempat Kelas Industri/Prakerin yang tepat?

Mencari tempat untuk Kelas Industri/Prakerin sekarang makin mudah dengan adanya Gamelab Indonesia. Pihak sekolah bisa bekerja sama dengan Gamelab untuk mengadakan Kelas Industri SMK Binaan Gamelab.

Tertarik untuk membentuk Kelas Industri bersama Gamelab? Daftar di sini yuk!

 

 


Referensi:

https://www.gamelab.id/news/379-mengenal-kelas-industri-di-smk-dan-iduka 

https://www.gamelab.id/news/132-pentingnya-sinkronisasi-penyelarasan-kurikulum-pada-kelas-industri 

https://hot.liputan6.com/read/4504552/tujuan-prakerin-bagi-siswa-smk-dan-manfaatnya 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 14 Juni 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI