BERITA GAMIFICATION Gamifikasi Untuk Promosi Unik Meningkatkan Brand Awareness

Gamifikasi Untuk Promosi Unik Meningkatkan Brand Awareness


#gamifikasi #kampanye #brand awareness
Gamifikasi Untuk Promosi Unik Meningkatkan Brand Awareness

Menaikkan brand awarness menjadi hal yang penting bagi sebuah perusahaan terutama untuk meningkatkan loyalitas pelanggannya. Melalui gamifikasi, kampanye untuk menaikkan brand awarness suatu perusahaan bisa menjadi lebih menarik.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Gamifikasi, seperti yang kita ketahui dapat diimplementasikan pada berbagai macam jenis kegiatan. Salah satunya adalah dalam bidang kampanye atau promosi. Dengan menggunakan gamifikasi, penerapan konsep permainan pada jenis kegiatan tersebut dapat mempengaruhi perilaku konsumen. 

Implementasi gamifikasi dapat berupa sistem poin yang dapat ditukar dengan hadiah atau voucher dari brand yang melakukan promosi tersebut. Biasanya hal ini untuk menumbuhkan motivasi konsumen untuk terlibat secara lebih dalam dengan aktivitas yang dilakukan oleh brand tersebut. 

Peningkatan fitur-fitur permainan seperti leader's board, sistem poin dan completion bars yang di manfaatkan dalam berbagai aktivitas penjualan digital, dengan kemajuan dalam bidang teknologi dapat membuka lebih banyak peluang.

Begitu juga dengan dewasa ini, penggunaan gamifikasi sebagai sarana untuk meningkatkan peluang tercapainya tujuan dari suatu kegiatan dengan cara yang lebih menyenangkan dan interaktif. Metode gamifikasi semakin populer dan bahkan banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan besar, baik untuk meningkatkan kualitas pegawai, meningkatkan standar pelayanan dalam perusahaannya, bahkan dapat digunakan untuk promosi produk yang mereka produksi.

Manfaat gamifikasi dalam kampanye

Gamifikasi, pada sebuah perusahaan selain digunakan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia atau pegawainya, juga dapat digunakan dalam hal kampanye produk maupun perusahaan. Kampanye produk yang dilakukan dapat berupa event atau program yang melibatkan elemen permainan dalam kegiatan tersebut. Beberapa manfaat dalam penggunaan gamifikasi sebagai salah satu strategi marketing  dalam sebuah perusahaan dapat di lihat di bawah ini.

Meningkatkan loyalitas konsumen

Pict by Freepik.com

Konsumen memiliki peranan prnting bagi kelangsungan sebuah perusahaan. Dimana jumlah konsumen yang loyal terhadap sebuah brand dari perusahaan tertentu menjadi kunci kesuksesan suatu brand tersebut. Mempertahankan jumlah konsumen dengan tingkat loyalitas yang tinggi bukanlah hal yang mudah. Perusahaan harus selalu melakukan strategi dan inovasi baru terhadap brand yang mereka miliki.

Mencari perhatian apalagi kepercayaan konsumen bukanlah hal yang mudah. Perusahaan haruslah mengerti apa yang konsumen inginkan dan perlukan. Setelah mendapatkan perhatian dari konsumen tentunya yang kita inginkan adalah kepercayaan dan loyalitas dari konsumen terhadap brand atau produk kita. Hal tersebut yang kemudian harus dilakukan oleh perusahaan, membuat sebuah inovasi baru atau sebuah event yang dapat meningkatkan loyalitas konsumen.

Gamifikasi bisa menjadi salah satu strategi untuk meningkatkan loyalitas konsumen. Dengan menggunakan elemen permainan tentunya akan menarik lebih banyak simpati dari konsumen. Misalnya dengan melakukan sisitem poin untuk minimal pembelian dan poin terbanyak akan mendapatan hadiah tertentu. Dengan event yang digelar secara rutin, secara tidak sadar akan meningkatkan loyalitas konsumen untuk terus melakukan transaksi gunak mendapatkan poin tersebut.

Meningkatkan pendapatan perusahaan

Pict by Freepik.com

Menggunakan strategi gamifikasi untuk menarik konsumen bisa menjadi sebuah hal yang cukup berpengaruh saat ini. Banyak dari perusahaan atau brand yang mengimplementasikan gamifikasi untuk menambah daya tarik dengan mengadakan event atau promo. 

Sebuah perusahaan dapat memberikan event promo dimana konsumen harus menyelesaikan sebuah misi tertentu untuk mendapatkan produk atau sebuah voucher untuk digunakan berbelanja di produk perusahaan. Adanya hadiah dan tantangan tersebut tentunya akan menarik perhatian dari orang-orang yang sebenarnya belum menjadi konsumen untuk kemudian menjadi konsumen produk dari perusahaan tersebut.

Mengenalkan brand pada calon konsumen

Pict by Freepik.com

Bagi sebuah perusahaan baru atau sebuah perusahaan melakukan launching terhadap produk barunya akan melakukan event seperti promo ataupun potongan harga. dengan syarat dan ketentuan yang berlaku. Adapula yang melakukan event besar dimana perusahaan mengumpulkan target konsumen mereka dalam satu event tersebut untuk diajak melakukan perlombaan atau challenge dengan hadiah yang menarik dan tentunya berhubungan dengan produk yang sedang mereka launching.

Hal tersebut tidak lain adalah untuk menarik konsumen untuk melihat produk baru mereka, mengenalkan produk baru kepada konsumen, dimana konsumen dapat menconya secara langsung dan dapat melakukan transaksi pembelian di event tersebut. Hal yang selalu menarik adalah tantangan dan hadiah diakhir sesi.

Meningkatkan brand awareness

Hal lain dari gamifikasi adalah dapat meningkatkan brand awareness bagi sebuah brand atau sebuah produk. Brand awareness adalah kesadaran konsumen dalam mengenali atau mengingat sebuah merek, nama, dan juga logo dari sebuah brand tertentu. Penggunaan gamifikasi untuk menaikkan brand awareness juga menjadi salah satu hal yang patutu diperhitungkan.

Semakin banyak melakukan interaksi dengan pelanggan baik melalui event secara langsung, kampanye, maupun event promo secara digital, semakin banyak pula perhatian dari konsumen. Namun perlu diingat juga bahwa konten gamifikasi yang dilakukan sesuai dengan target market, atau calon konsumen. Pemilihan konten dalam gamifikasi tentunya juga akan berpengaruh terhadap hasil dari kegiatan tersebut.


Baca artikel lainnya: Gamifikasi Manajemen Sumber Daya Melalui Game Simulasi


Gamifikasi meningkatkan brand awarness dan loyalitas konsumen

Tidak dapat dipungkiri, bahwa gamifikasi memang memiliki dampak yang cukup signifikan terhadap peningkatan brand awareness suatu merek. Beberapa perusahaan besar dunia bahkan sudah sering memakai gamifikasi mulai dari untuk strategi marketing, meningkatkan pendapatan, hingga untuk menguatkan brand awareness mereka. 

Kampanye pembayaran kredit untuk travelling 

Traveling Paylatter Pict by Freepik.com

Dilansir dari CMO, seperti yang terjadi pada salah satu perusahaan keuangan non-banking terbesar di India, Bajaj Finserv. Awal tahun ini perusahaan tersebut melakukan sebuah kampanye #TravelonEMI, dimana hal ini untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah-masalah umum seperti pembayaran traveling. Perusahaan ini mempromosikan solusi untuk pembayaran traveling dengan menggunakan salah satu produk kredit mereka.

Hal yang mereka lakukan untuk membuat pengalaman kampanye itu menarik adalah dengan memberikan tiga tantangan pada peserta. Pada tantangan yang diberikan, pertama peserta harus menjawab pertanyaan umum tentang destinasi wisata favotir mereka. Kemudian pada tantangan kedua, peserta harus memecahkan teka-teki berupa gambar destinasi tempat wisata favorit mereka. Tantangan ke tiga, peserta diminta untuk menebak langit yang paling ideal untuk destinasi wisata mereka.

Hasilnya dari penggunaan gamifikasi tersebut, kampanye Bajaj Finserv mendapatkan lebih 74,6 juta tayangan di microsite dan tagar #TravelonEMI berada pada trending Twitter selama lebih dari 5 jam. Di akhir sesi, dua pemenang dari challenge tersebut mendapatkan hadiah dari perusahaan tersebut.

Hal tersebut bisa menjadi salah satu contoh penggunaan gamifikasi untuk meningkatkan brand awareness suatu merek. Keberhasilan kampanye yang dilakukan oleh Bajaj Finserv dengan menggunakan gamifikasi dan penyesuaian konten yang disesuaikan dengan target market mereka akan membawa dampak yang lebih baik. Target market semakin mengenal perusahaan tersebut bahkan mungkin saja hingga berlanjut menjadi konsumen dari perusahaan tersebut.

Event collectable toys untuk meningkatkan jumlah pembelian

Beda perusahaan dapat berbeda pula strategi gamifikasi yang digunakan. Salah satu contoh yang dapat kita ambil adalah pada bidang penjulan di supermarket, dimana gamifikasi dapat digunakan sebagai sarana yang efektif untuk dapat terhubung dengan konsumen dan membangun loyalitas mereka. 

Collectable toys Coles, Pict by gggiraffe.blogspot.com

Dilansir dari CMO, kita ambil contoh dua supermarket raksasa di Australia, Coles dan Woolworths, yang sempat terjadi perang promo untuk barang collectible. Pada tahun 2018, Coles meluncurkan event koleksi "Little Shop", dimana dalam event ini konsumen bisa mengumpulkan 30 replika mini barang belanjaan ikonik Australia, dengan menawarkan satu mainan koleksi untuk setiap pembelanjaan di Coles sebesar $30. Hal tersebut membawa minat yang besar bagi warna di negara tersebut. 

Collectable toys Woolworths, Pict by Woolworths

Begitu pula dengan Woolworths, event yang mereka jalankan serupa dengan Coles. Jika Coles menawarkan koleksi mini barang belanjaan, Woolworths membuat event untuk mengumpulkan seri "Lion King Ooshie", yang terdiri dari 24 koleksi mainan singa, yang saat itu bersamaan dengan rilis film Lion King.

Kita bisa lihat, banyak antusiasme dari program ini, bahkan ada beberapa item langka yang akhirnya di jual mahal. Banyak konsumen yang berkompetisi untuk mendapatkan item yang belum dimiliki ataupun item langka dari koleksi tersebut. Tidak bisa dipungkiri, terdapat perasaan puas ketika kita mendapatkan hadiah, dan terkadang beberapa orang akan terus bermain hingga mendapatkan hadiah yang mereka inginkan. Hal ini tentunya kan terus mendorong konsumen untuk berbelanja agar mendapatkan item yang ia inginkan.

Itulah yang membuat gamifikasi dalam sebuah strategi marketing dan penjualan diperlukan untuk dapat meningkatkan penjualan, meingkatkan pendapatan perusahaan, meningkatkan brand awareness, dan meningkatkan loyalitas dari konsumen. Dengan menggunakan konsep gamifikasi yang tepat, maka bisa dipastikan tujuan dari gamifikasi tersebut dapat tercapai dengan baik.

 


Sumber:

  • cmo.adobe.com

Baca artikel menarik lainnya:


Febriani Sari

Febriani Sari

Selasa, 4 Februari 2020