BERITA PRAKERJA Keajaiban Visual Studio Code, Fiturnya Bombastis!

Keajaiban Visual Studio Code, Fiturnya Bombastis!

Oleh Vincentius Dimas | Senin, 27 November 2023

Keajaiban Visual Studio Code, Fiturnya Bombastis!

Pada umumnya, code editor memiliki fitur yang terbatas sehingga memerlukan penggunaan beberapa aplikasi tambahan. Namun, persoalan itu tidak berlaku untuk Visual Studio Code. Ternyata, aplikasi tersebut telah menawarkan banyak fitur-fitur gratis dan cangg

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Istilah code editor mungkin sudah akrab bagi mereka yang berkecimpung di dunia IT, khususnya sebagai application developer. Namun, sayangnya, kebanyakan code editor memiliki fitur yang terbatas, sehingga memerlukan penggunaan beberapa aplikasi tambahan.

Apakah kamu sedang mencari code editor yang tidak hanya lengkap fiturnya, tetapi juga mendukung berbagai bahasa pemrograman? Jika iya, Visual Studio Code bisa menjadi pilihan yang tepat.

Visual Studio Code hadir dengan beragam fitur yang canggih. Keberhasilannya membuatnya menjadi pilihan populer di kalangan para developer. Entah itu, yang fokus pada pembuatan aplikasi Android, iOS, website, maupun machine learning.

Lantas, apa itu Visual Studio Code? Apa saja fitur dan keunggulan yang diberikan? Agar kamu bisa mengenal dan memahami Visual Studio Code, langsung saja simak artikel ini sampai selesai!

Sumber: Freepik - Visual Studio Code, Gratis!

Mengenal Visual Studio Code

Visual Studio Code merupakan sebuah aplikasi code editor yang dikembangkan oleh Microsoft. Menariknya adalah dapat diakses secara gratis pada semua perangkat desktop. Oleh karena itu, code editor ini kerap menjadi pilihan utama para pengembang.

Lalu, Visual Studio Code juga dapat dioperasikan pada berbagai sistem operasi. Contohnya Windows, Mac OS, Linux, dan lain sebagianya. Selain itu, Visual Studio Code ini memang dirancang ringan dan nyaman sehingga tidak terlalu membutuhkan perangkat berspesifikasi tinggi.

Sebagai tambahan, Visual Studio Code juga mendukung pembuatan dan pengeditan kode sumber untuk berbagai bahasa pemrograman. Misalnya Node.js, JavaScript, TypeScript, dan sejumlah bahasa lainnya. Bahkan, aplikasi ini mempunyai kompatibilitas tinggi dengan bahasa pemrograman yang bermacam-macam. Contohnya, termasuk bahasa pemrogaman Python, PHP, .NET, dan Java.

Sumber: Freepik - Visual Studio Code Memiliki Banyak Fitur

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Fitur-fitur Visual Studio Code

Bagaimana tanggapan kamu setelah mengenal Visual Studio Code? Hebat, bukan? Tapi, sebenarnya itu belum seberapa. Code editor  yang satu ini masih menawarkan banyak fitur unggulan yang tidak dipunyai oleh banyak pesaingnya. Berikut fitur-fitur yang biasa diminati banyak orang:

IntelliSense

Fitur yang satu ini hampir sama dengan Autocomplete, yang di mana dapat membantu developer saat proses coding dan memberikan saran secara keseluruhan berdasarkan pada kata yang diketik. Namun, fitur ini hanya memiliki beberapa bahasa pemrogaman saja. Contohnya ada bahasa pemrograman seperti CSS, HTML, JavaScript, Typescript, dan juga JSON. Tapi kamu tidak perlu khawatir, karena bahasa pemrograman lainnya dapat ditambahkan dengan cara mengunduh pada extension marketplace yang tersedia.

Debugging

Biasanya, fitur ini membantu kamu sewaktu lagi mengeksekusi, mengedit, dan juga meng-compile kode secara berulang. Hal ini biasa disebut dengan looping. Selain itu, fitur ini juga mendukung Node.Js dan apabila kamu membutuhkan penambahan bahasa pemrogaman lainnya, kamu masih bisa memakainya dengan cara mengunduh extension juga.

Extension Marketplace

Fitur ini terbilang penting dan menjadi unggulan banyak orang. Di sini kamu bisa dengan mudah mengunduh, lalu memasangnya di berbagai extension apabila memerlukan. Misalnya, pada debuggers dan tools.

Tentunya pada fitur ini kamu juga bisa menambahkan beberapa bahasa pemrograman. Dengan begitu, kamu tidak perlu memakai code editor lainnya bila ingin menggunakan bahasa pemrograman yang berbeda. Lalu, untuk persoalan kompabilitas, kamu tidak perlu meragukan lagi karena pembuat extension dapat berkontribusi langsung secara fungsional dalam mengatasi masalah ini.

Github Integration

Salah satu platform manajemen proyek yang tekenal di dunia, sehingga kamu bisa berkolaborasi bersama tim. Melalui fitur ini kamu bisa menghubungkan code editor dengan Github, maka dengan begitu kamu tidak pelu susah payah mengganti software ketika ingin terhubung ke Github.

Caranya adalah dengan mengunduh lalu memasang tools issues beserta Github Pull Request di extension marketplace. Setelah itu, baru kamu bisa langsung terhubung ke Github.

Itu dia beberapa fitur dari Visual Studio Code yang bisa kamu manfaatkan. Oleh karena itu, tak heran kalau aplikasi ini jadi berguna banyak orang. Sudah gratis, cepat, ringan, dan memiliki bahasa pemrograman yang luas. Mantap, bukan?

Gamelab Indonesia saat ini sedang bekerja sama dengan pemerintah melalui program Prakerja untuk mengadakan banyak kelas digital. Melalui kelas yang diadakan ini nantinya kamu akan diajarkan oleh pelaku industri yang profesional serta berpengalaman.

Bagi kamu yang ingin belajar menggunakan Visual Studio Code. Yuk, segera daftar di kelas pelatihan Terampil Menggunakan Visual Studio Code. Khusus kelas ini, lagi ada promo dengan harga murah banget! Beli melalui program ISW (Indonesian Skills Week) kerjasama Prakerja dan Gamelab Indonesia. Kamu bisa mendaftar melalui situs prakerja untuk mendapatkan kode promo, kemudian redeem kode voucher tersebut di Gamelab Indonesia.


Sumber Referensi

  • Muhhamad, Ariffud. (2022). Mengenal Visual Code Studio dan Fitur-Fitur Pentingnya. Niagahoster.
  • Heller, Martin. (2022). What is Visual Studio Code? Microsoft’s extensible code editor. InfoWorld.

Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Senin, 27 November 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI