BERITA UMUM Mengapa Banyak Orang Menyukai Game Roblox? Berikut Penjelasannya!

Mengapa Banyak Orang Menyukai Game Roblox? Berikut Penjelasannya!

Oleh Vincentius Dimas | Minggu, 7 Januari 2024

Mengapa Banyak Orang Menyukai Game Roblox? Berikut Penjelasannya!

Roblox adalah platform game online yang memungkinkan pengguna untuk merancang, membuat, dan bermain game yang dibuat oleh pengguna lainnya. Yuk, simak lebih lanjut mengapa banyak yang menyukai game tersebut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Dalam era digital ini, permainan daring atau online telah menjadi hiburan utama bagi banyak anak-anak dan remaja. Salah satu platform yang sangat populer di kalangan anak-anak adalah Roblox. Apa yang membuat game ini begitu menarik dan disukai oleh banyak orang? Oleh karena itu, artikel ini akan menjelaskan fenomena di balik kepopuleran Roblox dan mengungkapkan mengapa banyak orang begitu terpikat olehnya.

Mengenal Game Roblox

Roblox adalah platform game online yang memungkinkan pengguna untuk merancang, membuat, dan bermain game yang dibuat oleh pengguna lainnya. Dengan menggunakan bahasa pemrograman Lua, para pengembang (termasuk anak-anak) dapat menciptakan pengalaman game sesuai dengan imajinasi mereka. Sementara, Roblox Studio merupakan alat pengembangan yang disediakan oleh platform ini sehingga memudahkan pengguna untuk membuat dunia virtual mereka sendiri.

Dengan demikian, satu hal yang membuat Roblox begitu menarik adalah konsep kebebasan bermain. Sebab pengguna dapat mengakses berbagai game gratis yang telah dibuat oleh pengembang lain, atau mereka dapat memilih untuk membuat game mereka sendiri. Lalu, dalam game tersebut, pengguna tidak hanya dapat mengendalikan karakter mereka tetapi juga merancang lingkungan, bangunan, dan aturan permainan.

Sumber Roblox: Roblox - Gamela.id

Lantas, Mengapa Banyak Anak-Anak Menyukainya?

Fenomena kecintaan anak-anak terhadap Roblox tidak dapat diabaikan. Dengan begitu, Roblox ini bukanlah sekadar game biasa namun platform yang telah menjadi pusat kreativitas dan hiburan bagi jutaan anak di seluruh dunia. Mari kita eksplorasi beberapa alasan mengapa banyak anak-anak menyukainya:

Kreativitas Tanpa Batas

Salah satu daya tarik utama Roblox adalah memberikan kebebasan tanpa batas kepada anak-anak untuk mengekspresikan kreativitas mereka. Melalui Roblox Studio, anak-anak dapat merancang dan membuat game mereka sendiri, mulai dari lingkungan hingga aturan permainan. Sehingga ini memberi mereka kontrol penuh atas pengalaman bermain mereka, dan memicu imajinasi mereka untuk berkembang tanpa hambatan.

Ragam Game Gratis

Roblox menawarkan berbagai game gratis yang dapat diakses oleh anak-anak. Keanekaragaman inilah memungkinkan mereka untuk mengeksplorasi berbagai genre permainan tanpa harus membayar. Melalui game seperti petualangan, simulasi, hingga permainan sosial, setiap anak jadi dapat menemukan sesuatu yang sesuai dengan minat dan preferensinya.

Pengalaman Sosial yang Terawasi

Roblox bukan sekadar tempat bermain game, namun juga merupakan komunitas. Maka anak-anak dapat berpartisipasi dalam obrolan, membuat teman baru, dan bahkan bergabung dalam grup atau tim untuk berkolaborasi dalam pembuatan game. Melalui pengalaman sosial ini, harapannya bisa menciptakan rasa kepemilikan terhadap lingkungan daring dan memberikan anak-anak tempat untuk berinteraksi dengan teman-teman sebaya mereka dalam pengaturan yang terawasi.

Pembelajaran dan Pemecahan Masalah

Dalam menciptakan atau bermain game, anak-anak sering dihadapkan pada tantangan yang memerlukan pemikiran kreatif dan pemecahan masalah. Sebab nantinya mereka akan belajar untuk merancang skenario, mengatur aturan, dan menyesuaikan elemen-elemen permainan untuk mencapai tujuan tertentu. Jadi ini tidak hanya merangsang kecerdasan intelektual, tetapi juga mengembangkan keterampilan pemecahan masalah yang penting untuk kehidupan sehari-hari.

Pembelajaran Pemrograman

Meskipun mungkin tidak disadari oleh anak-anak, bermain Roblox juga dapat menjadi pintu masuk untuk memahami dasar-dasar pemrograman. Melalui penggunaan bahasa pemrograman Lua, anak-anak akan dapat memahami logika dan struktur dasar pemrograman serta memberi mereka wawasan awal yang berharga ke dalam dunia teknologi.

Sumber Freepik: Game - Gamelab.id

Baca Juga : 7 Prediksi Sang Kreator Game Ternama Hideo Kojima yang Menjadi Kenyataan

Tips Menjadi Game Developer di Era Digital

Bagaimana menjadi seorang pengembang game adalah tantangan yang mengasyikkan dan memuaskan, bukan? Teknologi yang terus berkembang ini, bisa dikatakan memberikan peluang untuk mengekspresikan kreativitas dalam industri game semakin besar. Berikut adalah beberapa tips menjadi game developer:

Pelajari Dasar-Dasar Pemrograman

Memahami dasar-dasar pemrograman adalah langkah terpenting. Pilih bahasa pemrograman yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan. Misalnya, bahasa pemrogram seperti Python, C++, dan Java karena merupakan bahasa yang umum digunakan dalam pengembangan game.

Kuasai Perangkat Lunak Pengembangan Game

Pelajari perangkat lunak dan alat pengembangan game seperti Unity, Unreal Engine, atau Godot. Lalu juga, pahami antarmuka, fungsi-fungsi dasar, dan cara menggunakan alat tersebut untuk menciptakan game.

Bergabung dengan Komunitas Pengembang

Bergabunglah dengan forum, grup diskusi, atau komunitas pengembang game. Melalui diskusi dengan orang-orang yang memiliki minat serupa akan memberikan wawasan, jawaban atas pertanyaan, dan mendukung pertumbuhan kamu sebagai pengembang.

Buat Portofolio dan Proyek Kecil

Membangun portofolio juga sangat penting. Mulailah dengan membuat proyek-proyek kecil yang menunjukkan kemampuan dan kreativitas. Sebab melalui portofolio yang banyak akan mengantarkan menuju ke dunia industri game ternama sekalipun.

Ikuti Tutorial dan Kursus Online

Teruslah belajar melalui tutorial atau kursus online. Sumber daya ini dapat memberikan pemahaman mendalam tentang berbagai aspek pengembangan game. Mulai dari pemrograman hingga desain game.

Itu dia penjelasan terkait mengapa Roblox begitu banyak peminatnya beserta tips menjadi game developer di era digital. Setelah mengetahui seputar game, apakah kamu ingin terjun ke dunia industri game? Yuk, segera perdalam minat dan bakatmu dengan mengikuti kelas Membuat Game Dengan Scratch Untuk Menjadi Programmer Multimedia dari Gamelab Indonesia.

Keuntugannya, kamu akan mendapat wawasan yang mendalam dari trainer expert industri yang nantinya bisa diterapkan langsung dalam proyekmu. Selain itu, kelas bisa berlangsung secara daring jadi cukup fleksibel dan harganya murah banget. Ayo, menjadi game developer yang handal bersama Gamelab Indonesia!


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Minggu, 7 Januari 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI