BERITA PRESS RELEASE Uji Publik Kurikulum Merdeka SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo Tahun Ajaran 2023/2024

Uji Publik Kurikulum Merdeka SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo Tahun Ajaran 2023/2024

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 25 Juli 2023

Uji Publik Kurikulum Merdeka SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo Tahun Ajaran 2023/2024

PT Educa Sisfomedia Indonesia atau Gamelab Indonesia bersama SMK Binaan SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo, Yogyakarta telah menggelar uji publik kurikulum merdeka yang juga dihadiri oleh pengawas SMK.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pada kamis, 6 Juli 2023, GAMELAB.ID bersama dengan salah satu SMK Binaan yakni SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo, D.I. Yogyakarta menggelar uji publik kurikulum merdeka tahun pelajaran 2023/2024. Uji publik ini dihadiri oleh beberapa pihak, termasuk pengawas SMK.

Kerja Sama GAMELAB.ID dan SMK Ma'arif 1 Nanggulan

SMK Ma'arif 1 Nanggulan merupakan Sekolah Menengah Kejuruan di bawah yayasan LP Ma'arif NU. Sekolah kejuruan ini memiliki visi Bertaqwa-Berkarakter-Siap Bekerja. PT Educa Sisfomedia Indonesia (Gamelab Indonesia) telah menjalin kerja sama dengan SMK Ma'arif 1 Nanggulan Kulon Progo, Yogyakarta sejak tahun 2021.

Peresmian kerja sama sebagai mitra industri antara GAMELAB.ID dan SMK Ma'arif 1 Nanggulan tepatnya dilaksanakan pada Kamis, 24 Juni 2021 lalu. Sejak saat itu, GAMELAB.ID dan SMK Ma'arif 1 Nanggulan berkomitmen mengembangkan dan mengimplementasikan kurikulum berbasis industri.

Adapun kerja sama ini khususnya terjalin untuk jurusan Teknik Komputer Jaringan (TKJ) dengan fokus yang dipelajari yakni kompetensi Game Developer. Kerja sama dengan Gamelab Indonesia dilakukan agar lulusan SMK Ma'arif 1 Nanggulan siap menghadapi dunia industri 4.0 di tengah gempuran teknologi yang semakin maju.

Terbaru, GAMELAB.ID bersama SMK Ma'arif 1 Nanggulan telah melaksanakan uji publik kurikulum merdeka untuk tahun pelajaran 2023/2024.

Uji Publik Kurikulum SMK Maarif 1 Nanggulan - GAMELAB.ID

Kegiatan Uji Publik Kurikulum Merdeka SMK Ma'arif 1 Nanggulan

Saat ini, Indonesia menerapkan Kurikulum Merdeka yang pertama kali diluncurkan pada tahun 2022. Kemendikbud melalui website resminya menjelaskan bahwa kurikulum merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi.

Pada kurikulum merdeka, guru bebas memilih perangkat ajar sesuai dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik. Berubahnya kurikulum pendidikan menjadi kurikulum merdeka membuat SMK Ma'arif 1 Nanggulan sebagai SMK Binaan GAMELAB.ID perlu melakukan sinkronisasi kurikulum dengan kurikulum industri.

Setelah sinkronisasi kurikulum berbasis industri dan kurikulum SMK Binaan dilakukan, pada 6 Juli 2023 diselenggarakan uji publik kurikulum merdeka SMK Ma'arif 1 Nanggulan. Acara uji publik kurikulum merdeka ini dimulai dengan pembukaan dan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya serta lagu Mars Ma'arif NU.

Pihak-pihak yang hadir dan berkesempatan memberi sambutan pada acara uji publik kurikulum merdeka ini antara lain Kepala SMK Ma'arif 1 Nanggulan, Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif NU D.I Yogyakarta, Pengawas Sekolah, Tim PBD PT. Astra Daihatsu Motor Korwil DIY, dan perwakilan PT. Educa Sisfomedia Indonesia (Gamelab Indonesia).

Hadirnya pengawas SMK dalam uji publik kurikulum adalah untuk melakukan monitoring ketercapaian program maupun rencana program yang ada di sekolah. Setelah sambutan-sambutan dari pihak terkait, perwakilan sekolah diwakili Galih Septyan, S.Pd.T memaparkan kurikulum SMK Ma'arif 1 Nanggulan yang telah disinkronisasi dengan kurikulum industri  GAMELAB.ID.

Uji Publik Kurikulum SMK Maarif 1 Nanggulan - GAMELAB.ID

Review Kurikulum SMK Ma'arif 1 Nanggulan

Beberapa pihak yang memberikan review, masukan, serta saran atas kurikulum SMK Ma'arif 1 Nanggulan antara lain Kepala Balai Dikmen Kabupaten Kulon Progo, Pengawas Sekolah Ketua Lembaga Pendidikan Ma'arif NU D.I. Yogyakarta, Tim PBD PT. Astra Daihatsu Motor Korwil DIY, dan perwakilan pihak PT. Educa Sisfomedia Indonesia (Gamelab Indonesia).

Pada akhirnya, kegiatan uji publik kurikulum merdeka yang turut dihadiri oleh pengawas SMK ini dilakukan untuk mengesahkan atau menetapkan kurikulum yang akan digunakan selama satu tahun proses pembelajaran.

Uji Publik Kurikulum SMK Ma'arif 1 Nanggulan - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengenal Proses Kreatif Desain Game, SMK PGRI 1 Jombang Kunjungan Industri ke GAMELAB

Penutupan

Acara ini menunjukkan semangat kolaborasi antara GAMELAB.ID dengan SMK Binaan SMK Ma'arif 1 Nanggulan, Kulon Progo, Yogyakarta. Kepala sekolah SMK Ma'arif 1 Nanggulan serta pengawas SMK yang hadir juga memberikan tanggapan positif terkait kerja sama kelas industri SMK Binaan yang dilakukan antara GAMELAB.ID dan SMK Ma'arif 1 Nanggulan, Kulon Progo.

Diharapkan, kerja sama ini dapat menghasilkan lulusan SMK yang kompeten yang sesuai dengan kebutuhan industri masa kini. GAMELAB.ID juga berharap agar sekolah kejuruan lainnya menyusul melaksanakan program SMK Binaan. Jika sekolah Anda ingin menciptakan lulusan industri yang kompeten di era digital seperti SMK Ma'arif 1 Nanggulan, silahkan hubungi kami di link berikut.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 25 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI