BERITA PRAKERJA Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja 2023

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja 2023

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 7 September 2023

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja 2023

Bagaimana cara mengikuti pelatihan Prakerja 2023? Sebelum mengikuti pelatihan, kamu perlu melakukan pendaftaran dan menunggu hingga lolos seleksi.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja - Program Kartu Prakerja masih dijalankan oleh pemerintah Indonesia hingga saat ini. Bagi kamu yang sedang dalam tahap mencari pekerjaan, membutuhkan pekerjaan, atau membutuhkan peningkatan keterampilan, pogram Kartu Prakerja bisa menjadi pilihan yang tepat untuk meningkatkan profuktivitas dan daya saing angkatan kerja.

Pelatihan Prakerja adalah

Pelatihan Prakerja adalah bagian dari Program Kartu Prakerja yang bertujuan untuk mengembangkan kompetensi kerja dan kewirausahaan. Website djpb.kemenkeu.go.id menyebut Kartu Prakerja adalah bantuan biaya pelatihan bagi masyarakat yang ingin meningkatkan keterampilan dan kemampuannya.

Prakerja adalah inovasi baru yang erat dengan perekonomian dan dikemas sebagai bagian dari strategi pemerintah dalam upaya pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM). Dalam hal ini, pemerintah Indonesia memiliki 2 strategi pengembangan SDM, yakni strategi jangka pendek dan jangka panjang.

Pelatihan Prakerja termasuk dalam strategi jangka pendek melalui pelatihan berdurasi pendek dan berskala masif. Sementara strategi jangka panjang yang akan dicanangkan pemerintah adalah memalui program Pendidikan dan Pelatihan Vokasi (TVET).

Sempat menjadi program yang mengembangkan misi ganda untuk bantuan sosial sekaligus meningkatkan keterampilan, kini Prakerja 2023 hanya fokus pada peningkatan keterampilan melalui pelatihan luring, daring, maupun hybrid yang sejalan dengan pasar kerja.

Program ini mengusung inovasi pendekatan sistem end to end digital, yakni mengacu pada strategi yang memanfaatkan teknologi digital untuk mengotomatisasi, meningkatkan, atau mengambil sistem dari awal hingga akhir dalam suatu proses, untuk memberikan solusi fungsional yang lengkap.

Sejak dibuka pertama kali pada tahun 2020 sampai saat ini, Program Kartu Prakerja telah memberikan manfaat positif pada 16,4 juta masyarakat yang mendaftar dari 514 kabupaten/kota di Indonesia sepanjang tahun 2020-2022. Karenanya, kini Program Kartu Prakerja telah menjadi program Government to Person (G2P) yang paling masif di Indonesia.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Bagaimana Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja?

Kamu bisa mengikuti pelatihan Prakerja 2023 dengan cara melakukan pendaftaran di situs resmi prakerja.go.id. Pastikan pula kamu sudah memenuhi persyaratan sebagai orang yang bisa mendaftar Kartu Prakerja. Berikut syarat mendaftar yang harus dipenuhi:

  • WNI, memiliki KTP, dan berusia paling rendah 18 tahun, sementara usia maksimal 64 tahun.
    Bukan anak sekolah/kuliah, sedang tidak menempuh pendidikan formal.
  • Pencari kerja, pengangguran yang ingin bekerja, korban PHK, pekerja/buruh yang butuh peningkatan kompetensi, pekerja/buruh yang dirumahkan dan tidak menerima upah.
  • Bukan pejabat negara, ASN, Polisi, TNI, anggota dewan, Kades dan perangkatnya, serta bukan direksi BUMN/BUMD.
  • Dalam 1 KK hanya ada 2 NIK yang menerima Kartu Prakerja. Jika dua anggota keluargamu yang lain sudah pernah mendapatkannya, kamu tidak bisa mengikuti Program Prakerja.

Cara Mengikuti Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Apabila syarat mendaftar terpenuhi, lanjutkan ke tahap pendaftaran. Berikut merupakan langkah-langkah pendaftaran kartu Prakerja 2023.

  • Masukkan email aktif dan kata sandi yang akan didaftarkan.
  • Isi 16 digit NIK, nomor KK, dan tanggal lahir. Klik Lanjut jika sudah.
  • Masukkan alamat sama persis dengan data di KTP. Hanya masukkan data di bagian alamat saja tanpa RT/RW, Kelurahan/Desa, dan Kecamatan.
  • Pastikan data yang dimasukkan sudah sesuai. Jika e-KTP milikmu tidak sesuai dengan data Dukcapil, kamu bisa menghubungi Dukcapil setempat atau WhatsApp/SMS ke nomor 08118005373, Call Center: 1500537, atau email: callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.
  • Lanjutkan dengan mengambil foto e-KTP sebagai syarat verifikasi. Langkah ini hanya bisa dilakukan via browser handphone (HP).
  • Saat mengunggah foto KTP, simak ketentuan yang berlaku.
  • Pastikan foto KTP diambil langsung dari kamera HP.
  • Jika sudah sesuai ketentuan, klik Gunakan Foto, maka sistem akan memverifikasi foto KTP milikmu.
  • Selanjutnya, scan wajah sambil berkedip. Ikuti ketentuan yang ditampilkan. Jika sudah, klik Scan Wajah.
  • Akan ada petunjuk-petunjuk mengedipkan mata saat proses verifikasi. Pastikan untuk memenuhi petunjuk tersebut.
  • Sistem akan melakukan pengecekan wajah.
  • Jika sudah, jawab pertanyaan mengenai alasan kamu mendaftar program Prakerja.
  • Lanjutkan dengan verifikasi nomor handphone (HP).
  • Masukkan 6 (enam) digit kode OTP yang sudah dikirimkan ke nomormu, kemudian klik Kirim OTP.
  • Jika kamu salah memasukkan OTP sebanyak 3 kali, kamu perlu menunggu dan mencoba lagi setelah 24 jam.
  • Lanjutkan dengan mengisi pertanyaan pendaftar. Silahkan jawab sesuai preferensi dan kondisi masing-masing.
  • Pastikan semua pertanyaan terisi, kemudian klik Lanjut.
  • Kamu akan diminta mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)/Soal Kemampuan Belajar (SKB) dengan pertanyaan bersifat rahasia.
  • Setelah mengerjakan, klik Lanjut. Kemudian pilih gelombang dan klik Gabung Gelombang.
  • Akan muncul konfirmasi pilihan gelombang, klik Gabung jika sudah sesuai.
  • Untuk melanjutkan, klik Saya Menyetujui pada bagian Persetujuan prakerja.
  • Tahap pendaftaran selesai dilakukan.

Jika lolos seleksi, kamu akan diminta untuk membeli pelatihan kelas Prakerja melalui platform digital seperti PINTAR, Pijar, Bukalapak, Tokopedia, Karier.mu, dan SIAPkerja.

Baca Juga : Kuasai Seni Copywriting: Panduan Lengkap untuk Menulis Konten!

Penutup

Kamu memiliki waktu 15 hari untuk membeli pelatihan pertama sejak dinyatakan lolos seleksi Prakerja. Saldo pelatihan yang didapatkan dari Prakerja bisa dimanfaatkan untuk membeli berbagai pelatihan Prakerja di GAMELAB.

Di antaranya, kelas Pemasaran Instagram, kelas Desain Grafis, kelas Google Slides, dan kelas Copywriting. Pendaftaran bisa dilakukan dengan menge-klik tulisan di bawah gambar berikut atau hubungi link ini untuk informasi lebih lanjut.

Pemasaran InstagramPemasaran Instagram

Desain Grafis

Desain Grafis

Google Slides

Google Slides

Kelas Prakerja Copywriting

Copywriting

 


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 7 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI