BERITA CREATIVE, DESAIN & MULTIMEDIA Mengenal Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern

Mengenal Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 27 Juli 2023

Mengenal Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern

Peran desain grafis dan desain multimedia sangat penting dalam strategi pemasaran modern. Dua bidang ini menonjolkan kreativitas dan menciptakan konten yang menarik.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Saat ini, bidang desain grafis dan desain multimedia banyak dilirik dan diminati. Kedua bidang ini memang memiliki persamaan, yakni berfokus pada kreativitas visual, yang mana hal ini sangat relevan dengan perkembangan zaman.

Dua bidang ini juga memiliki peran yang penting dalam pemasaran modern. Di era di mana dominasi media sosial, internet, dan teknologi yang semakin menguat, kreativitas visual menjadi salah satu presentasi yang bisa memenangkan persaingan bisnis.

Artikel ini akan mengulas mengenai desain grafis dan desain multimedia, perbedaan, serta perannya di dalam pemasaran modern.

Apa Itu Desain Grafis dan Desain Multimedia?

Berikut merupakan pengertian dari deain grafis dan desain multimedia:

Pengertian Desain Grafis

Desain grafis adalah bentuk seni visual yang berfokus pada menciptakan elemen grafis untuk menyampaikan pesan, informasi, atau ide dengan jelas dan menarik. Desain grafis lebih berfokus pada elemen dua dimensi seperti gambar, teks, dan ilustrasi.

Untuk menciptakan karya desain grafis, seorang desainer grafis membutuhkan perangkat lunak, seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, inDesign, Canva, dan perangkat desain grafis lainnya.

Pengertian Desain Multimedia

Di sisi lain, desain multimedia adalah seni yang menggabungkan elemen-elemen multimedia seperti gambar, teks, video, suara, dan interaktivitas dalam suatu karya. Desain multimedia cenderung lebih berfokus pada elemen tiga dimensi dan interaksi dengan pengguna.

Karya jenis ini juga melibatkan banyak aspek, seperti kreativitas, psikologi pengguna, teknologi, estetika, dan pastinya tujuan komubnikasi lewat elemen-elemen multimedia. Untuk menciptakan karya multimedia, dibutuhkan beberapa teknologi perangkat lunak.

Seperti perangkat lunak desain grafis, animasi, pengolah suara seperti Adobe Audition, software pengeditan video, hingga melibatkan pemrograman seperti HTML, JavaScript, dan CSS untuk membuat elemen yang interaktif dalam desain multimedia.

Perbedaan Desain Grafis dan Desain Multimedia

Meski serupa, ada beberapa hal yang membedakan antara desain grafis dan desain multimedia. Berikut penjelasannya.

1. Fokus Utama

Fokus utama dalam penciptaan desain grafis adalah pada estetika dan komunikasi visual. Seni ini memiliki tujuan yakni menciptkan karya yang menarik, serta efektif dalam menginformasikan pesan kepada target audiens.

Sedangkan fokus utama dalam desain multimedia adalah pada interaktivitas pengguna dan pengalaman pengguna. Desain multimedia bersifat dinamis. Konten-konten dalam desain multimedia cenderung menyesuaikan perkembangan zaman dan selera audiens.

Karya ini menggunakan elemen suara, video, dan interaktivitas agar memberikan hasil akhir yang menarik, sehingga memberikan pengalaman pengguna yang baik.

2. Media Penyampaian

Perbedaan kedua antara desain grafis dan desain multimedia terletak pada media penyampaiannya. Desain grafis biasanya disampaikan dalam bentuk cetak atau digital, seperti poster, brosur, majalah, buklet, situs web, atau media sosial.

Sementara desain multimedia lebih cenderung digunakan dalam platform digital yang lebih interaktif, seperti situs web interaktif, presentasi multimedia, aplikasi, permainan komputer, atau animasi.

3. Interaktivitas

Interaktivitas dalam desain grafis dan desain multimedia juga tidak sama. Desain grafis cenderung bersifat statis dan tidak memiliki interaksi langsung dengan pengguna. Biasanya, pesan atau informasi disampaikan dalam bentuk yang telah ditentukan sebelumnya, entah itu brosur, web, atau lainnya.

Disinggung sebelumnya, desain multimedia bersifat lebih dinamis karena menekankan pada interaktivitas dengan pengguna. Elemen multimedia memiliki kendali atas bagaimana informasi disajikan atau diterima. Dalam hal ini, pengguna bisa berinteraksi dengan elemen-elemen multimedia.

4. Penggunaan Teknologi

Desain grafis biasanya menggunakan perangkat lunak pengolah gambar dan desain grafis seperti Adobe Photoshop, Illustrator, atau CorelDRAW. Sedangkan desain multimedia memanfaatkan berbagai perangkat lunak dan teknologi yang lebih kompleks, seperti perangkat lunak pengolahan video, animasi, pengembangan web, dan pengalaman virtual.

Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern - GAMELAB.ID

Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern

Desain grafis dan desain multimedia memiliki peran yang penting dalam kesuksesan pemasaran modern. Berikut beberapa peran desain grafis dan desain multimedia dalam pemasaran modern.

1. Menciptakan Identitas Merek yang Kuat

Identitas merek yang kuat sangat penting untuk membedakan bisnis dari pesaingnya di tengah pemasaran modern. Identitas merek dan nilai-nilai yang diusung oleh suatu perusahaan dapat dikomunikasikan melalui desain grafis.

Lewat terciptanya sebuah logo yang menarik, tipografi yang khas, hingga palet warna yang tepat, elemen desain grafis bisa menjadi jendela utama dalam menciptakan identitas merek yang mengesankan dan mudah diingat.

2. Meningkatkan Interaksi dengan Pengguna

Pada dasarnya, desain grafis dan desain multimedia bisa saling melengkapi satu sama lain. Jika dalam pemasaran modern desain grafis memberikan identitas yang kuat, maka desain multimedia akan meningkatkan interaksi dengan pengguna.

Konten multimedia yang berdaya tarik dapat memancing perhatian pengguna dan mendorong mereka untuk berinteraksi lebih lanjut dengan konten tersebut. Mereka bahkan bisa saja melakukan konversi.

Jika kamu sukses menciptakan konten multimedia yang kreatif dan relevan dalam kampanye pemasaran, maka bukan hanya keterlibatan pengguna yang meningkat, hubungan antara merek dan konsumen juga bisa menguat.

3. Menyampaikan Pesan dengan Lebih Efektif

Dalam dunia yang semakin padat informasi, penyampaian pesan yang jelas dan efektif menjadi penting. Desain grafis dan desain multimedia menjadi solusi yang tepat untuk menyampaikan pesan dengan cara yang lebih menarik dan mudah dipahami oleh target audiens.

Tak jarang, komunikasi menggunakan teks membuat pengguna merasa bosan, bahkan sebelum mereka selesai membacanya. Sebaliknya, gambar dan video bisa mengomunikasikan pesan dalam waktu yang lebih singkat daripada teks, dan tentu saja tidak membosankan. 

4. Meningkatkan Pengalaman Pengguna

Pengalaman pengguna yang positif adalah kunci dalam membangun loyalitas konsumen. Desain grafis dan desain multimedia dapat digunakan untuk meningkatkan pengalaman pengguna dalam berinteraksi dengan situs web, aplikasi, atau media sosial perusahaan.

Penggunaan animasi, grafis yang menarik, dan navigasi yang intuitif adalah contoh bagaimana sebuah desain dapat meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan.

5. Memenangkan Persaingan di Sosial Media

Agaknya tidak salah jika dikatakan dunia saat ini sedang dikontrol oleh sosial media. Pengguna sosial media aktif yang membludak di dunia membuat informasi tersebar dengan sangat cepat. Sosial media juga menjadi platform yang paling efektif dalam pemasaran modern.

Di tengah persaingan yang sengit di sosial media, desain grafis dan desain multimedia dapat menjadi kunci untuk menonjolkan konten-konten dengan tujuan pemasaran. Menciptakan kreativitas konten yang sesuai selera pasar menggunakan desain grafis dan desain multimedia terbukti efektif dalam meningkatkan interaksi pengguna.

Terlebih jika pengguna sosial media membagikan konten yang kita buat kepada pengguna lainnya. Ini berarti konten desain grafis dan desain multimedia tak hanya meningkatkan kesadaran merek, tapi juga dapat menjangkau pasar lebih luas.

6. Mendukung Strategi Pemasaran Konten

Bagaimanapun, pemasaran modern tak bisa lepas dari konten, atau sebut saja sebagai pemasaran konten. Desain grafis dan desain multimedia dapat membantu memperkaya konten yang dibuat, menjadikannya lebih menarik, dan lebih berdampak. Kamu bisa menghidupkan kontennmu dengan menciptakan infografis, ilustrasi, dan video-video menarik.

7. Memengaruhi Keputusan Pembelian

Sekali lagi, promosi menggunakan gambar dan video jelas lebih menarik perhatian ketimbang promosi pemasaran menggunakan teks yang panjang. Bahkan gambar dan video yang singkat dapat mewakili keseluruhan isi pesan yang ingin disampaikan kepada audiens.

Desain grafis dan desain multimedia dapat membantu menghadirkan produk dan layanan perusahaan dengan lebih menarik lewat gambar produk yang berkualitas tinggi, video demo produk, dan presentasi yang dinamis.

Kreativitas konten semacam ini akan membantu calon konsumen mendapatkan gambaran yang lebih baik tentang produk atau layanan yang ditawarkan. Pada akhirnya konten desain grafis dan desain multimedia akan memengaruhi keputusan pembelian mereka.

Desain Grafis dan Desain Multimedia dalam Pemasaran Modern - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mepertajam Ilmu Desain Grafis, SMK Ma'arif Sudimoro Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Desain grafis dan desain multimedia menjadi salah satu pendorong kesuksesan pemasaran modern. Strategi membuat konten yang menarik menggunakan gambar dan video untuk dibagikan ke sosial media dan situs web saat ini telah dilaksanakan oleh banyak perusahaan.

Upaya pemanfaatan desain grafis dan desain multimedia dapat menciptakan identitas merek yang kuat, meningkatkan interaksi dengan pengguna, dan menyampaikan pesan dengan lebih efektif.

Tentu hal ini membantu para pengusaha atau pelaku bisnis kecil, menengah, maupun perusahaan besar memenangkan persaingan bisnis di industri yang kompetitif. Jika kamu sedang memiliki bisnis dan ingin melakukan promosi yang menarik serta efektif, gunakanlah desain grafis dan desain multimedia.

Jangan khawatir, kamu bisa mempelajarinya di kelas design dan multimedia di GAMELAB.ID. Yuk, daftar kelasnya dan ciptakan promosi menarik di sosial media. Kamu bisa menghubungi link ini jika memiliki pertanyaan seputar kelas GAMELAB.ID ya!


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 27 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI