BERITA SALES & MARKETING Saatnya Mengenal Konsep Dasar Pemasaran Digital

Saatnya Mengenal Konsep Dasar Pemasaran Digital


#pemasaran #digital marketing #business development
Saatnya Mengenal Konsep Dasar Pemasaran Digital

Era pemasaran digital sudah berjalan waktu yang lalu ketika hadir teknologi internet dan sekarang telah menjadi bagian utama di dalam perusahaan

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Pemasaran digital adalah suatu usaha untuk mempromosikan sebuah produk atau merek tertentu yang di mana media yang digunakan untuk mempromosikan adalah media digital. Promosi dilakukan untuk menjangkau calon konsumen secara tepat waktu, pribadi dan relevan sesuai dengan kebutuhan calon konsumen, untuk kemudian mengkonversi ke dalam bentuk penjualan yang nyata. 

Keunggulan Pemasaran Digital vs Pemasaran Konvensional

"multicolored marketing freestanding letter" Photo by Merakist on Unsplash

Berikut beberapa keunggulan pemasaran digital dibandingkan konvensional: 

Dapat Diukur Secara Realtime

Salah satu kelebihan dari pemasaran digital adalah dapat diukur secara realtime, hal ini dikarenakan adanya alat analisis seperti Google Analytics. Dengan adanya alat analisis seperti Google Analytics sehingga informasi tentang klik, kunjungan dan penjualan dari SEO, AdWords, media sosial, konten serta pemasaran email yang dibuat bisa didapatkan.

Walaupun proses ini lumayan panjang, namun kalian dapat melihat hasilnya secara realtime setelah metode ini diaplikasikan. Sehingga dengan cara ini, efisiensi strategi yang kalian gunakan dapat diukur dan perubahan dapat segera diimplementasikan.

Kecepatan Mengukur ROI (Return of Investment)

Hal yang paling menarik dari pemasaran digital jika dibandingkan dengan pemasara secara konvensional adalah adanya peluang kampanye yang lebih baik dengan menggunakan media digital. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa dengan menggunakan pemasaran digital adalah dapat diukur secara realtime sehingga dapat mengembangkan strategi pemasaran secara online.

Sehingga dalam strategi pemasaran digital dapat ditentukan target dan juga goal yang ingin dicapai dengan pengukuran tertentu, atau dalam hal ini dapat dengan jelas menentukan Return Of Investment (ROI). ROI atau Return of Invesment adalah rasio yang menunjukkan hasil dari sejumlah aktiva yang digunakan sebuah perusahaan yang menyangkut tentang efisiensi manajemen. ROI biasanya diukur dalam bentuk presentase.

Jangkauan Geografis Yang Tidak Terbatas

"woman standing on food counter" Photo by Robert Bye on Unsplash

Selain faktor kemudahan dalam evaluasi seperti di atas, luas jangkauan geografis juga menjadi salah satu kelebihan dari pemasaran digital. Dengan memanfaatkan media digital, kita dapat menyebarkan konten atau produk ke seluruh dunia hanya dengan sekali klik. Pemasaran digital dapat memberikan akses yang luas dari pelanggan yang potensial.

Sudah dipastikan saat ini bahwa sebagian besar orang yang tersebar di seluruh dunia pasti menggunakan internet setiap harinya, itu sudah menjadi sebuah kebiasaan di jaman ini. Sehingga banyak pemasaran yang dilakukan oleh sejumlah perusahaan atau kelompok tertentu hanya dengan melalui internet. Tentu saja hal ini akan banyak memberikan efisiensi bagi para perusahaan atau kelompok tersebut.

Penargetan Calon Konsumen Secara Spesifik

Jangkauan giegrafis yang luas bukan berarti tidak dapat memastikan calon konsumen secara spesifik. Dengan menggunakan bebarapa teknik pemasaran Digital, maka kita dapat menargetkan calon konsumen secara lebih spesifik. Strategi pemasaran digital yang digunakan untuk mencapai target konsumen pemasran digital dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization), SEM (Search Engine Marketing) dan Social Media. Sehingga untuk cakupan calon konsumen dapat ditargetkan secara lebih spesifik.


Teknik-Teknik Pemasaran Digital

Beberapa teknik pemasaran digital yang perlu kita ketahui adalah: 

SEO (Search Engine Optimazion)

"SEO text wallpaper" Photo by Merakist on Unsplash

SEO atau yang merupakan singkatan dari Search Engine Optimazion atau optimasi mesin pencari adalah suatu strategi sistematis yang digunakan untuk menempatkan website atau blog untuk berada pada halaman utama SERP (Search Engine Result) yang sesuai dan potensial sesuai dengan keyword yang ditentukan.

Melakukan SEO membutuhkan ketekunan dan keterampilan tersendiri. Selain itu, melakukan SEO jug amembutuhkan kemampuan analisis, kompetitif, dan strategis yang baik. Tentunya hal ini dikarenakan untuk menganalisis kata kunci atau keyword apa yang akan ditargetkan. Jika dilihat secara teknis, SEO membutuhkan waktu setidaknya 3 bulan untuk mendapatkan hasil yang optimal. 

Tujuan utama dari melakukan SEO adalah untuk meningkatkan traffic pengunjung atau kunjungan dengan menggunakan kata kunci yang tertarget pada search engine. Salah satu yang menjadi indikator keberhasial SEO adalah semakin tingginya posisi suatu website atau blog dengan keyword tertentu di search engine. Semakin tinggi posisi website atau blog dengan keyword tertentu di search engine, maka semakin tinggi pula pengunjung atau visitor yang berkunjung ke website atau blog tersebut.

Social Media Marketing

 "assorted-color social media signage" Photo by Merakist on Unsplash

Seperti yang kita tahu, media social merupakan salah satu media online yang saat ini banyak digunakan baik usia tua, muda, anak-anak, semua sudah mengenal social media. Dengan mengetahui hal ini kita perlu melakukan 'pendekatan' pada calon pelanggan denagn memanfaatkan social media kita bisa mulai membangun kepercayaan calon pelanggan terhadap brand ataupun produk kita. Membangun kepercayaan calon pelanggan bukanlah hal  yang rumit seperti yang dibayangkan. Tidak perlu memiliki pengikut yang banyak, namun perlu digaris bawahi, kita perlu menghubungkan bisnis kita dengan orang-orang yang tepat.

Mulailah dengan membangun brand awarness dari brand ataupun produk yang kita miliki, yaitu dengan menciptakan visibilitas online yang merupakan representisi dari produk atau brand yang kamu kembangkan. Cobalah mengembangkan visibilitas tersebut secara visual, cara ini biasanya akan lebih banyak menarik perhatian dari para calon pelangganmu.

Email Marketing

"person using smartphone and laptop computer" Photo by Yogas Design on Unsplash

Seperti namanya, Email Marketing, teknik ini tentunya dengan memanfaatkan email untuk media pemasaran. Mengapa email dapat digunakan sebagai salah satu media yang efektif untuk melakukan pemasaran secara digital? Menurut sebuah penelitian yang dilakukan oleh Radicati Group, lebih dari 34% orang di seluruh dunia menggunakan email. Jumlahnya kurang lebih 2,5 orang. Jumlah tersebut diperkirakan masuh akan terus meningkat menjadi 2,8 miliar pengguna dalam 2 tahun ke depan.

Selain itu email marketing bersifat lebih personal dan lebih eksklusif untuk berkomunikasi dengan pelanggan, karen atidak sembarang orang atau perusahaan mendapat suatu alamat email. Tentunya jika mendapatkan alamat email pun mereka harus mendapatkan izin dari pemilik email untuk mengirimkan pesan pada email tersebut. Itulah sebabnya pemasaran email dapat bekerja dengan baik apabila dipersonalisasi dengan lebih optimal. Penggunaan email dapat disesuaikan dengan tindakan pelanggan sehingga setiap komunikasi bisa relevan dengan minat mereka.

Mobile Marketing

Mobile Marketing merupakan salah satu teknis pemasaran digital yang saat ini banyak digunakan. Bisa dikatakan, teknis ini yang menyasar langsung pada konsumen yang menggunakan perangkat mobile seperti tablet, smartphone, dll. Dimana saat ini penggunaan mobile lebih banyak  daripada penggunaan komputer, pc, atau laptop.

Sehingga dengan adanya teknis Mobile Marketing ini, para pelaku usaha harus menyesuaikan tampilan website atua blog mereka menjadi ramah atau user friendly ketika website atau blog tersebut diakses melalui perangkat mobile. Berdasarkan survey, sekitar 30 sampai 40% konsumen mengakses atau membuka website utnuk memesan atau membeli produk secara onlien melalui perangkat mobilenya.


Baca juga artikel lainnya : Dasar Membangun Brand yang Kuat untuk Produk


Aset-Aset Penting Di Dalam Pemasaran Digital

Untuk memulai belajar pemasaran digital, kita harus tahu aset-aset penting yang perlu kita jaga dan akan menjadi aset berharga apabila kita bisa menggunakannya secara tepat. Berikut daftarnya: 

Subscriber (data pelanggan)

Subscriber atau datau data pelanggan merupakan salah satu hal yang penting bagi setiap pelaku usaha, terutama untuk meningkatkan pelayanan dan kualitas dari produknya. dari jumlah dan data subscrier inilah, kita dapat pengembangkan bisnis online yang saat ini sedang kita jalankan. Dengan memahami data-data pelanggan tersebut kita dapat memberikan produk yang lebih banyak diminati oleh subscriber kita. Tentnya produk yang masih berhubungan dengan produk yang kita jual atau tawarkan.

Identitas Perusahaan

"Google sign" Photo by Paweł Czerwiński on Unsplash

Identitas perusahaan menjadi salah satu hal yang penting, saat kita menjual atau menawarkan barang atau produk kita. Dengan adanya indentitas tersebut, pelanggan akan dapat membedakan produk kita dengan produk lainnya, perusahaan menjadi mempunyai ciri atau personalisasi yang berbeda dengan perusahaan lain.

Hal ini penting sebagai identitas barang juga, sehingga pelanggan juga akan lebih nyaman menyebutnya sebagai barang eksklusif karena barang atau produk tersebut memiliki identitas khusus. Identitas brand atau logo berfungsi untuk merepresentasikan identitas sebuah perusahaan atau produk dimata pelanggan. Dengan  membangun sebuah brand kita bisa lebih mudah dalam melakukan diital marketing. Sebuah brand atau identitas yang baik akan lebih mudah menemukan pelanggan, bahkan pelanggan dapat mencari kita.

Konten

Konten dalam sebuah pemasaran digital juga merupakan hal yang patut mendapatkan perhatian dari kita. Sebuah bisnis digital dapat berjalan dengan lancar jika kita dapat memaksimalkan penggunaan media sosial secara maksimal. Seller tidak boleh sembarangan dalam menulis konten di media sosial untuk bisnisnya, hal ini tentu saja akan berpengaruh pada reaksi dari para pengikut atau subscriber kita di media sosial. Sehingga, jika retensi dari like, share, ataupun komen dalam konten kita rendah maka akan menimbulkan aksi yang kurang dari para calon pelanggan kita untuk membeli atau memesan produk kita.

Sehingga, untuk menaikkan retensi dari pelanggan kita harus membuat konten yang bagus dan menarik yang sesuai dengan atau memiliki ciri khas dari produk yang kita tawarkan, sehingga mereka akan lebih tertarik untuk membeli atau memesan produk kita.

Website

"turned on MacBook Pro beside gray mug" Photo by Igor Miske on Unsplash

Website menjadi salah satu dari wajah terdepan sebuah perusahaan yang profesional, baik itu perusahaan yang bergerak dibidang produk atau pelayanan. Website menjadi salah satu hal yang pertama kali di cari oleh pelanggan saat ingin mengetahui lebih dalam suatu produk atau pelayanan dari suatu perusahaan atau industri tersebut, tentunya selain melalui media sosial.  

Oleh sebab itu, kita perlu memiliki website atau blog sebagai pusat informasi produk yang kit ajual. Funsi penting dari website tidak hanya sebatas pusat infomasi produ, namun juga menjadi tempat dimana kita dapat mengedukasi calon pelanggan dengan konten-konten yang menarik sesuai dengan produk yang kita tawarkan. Melalui website atu blog kita juga dapat membangun kepercayaan calon pembeli sebagai sebuah perusahaan yang kompeten. 

Pebisnis manapun tidak akan dipandang profesional di bidangnya jika ia tidak memiliki website atau blog. Jika ia tidak dapat ditemukan melalui search engine, pebisnis tersebut akan dinilai tidak kompeten. Di era teknologi seperti sekarang, informasi digital memang sangat krusial dan sangat dicari oleh orang banyak. Dengan desain yang menarik dan konten yang bermanfaat serta tatap muka yang ramah dengan perangkat mobile akan dapat menciptakan kesan kit asebagai perusahaan yang profesional di mata calon pelanggan.

Akun Social Media

 "person using both laptop and smartphone" Photo by Austin Distel on Unsplash

Selain melalui website, kita juga perlu membangunkepercayaan lebih dekat dengan calon pelanggan melalui media sosial. Kepemilikan sosial media yang dapat digunakan secara gratis seperti Facebook, Instagram, dan Twitter dapat kita gunakan sebagai salah satu aset dalam pemasaran digital. Populasi yang besar dari pengguna media sosial adalah sebuah pangsa pasar yang potensial bagi kita.

Selain untuk memasarkan produk, media sosial juga digunakan untuk menjalin kedekatan dengan calon pelanggan. Sebagai seller perlu membangun koneksi dengan pelanggan, terlepas apakah ia melakukan pembelian atau hanya sekedar bertanya tentang produk yang kita tawarkan. Koneksi yang baik akan terbentuk jik aseller dapat membangun citra yang positif di mata pelanggan.


Cara Memulai Digital Marketing

Kamu bisa memulai menggunakan digital marketing dengan membuka sumber-sumber penting sebagai berikut : 

Google Ads

"person holding black smartphone" Photo by Daniel Korpai on Unsplash

Google Ads adalah alat pemasaran online berupa platform iklan yang disediakan oleh Google. Google Ads ini bisa memungkinkan kitauntuk menentukan target calon customer berdasarkan keyword (kata kunci), topik, waktu dan tentunya lokasi. Kita juga bisa memasang iklan tanpa khawatir karena hanya perlu menyesuaikan dengan berapa budget pemasaran yang kita punya.

Manfaat dari menggunakan Google Ads

  1. Kita bisa meningkatkan web traffic secara tertarget, dengan menggunakan penghitungan PPC (Pay per Click) untuk menjumlah biaya iklan yang kita pasang dan berapa tarif iklan kita akan secara otomatis dikonversi ke visitor berdasar harga klik.
  2. Kita bisa mendapat visitor yang sesuai niche sehingga kita dapat menayangkan iklan berdasar keyword yang ditargetkan.
  3. Reputasi website kita bisa meningkat tanpa merusak usaha SEO, memasang iklan di Google Ads bisa menguntungkan karena pencarian keyword yang memang banyak dicari untuk optimasi SEO nantinya bakal dimasukkan oleh Google.
  4. Omset penjualan bisa bertambah, dalam website resminya mengklaim bahwa memasang iklan di Google Ads bisa meningkatkan omset.

Menurut tutorial Google Ads dari page resmi, ada 4 tahap dalam proses penerbitan iklan di mesin penelusurnya. Berikut adalah tahapan-tahapannya:

  1. Melalui penyesuaian kata kunci dengan iklan yang kita buat, iklan kita dapat muncul ketika seseorang mencari istilah serupa, atau mengunjungi situs web dengan konten yang terkait.
  2. Google Ads menghitung skor yang disebut Peringkat Iklan untuk setiap iklan di lelang. Peringkat Iklan menentukan posisi iklan dan apakah iklan valid untuk ditampilkan.
  3. Dengan bidding biaya per klik (CPC), kita akan ditagih ketika seseorang cukup tertarik untuk mengklik iklan dan mengunjungi situs kita.
  4. Ketika beriklan dengan Google Ads, kita menanam investasi keuangan dalam bisnis. Namun dibutuhkan lebih dari sekadar uang untuk meraih keberhasilan.

Jika kalian tertarik untuk mencoba memasang iklan untuk bisnis kalian bisa coba denga menggunakan Google Ads.

Facebook Ads Manager

"lack smartphone on top pf Cereal magazine" Photo by Daniel Korpai on Unsplash

Facebook Ads merupakan salah satu fitur andalan dari Facebook yang saat ini sedang booming di kalangan pebisnis. Pelayanan berupa iklan berbayar ini ditujukan khusus untuk pada pelaku usaha, baik komunitas, brand, public figure, serta siapapun yang ingin mempromosikan produk / jasanya di Facebook.

Dengan menggunakan Facebook Ads, selain jangkauan yang lebih luas, kelebihan lainnya karena Facebook Ads memiliki fitur yang bernama Facebook Ads Manager, sehingga iklan di Facebook terpasang pada audience yang tertarget berdasarkan kondisi demografisnya ( usia, jenis kelamin, lokasi, pendidikan, pekerjaan, minat, kebiasaan, koneksi, dan sebagainya).

Facebook Ads Manager juga memungkinkan kita untuk mengevaluasi kinerja iklan yang sudah kita buat, misal berapa kali iklan ditampilkan, berapa banyak user mengklik iklan, hingga data mengenai cost per click/line/convention-nya. Dari hal yang sudah dijelaskan di atas tidakkah terbesit pertanyaan "mengapa perlu mempromosikan sebuah postingan?"

Jadi untuk memasarkan produk, barang atau pelayanan kita kepada calon pelanggan, kita perlu menyebarluaskan promo, konten dan informasi yang berkaitan dengan produk, barang atau pelayanan kita. Sehingga calon pelanggan kita dapat tertarik dan mengetahui keberadaaan produk kita. Jadi sebisa mungkin untuk menyebarluaskan produk yang kita buat, bisa salah satunya melalui mempromosikan melalui postingan. Dengan mempromosikan melalui postingan, kita dapat mendapatkan lebih banyak orang menyukai, membagikan dan memngomentari postinganyang kita buat. Sehingga dapat lebih banyak menjangkau para calon pelanggan. Postingan yang di promosikan melalui Facebook Ads Manager juga dapat menjangkau lebih banyak orang-orang baru yang kemungkinan tertarik dengan produk kita.

Dari situs resmi Facebook, dapat kita ketahui beberapa fitur postingan yang dipromosikan, diantara sebagai berikut ini :

  1. Ditargetkan: kita dapat menargetkan postingan yang kita promosikan pada siapa saja berdasarkan lokasi, minat, gender, dll. Kita juga dapat menargetkan postingan tersebut kepada pemirsa y ang serupa berdasarakan orang-orang yang sudah menunjukkan minat pada halaman kita.
  2. Banyak penempatan: Penempatan ini merupakan lokasimunculnya iklan yang kita pomosikan. Postingan yang dipromosikan dapat muncul pada Kabar Berita Desktop, Kabar Berita Seluler, dan Instagram. 
  3. Anggaran yang dapat disesuaikan: Jumalh anggaran yang digunakan untuk mempromosikan postingan sepenuhnya adalah terserah kita. Postingan yang dipromosikan memerlukan anggaran minimal $1 per hari.
  4. Penjadwalan: Kita juga dapat mengatur jumlah waktu yang kita inginkan untuk mempromosikan postingan kita ditayangkan.
  5. Materi iklan: Iklan yang kita buat akan terlihat persis seperti postingan Halaman yang menjadi dasarnya. Bedanya, iklan kita akan muncul dengan label Bersponsor di sudut kiri atas dan akan memiliki tombol ajakan bertindak di sudut kanan atas jika kita menambahkannya.
  6. Akses ke insight: Saat mempromosikan postingan atau membuat iklan lewat Halaman, kitaakan dapat melihat hasil dan insight di tab Pusat Iklan.

Bagi kalian yang ingin mencoba untuk mempromosikan postingan kalian ayang berhubungan dengan produk kalian, silahkan gunakan Facebook Ads Manager.

 


Sumber :

  • facebook.com
  • ads.google.com

Baca artikel menarik lainnya :

 

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Andi Taru

Andi Taru

Selasa, 31 Desember 2019