BERITA PRAKERJA Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis, Lengkap Dengan Gambar!

Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis, Lengkap Dengan Gambar!

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 10 Agustus 2023

Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis, Lengkap Dengan Gambar!

Inilah langkah-langkah atau cara membuat akun Instagram Bisnis untuk meningkatkan penjualan produk dan layanan. Pemasaran digital melalui Instagram Bisnis bisa menjangkau audiens lebih luas.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Cara membuat akun Instagram Bisnis - Persaingan pemasaran di era digital semakin ketat, banyak pelaku bisnis memanfaatkan sosial media dalam upaya mendongkrak penjualan mereka.

Salah satu sosial media yang digandrungi sebagai platform pemasaran digital adalah Instagram. Untuk memaksimalkan bisnis yang dijalani, Instagram memiliki opsi beralih ke akun bisnis, yang kemudian dikenal dengan Instagram bisnis.

Instagram Bisnis adalah

Instagram Business atau Instagram Bisnis adalah fitur yang disediakan oleh Instagram untuk kebutuhan bisnis dan pemasaran. Siapa saja bisa menggunakan fitur ini, tidak terbatas pada mereka yang ingin membuka toko saja.

Profesi-profesi lain seperti content creator, pemilik blog, pengusaha, influencer, dan sebagainya bisa menggunakan Instagram Bisnis sebagai bagian dari strategi marketing mereka.

Dengan Instagram Bisnis, pengguna memiliki akses ke berbagai alat dan analisis yang dirancang khusus untuk membantu merek, pengusaha, dan pemasar dalam membangun kehadiran mereka secara online dan mengelola interaksi dengan audiens mereka. 

Fitur-Fitur Instagram Bisnis

Sama seperti Instagram biasa, Instagram Bisnis juga bisa digunakan secara gratis. Namun, ada beberapa fitur Instagram Bisnis yang tidak dimiliki oleh Instagram biasa. Berikut di antaranya:

Insight

Fitur Insight hanya bisa ditemui di Instagram Bisnis. Fitur ini memudahkan pelaku bisnis untuk bisa menganalisis capaian akun mereka dalam bidang pemasaran. Hal-hal yang bisa kamu lihat lewat fitur Insight yakni Accounts Reached, Accounts Engaged, Total Followers, dan Content You've Shared.

Pada fitur Content You've Shared, kamu juga bisa melihat history postinganmu dalam kurun waktu 2 tahun terakhir, satu tahun terakhir, 6 bulan terakhir, 3 bulan terakhir, 30 hari terakhir, atau 7 hari terakhir. Dengan melihat insight postingan sebelumnya, kamu bisa memperhitungkan hal-hal apa yang perlu dievaluasi, dijaga, atau ditingkatkan.

Ad Tools

Ad Tools atau yang disebut juga sebagai Instagram Ads, merupakan bagian dari fitur Instagram Bisnis yang memungkinkan kamu melakukan iklan/promosi secara berbayar di Instagram. Promosi berbayar ini dapat menampilkan konten pemasaran milikmu di feed, stories, dan reels Instagram kepada audiens yang lebih luas dan lebih tersegmentasi.

Fitur Ad Tools pada Instagram memungkinkan pengiklan untuk membuat, mengelola, dan mengoptimalkan iklan berbayar. Konten yang bisa kamu promosikan dapat berupa apa saja, mulai dari foto, video, stories, dan sebagainya.

Kamu juga bisa mengatur target berdasarkan lokasi, demografi, dan minat serta perlikau audiens. Dengan pengaturan yang tepat dan targeting yang akurat, fitur Ad Tools pada Instagram Bisnis dapat membantu meningkatkan kesadaran merek, menarik lalu lintas ke situs web, dan bahkan meningkatkan penjualan produk atau layanan yang kamu tawarkan.

Instagram Shopping

Instagram Shopping adalah fitur yang disediakan Instagram Bisnis agar penjual lebih mudah memasarkan prpduknya. Fitur ini juga memudahkan audiens saat hendak berbelanja, sebab audiens bisa melakukan transaksi melalui foto dan video yang dibagikan penjual ke Instagram.

Pengguna bisa memilih tombol "Lihat Produk" untuk mengeksplorasi daftar produk dan layanan yang dijual di Instagram. Fitur Instagram Shopping juga memungkinkan penjual menghubungkan katalog produk mereka dan menautkan sistus web toko online mereka, sehingga calon pelanggan semakin dimudahkan sebelum proses konversi terjadi.

Langkah-Langkah Membuat Akun Instagram Bisnis

Untuk membuat akun Instagram Bisnis, kamu bisa memulainya dengan membuat akun Instagram biasa. Berikut langkah-langkah membuat akun Instagram Bisnis.

1. Buat Akun Instagram Biasa

Jika belum memiliki akun, silahkan mendaftarkan akun terlebih dulu. Cukup masukkan email atau nomor handphone. Kemudian, isikan nama kamu atau nama bisnis yang akan kamu gunakan.

Lanjutkan dengan membuat nama pengguna dan password untuk Instagram. Jika sudah, kamu akan diarahkan untuk mengisikan data pribadi seperti tanggal lahir. Jika mendaftar menggunakan email, kamu akan mendapatkan kode informasi lewat inbox email tersebut. Isikan kodenya dan akun Instagram kamu sudah jadi.

2. Masuk ke Halaman Profil

Jika akun sudah dibuat, silahkan masuk ke halaman profil. Klik pada ikon pengaturan, lalu masuk ke bagian pengaturan dan privasi.

Langkah 2. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID

Lanjutkan dengan memilih "Akun dan Profil".

Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID

3. Beralih ke akun profesional

Setelah masuk ke halaman pengaturan dan privasi, kamu bisa menggulir layar ke bawah. Di sana, kamu akan menemukan pilihan "Beralih ke akun profesional".

Langkah 3. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID

4. Pilih Bisnis yang akan Kamu Jalankan

Setelahnya, kamu akan dihadapkan pada dua pilihan, yakni "Kreator" dan "Bisnis". Pilih salah satunya sesuai dengan tujuan yang ingin kamu capai. Misalkan kamu ingin berjualan, maka pilih lah "Bisnis". Lalu klik selanjutnya.

Langkah 4. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID

5. Pilih Kategori Bisnis

Kamu akan diminta untuk memilih kategori bisnis. Silahkan pilih sesuai dengan bisnis atau layanan yang akan kamu jalankan di Instagram. Jika sudah, klik "Selesai".

Langkah 5. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID
6. Tampilkan Info Kontak dalam Profil

Setelahnya, kamu akan diberikan pilihan untuk menampilkan info kontak dalam profil. Hal ini bertujuan agar calon pelanggan dapat langsung menghubungi produk atau layanan yang kamu tawarkan. Isikan sesuai yang ingin kamu tampilkan dan klik "Selesai".

Langkah 6. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID

7. Akun Instaram Bisnis Sudah Siap

Apabila seluruh langkah sudah diikuti, maka akun Instagram Bisnismu sudah siap dijalankan. Silahkan klik "Selesai" satu kali lagi. Kamu juga bisa menambahkan situs web dan bio di profil Instagram bisnismu.

Langkah 7. Membuat Akun Instagram Bisnis - GAMELAB.ID
Cara Mengoptimalkan Instagram Bisnis

Setelah akun Instagram Bisnis milikmu jadi, kamu perlu melakukan optimasi untuk menjangkau audiens yang lebih luas. Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengoptimalkan akun Instagram Bisnis antara lain:

1. Isi Profil dengan Lengkap

Pastikan kamu telah melengkapi informasi bisnis yang akurat. Sertakan nama merek, deskripsi singkat, alamat situs web, alamat fisik (jika ada), dan informasi kontak. Hal ini akan membantu audiens mengenal merekmu dengan lebih cepat.

2. Gunakan Foto Profil yang Menarik

Poto profil adalah visual yang penting yang dapat memikat calon pelanggan. Gunakan logo atau gambar yang berkaitan dengan merek bisnis yang kamu jalankan sebagai foto profil. Pastikan gambar tersebut memiliki kualitas yang baik dan terlihat menarik.

3. Optimalkan Bio

Tulis bio yang singkat, informatif, dan mencerminkan nilai atau kepribadian merek bisnismu. Sertakan kata kunci yang relevan yang dapat membantu orang menemukan akun tersebut.

Ingat, kamu hanya bisa memiliki satu tautan dalam bio. Gunakan tautan ini secara strategis, misalnya tautkan ke situs web toko online atau halaman khusus yang ingin kamu promosikan.

4. Gunakan Highlight Stories

Gunakan fitur Highlight untuk menyoroti cerita penting atau konten produk yang ingin kamu tampilkan secara permanen di atas profil. Hal ini akan memudahkan calon pelanggan mengetahui informasi-informasi seputar produk atau konten yang ingin kamu tonjolkan.

5. Konten dan Hashtag

Perhatikan konten yang kamu buat. Postinglah konten yang menarik, berkualitas, dan konsisten dengan merek bisnismu. Gunakan berbagai format seperti foto, video, dan cerita untuk menjaga variasi konten.

Gunakan pula hashtag yang relevan dan populer dalam postingan tersebut. Jangan gunakan terlalu banyak, tetapi pastikan hashtag-hashtag tersebut masih berhubungan dengan konten kamu.

6. Manfaatkan fitur Instagram Bisnis

Manfaatkanlah fitur Instagram Bisnis seperti Instagram Shopping dan Instagram Ads. Fitur Instagram Shopping sangat cocok untuk menandai produk dalam postingan dan cerita Instagrammu. Hal ini memudahkan pelanggan untuk membeli produk langsung dari platform Instagram.

Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan iklan berbayar. Hal ini tidak wajib dilakukan, namun dalam kondisi tertentu, kamu bisa mempertimbangkannya. Misalnya, apabila kamu memiliki anggaran lebih, kamu bisa  memanfaatkan iklan berbayar untuk meningkatkan jangkauan dan keterlibatan.

7. Berinteraksi dengan Pengikut

Lakukan interaksi dengan pengikut di Instagram. Hal ini bisa dilakukan dengan cara membalas komentar dan menanggapi pesan. Upaya semacam itu akan membantu membangun hubungan yang lebih erat dengan audiens Instagram.

8. Temukan Strategi Konten yang Tepat

Teruslah mengeksplorasi strategi konten dan temukan yang paling tepat untuk menjalankan Instagram Bisnis-mu. Rencanakan dan atur postingan dengan strategi konten yang konsisten. Pertimbangkan untuk memposting tentang berbagai topik yang relevan dengan bisnis yang kamu jalankan.

Baca Juga : Cara Cepat Menaikan Followers Instagram, Berikut Tipsnya!

Penutup

Itulah penjelasan mengenai apa itu Instagram Bisnis, fitur-fitur yang dimiliki, cara membuat, hingga cara mengoptimalkannya. Instagram bisnis bisa kamu gunakan untuk meningkatkan kesadaran merek, menjangkau audiens lebih luas, dan bahkan meningkatkan penjualan. Strategi yang tepat akan mendorong bisnis menjadi semakin dikenal, sehingga nilai konversi juga bertambah.

Apabila kamu memiliki bisnis yang sedang dijalankan, tidak ada salahnya untuk menggunakan Instagram sebagai platform pemasaran digital. Jangan khawatir kebingungan, kamu bisa mulai belajar soal pemasaran Instagram dengan mengikuti kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram di GAMELAB.ID. Kelas ini dikhususkan untuk peserta prakerja ya.

Yuk, daftar ke kelasnya dan tingkatkan penjualanmu. Silahkan menghubungi link ini untuk bertanya, memperoleh informasi lebih lanjut, dan mendaftar ke kelasnya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 10 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI