BERITA PRAKERJA Berapa Insentif Prakerja 2023 dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Berapa Insentif Prakerja 2023 dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 30 Agustus 2023

Berapa Insentif Prakerja 2023 dan Bagaimana Cara Mendapatkannya?

Berapa besaran insentif Prakerja 2023? Simak ulasannya dan temukan cara mendapatkan saldo prakerja untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Sudahkah kamu mengetahui berapa Insentif Prakerja 2023? Saat ini, program Kartu Prakerja masih berjalan sebagai lanjutan dari program yang dimulai pada April 2020 lalu. Selain skemanya yang berubah, program Prakerja saat ini juga menawarkan insentif yang berbeda.

Berapa Insentif Prakerja 2023?

Total insentif prakerja 2023 mencapai Rp4,2 juta. Insentif tersebut terdiri dari saldo untuk biaya pelatihan senilai Rp3,5 juta, saldo pengganti transportasi dan internet Rp600 ribu, dan saldo pengisian survei sebesar Rp100 ribu.

Insentif ini hanya bisa dirasakan oleh penerima manfaat Prakerja, yakni orang-orang yang lolos dalam seleksi dan sah menjadi penerima Kartu Prakerja 2023. Adapun, insentif biaya pelatihan senilai Rp3,5 juta dapat digunakan untuk mengambil kelas prakerja yang sesuai dengan minat para peserta.

Saldo bantuan pelatihan itu bertambah dari yang sebelumnya hanya Rp1 juta. Diharapkan, para peserta memaksimalkan biaya bantuan pelatihan Rp3,5 juta untuk mengambil kelas sebanyak-banyaknya demi meningkatkan keahlian, sehingga dapat membantu peserta untuk lebih kompeten di dunia kerja.

Banyak orang salah memahami dan mengira saldo pelatihan Rp3,5 juta bisa dicairkan, padahal hal itu tidak benar. Saldo pelatihan merupakan bentuk subsidi dari pemerintah agar angkatan kerja bisa meningkatkan kompetensinya.

Sehingga, sangat dianjurkan bagi penerima manfaat untuk menghabiskan saldo tersebut dengan cara membeli kelas prakerja di platform-platform digital seperti Bukalapak, SIAPkerja, Pijar, Tokopedia, PINTAR, dan Karier.mu.

Berapa Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Batas membeli pelatihan pertama bagi peserta Kartu Prakerja adalah 15 hari sejak dinyatakan lolos gelombang. Saldo pelatihan juga bisa kadaluwarsa. Hal lain yang perlu digarisbawahi yakni bahwa tidak membeli pelatihan dalam batas yang ditentukan setelah dinyatakan lolos dapat mengakibatkan kepesertaan Prakerja dicabut.

Jika hal itu terjadi, saldo pelatihan akan hangus dan dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (RKUN) yang dikelola Bendahara Umum Negara (BUN). Kamu juga tidak bisa ikut program Prakerja kembali di masa depan.

Di sisi lain, insentif yang bisa ditarik adalah insentif biaya mencari kerja Rp600 ribu dan insentif pengisian survei Rp100 ribu yang diberikan sebanyak dua kali dengan sekali pemberian yakni Rp50 ribu. Total ada Rp700 ribu insentif yang bisa kamu cairkan.

Bagaimana Cara Mendapatkan Insentif Prakerja 2023?

Untuk mendapatkan insentif prakerja 2023 senilai Rp700 ribu, kamu harus sudah dinyatakan lolos dan menjadi penerima Kartu Prakerja. Adapun syarat lain yang harus dipenuhi untuk mendapatkan insentif Prakerja 2023 adalah:

  • Telah merampungkan pelatihan Prakerja yang ditandai dengan sertifikat usai pelatihan.
  • Telah memberikan ulasan dan penilaian melalui dashboard akun Prakerja.
  • Apabila ada banyak pelatihan yang diikuti, insentif biaya mencari kerja senilai Rp600 ribu hanya diberikan satu kali saja pada saat penyelesaian pelatihan pertama.
  • Untuk mendapatkan insentif tersebut, kamu juga harus menyambungkan nomor rekening bank atau e-wallet (dompet digital) di akun Prakerja yang didaftarkan.
  • Pastikan nomor rekening atau e-wallet tersebut sudah tervalidasi dengan NIK yang sama dengan yang terdaftar di Kartu Prakerja.
  • Pastikan rekening bank sudah KYC dan e-wallet sudah premium.
  • E-wallet yang bekerja sama dengan Prakerja dan bisa digunakan adalah OVO, DANA, GoPay, dan Link Aja
  • Rekening bank yang bekerja sama dengan Prakerja adalah Bank Negara Indonesia (BNI) dan Bank Central Asia (BCA).
  • Insentif pengisian survei dengan total Rp100 ribu baru akan diberikan jika kamu sudah mengisi survei evaluasi melalui dashboard akun Prakerja.

Cara Menyambungkan Rekening atau E-Wallet

  • Apabila syarat-syarat di atas sudah terpenuhi, kamu perlu menyambungkan rekening bank atau e-wallet untuk mencairkan insentif Rp700 ribu. Berikut cara melakukannya:
  • Buka laman website prakerja.go.id
  • Masuk ke akun Prakerja yang sebelumnya didaftarkan
  • Ada tiga video di halaman beranda yang wajib ditonton. Jangan mempercepatnya dan melompatinya.
  • Jika sudah menonton tiga video tersebut, hubungkan rekening atau e-wallet dengan memilih 'Sambungkan Sekarang'
  • Pilih metode pembayaran yang akan kamu gunakan, apakah rekening atau e-wallet, lalu klik 'Sambungkan'.
  • Kamu akan diminta melakukan konfirmasi dan pengecekan data. Klik 'Ya, Sambungkan' jika data-data yang dimasukkan sudah benar.
  • Masukkan kode OTP dan kode keamanan jika menggunakan e-wallet.
  • Selamat! Rekening atau e-wallet sudah terhubung dan bisa digunakan untuk mencairkan insentif Prakerja 2023.

Berapa Insentif Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Kuasai Seni Copywriting: Panduan Lengkap untuk Menulis Konten!

Penutup

Apabila sudah berhasil mendapatkan insentif Prakerja 2023, kini saatnya kamu mengambil pelatihan pertama agar saldo yang diberikan tidak hangus sia-sia. Jika kamu tertarik pada bidang desain, kamu bisa mengikuti Kelas Prakerja Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Designer Grafis di GAMELAB.ID.

Pemasaran Instagram

Desain Grafis

Google Slides

Kelas ini akan segera dibuka pada 4 September 2023, 11 September 2023, 18 September 2023, dan 25 September 2023. Waktu pelaksanaan untuk masing-masing kelas yakni pada pukul 13.00 - 16.00 WIB. Kamu bisa menanyakan informasi tentang kelas Prakerja GAMELAB.ID melalui link ini. Yuk, tingkatkan skill-mu di bidang desain grafis!


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 30 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI