BERITA UMUM Strategi Dinamis: Membangun Keberhasilan dalam Digital Marketing Bagi Pemula!

Strategi Dinamis: Membangun Keberhasilan dalam Digital Marketing Bagi Pemula!

Oleh Vincentius Dimas | Kamis, 7 Desember 2023

Strategi Dinamis: Membangun Keberhasilan dalam Digital Marketing Bagi Pemula!

Kesuksesan digital marketing terletak pada kemampuan untuk merangkai strategi pemasaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga mampu meraih keunggulan kompetitif di era digital yang dinamis. Yuk, merajut kisah sukses di pemasaran digital.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Saat kita merambah lebih dalam ke dalam digital marketing. Kita akan seperti menemui peluang baru, tantangan yang memacu kreativitas, dan strategi yang ingin terus berkembang seiring perubahan perilaku konsumen. Maka bersiaplah untuk merangkai strategi pemasaran yang tidak hanya memenuhi kebutuhan pasar, tetapi juga meraih keunggulan kompetitif di era digital yang terus berubah ini.

Oleh karena itu, dalam artikel ini, kita akan membantu untuk melewati perjalanan yang  menyeluruh pada ranah digital marketing. Mulai dari membahas konsep-konsep mendasar dan strategi efektif yang dapat membantu mengoptimalkan digital marketing. Mari kita eksplorasi bersama dengan memulai berkenalan terlebih dahulu apa itu digital marketing.

Mengenal Digital Marketing

Digital marketing adalah strategi pemasaran yang menggunakan platform digital untuk mempromosikan produk atau layanan. Dalam era digital ini, pelaku bisnis memanfaatkan berbagai kanal online seperti media sosial, email, dan situs web lainnya. Oleh sebab itu, semakin berkembangnya teknologi, digital marketing  seperti menjadi kunci utama untuk mencapai target audiens.

Penting untuk dipahami bahwa digital marketing sebetulnya bukan sekadar penyebaran iklan online. Namun lebih dari itu, ini adalah sebuah pendekatan mendalam yang melibatkan pemahaman tentang perilaku konsumen di dunia maya. Maka dengan memanfaatkan data dan analisis, digital marketing memungkinkan para pemasar untuk merinci preferensi dan kebiasaan target audiens agar dapat membentuk kampanye yang lebih terarah dan efektif.

Pentingnya Digital Marketing

Pentingnya digital marketing juga tercermin dalam kemampuannya untuk menyediakan data yang dapat diukur. Melalui alat analisis, pemasar dapat melacak kinerja kampanye mereka secara real-time. Sehingga hal ini memungkinkan mereka untuk mengidentifikasi strategi yang berhasil, serta membuat penyesuaian cepat untuk meningkatkan hasil. Maka adanya fleksibilitas dalam digital marketing menjadikan alat yang dinamis dan responsif terhadap perubahan pasar.

Dengan demikian, dalam konteks bisnis yang terus berubah dan persaingan yang semakin ketat, digital marketing bukan lagi opsi melainkan kebutuhan. Maka perusahaan yang mampu menggabungkan elemen-elemen digital marketing dengan baik akan memiliki keunggulan dalam mencapai dan mempertahankan basis pelanggan mereka. Jadi, dengan pemahaman yang mendalam tentang digital marketing merupakan langkah awal untuk meraih kesuksesan dalam lanskap bisnis yang terus berkembang pesat ini.

Sumber: Freepik - Mengenal Digital Marketing

Jenis Digital Marketing

Perlu diketahui, sebenarnya ada banyak jenis digital marketing yang bisa direalisasikan. Meski begitu, setiap jenis digital marketing memiliki keunikan dan manfaatnya sendiri. Maka kombinasi strategi yang baik dan sesuai dengan target audiens akan dapat memberikan dampak positif yang signifikan dalam mencapai tujuan pemasaran bisnis. Berikut jenis-jenis digital marketing:

Search Engine Optimization (SEO)

SEO adalah praktik untuk meningkatkan visibilitas situs web di hasil pencarian organik mesin pencari seperti Google. Ini mencakup pengoptimalan konten, struktur situs, dan penggunaan kata kunci. Contohnya, toko online sepatu hiking mengoptimalkan situs web mereka dengan kata kunci terkait seperti "sepatu hiking terbaik". Maka toko tersebut akan memiliki peluang lebih besar muncul di hasil pencarian saat pembeli sedang mencari sepatu hiking secara online.

Social Media Marketing

Menggunakan platform media sosial untuk mempromosikan produk atau layanan. Ini melibatkan pembuatan konten menarik dan interaktif serta berinteraksi dengan audiens. Misalnya, membuat kampanye iklan Instagram oleh perusahaan fesyen. Lalu perusahaan tersebut mencoba berkolaborasi dengan influencer fesyen untuk mempromosikan koleksi terbaru mereka.

Content Marketing

Pembuatan dan distribusi konten berharga untuk menarik dan mempertahankan audiens. Ini bisa berupa blog, video, infografis, atau e-book. Misalnya, ada sebuah perusahaan teknologi yang ingin membuat serangkaian panduan praktis dan tutorial. Maka perusahaan tersebut bisa melakukan marketing melalui blog perusahaan agar dapat membantu pengguna/pembeli memaksimalkan produk.

Email Marketing

Email marketing sebetulnya bertujuan untuk pengiriman pesan pemasaran kepada pelanggan melalui email. Biasanya, ini mencakup pengiriman promosi, pembaruan produk, atau konten berkala. Contohnya, ada toko online yang ingin memberikan diskon eksklusif kepada pelanggan. Maka toko tersebut bisa memanfaatkan mereka email sebagai bagian dari kampanye penjualan.

Pay-Per-Click (PPC) Advertising

Pembayaran iklan berdasarkan jumlah klik yang diterima. Contoh utamanya adalah Google Ads. Nantinya iklan akan muncul di bagian atas hasil pencarian berbayar. Jadi, untuk perusahaan yang ingin mengupayakan jenis digital marketing ini harus membayar iklan PPC agar muncul di hasil pencarian Google ketika seseorang mencari apa yang sedang dibutuhkan.

Influencer Marketing

Mempromosikan produk melalui tokoh berpengaruh dengan audiens besar di media sosial. Umumnya, tolak ukur berpengaruhnya adalah jumlah pengikut media sosial influencer terebut. Contohnya, ada merek makanan sehat. Lalu, owner makanan tersebut bekerjasama dengan selebriti fitness untuk mempromosikan produk makanannya.

Affiliate Marketing

Alur kerja affiliate marketing biasanya dengan membangun mitra. Nantinya mitra tersebut akan memperoleh komisi atas penjualan atau tindakan tertentu yang dihasilkan melalui upaya pemasarannya. Contoh, blogger fashion memasukkan tautan afiliasi ke dalam ulasan produk. Lalu, blogger tersebut akan mendapatkan komisi setiap kali seseorang membeli melalui tautan yang telah diafiliasi tadi.

Video Marketing

Membuat dan mendistribusikan konten video yang sebenarnya untuk tujuan pemasaran. Ini bisa berupa iklan video, tutorial, atau cuplikan kehidupan sehari-hari perusahaan. Misalnya, sebuah perusahaan teknologi merilis video tutorial singkat tentang cara menggunakan produk baru di platform YouTube.

Sumber: Freepik - Strategi Mengingkatkan Digital Marketing bagi Pemula

Baca Juga : 5 Skill yang Dibutuhkan Digital Marketing, Beserta Prospek Karirnya!

Strategi Meningkatkan Visibilitas Online dalam Digital Marketing bagi Pemula

Pemahaman dasar strategi untuk meningkatkan visibilitas online merupakan langkah penting dalam digital marketing, terutama bagi para pemula. Oleh karena itu, setelah ini kita akan membahas secara terperinci beberapa strategi yang dapat dengan mudah diterapkan untuk membangun dan memperluas jangkauan audiens. 

Optimasi Mesin Pencari (SEO):

SEO melibatkan sejumlah praktik untuk membuat situs web muncul di hasil pencarian mesin pencari seperti Google. Maka ini termasuk penggunaan kata kunci yang relevan dalam konten, pembuatan tautan internal, dan memastikan situs web Anda mudah dinavigasi. Jadi, mulailah dengan penelitian kata kunci untuk menentukan kata kunci yang paling relevan dengan bisnis. Lalu, pastikan juga setiap halaman situs web memiliki judul, deskripsi, dan konten yang relevan dengan kata kunci tersebut.

Pemasaran Konten Berkualitas

Konten berkualitas adalah kunci untuk menarik perhatian dan mempertahankan audiens. Ini mencakup pembuatan artikel, video, atau infografis yang memberikan nilai tambah dan solusi bagi pembaca atau pemirsa. Jadi, langkah untuk pemula bisa melalukan dengan membuat kalender editorial untuk merencanakan jenis konten dan frekuensinya. Lalu, fokuslah pada pemahaman audiens dan buat konten yang relevan dengan kebutuhan dan minat audiens.

Sosial Media Aktif

Sosial media adalah platform yang kuat untuk berinteraksi dengan audiens. Jadi, buatlah konten yang berhubungan dengan merek bisnis, lalu jangan lupa untuk membalas komentar pembeli di kolom komentar sosial media, serta gunakan iklan berbayar untuk meningkatkan visibilitas. Selain itu, penting juga memahami setiap audiens media sosial. Sebab media sosial itu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

Analisis dan Pelacakan Kinerja

Analisis mendalam akan membantu memahami seberapa baik kampanye yang diusung berjalan. Sebab hal ini melibatkan pengumpulan dan analisis data guna membuat keputusan yang lebih baik di masa depan. Caranya, bisa memanfaatkan alat analisis web seperti Google Analytics. Setelah itu, fokus pada metrik yang paling relevan dengan tujuan bisnis seperti tingkat konversi atau lama tinggal pengguna di situs.

Berkolaborasi dengan Bisnis Lokal atau Partner

Kerjasama dengan bisnis lokal atau mitra yang relevan dapat meningkatkan visibilitas di komunitas lokal. Maka jalin hubungan dengan pemilik bisnis lokal atau bisnis yang saling terkait. Lalu, langkah selanjutnya ajukan ide kemitraan yang dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Optimasi Pengalaman Pengguna (UX):

User Experience (UX) berfokus pada membuat pengalaman pengguna yang lancar dan memuaskan. Ini melibatkan desain situs web yang mudah dinavigasi, formulir yang efisien, dan waktu muat halaman yang cepat. Misalnya, dengan memanfaatkan alat seperti Google PageSpeed Insights untuk mengukur kinerja situs web. Setelah itu, pastikan formulir dan proses checkout tidak membingungkan atau rumit.

Bekerja Sama dengan Influencer

Umumnya, influencer memiliki pengaruh besar di media sosial. Maka bekerjasamalah guna membantu mempromosikan produk kepada audiens mereka. Perlu diperhatikan, alangkah baiknya identifikasi terlebih dahulu influencer tersebut. Hal ini bertujuan agar sesuai dengan nilai dan target audiens. Jika sudah cocok, segera ajukan tawaran kolaborasi yang bermanfaat bagi keduanya.

Email Marketing yang Terpersonalisasi

Email marketing melibatkan pengiriman pesan yang disesuaikan dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Ini mencakup penggunaan pemicu otomatisasi untuk mengirim pesan saat pelanggan melakukan tindakan tertentu. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan membangun daftar pelanggan terlebih dahulu. Selanjutnya, gunakan alat email marketing untuk membuat pesan yang terpersonalisasi. Lalu, pilih waktu pengiriman yang tepat untuk meningkatkan tingkat pembukaan email.

Itu dia beberapa strategi digital marketing yang mudah untuk dicoba. Meski ada banyak strategi dalam menerapkan digital marketing akan tetapi tidak menutup kemungkinan adanya persaingan dan perubahan algoritma. Maka untuk mengatasinya, perbarui strategi secara teratur, perhatikan tren industri, dan selalu siap beradaptasi. Lalu, memahami perilaku konsumen juga penting untuk menyesuaikan kampanye digital agar tetap relevan.

Bagi kamu yang belum memiliki keahlian terkait marketing atau digital marketing, jangan khawatir. Gamelab Indonesia memiliki kelas yang berhubungan dengan itu. Kamu bisa langsung daftarkan diri pada kelas Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram, Membuat Web dan Toko Online, atau Menguasai Teknik Copywriting untuk Pemasaran Digital. Yuk, segera daftar karena harganya murah dan bisa berlangsung secara online juga!


Sumber Referensi

Barone, Adam. (2023). Digital Marketing Overview: Types, Challenges & Required Skills. Investopedia.

Alexande, Lucy. (2022). The Who, What, Why, & How of Digital Marketing. HubSpot.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Kamis, 7 Desember 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI