BERITA PRAKERJA Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair? Kamu Wajib Tahu!

Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair? Kamu Wajib Tahu!

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 6 September 2023

Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair? Kamu Wajib Tahu!

Insentif Prakerja 2023 berapa kali cair? Calon peserta Kartu Prakerja wajib tahu tentang informasi insentif Prakerja 2023. Mulai jumlah dan pencairannya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Banyaknya kesimpangsiuran yang beredar di media online dan media massa membuat tak sedikit orang salah menyortir informasi tentang insentif prakerja 2023 dan berapa kali insentif tersebut bisa dicairkan.

Jenis Insentif Prakerja 2023

Sebelum lebih jauh mengurai tentang pencairan insentif Prakerja 2023, kamu harus mengetahui besaran insentif yang akan didapatkan oleh calon penerima manfaat. Secara keseluruhan, insentif Prakerja di tahun ini naik menjadi Rp4,2 juta. Tetapi, tidak seluruhnya dari jumlah tersebut bisa dicairkan ke rekening atau dompet digital.

Dari besaran tersebut, insentif Prakerja 2023 dibagi menjadi tiga jenis. Yakni insentif untuk membeli pelatihan Rp 3,5 juta, insentif biaya mencari kerja Rp600 ribu, dan insentif pengisian survei setotal Rp100 ribu.

Insentif biaya pelatihan atau yang selanjutnya disebut sebagai saldo pelatihan senilai Rp3,5 juta tidak bisa dicairkan. Banyak orang salah mengira insentif ini bisa ditransfer dalam bentuk uang ke rekening pribadi, namun hal itu tidak benar.

Ditegaskan, biaya Rp3,5 juta hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan prakerja dan tidak bisa dicairkan dalam bentuk apapun. Artinya, kamu bisa menggunakan saldo tersebut untuk membeli pelatihan sebanyak-banyaknya di platform digital yang bermitra dengan Prakerja, yakni Bukalapak, PINTAR, Pijar Mahir, SIAPKerja, dan Karier.mu.

Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair - GAMELAB.ID

Sebagai catatan, jika ada saldo pelatihan yang tersisa, uangnya akan hangus dan dikembalikan kepada negara. Kebijakan ini sudah sesuai dengan skema Prakerja 2023 yang menerapkan skema normal.

Skema normal memfokuskan program Prakerja pada peningkatan keterampilan. Hal ini berbeda dengan skema Prakerja di tahun-tahun sebelumnya yang menganut skema bansos (bantuan sosial) sebagai salah satu akibat dari pandemi Covid-19.

Lalu, jenis insentif mana yang bisa dicairkan ke rekening kita?

Jenis insentif yang bisa dicairkan ke rekening atau dompet digital adalah insentif biaya mencari kerja senilai Rp600 ribu dan biaya pengisian survei total Rp100 ribu. Dengan kata lain, total saldo yang bisa diuangkan adalah Rp700 ribu.

Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair?

Insentif senilai Rp600 ribu hanya bisa dicairkan satu kali setelah mengikuti pelatihan pertama Kartu Prakerja. Perlu dicatat, apabila nantinya kamu mengambil pelatihan lebih dari satu, insentif tidak akan cair pada pelatihan kedua, ketiga, dan selanjutnya.

Di sisi lain, insentif pengisian survei Rp100 ribu bisa dicairkan jika peserta Kartu Prakerja telah mengisi survei evaluasi yang tertera di dashboard akun Prakerja. Insentif ini cair dua kali, dengan masing-masing pencairan yakni Rp50 ribu. Dengan begitu, insentif yang bisa kamu tarik adalah Rp700 ribu.

Kapan Insentif Prakerja 2023 Cair?

Kamu akan menerima insentif Prakerja 2023 jika sudah lolos dan diterima menjadi peserta Kartu Prakerja. Insentif biaya mencari kerja senilai Rp600 ribu bisa kamu cairkan jika sudah memenuhi beberapa persyaratan berikut:

  • Sudah menyelesaikan pelatihan dan mendapatkan sertifikat sebagai buktinya.
  • Sudah memberikan ulasan dan penilaian (review and rating) atas pelatihan yang kamu ikuti. Ulasan ini bisa dilakukan melalui dashboard.
  • Sudah menyambungkan nomor rekening atau dompet digital di situs www.prakerja.go.id. Kamu bisa menyimak tata caranya di link berikut.
  • Nomor rekening bank yang didaftarkan telah tervalidasi dengan NIK yang sama dengan yang terdaftar di Kartu Prakerja.
  • Bagi yang menggunakan e-money, pastikan sudah KYC alias akun e-money sudah premium atau upgrade.
  • Insentif cair setelah pelatihan pertama. Jika mengikuti lebih dari satu pelatihan, tidak ada pencairan kedua dan selanjutnya.

Di sisi lain, insentif pengisian survei Rp100 ribu hanya bisa cair jika kamu sudah mengisi survei evaluasi untuk mengukur efektivitas Program Kartu Prakerja.

Insentif Prakerja 2023 Berapa Kali Cair - GAMELAB.ID

Baca Juga : Kuasai Seni Copywriting: Panduan Lengkap untuk Menulis Konten!

Penutup

Apakah penjelasan di atas telah memberikan gambaran yang lebih jelas mengenai berapa kali insentif Prakerja 2023 bisa dicairkan? Uraian tersebut diharapkan dapat meminimalisir kesalahpahaman dan kekeliruan informasi mengenai pencairan insentif Prakerja 2023.

Tentu saja, sebelum menerima saldo pelatihan Rp3,5 juta dan insentif Rp700 ribu, kamu harus melakukan pendaftaran terlebih dulu. Tata cara daftar Prakerja 2023 bisa kamu baca lebih lanjut di link berikut. Sementara itu, bagi kamu yang sudah mendaftar dan dinyatakan lolos Program Prakerja, segera lah membeli pelatihan pertama di GAMELAB.ID.

Ada sejumlah kelas yang bisa kamu ikuti, yakni Kelas Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Designer Grafis, Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram, Membuat Slides Interaktif Menggunakan Google Slides, dan kelas Menguasai Teknik Copywriting untuk Pemasaran Digital. Yuk, daftar sekarang dan tingkatkan keterampilanmu. Silahkan menghubungi link ini untuk info selengkapnya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 6 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI