BERITA MAGANG Memulai Kerja Freelance dari Magang Online

Memulai Kerja Freelance dari Magang Online

Memulai Kerja Freelance dari Magang Online

Ingin kerja freelance tapi takut mencoba langsung karena kurang pengalaman? Magang online akan bantu meningkatkan pengalamanmu sebelum bertemu dengan client.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Era teknologi yang semakin hari semakin maju, sistem online dan digital semakin banyak digunakan oleh masyarakat guna mempermudah kehidupan sehari-hari. Bahkan penggunaan sistem online ini sudah merambah ke segala aspek kehidupan masyarakat khususnya pada masyarakat perkotaan. Penggunaan sistem online yang lebih mudah dan efisien sangat cocok dengan cara kerja pada masyarakat saat ini. 

Kerja Freelance bisa jadi pilihan salah satu pilihan

Kalau kalian lihat sudah semakin banyak penerapan cara kerja online yang saat ini semakin banyak peminatnya, karena memang selain dianggap lebih praktis dan efisien bekerja secara online. Semakin banyak orang yang mulai tertarik dengan bekerja seperti ini, seperti yang sering kali kita kenal sekarang, yaitu kerja freelance.

Kerja sampingan online ini tentunya tidak membutuhkan banyak modal. Dengan bermodalkan internet dan keahlian yang kita miliki didukung dengan peralatan yang dapat menunjang pekerjaan tersebut sudah terasa cukup. Tidak perlu untuk menyewa tempat yang besar untuk bekerja freelance, cukup sulap kamar kamu saja jadi tempat yang nyaman untuk bekerja freelance.

"Kerja freelance tentunya tidak membutuhkan banyak modal, karena dengan bermodalkan internet dan keahlian yang kita miliki didukung dengan peralatan yang dapat menunjang pekerjaan tersebut sudah terasa cukup."

Setiap pekerjaan tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan, termasuk juga kerja freelance. Pekerjaan ini bisa disebut pekerjaan yang menyenangkan dan bebas, karena pekerjan ini fleksibel bisa dilakukan di manapun tanpa terikat tempat namun jika tidak bisa membranding diri dengan benar, konsekuensi yang didapat adalah tidak bisa mendapatkan client

Belum berpengalaman dengan kerja online

Sebagian mahasiswa biasanya takut untuk memulai menjadi freelancer karena merasa pengalaman mereka masih kurang, terutama dalam hal membranding diri mereka sendiri. Pada tahap itu biasanya para freelancer baru akan merasa rendah hati karena tidak mendapatkan client sehingga tidak ada pemasukan sehingga perlahan-lahan berhenti begitu saja.

"Ingin mencoba bekerja freelence namun pengalaman untuk berhadapan dengan client masih belum banyak dan portofolio."

Selain branding diri, kita juga perlu melihat potensi market dan mengikuti trend dari market yang kita tuju. Melihat trend market yang kita tuju juga bisa jadi salah satu cara untuk menarik client kita.


Baca juga : Tips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus


Berhadapan dengan client secara online

Menghadapi client secara online memang sedikit berbeda dengan bertatap muka secara langsung. Seringkali terjadi kesalahpahaman antara client dengan kita sebagai freelancer karena perbedaan persepsi. Untuk itu membutuhkan pengalaman berkomunikasi dengan client secara online. Anggap bahwa perusahaan tempat kamu melakukan magang online adalah calon client-mu. Kamu bisa membiasakan diri untuk berkomunikasi secara online dengan client-mu nanti.

"Bekerja sebagai seorang freelancer tentu harus menghadapi client secara online. Cobalah untuk membranding dirimu dan lebih aktif mempromosikan dirimu di media sosialmu."

Selain itu kamu bisa perbanyak portofolio dan belajar untuk membranding dirimu sendiri. Kamu bisa coba mengikuti magang secara otomatis akan menambah portofolio yang bisa kamu tunjukkan kepada client. Akan menjadi nilai plus jika perusahaan tersebt adalah perusahaan dengan kredibilitas yang baik.  

Pengalaman menghadapi client bertambah dengan magang online

Mengikuti magang baik secara offline maupun online tentu akan menambah skill dan pengalamanmu dalam menghadapi dunia kerja. Menghadapi client secara online dan bertatap muka tentunya berbeda. Saat bertatap muka kamu bisa menjelaskan secara langsung dengan lebih leluasa, namun jika dilakukan secara online bisa saja terjadi miskomunikasi karena perbedaan pemahaman.

"Memangnya magang secara online bisa bikin pengalaman kerja untuk menghadapi client secara online akan bertambah?"

Dengan mengikuti magang ini kamu bisa membiasakan diri untuk menjelaskan pekerjaanmu kepada trainer atau pembimbingmu seperti apa konsep pekerjaanmu hingga hasil jadinya.

Magang online terpercaya

GameLab.ID merupakan salah satu tempat magang yang dilakukan secara online, yang bisa kamu akses dari manapun dan kapanpun. Siapapun kamu, berasal dari universitas manapun, jurusan apapun bisa ikutan magang di GameLab.ID. Banyak pilihan akademi yang bisa kalian pilih sesuai dengan bidang kalian masing-masing lho. Dengan magang secara online, kalian akan mendapatkan banyak keuntungan sebagai berikut : 

  • biaya yang lebih murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

 


 

Baca artikel menarik tentang magang lainnya :

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

magang freelance internship kerj aonline kerja praktek
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 7 Maret 2019