BERITA PRAKERJA Cara Menguasai Microsoft Excel untuk Akuntansi dengan Kelas Prakerja GAMELAB.ID

Cara Menguasai Microsoft Excel untuk Akuntansi dengan Kelas Prakerja GAMELAB.ID

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 22 November 2022

Cara Menguasai Microsoft Excel untuk Akuntansi dengan Kelas Prakerja GAMELAB.ID

Ingin menguasai Microsoft Excel? Kamu bisa mengikuti kelas Prakerja GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Di dunia kerja, menguasai aplikasi Microsoft Excel sangatlah penting. Skill Microsoft Excel sangat diperlukan untuk beberapa pekerjaan seperti akuntan, sekretaris, admin, dan lain sebagainya. Untungnya, kamu bisa belajar Microsoft Excel dengan mudah di kelas Prakerja GAMELAB.ID.

Pentingnya Skill Microsoft Excel di Dunia Kerja

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, skill Microsoft Excel sangat dibutuhkan di dunia kerja. Aplikasi yang satu ini mempermudah pekerjaan khususnya yang berhubungan dengan perhitungan data. Apalagi, ditambah dengan rumus-rumus yang ada.

Apalagi, jika kamu memiliki cita-cita untuk menjadi akuntan. Pekerjaan yang satu ini tidak lepas dari yang namanya hitung-hitungan.

Mulai dari menghitung cash flow, pajak, dan lain sebagainya. Untuk itulah kamu perlu menguasai software ini. Pasalnya, dengan Microsoft Excel, kamu bisa menyusun tabel perhitungan dengan lebih rapi dan melakukan seluruh perhitungan tersebut dengan lebih cepat dengan berbagai formula atau rumus yang ada.

Rumus Dasar Microsoft Excel yang Sering Digunakan di Dunia Kerja

Mari belajar Microsoft Excel melalui beberapa rumus dasar berikut. Rumus-rumus ini wajib kamu hafal karena sering digunakan di dunia kerja.

1. SUM

Rumus SUM bisa kamu gunakan untuk melakukan penjumlahan data atau pada sel di worksheet. Tidak hanya itu, kamu juga bisa menggunakan rumus ini untuk penjumlahan yang lebih banyak seperti data dalam range yang kamu pilih. Kamu bisa menggunakan rumus ini untuk menghitung total atau jumlah dari data pemasukan penjualan.

Penulisan: =SUM(number1:number2).

(number1:number2) merupakan baris atau data dan kolom yang dipilih.

2. AVERAGE

Seperti namanya, rumus ini dipakai untuk mencari nilai rata-rata angka yang terdapat di data. Berbeda dengan rumus SUM yang berfungsi untuk menghitung jumlah/total angka dari sebuah data, rumus AVERAGE berfungsi untuk menghitung rata-rata sebuah data. Misal, untuk menghitung rata-rata pemasukan di bulan November.

Penulisan: =AVERAGE(number1:number2)

3. VLOOKUP

Rumus ini digunakan untuk mencari suatu nilai yang terdapat pada tabel yang sedang dikerjakan. Akan tetapi, bersumber pada tabel lain.

Tidak hanya itu, rumus ini juga dapat digunakan untuk mengambil data dari tabel lain dengan praktis dan akurat. Rumus ini berguna untukmu yang harus melakukan analisa banyak data.

Penulisan: =VLOOKUP(lookup_value,table_array,col_index_num,range_lookup)

Keterangan:

(lookup_value) : kolom yang akan disesuaikan dengan nilai yang terdapat pada tabel referensi.

(table_array) : tabel sumber yang akan kamu ambil datanya.

(index_num) : nomor kolom yang terdapat pada tabel yang akan diambil datanya.

(range_lookup) : memiliki fungsi sebagai penanda. Jika nilai yang dicari tidak ada pada tabel referensi, maka nilai tersebut tidak ditampilkan atau salah.

4. COUNT

Rumus ini berfungsi untuk menghitung jumlah sel yang berisi angka.

Penulisan: =COUNT(value1;[value];…) atau =COUNT(range)

5. SUMIF

Rumus Excel SUMIF memiliki fungsi untuk menjumlahkan data sesuai kriteria yang sudah ditentukan. Pada dasarnya, kamu akan memberikan perintah untuk menjumlahkan sebuah nilai (SUM), akan tetapi dengan kriteria tertentu (IF).

Penulisan: =SUMIF(range;criteria;[sum_range]).

Keterangan:

Range: data sel dari kriteria yang ingin kamu cari nilainya.

Criteria: nama dari kriteria

Sum_range: data dari nilai yang akan dijumlahkan

Baca Juga : Konsultasi Mingguan Prakerja GAMELAB.ID, Bikin Belajarmu Makin Mudah!

Belajar Microsoft Excel dengan Lebih Mudah di Kelas GAMELAB.ID

Untukmu yang ingin bekerja di bidang akuntansi, kamu bisa mengikuti kelas Prakerja GAMELAB.ID: Komputerisasi Akuntansi Menggunakan Excel untuk Menjadi Petugas Pembukuan.

Di kelas ini, kamu akan mendapatkan pelatihan akuntansi untuk mempelajari teknik pembukuan. Mulai dari penulisan, sampai dengan perhitungan formula menggunakan aplikasi Microsoft Excel.

Dengan  mengambil kelas ini, peluangmu untuk bekerja di bidang keuangan, accounting, marketing, operasional, dan bidang pekerjaan lainnya jadi lebih mudah. Di kelas ini, kamu bisa belajar mengelola statistik, worksheet dan grafik, serta aplikasi stok barang dan laporan keuangan. Lengkap sekali, bukan?

Yuk, #OptimizeYourDigitalSkill kamu bersama GAMELAB.ID dengan menukarkan saldo kartu Prakerja-mu di 5 platform digital berikut ini:

Setelah mendapatkan kode voucher dari platform tersebut, kamu bisa me-redeem kode voucher tersebut di halaman Prakerja di link ini. Lalu, kamu bisa langsung belajar, deh! Mudah bukan?

Yuk beli kelas pelatihan Prakerja GAMELAB.ID sekarang juga!


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 22 November 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI