BERITA KARIR Mau Kerja di Industri Kreatif? Ini Skill yang Harus Kamu Kuasai

Mau Kerja di Industri Kreatif? Ini Skill yang Harus Kamu Kuasai

Oleh Ayu Larasati | Rabu, 20 Juli 2022

Mau Kerja di Industri Kreatif? Ini Skill yang Harus Kamu Kuasai

Ingin bekerja di industri kreatif? Berikut beberapa skill yang harus kamu miliki.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Industri kreatif menjadi bidang pekerjaan yang banyak diminati dan terbilang menjanjikan. Apalagi, industri kreatif juga terbukti menyumbang perekonomian di Indonesia dengan cukup signifikan.

Apakah kamu tertarik untuk bekerja di industri kreatif? Tentu, kamu harus punya skill yang mumpuni dan sesuai dengan kebutuhan industri. Lalu, apa sajakah skill tersebut? Mari kita simak penjelasan Gamelab berikut ini!

Apa Itu Industri Kreatif?

Secara umum, industri kreatif adalah segala proses penciptaan, ide, gagasan, dan ide dari seseorang atau sekelompok orang yang bisa menghasilkan sebuah karya. Karya ini dapat menjadi produk ekonomi yang menghasilkan.

Menurut Departemen Perdagangan RI tahun 2009, berikut pengertian industri kreatif:
“Industri kreatif adalah industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan dan lapangan pekerjaan dengan menghasilkan dan memberdayakan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.”

Jenis-jenis industri kreatif di Indonesia cukup beragam. Berikut di antaranya:

  • Musik
  • Arsitektur
  • Film/video/fotografi
  • Periklanan
  • Kerajinan
  • Fashion
  • Penerbitan
  • Web desain
  • Penerbitan dan percetakan
  • Seni pertunjukan
  • Riset dan pengembangan
  • Permainan interaktif
  • Periklanan
  • Desain

Empat belas jenis industri di atas termasuk dalam industri kreatif mengingat karena tumbuhnya berbagai industri tersebut disokong oleh ide dan kreativitas yang dihasilkannya.

Skill yang Dibutuhkan di Industri Kreatif

Kamu ingin bekerja di sektor industri kreatif? Berikut skill-skill yang bisa kamu kuasai agar mudah mendapatkan kerja di industri ini.

1. Kemampuan Beradaptasi

Industri kreatif sangatlah dinamis dan diprediksi akan terus berkembang serta berubah mengikuti perkembangan teknologi. Inilah mengapa kamu harus memiliki kemampuan beradaptasi jika ingin bekerja di bidang ini.

Perubahan lingkungan berjalan secara cepat membuatmu harus beradaptasi dengan cepat pula agar kamu tidak mengalami kesulitan. Terlebih, industri kreatif terus bertumbuh dan selalu berkembang. Bahkan, industri kreatif diprediksi akan menciptakan 900.000 pekerjaan baru di tahun 2030 mendatang, menurut Pearson College London.

Hal itu mengindikasikan bahwa peluang di industri kreatif terbuka lebar. Maka, kamu perlu optimasi skill adaptasi terlebih dahulu.

2. Kemampuan Komunikasi

Kemampuan komunikasi sangat penting untuk dikuasai saat kamu ingin bekerja, terutama jika kamu ingin bekerja di industri kreatif. Jika kamu tidak memiliki skill komunikasi, kamu bisa mengalami kesulitan untuk bekerja di bidang ini.

Lalu, bagaimana cara agar bisa mengembangkan skill komunikasi, tapi belum tahu bagaimana caranya? Kamu bisa meningkatkan kemampuan komunikasi dengan bergabung di kelas Communication: Meningkatkan Keterampilan Komunikasi untuk Menunjang Karir

3. Kreativitas

Kreativitas tidak hanya berkaitan dengan kemampuan untuk menciptakan visual atau gambar. Tetapi, kreativitas berkaitan dengan imajinasi atau ide original untuk menciptakan sesuatu.

Dalam bekerja di indutri kreatif, tentu kamu harus mempunyai skill kreativitas yang mumpuni. Maksudnya, kamu harus selalu mempunyai berbagai ide menarik dan bisa dalam eksekusinya.

Ingin meningkatkan skill kreativitas? Kamu bisa mengikuti kelas Creativity: Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif.

4. Manajemen Waktu

Karena industri kreatif bersifat serba cepat, maka kamu perlu memiliki kemampuan manajemen waktu yang baik. Apalagi, kamu akan selalu dihadapkan dengan tenggat waktu pengerjaan.

Tanpa adanya kemampuan manajemen waktu yang baik, kamu cenderung akan keteteran dan tertekan dalam menuntaskan semua pekerjaan secara tepat waktu.

5. Mampu Memenuhi Deadline

Mampu bekerja dengan tenggat waktu yang ketat menjadi salah satu skill kunci yang kamu perlukan untuk bekerja di industri kreatif. Setelah diberi brief, kamu harus segera menyelesaikannya di dalam tenggat waktu yang ketat agar bisa mengikuti alur kerja.

Berkaitan dengan kemampuan manajemen waktu yang sudah dijelaskan sebelumnya, memenuhi tenggat waktu juga memerlukan kemampuan mengatur waktu yang baik.

Baca Juga : 4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

Penutup

Itu dia penjelasan Gamelab mengenai industri kreatif, mulai dari definisi hingga skill-skill yang kamu butuhkan untuk bekerja di industri kreatif. Ingin bekerja di sektor industri kreatif tapi belum punya bekal skill yang cukup?

Yuk optimasi skill digitalmu dengan ikut Akademi Gamelab. Pilih kelas yang kamu sukai dengan bidang kompetensi yang ingin kamu dalami. Yuk, segera gabung dengan kelas favoritmu di Akademi Gamelab!

 


Referensi:

https://www.gramedia.com/literasi/industri-kreatif/#Pengertian_Industri_Kreatif 

https://glints.com/id/lowongan/skill-kerja-di-industri-kreatif/#.YteD1XZBy5c 

https://blog.pearsoncollegelondon.ac.uk/2019/10/08/7-essential-skills-for-the-creative-industries/ 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Rabu, 20 Juli 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI