BERITA PRAKERJA Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023, Kapan Paling Dekat?

Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023, Kapan Paling Dekat?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 30 Agustus 2023

Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023, Kapan Paling Dekat?

Ketahui jadwal gelombang Pelatihan Prakerja 2023 paling dekat. Segera persiapkan dirimu agar lolos di pendaftaran gelombang seleksi Prakerja berikutnya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Calon peserta yang belum sempat mendaftar atau gagal di gelombang sebelumnya, bisa mendaftar pada gelombang pelatihan Prakerja 2023 dalam waktu dekat. Kapan pendaftaran seleksi kembali dibuka?

Program Prakerja 2023

Program Prakerja sebenarnya bukan program kemarin sore, sebab sudah berjalan sejak April 2020. Pada mulanya, program ini menggunakan skema bantuan sosial (bansos) hingga tahun 2022.

Skema bansos memiliki misi ganda, yakni memberikan bantuan sosial sekaligus meningkatkan kompetensi angkatan kerja. Tetapi, per tahun 2023 program Prakerja menggunakan skema normal yang hanya fokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja.

Mulanya, penerima bantuan sosial akibat Covid-19 tidak diperbolehkan mengikuti program Prakerja. Namun sejak difokuskan untuk meningkatkan keahlian, penerima bantuan pemerintah seperti Bantuan Produktif Usaha Mikro (BPUM), Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Subsidi Upah (BSU), kini bisa mendaftar kepesertaan Prakerja 2023.

Manfaat pelatihan Prakerja 2023 juga meningkat, yakni dengan insentif mencapai Rp4,2 juta dengan rincian bantuan pelatihan Rp3,5 juta, insentif mencari kerja Rp600 ribu, dan insentif pengisian survei yang diberikan dua kali dengan sekali pemberian Rp50 ribu atau total Rp100 ribu. Dengan begitu, insentif Prakerja 2023 yang bisa dicairkan adalah Rp700 ribu.

Bukan itu saja, program Prakerja 2023 juga memberikan opsi pelatihan luring (offline). Sebelumnya, karena pandemi yang merebak di seluruh Nusantara, prakerja hanya bisa dilaksanakan secara daring (online). Namun kini opsi luring ditambahkan.

Pelatihan online Prakerja 2023 juga sudah tidak berbentuk video, melainkan berupa webinar secara langsung dengan minimal waktu pelatihan ditingkatkan menjadi 15 jam.

Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023

Gelombang Prakerja 2023 akan dibuka setiap dua minggu sekali sejak pendaftaran sebelumnya ditutup. Adapun gelombang terakhir yang dibuka adalah gelombang 60 yang sudah ditutup pada Senin, 28 Agustus 2023.

Mengacu pada gelombang-gelombang yang sudah lalu, maka pendaftaran Prakerja Gelombang 61 akan dibuka sekira awal September 2023. Informasi pasti mengenai jadwal gelombang pakerja bisa dicek melalui Instagram resmi @prakerja.go.id.

Tentunya, kamu harus melakukan persiapan sebelum melakukan pendaftaran seleksi Prakerja 2023. Terlebih, antusiasme masyarakat dalam mengikuti Program Prakerja sangat tinggi, sementara keberhasilan lolos atau tidaknya tergantung pada dirimu sendiri.

Syarat Mendaftar Prakerja 2023

Apabila ingin mengikuti seleksi gelombang prakerja, ada syarat-syarat yang harus dipenuhi, antara lain:

  • Seorang WNI yang memiliki kartu identitas e-KTP.
  • Minimal umur 18 tahun, maksimal 64 tahun.
  • Bukan seorang anak kuliahan atau sekolahan, dengan kata lain sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  • Merupakan orang yang mencari kerja, pekerja/buruh korban PHK, pekerja/buruh yang butuh meningkatkan keahlian dan kompetensi, pekerja/buruh yang dirumahkan, bukan pekerja/buruh yang menerima upah, termasuk UMKM.
  • Bukan ASN, pejabat negara, anggota DPRD, TNI, Kades dan perangkatnya, Polri, atau pejabat BUMN/BUMD.
  • Dalam 1 KK hanya 2 NIK yang menerima Kartu Prakerja.

Pastikan persyaratan-persyaratan tersebut terpenuhi agar peluang lolos Kartu Prakerja semakin tinggi. Kamu juga harus memastikan data-data saat melakukan pendaftaran sudah benar.

Sebab jika tidak, peluang lolos seleksi gelombang Prakerja 2023 menjadi sempit. Kebanyakan peserta yang tidak lolos juga disebabkan karena adanya persyaratan yang lalai atau tidak terpenuhi. Misalnya salah mengisi NIK, dan lain-lain.

Cara Daftar Prakerja 2023

Setelah mengetahui persyaratannya, kamu perlu mengetahui langkah-langkah dalam melakukan pendaftaran seleksi Program Kartu Prakerja. Berikut cara daftar Prakerja 2023:

  • Kunjungi situs prakerja.go.id
  • Daftarkan akun Prakerja dengan memasukkan email dan kata sandi.
  • Lakukan verifikasi dengan cara mengisikan NIK dan KK.
  • Tulis informasi tanggal lahirmu.
  • Lengkapi data diri dengan teliti, lalu unggah e-KTP.
  • Lakukan scan wajah, ikuti langkah-langkah yang diminta, seperti mengedipkan mata, dll.
  • Kamu akan diminta mengisi dan menjawab beberapa pertanyaan.
  • Jika sudah, verifikasi nomor handphone yang aktif digunakan.
  • Verifikasi email. Pastikan alamat email aktif.
  • Isi pertanyaan yang diminta, sesuaikan dengan kondisi.
  • Kamu juga harus mengikuti tes kemampuan dasar (TKD) untuk lolos seleksi prakerja. Tes ini hanya bisa diisi satu kali, sehingga kamu harus teliti.
  • Saat gelombang pendaftaran sudah dibuka, pilih 'Gabung Gelombang'
  • Proses evaluasi akan dilakukan, sementara pengumuman kelulusan bisa dilihat di dashboard akun Prakerja.

Jadwal Gelombang Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Kuasai Seni Copywriting: Panduan Lengkap untuk Menulis Konten!

Penutup

Agar tidak ketinggalan dalam pembukaan gelombang pelatihan Prakerja 2023, ada baiknya kamu memantau situs dan sosial media resmi Prakerja seperti Instagram, Website, dan Facebook. Adapun bagi peserta yang sudah dinyatakan lolos, disarankan untuk segera membeli pelatihan Prakerja di platform digital yang Tersedia.

Jangan lupa untuk membeli Kelas Prakerja GAMELAB.ID di platform digital Bukalapak, Pijar, atau PINTAR. Salah satu kelas yang bisa kamu ikuti adalah Kelas Membuat Slides Interaktif Menggunakan Google Slides yang akan aktif pada 4 September 2023, 11 September 2023, 18 September 2023, dan 25 September 2023 pukul 13.00 - 16.00 WIB. Tingkatkan skill presentasimu dengan mendaftar ke kelasnya sekarang. Jika ada yang ingin ditanyakan, hubungi link ini ya.

Pemasaran Instagram

Desain Grafis

Google Slides


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 30 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI