BERITA PRESS RELEASE Launching Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Launching Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 10 Agustus 2023

Launching Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID

Selamat! SMK Al Islam Surakarta dan Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) resmi menjalin kerja sama program Kelas Industri Web Frontend Development.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pada Rabu, 9 Agustus 2023, berlokasi di Surakarta, Jawa Tengah, Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID) meresmikan kerja sama Kelas Industri dengan SMK Al Islam Surakarta.

Launching Kelas Industri SMK Al Islam dan GAMELAB.ID

Acara launching Kelas Industri SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID berjalan dengan lancar. Bapak/Ibu guru pengajar juga menyambut baik kerja sama tersebut. Seperti yang kita tahu, berkembangnya teknologi di era digital kreatif turut mempercepat laju sektor industri.

Di saat persaingan tenaga kerja semakin sesak, Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) melakukan upaya-upaya untuk menciptakan lulusan yang kompeten. Salah satu upaya itu adalah membangun kerja sama dengan industri.

Itulah yang terjadi antara SMK Al Islam Surakarta dan GAMELAB.ID dalam acara launching kelas Industri pada Rabu, 9 Agustus 2023. SMK Al Islam Surakarta diketahui memiliki jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ).

Launching Kelas Industri SMK Al Islam - GAMELAB.ID

Guna memaksimalkan keterampilan pada bidang tersebut, SMK Al Islam menjalin kerja sama program Kelas Industri Web Frontend Development dengan GAMELAB.ID. Kegiatan launching ini dibuka dengan pembacaan ayat suci Al Quran yang diwakili oleh OSIS SMK Al Islam Surakarta.

Selanjutnya, acara dilanjurkan dengan sambutan-sambutan dari pengurus Yayasan Perguruan Al Islam, Kepala Sekolah SMK Al Islam Kurnia Aprianto, S.Pd, juga sambutan dari perwakilan GAMELAB.ID Septi Yuliana, S.Ds selaku Manager Program.

Launching Kelas Industri SMK Al Islam - GAMELAB.ID

Setelah menyampaikan sepatah dua patah kata dalam sambutannya, acara launching dilanjutkan dengan penandatanganan piagam kerja sama antara SMK Al Islam dan GAMELAB.ID. Bapak Kurnia Aprianto, S.Pd dan Septi Yuliana, S.Ds mewakili masing-masing pihak menandatangani perjanjian tersebut.

Launching Kelas Industri SMK Al Islam - GAMELAB.ID

Peninjauan Laboratorium Kelas Industri

Pasca-kerja sama Kelas Industri resmi terjalin, kegiatan dilanjutkan dengan meninjau lab Kelas Industri di SMK Al Islam Surakarta. Wali murid tampak turut menyaksikan proses pembelajaran siswa.

Guru-guru juga terlibat secara langsung dalam proses pembelajaran tersebut. Pembelajaran di Kelas Industri GAMELAB.ID mengajarkan para siswa untuk aktif dan saling memotivasi.

Launching Kelas Industri SMK Al Islam - GAMELAB.ID

Kelas Industri GAMELAB.ID menggunakan Learning Management Sistem (LSM) yang meningkatkan keefektifan proses belajar di industri digital saat ini. Selain itu, penggunaan LSM juga bertujuan agar para siswa familiar dengan penggunaan teknologi yang semakin berkembang pesat.

Kelas Industri Web Frontend Development

Web Frontend Development memiliki prospek kerja sebagai seorang Web Frontend Developer, yakni profesi di bidang pengembangan web yang berfokus untuk melakukan pembuatan dan pemeliharaan antarmuka pengguna pada sebuah website. Ini merupakan satu dari sekian banyak profesi yang bisa digeluti oleh lulusan TKJ.

  1. Sebagai informasi, seorang Web Frontend Developer memiliki sejumlah tugas, di antaranya:
  2. Mengimplementasikan desain yang dibuat UI/UX desainer.
  3. Mengembangkan antarmuka pengguna responsif
  4. Menyusun animasi dan efek visual menggunakan CSS dan JavaScript untuk menciptakan antarmuka yang menarik dan interaktif
  5. Mengoptimasi kinerja website, memastikan loading time yang cepat agar memberikan pengalaman pengguna yang lancar.
  6. Melakukan pengujian dan debugging pada website yang dikembangkan.
  7. Meningkatkan aksesibilitas antarmuka website.
  8. Melakukan pemeliharaan dan peningkatan website yang sudah jadi.
  9. Selalu memantau perkembangan dan tren teknologi terbaru untuk meningkatkan inovasi antarmuka website.
  10. Melakukan analisis dan memahami kebutuhan pengguna website.
  11. Dll.

Dengan dijalinnya kerja sama Kelas Industri Web Frontend Development, diharapkan siswa-siswi SMK Al Islam mendapatkan gambaran yang lebih luas tentang profesi tersebut.  Mulai dari tugas dan tanggung jawabnya, hingga apa saja yang dilakukan oleh Web Frontend Developer. Kelas Industri juga membuat siswa-siswi SMK Al Islam menjadi lebih siap untuk berkecimpung di bidang pengembangan website.

Launching Kelas Industri SMK Al Islam - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

Penutup

GAMELAB.ID berharap Kelas Industri Web Frontend Development yang terjalin dengan SMK Al Islam Surakarta agar berjalan lancar sesuai kurikulum sekolah dan kurikulum industri. Ketatnya persaingan mencari kerja memang harus dipersiapkan dengan cara mengasah keterampilan.

Adapun, Kelas Industri GAMELAB.ID memiliki tiga bilihan bidang, yaitu teknologi, kreatif dan multimedia, serta bisnis dan manajemen. Pada bidang teknologi, cakupan kompetensinya meliputi Web Frontend Development, Web Backend Development, Games Development, dan Apps Programming.

Sedangkan kompetensi Kelas Industri bidang kreatif GAMELAB.ID meliputi 2D Design dan 3D design. Terakhir, kompetensi Kelas Industri bidang Bisnis dan Manajemen yang dimiliki GAMELAB.ID adalah Digital Administration, Digital Marketing, dan Digital Accounting.

Jika kamu ingin memaksimalkan keterampilan di bidang-bidang yang sudah disebutkan di atas, kamu bisa mengajak sekolahmu untuk melakukan kerja sama dengan GAMELAB.ID dalam program Kelas Industri. Yuk, jalin kerja sama dengan kami dengan cara menghubungi

 link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 10 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI