BERITA KARIR Ingin Kerja di Startup? Ini Posisi Pekerjaan di Startup yang Bisa Kamu Ambil

Ingin Kerja di Startup? Ini Posisi Pekerjaan di Startup yang Bisa Kamu Ambil

Oleh Ayu Larasati | Senin, 29 Agustus 2022

Ingin Kerja di Startup? Ini Posisi Pekerjaan di Startup yang Bisa Kamu Ambil

Kamu ingin bekerja di startup? Berikut beberapa posisi pekerjaan di startup yang bisa kamu ambil saat mencari pekerjaan.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Bekerja di startup menjadi impian bagi banyak orang. Sebab, startup memiliki budaya kerja yang fleksibel dan menyenangkan. Mungkin banyak yang mengira bahwa hanya orang di bidang IT yang dibutuhkan oleh startup. Padahal banyak posisi pekerjaan di startup yang dapat diisi di dalam sebuah startup.

Nah untukmu yang tertarik untuk bekerja di startup, berikut beberapa posisi pekerjaan di startup yang bisa kamu coba.

Pekerjaan yang Dibutuhkan Startup

Pekerjaan yang Dibutuhkan Startup

Dalam kurun waktu terakhir, banyak startup bermunculan dan berkembang pesat di berbagai sektor. Mulai dari bidang transportasi, pendidikan, e-commerce, fintech, dan lain sebagainya.

Berikut beberapa pekerjaan yang dibutuhkan di startup. Simak ya!

1. Developer

Bisa dibilang, developer menjadi salah satu pekerjaan yang paling dibutuhkan oleh startup. Mengingat startup bergantung pada teknologi, khususnya untuk membuat software, website, atau aplikasi. Nah, profesi developerlah yang bertugas untuk membuat hal-hal tersebut.

Untuk menjadi developer, kamu harus bisa memahami dan menggunakan bahasa pemrograman untuk menciptakan produk tersebut.

2. Product Manager

Jenis pekerjaan selanjutnya yang diperlukan oleh startup adalah Product Manager. Lalu apa sebenarnya Product Manager itu?

Product Manager adalah pelaksana atau otak dari berbagai produk bisnis, apalagi jika produknya berupa teknologi. Dengan kata lain, Product Manager mempunyai tugas utama yakni menentukan dan merancang strategi, visi, serta pengembangan produk.

Umumnya, Product Manager akan berkoordinasi dengan tim engineering dan juga tim marketing untuk memasarkan produknya.

Skill yang dibutuhkan untuk dapat menjadi seorang Product Manager adalah riset dan analisis data, komunikasi, serta cara berpikir strategis.

3. Digital Marketing

Digital marketing adalah salah satu pekerjaan yang dibutuhkan oleh startup. Mengingat seiring berkembangnya teknologi dan internet yang sangat berpengaruh pada banyak hal, khususnya pada strategi pemasaran sebuah bisnis.

Skill utama yang harus kamu miliki jika ingin bekerja sebagai digital marketing adalah pemahaman mengenai dunia digital. Misal seperti mesin pencarian, penggunaan media sosial, pemahaman tools analytics, dan pembuatan konten digital.

Di dalam digital marketing sendiri terdapat beberapa strategi yang dapat diimplementasikan. Contohnya seperti content marketing, SEM, SEO, social media marketing, dan lain sebagainya.

4. UI/UX Designer

Posisi UI/UX Designer mempunyai potensi yang sangat besar untuk bekerja di startup. Walaupun sepintas mirip, tetapi sebetulnya UI/UX Designer mempunyai perbedaan karena tugas masing-masing pekerjaan tersebut juga berbeda.

Seorang UI (user interface) designer bertanggung jawab dalam pembuatan tampilan dan desain di dalam sebuah website, software, atau aplikasi. Di dalam pekerjaannya, ia harus memerhatikan segi estetika sehingga tampilan aplikasi, website atau software dapat terlihat eye catching, unik, dan menarik.

Di sisi lain, seorang UX (user experience) designer memiliki tugas untuk meningkatkan kepuasan pengguna ketika mengakses aplikasi, website, dan software. Umumnya, UX designer akan berkolaborasi dengan UX writer, UI designer, dan UX researcher.

5. Business Development

Untuk mengembangkan bisnisnya, startup memerlukan Business Development. Pekerjaan ini bertugas melakukan analisis strategi bisnis dan menghubungkan relasi, pelanggan, dan pasar.

Skill yang dibutuhkan untuk menjadi seorang Business Development adalah memiliki keterampilan negosiasi dan komunikasi yang baik. Selain itu, seorang BD juga harus senang menjalin relasi dengan pihak lain agar kerja sama yang menguntungkan dapat terbentuk.

6. Data Analyst

Data Analyst sangat diperlukan oleh perusahaan startup. Pekerjaan ini bertugas untuk melakukan analisis data dan mencari informasi yang diperlukan untuk mengembangkan bisnis.

Tidak hanya itu, Data Analyst juga harus dapat mengkomunikasikan hasil risetnya ke berbagai pihak yang terkait. Tentu saja, data yang disampaikan harus mudah dipahami dan dibaca oleh orang lain.

7. HRD

HRD atau Human Resource Development adalah posisi yang tidak kalah penting dari pekerjaan-pekerjaan lainnya. Lingkup pekerjaan HR adalah pada hubungan karyawan dengan perusahaan dan perkembangan karyawan. Tidak hanya itu, HRD juga bekerja sama dengan General Affair dan tim administrasi.

Baca Juga : Manfaat dan Tips Efektif Membagi Waktu Untuk Bekerja Dengan Kuliah

Penutup

Itu dia berbagai posisi pekerjaan yang selalu diperlukan oleh startup. Untukmu yang tertarik untuk bekerja di startup, kamu perlu memiliki skill yang mumpuni.

Nah, jika kamu ingin meningkatkan skill di bidang koding, desain, dan bisnis, yuk gabung dengan kelas online Gamelab. Di sini, kamu bisa mengoptimalkan skill dengan pembelajaran yang fleksibel, materi dari profesional, dan mendapatkan sertifikat penyelesaian.

Klik di sini ya untuk memilih kelas favoritmu!


Referensi:

  • 6 Jenis Pekerjaan yang Selalu Dibutuhkan Perusahaan Startup [1]
  • 8 Jenis pekerjaan yang banyak dicari di startup [2]
  • 5 Jenis Pekerjaan Yang Selalu Dibutuhkan Perusahaan Startup [3]
  • Fresh Graduate, Ini 6 Pekerjaan yang Paling Dicari Startup [4]
  • Jenis Pekerjaan Yang Paling Dibutuhkan Perusahaan Startup [5]

Ayu Larasati

Ayu Larasati

Senin, 29 Agustus 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI