BERITA GAME-BASED LEARNING Serious Game Untuk Online Training

Serious Game Untuk Online Training


#game-based learning #serious game #online training #employee onboarding
Serious Game Untuk Online Training

Serious game akhir-akhir ini banyak dimanfaatkan untuk kebutuhan online training. Hal tersebut dimanfaatkan karena seriuos game banyak membawa manfaat khususnya untuk para pegawai baru.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Seperti yang kita ketahui bahwa game sudah ada sejak ribuan tahun yang lalu dan semakin banyak berkembang hingga saat ini. Game yang semula merupakan sebuah permainan untuk relaksasi atau hiburan semata terus berkembang dengan benyak manfaat salah satunya adalah pemanfaatan game untuk hal-hal yang lebih serius atau yang kita kenal dengan sebutan serious game. Serious game sendiri sebenarnya adalah pemanfaatan game untuk kebutuhan pendidikan, pelatihan karyawan, teknik mesin, kesehatan, perencanaan kota, politik, dan pertahanan nasional. 

Photo by Franck V. on Unsplash

Ya, hal tersebut sangatlah mungkin untuk dilakukan melalui pengaplikasian game. Meskipun namanya serious game, namun suasana yang dibangun tetaplah suasana fun atau menyenangkan. Yang berbeda adalah tujuan atau inti dari game tersebut, biasanya serious game yang dimanfaatkan untuk pendidikan atau pelatihan karyawan memiliki tujuan untuk meningkatkan kemampuan pemain dalam suatu bidang tertentu.

Misal dalam sebuah pelatihan karyawan dalam sebuah dealer, sebuah game simulasi digunakan untuk melatih karyawan dalam melayani pelanggan mulai dari memasuki dealer, menyapa pelanggan, menanyakan masalah pelanggan, memberikan solusi kepada pelanggan hingga akhirnya menyelesaikan tugas tersebut. Biasanya keberhasilan karyawan dalam serious game tersebut ditentukan dari banyaknya skor yang didapatkan saat bermain. 

Lalu apa saja manfaat serious game ini sehingga banyak digunakan oleh sebuah perusahaan atau instansi bahkan hingga saat ini dan semakin banyak digunakan? 


Manfaat menggunakan serious game untuk online training

Mengurangi biaya pelatihan

Hal pertama yang didapatkan dari penggunaan serious game ini adalah mengurangi biaya pelatihan. Jika pelatihan secara langsung, tanpa menggunakan game, biasanya akan memakan banyak biaya. Hitung saja untuk biaya trainer, biaya konsumsi, biaya sewa tempat, biaya transport, dan biaya-biaya lainnya yang harus ditanggung oleh sebuah perusahaan atau instansi yang melakukan pelatihan.

Berbeda jika memanfaatkan serious game untuk program pelatihan di perusahaan tersebut. Dengan menggunakan serious game perusahaan bisa menghemat banyak budget  untuk konsumsi, sewa tempat, transport, dan biaya lainnya. Hal tersebut karena di dalam game yang sudah dibangun sudah terdapat berbeagai macam kebutuhan training, bahkan perusahaan hanya perlu mengeluarkan biaya untuk sekali pembuatan game tersebut dan hanya perlu melakukan maintenance secara teratur.

Mengurangi resiko kecelakaan saat pelatihan

Pada saat training berlangsung adalah saat yang sangat rawan untuk terjadi sebuah kecelakaan. Terutama untuk pelatihan yang berhubungan langsung dengan badan, misalnya bidang kedokteran ataupun bidang konstruksi. Tingkat kecelakaan yang disebabkan oleh karyawan baru tentunya lebih tinggi jika dibandingkan dengan karyawan lama, sehingga hal ini perlu pengawasan lebih dan opsi lain untuk mengurangi resiko kecelakaan tersebut.

salah satu opsi yang bisa ditawarkan adalah dengan menggunakan game sebagai sarana pelatihan. Hal tersebut dapat mengurangi resiko kecelakaan yang dapat terjadi saat pelatihan secara langsung. Tentunya hal ini dapat menjadi sebuah kelebihan dari penggunaan serious game untuk pelatihan. 

Photo by Timothy Eberly on Unsplash

Memudahkan seseorang menyerap sebuah informasi

Pelatihan secara konvensinal yang biasanya tidak interaktif dan pasif menyebabkan kebosanan, sehingga ilmu atau informasi yang disampaikan tidak 100% sampai pada para peserta training. Tentu hal ini bisa menjadi sebuah hal yang merugikan bagi perusahaan atau instansi tersebut, dimana biaya untuk pelatihan secara konvensional tidaklah sedikit namun memiliki tingkat keberhasilan yang cukup kecil.

Untuk itu perlu adanya inovasi baru, sebuah pelatihan yang lebih interaktif dan lebih menyenangkan dimana peserta training dapat berinteraksi lebih dan tentunya dengan biaya yang lebih sedikit jika dibandingkan dengan pelatihan secara konvensional. Serious game dapat dimanfaatkan sebagai salah satu alternatif opsi yang dapat digunakan meningkatkan daya serap peserta training terhadapa informasi yang dari perusahaan karena melalui permainan interaktif dan lebih kompetitif.

Meningkatkan motivasi dan ketertarikan peserta

Melalui sebuah permainan yang menarik dapat meningkatkan ketertarikan seseorang terhadap suatu topik sehingga dapat mempermudah menyerap nilai-nilai dari topik yang kompleks dan cenderung sulit dimengerti. Hal tersebut tentunya dapat menjadi sebuah celah yang dapat digunakan oleh perusahaan untuk memasukkan beberapa isu perusahaan ke dalam game tersebut agar karyawan baru dapat mempelajari hal tersebut secara tidak langsung.

Dalam permainan serious game juga dapat meningkatkan motivasi pemain terutama saat meraih suatu penghargaan setelah mereka mencapai sesuatu dari game tersebut. Tidak dapat dipungkiri sebagai seorang manusia, mencapai suatu keberhasilan meskipun hal tersebut kecil akan menimbulkan sebuah motivasi di dalam diri untuk terus mencapai keberhasilan lainnya. Hal tersebut juga akan tertanam dalam diri karyawan baru saat menggunakan serious game saat pelatihan.


Baca artikel lainnya: Game-Based Learning Asah Logika Anak Dengan Game Marbel Petualangan Logika


Tips menggunakan Serious Game untuk Online Training

Setelah mengetahui manfaat serious game yang dapat digunakan dalam sebua perusahaan, selain dapat mengurangi biaya training dan resiko kecelakaan dalam pelatihan, juga dapat meningkatkan motivasi dan ketertarikan peserta training. Lalu bagaimana cara menggunakan serious game untuk online training tersebut? Simak tipsnya di bawah ini

Photo by Mimi Thian on Unsplash

Ajak mereka untuk melihat sejarah perusahaan

Pertama yang perlu diketahui oleh para peserta pelatihan adalah bagaimana sejarah dan budaya dalam perusahaan tersebut. Hal tersebut dapat berguna untuk membangun kerjasama dan pemikiran yang sejalan antara perusahaan dengan karyawannya. Kembangkan game yang menyoroti hal tersebut, setiap perjalanan perusahaan, sehingga karyawan baru dapat melihat cara kerja dan bagaimana perusahaan berkembang selama bertahun-tahun. Ceritakan pula apa yang perusahaan perjuangkan dan apa yang membuat perusahaan tersebut berbeda dengan yang lainnya.

karyawan yang merasakan koneksi dengan perusahaan akan cenderung bertahan lebih lama di dalam perusahaan. Mereka juga akan menjadi perwakilan yang efektif  perusahaan terhadap para pelanggan yang berarti adalah peningkatan laba bagi perusahaan.

Tur virtual untuk karyawan baru

Karyawan baru perlu mengetahui bagaimana mereka bekerja, beristirahat, dan melakukan kebiasaan lainnya di perusahaan. Dengan serious game hal tersebut memungkinkan merkea untuk dapat menjelajahi lingkungan kerja mereka sebelum melangkah langsung pada ruang fisik di perusahaan. 

karyawan baru dapat melakukan penjelajahan pada bagian-bagian runag perusahaan sehingga hal ini dapat menyebabkan peningkatan produktivitas dan alokasi sumber daya yang lebih efektif. seperti misalnya, manajer tidak perlu melakukan tur kepada karyawan secara langsung, mereka sudah mempelajarinya dalam tur virtual sebelumnya. Namun, masih tetap penting untuk memberikan panduan dan menjawab beberapa pertanyaan dan bantuan tambahan terhadap karyawan baru.

Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash

Buat skenario Hari pertama masuk kerja

Dalam serious game, kita dapat mengembangkan skenario hari pertama saat masuk kerja. Hal ini bisa menjadi sebuah alternatif bagi karyawan baru yang baru pertama kali masuk kerja dan belum mengenal siapapun  dan bahkan sedikit tidak yakin dengan kinerja mereka. Kita dapat mengurangi tekanan pada karyawan baru dengan membuat sebuah skenario hari pertama masuk kerja di dalam serious game tersebut. 

Skeneario tersebut berfungsi sebagai orientasi untuk karyawan baru. karyawan baru berkesempatan untuk masuk sistem, berinteraksi dengan rekan kerja, dam melakukan kegiatan lainnya. Tambahkan pula fitur untuk tanya jawab pada instruktur apabila karyawan baru mengalami kesulitan saat menjalankan tur virtual tersebut. Melalui fitur ini kitajuga dapat menilai kinerja mereka sehingga mereka dapat menyelesaikan masalah apa pun sebelumnya.

Jelajahi Perangkat Kerja dengan Bebas dan Tanpa Resiko

Pengetahuan tentang perangkat kerja juga dapat menjadi salah satu hal yang harus ditampahkan ke dalam sebuah serious game untuk online training. Pengetahuan ini sangat penting karena karyawan baru biasanya akan khawatir dengan segala perangkat yang harus mereka gunakan.

Bagaimana menggunakan perangkat tersebut? Apa saja yang harus dilakukan dengan perangkat tersebut? Pertanyaan-pertanyaan tersebut biasanya akan muncul pada karyawan baru. Meskipun sebelumnya mereka telah mempelajari perangkat yang serupa, namun berbeda tempat berbeda pula cara pemakaian dan perawatan perangkat-perangkat tersebut. 

Untuk itu, karyawan baru perlu merasakan pengalaman nayata tersebut di dalam serious game sebelum akhirnya menggunakannya langsung di perusahaan. Dengan demikian karyawan baru tidak akan merasa khawatir dengan penggunaan perangkat atau alat pada perusahaan tersebut.

Pamerkan Produk dan Layanan Perusahaan

Product knowledge merupakan hal yang penting untuk karyawan baru ingat. Hal tersebut merupakan salah satu hal menantang yang harus karyawan baru lakukan, menghafal semua produk perusahaan. Melalui serious game kita dapat menjadikan pengetahuan produk tersebut kedalam pelatihan online yang menyenangkan dan menarik dengan mengubahnya menjadi sebuah cerita interaktif.

Pada setiap level dalam serious game yang dibuat dapat ditampilkan produk-produk baru dan mereka dapat mengeksplorasi manfaatnya. karyawan harus mencocokkan produk dengan pelanggan yang ideal. Sampai tahap ini, serious game dapat membantu meningkatkan keterampilan layanan dan penjualan, serta kemampuan komunikasi karyawan baru.

Desain Game Pelatihan Online dengan Level yang Berurutan

Desain game yang akan digunakan untuk trainign online dengan menyediakan level-level yang berurutan. Mulai dari level terendah dari pengenalan hingga level yang kompleks dalam sebuah bidang di perusahaan tersebut. Para karyawan baru yang mengikuti pelatihan online ini harus menyelesaikan level sebelumnya sebelum akhirnya bisa melanjutkan ke level yang lebih tinggi. Pastikan saja ada keterpaduan dengan desain game yang serius. Dengan kata lain, permainan yang serius harus terasa seperti pengalaman pelatihan online yang lengkap daripada pelajaran yang terputus-putus.

Dalam pembuatan seriuos game ini, libatkan manajer departemen, penyelia, karyawan terpilih agar dapat memberikan umpan balik yang berharga. Pihak-pihak tersebut dapat menawarkan  wawsan tentang apa yang perlu diketahui oleh karyawan baru dan apa saja yang perlu dilakukan oleh karyawan baru. Ini akan membantu perusahaan untuk menghindari kelebihan kognitif dan mengurangi kegelisahan pada hari pertama bekerja yang ditakuti karyawan baru.


Tren Serious Game dalam Online Training

Setelah mengetahui tip untuk membuat pelatihan secara online dengan memanfaatkan serious game, hal selanjutnya yang perlu diketahui adalah tren serious game yang bisa dijadikan sebagai media online training atau pelatihan online. Tentu saja beberapa hal yang harus ada dalam sebuah game seperti, hal yang menyenangkan, relaksasi, bebas melakukan kesalahan, mendapat keterampilan baru, meningkatkan daya ingat, kecepatan pemrosesan, belajar melakukan banyak tugas, mencapai sebuah keberhasilan. Dengan mengetahui unsur yang ada pada sebuah game mari kita lihat seperti apa tren serious game yang cocok untuk online training.

Photo by Billetto Editorial on Unsplash

Menjadikan Game Tersebut Terasa Adaptif

Setelah mengadopsi serious game ke dalam strategi pelatihan dalam perusahan, tentunya memerlukan waktu untuk berkembang. Game yang bertujuan untuk meningkatkan keterampilan komunikasi, empati dan sosialisasi di antara karyawan, perlu adanya tambahan opsi  lain untuk jalur pembelajaran yang dipersonalisasi. Jika hala tersebut tidak dilakukan dan game berjalan secara berulang dan membosankan sehingga dapat menyebabkan penurunan hasil pelatihan. Untuk jalur personalisasi ini mudah untuk disesuaikan dengan mengetahui kebutuhan karyawan baru dan tujuan pembelajaran pribadi. 

Media sosial sebagai sarana belajar mandiri

Media sosial merupakan salah satu hal yang sangat penting akhir-akhir ini, sehingga mendorong para pengembang game untuk membuat jalan pada beberapa media sosial. Banyak penggunana media sosial berbicara tentang game yang menarik di media sosial, sehingga hal tersebut menjadi sebuah tren di lingkungan pengguna media sosial.

Dengan adanya tren tersebut meningkatkan pengakuan serious game. Hal tersebut digunakan oleh perusahaan dan pengembang game untuk menciptakan jenis percakapan baru di media sosial, dimana belajar mandiri melalui Elearning dan Game-based Learning adalah tujuan yang serius. Hla tersbut dapat terjadi apabila kita membangun game yang benar-benar menyenangkan dan mendidik.

Meningkatkan Keterlibatan Pemain

Serious game tidak dapat bertahan lama jika tidak bersifat fleksibel dan tidak dapat berkembang. Maksudnya disini adalah game tersebut memiliki batasan atau ada sebuah bingkai yang menghambatnya untuk berkembang, sehingga performa dalam game tersebut akan terasa membosankan. Perlu adanya keterlibatan pada tahap perencanaan dan pengembangan harus memiliki arah yang fleksibel dan mudah untuk berkembang. 

Pemain lebih cenderung menyukai game yang memiliki orientasi yang sesuia dengan tujuannya, serta memungkinkan mereka utnuk mendapatkan keterampilan dan pengetahuan yang baru pada bidangnya masing-masing itu adalah sebuah hal yang menguntungkan bagi mereka. Sehingga, pemilihan platform yang akan digunakan untuk pelatihan ini haruslah menggunakan teknologi yang baru atau platform yang support dengan teknologi-teknologi baru.

Photo by Patrick Schneider on Unsplash

Pengakuan Internasional

Serious game sebagai salah satu alternatif program yang diadopsi oleh banyak organisasi maupun perusahaan di seluruh dunia. Organisasi dan perusahaan tersebut mengadopsi gamifikasi kerena memiliki banyak manfaat di dalamnya, seperti produktivitas meningkat, peningkatan laba perusahaan, ruang kerja yang lebih santai, peningkatan keterampilan karyawan.

Dalam industri internasional, menggunaan game-based learning menjadi sebuah hal yang sangat efisien untuk digunakan sebagai sarana pelatihan karyawan dan dengan cepat menjadi favorit banyak perusahaan di dunia. Hal tersebut berkembang sejalan dengan berkembangnya budaya pada masing-masing perusahaan yang semakin efektif dan efisien yang selaras dengan perkembangan teknologi saat ini.

Penggunaan Lintas Industri

Penggunaan serious game tidak hanya terbatas pada beberapa bidang industri saja, namun saat ini pemanfaatan serious game sudah banyak digunakan di berbagai industri seperti kesehatan, olahraga, politik, konstruksi, dealer, marketing, dan masih banyak lagi. Bahkan untuk proses perekrutan karyawan baru di berbagai perusahaan di dunia ini sudah memanfaatkan metode ini. Tentunya karena banyak pengalaman menyenangkan, belajar melalui permainan yang interaktif dan mendapatkan keterampilan baru.

Game serious digunakan sebagai metode microlearning, yang memiliki manfaat besar bagi pertumbuhan perusahaan. Karena melalui serious game memungkinkan karyawanbelajar melalui kesalahan ataupun kegagalan tanpa takut akan mengalami kegagalan nyata. Hal ini juga dapat membantu karyawan untuk menemukan solusi dari berbagai masalah yang dihadapi dalama perusahaan. Dengan menggunakan percabangan alur yang dapat memperdalam pengetahuan pemain serta memberikan perspektif baru. Oleh karen itu berbagai skenario yang mungkin terjadi harus tersedia, terutama dalam bidang yang cukup fatal dan berhubungan dengan keselamatan harua memiliki skenario yang lebih kompleks, agar karyawan mendapatkan berbagai pengalaman baru yang mungkin akan terjadi saat mereka sudah bekerja langsung.


Kesimpulan

Dari beberapa hal yang telah di jabarkan di atas dapat diambil kesimpulan bahwa apapun perusahaan atau instansi yang di gunakan, memberikan pengalaman nyata pada karyawan baru sangatlah penting. Pemaparan yang detail dibutuhkan agar karyawan baru dapat bekerja dengan baik dan benar. Namun, sebagai salah satu dari perusahaan atau instansi tersebut tentunya harus memikirkan resiko dan biaya yang harus di gunakan, sehingga dapat menggunakan opsi lain yaitu melalui serious game yang dirancang sedetail mungkin menampilkan budaya dan proses kerja di perusahaan tersebut secara fleksibel dan memiliki banyak alur yang berbeda sesuai dengan keaadaan saat ini.

 


Sumber:

  • elearningindustry.com

 

Baca artikel menarik lainnya:

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 22 Januari 2020