BERITA PRAKERJA Instagram Marketing, Mengapa Penting?

Instagram Marketing, Mengapa Penting?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 2 Agustus 2023

Instagram Marketing, Mengapa Penting?

Instagram marketing atau pemasaran melalui sosial media Instagram, banyak dilakukan oleh penyedia produk, jasa, maupun layanan untuk mempromosikan merek mereka. Memangnya, mengapa Instagram marketing itu penting?

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Instagram marketing, menjadi salah satu pemasaran yang banyak dilakukan oleh brand baik besar maupun kecil. Sudah menjadi rahasia umum bahwa Instagram merupakan media sosial yang sangat populer di dunia.

Dewasa ini, penggunaan Instagram tidak lagi terbatas untuk urusan pribadi saja. Banyak brand/merek berlomba-lomba menjual produk mereka melalui platform dengan pengguna aktif mencapai lebih dari 1 miliar orang per bulannya ini.

Sekilas Tentang Instagram Marketing

Instagram marketing merupakan upaya pemasaran digital melalui platform media sosial Instagram guna mempromosikan produk, jasa, maupun layanan dari suatu bisnis agar dapat menjangkau audiens yang lebih luas. Untuk mendapatkan hasil yang baik dalam pemasaran Instagram, kamu perlu menemukan startegi marketing yang tepat.

Apakah kamu ingin menembus pasar secara organik, atau mempromosikan brandmu secara berbayar melalui ads? Hal-hal semacam itu perlu kamu pikirkan. Beberapa strategi marketing Instagram yang bisa dicoba yakni menetapkan target audiens, memperhatikan kualitas konten, menggunakan hashtag, memanfaatkan fitur Instagram, beralih ke akun Instagram bisnis, dan lain-lain.

Mengapa Instagram Marketing Penting?

Instagram pada dasarnya menjadi ladang potensial bagi bisnis untuk memperluas jangkauan mereka. Mempromosikan merek, produk, atau layanan melalui Instagram dianggap efektif oleh para pelaku bisnis.

Hubspot.com dalam rilisnya menerangkan bahwa 90% pengguna Instagram setidaknya mengikuti satu akun bisnis. Sementara lebih dari 89% pengguna Instagram menemukan produk atau layanan baru melalui platform tersebut.

Masih dikutip dari sumber yang sama, disampaikan pula bahwa 59% pengguna Instagram menghabiskan setidaknya 7 jam per minggu untuk menjelajahi konten, berinteraksi dengan teman, dan berinteraksi dengan merek yang mereka suka.

Ini menunjukkan bahwa audiens Instagram tertarik dengan pemasaran yang dilakukan di media sosial Instagram. Berikut ulasan lebih lanjut mengenai mengapa Instagram marketing dianggap penting.

Instagram Marekting, Mengapa Penting?- GAMELAB.ID

1. Jangkauan Luas

Dengan jumlah pengguna aktif yang begitu banyak, Instagram memberikan jangkauan yang sangat luas bagi bisnis untuk lebih dikenal, yang mana hal ini meningkatkan peluang untuk menemukan konsumen baru.

Jika konten yang disajikan menarik, Instagram akan membantu produk dan layanannya berkembang bahkan secara global. Calon pelanggan yang bisa ditemui di Instagram juga tidak terbatas pada lokasi geografis tertentu. Mereka bisa berasal dari latar belakang yang bervariasi.

2. Engagement Tinggi

Instagram memfasilitasi fitur-fitur seperti like, comment, dan share, yang dapat meningkatkan interaksi pengguna dengan merek. Hal ini akan berdampak positif pada engagement yang tinggi.

Sebaiknya, kamu memperhatikan engagement rate yang didapatkan pada setiap postingan. Hal ini bisa membantumu mengukur seberapa aktif dan efektif interaksi pengguna dengan konten yang kamu bagikan. Mengetahui engagement rate juga akan membantumu meningkatkan visibilitas keberhasilan bisnismu di Instagram.

3. Target Audiens yang Tepat

Meski dapat menjangkau audiens yang luas dari berbagai latar belakang dan letak geografis yang tak terbatas, namun Instagram juga menyediakan berbagai alat yang memungkinkan bisnis untuk menyusun target audiens yang sesuai dengan demografi, minat, dan perilaku tertentu. Instagram memungkinkan konten yang relevan ditampilkan kepada calon pelanggan yang potensial.

4. Visualisasi Produk yang Baik

Platfotm ini memiliki keunggulan utama, yakni sifat visualnya yang menarik dan terlihat nyata. Dengan kata lain, Instagram berfokus pada konten visual. Kamu bisa menampilkan berbagai bentuk citra visual melalui postingan Instagram untuk mempromosikan bisnismu.

Di antaranya yakni lewat postingan foto, video, maupun grafis. Konten visual yang menarik dan mengikuti tren akan membantumu meningkatkan peluang konversi.

5. Meningkatkan Brand Awareness

Memanfaatkan Instagram untuk pemasaran dapat membantu meningkatkan brand awareness alias kesadaran merek yang dapat membentuk basis konsumen maupun penjualan.

Maksud dari kesadaran merek adalah sejauh mana sebuah brand/merek dikenal oleh konsumen. Jangkauan Instagram yang luas akan membawa merek-mu kepada para calon pelanggan baru.

Kesadaran merek mampu mendorong konsumen untuk loyal pada produk atau jasa yang kamu promosikan. Singkatnya, brand awareness mampu menciptakan kepercayaan konsumen terhadap kita.

Beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesadaran merek di Instagram adalah dengan menata feed membentuk identitas merek, membuat konten testimoni konsumen, membuat konten yang informatif dan komunikatif, membuat konten yang mengikuti perkembangan tren, membuat giveaway, menawarkan promo, dan masih banyak lainnya.

Instagram Marekting, Mengapa Penting? - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Tersembunyi, Strategi Email Marketing yang Meningkatkan Penjualan!

Penutup

Itulah penjelasan mengenai mengapa Instagram marketing penting untuk bisnis. Berdasarkan pemaparan di atas, dapat disimpulkan bahwa pemasaran melalui Instagram alias Instagram marketing meningkatkan peluang konversi, memperbanyak penjualan, dan memperoleh pendapatan.

Fitur-fitur yang disediakan Instagram juga memungkinkan terjadinya interaksi langsung antara merek dengan pengikut melalui komentar, pesan langsung (Direct Message), dan story Instagram.

Setelah membaca penjelasan di atas, apakah kamu tertarik untuk mencoba melakukan pemasaran di Instagram? Jangan khawatir jika tak tahu caranya, kamu bisa mulai belajar mengenai pemasaran Instagram dengan mengikuti kelas prakerja Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram di GAMELAB.ID.

Yuk, daftar ke kelasnya sekarang. Kamu bisa bertanya melalui link ini untuk mendaftarkan diri dan mendapatkan informasi yang lebih lengkap.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 2 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI