BERITA UMUM Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 64, Kapan Dibuka, Apa Syaratnya, dan Cara Mendaftarnya!

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 64, Kapan Dibuka, Apa Syaratnya, dan Cara Mendaftarnya!

Oleh Vincentius Dimas | Selasa, 5 Maret 2024

Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 64, Kapan Dibuka, Apa Syaratnya, dan Cara Mendaftarnya!

Buat kamu yang belum mendapat kesempatan Prakerja Gelombang 63 di tahun 2024, jangan khawatir. Kamu bisa mengambil kesempatan lagi pada Gelombang 64. Yuk, ketahui lebih lanjut dalam artikel berikut.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Program Kartu Prakerja tahun ini kembali diperpanjang. Pelaksanaan dimulai dengan dibukanya Prakerja Gelombang 63, yang periode pendaftarannya berlangsung pada tanggal 24-26 Februari 2024. Prakerja tahun ini dijalankan dengan skema reguler, termasuk memberikan beasiswa pelatihan bagi angkatan kerja Indonesia. Ini berarti program tersebut tidak lagi berfungsi sebagai program bantuan sosial atau bansos.

Nah, teruntuk kamu yang tidak mendapat kesempatan gelombang sebelumnya, jangan khawatir. Pada kesempatan ini, Prakerja akan memberi kesempatan lagi pada Gelombang 64. Lalu, untuk tanggal masih belum pasti akan tetapi kamu bisa memperkirakan sendiri. Sebagai contoh, Gelombang 63 dibuka pada tanggal 24 Februari 2024. Oleh karena itu, diperkirakan Gelombang 64 akan dibuka kembali pada tanggal 8 Maret 2024.

Apa Itu Prakerja?

Program Kartu Prakerja menjadi pilar utama dalam upaya pemerintah Indonesia untuk meningkatkan kualifikasi dan daya saing angkatan kerja di negara ini. Selain itu, program ini juga memberikan solusi konkret untuk menghadapi tantangan globalisasi dan persaingan di pasar kerja. Terlebih Kartu Prakerja memberikan akses pelatihan dan dukungan keuangan kepada berbagai segmen masyarakat, termasuk pencari kerja, korban pemutusan hubungan kerja (PHK), dan pemilik usaha mikro dan kecil (UMKM). Dengan demikian, program ini secara khusus ditujukan untuk:

  • Pencari Kerja: Individu yang sedang mencari peluang kerja dan ingin meningkatkan keterampilan dan pengetahuan mereka agar lebih sesuai dengan persyaratan pasar kerja modern.
  • Pekerja yang Terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK): Mereka yang mengalami pemutusan hubungan kerja dan memerlukan dukungan untuk menghadapi tantangan baru di dunia kerja.
  • Pelaku Usaha Mikro dan Kecil (UMKM): Pemilik usaha kecil dan mikro yang membutuhkan peningkatan keterampilan dan pemahaman untuk mengembangkan usaha mereka.

Sumber Freepik: Prakerja - Gamelab.ID

Syarat Ikut Prakerja Gelombang 64

Bagi kamu yang tertarik untuk mengikuti pelatihan Kartu Prakerja 2024 pada Gelombang 64, kamu dapat melakukan pendaftaran melalui situs resmi prakerja.go.id. Pastikan untuk memverifikasi bahwa semua syarat yang berlaku sebagai calon pendaftar Prakerja Gelombang 64 telah terpenuhi. Di bawah ini adalah kriteria yang harus dipenuhi untuk melakukan pendaftaran:

  • Kewarganegaraan Indonesia (WNI) dengan usia minimum 18 tahun dan maksimum 64 tahun.
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal.
  • Sedang mencari pekerjaan, merupakan pekerja/buruh yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan keterampilan kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro & kecil.
  • Tidak termasuk dalam kategori Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara, Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, serta Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
  • Maksimal 2 Nomor Induk Kependudukan (NIK) dalam 1 Kartu Keluarga (KK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Sumber Freepik: Prakerja - Gamelab.ID

Cara Mendaftar Prakerja Gelombang 64

Setelah memenuhi persyaratan yang ditetapkan. Kamu dapat melanjutkan dengan mengikuti serangkaian langkah-langkah untuk mendaftar pada Program Kartu Prakerja tahun 2024 sebagai berikut:

  • Kunjungi situs www.prakerja.go.id dan klik opsi "Daftar Sekarang".
  • Masukkan alamat email yang masih aktif serta kata sandi, lalu tandai kotak persetujuan atas syarat dan ketentuan sebelum mengklik tombol "Daftar".
  • Verifikasikan KTP dan Kartu Keluarga (KK) dengan memasukkan detailnya, termasuk tanggal lahir.
  • Lengkapi informasi diri sesuai permintaan pada formulir pendaftaran dan unggah salinan foto e-KTP.
  • Lanjutkan dengan proses pemindaian wajah untuk verifikasi.
  • Jawab pertanyaan terkait motivasi partisipasi dalam program ini dan pilih jenis pelatihan serta keterampilan yang diminati.
  • Selanjutnya, lakukan verifikasi nomor ponsel dan berikan jawaban yang sesuai untuk pertanyaan mengenai kondisi peserta.
  • Akhirnya, ikuti ujian untuk menilai kemampuan dasar.

Sumber Freepik: Prakerja - Gamelab.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Ikuti Kelas Prakerja di Gamelab Indonesia

Apabila kamu sekarang sudah punya bayangan untuk mendaftar Kartu Prakerja 2024 pada Gelombang 64, selanjutnya kamu bisa mencari lembaga pelatihan terpercaya. Gamelab Indonesia bisa menjadi bahan pertimbanganmu karena memiliki kelas yang banyak, ditambah kamu akan dijarkan langsung oleh trainer expert dari industri yang sudah memiliki pengalaman lebih dari 5 tahun. Berikut macam-macam kelas bisa kamu ikuti:

Kelas Bisnis Online

Kelas Pemrogramman

Kelas Desain dan Audiovisual

Itu dia gambaran ringkas mengenai Prakerja 2024. Jika kamu berminat untuk mendaftar, pastikan untuk memilih bidang yang ingin kamu kembangkan. Lalu apabila kamu masih bingung dalam memilih, kamu dapat langsung mendaftar ke Kelas Prakerja 2024 yang diselenggarakan oleh Gamelab Indonesia.


Vincentius Dimas

Vincentius Dimas

Selasa, 5 Maret 2024

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI