BERITA TIPS MAGANG & KARIER Rekomendasi Lowongan Kerja Terdekat untuk Bulan Juli dan Agustus 2023

Rekomendasi Lowongan Kerja Terdekat untuk Bulan Juli dan Agustus 2023

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 19 Juli 2023

Rekomendasi Lowongan Kerja Terdekat untuk Bulan Juli dan Agustus 2023

Inilah daftar lowongan kerja terdekat untuk bulan Juli dan Agustus 2023 rekomendasi dari Gamelab.ID yang dapat menjadi bahan pertimbangan untuk para pencari kerja.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Ketersediaan lowongan kerja di Indonesia rupanya tak mampu membendung angka pengangguran yang masih tinggi. Seiring dengan berkembangnya teknologi di era globlaisasi, secara tidak langsung telah menuntut pasar kerja bergerak menjadi lebih kompetitif.

Lulusan SMK ataupun sarjana mau tidak mau harus menghadapi kencangnya persaingan dunia kerja. Sayangnya, lowongan kerja yang tersedia belum bisa memenuhi kebutuhan kerja lulusan SMK dan sarjana.

Data Jumlah Pengangguran di Indonesia

Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) pada Februari 2023 yang dirilis oleh Badan Pusat Statistik menunjukkan bahwa jumlah angkatan kerja naik 2,61 juta jika dibandingkan data tahun lalu pada Februari 2022.

Per Februari 2023, jumlah angkatan kerja naik menjadi sebanyak 146,62 juta orang. Sementara jumlah penduduk Indonesia yang bekerja sebanyak 138,63 juta orang. Jumlah ini mengalami kenaikan 3,02 juta orang dibanding Februari 2023.

Meski demikian, Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) hanya turun 0,38 persen menjadi 5,45 persen atau sebanyak 7,99 juta penduduk menganggur pada rentan waktu tersebut. Covid-19 yang sempat merajalela di seluruh dunia juga sempat melumpuhkan sektor dunia kerja di Indonesia.

Hingga Februari 2023, sebanyak 3,60 juta orang atau sekira 1,70 persen penduduk usia kerja terdampak Covid-19. Banyak karyawan yang dirumahkan akibat virus yang menyebar dari Wuhan di penghujung tahun 2019 ini.

Tingkatkan Keahlian

Membludaknya lulusan SMK dan sarjana nyatanya tidak sebanding dengan ketersediaan lapangan kerja di Indonesia. Untuk dapat terus bersaing di dunia kerja yang semakin ketat, para pencari kerja harus meningkatkan kualitas diri, mengasah kemampuan, dan terus berambisi. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan oleh para pencari kerja untuk terus mengasah kemampuan.

1. Kembangkan Soft Skill

Selain hard skill, soft skill juga sangat penting untuk dimiliki agar dapat bersaing di dunia kerja. Soft skill sendiri merupakan kemampuan yang berkaitan dengan komunikasi, keterampilan, dan kecerdasan sosial.

Sebuah pendapat yang dikemukakan Purwoastuti dan Walyani menyebutkan bahwa soft skill yaitu perlikau personal dan interpersonal yang membantu meningkatkan kinerja seseorang. Contoh soft skill yakni komunikasi, jiwa kepemimpinan, berpikir kritis, dapat bekerja sama secara kelompok maupun individu, manajemen waktu, dan lainnya.

2. Belajar Otodidak, Jangan Menyerah

Jika kamu memiliki ketertarikan pada suatu bidang, maka kejarlah bidang tersebut dengan terus belajar. Mulailah dengan mempelajarinya secara otodidak. Misalnya, ketika kamu memiliki minat menjadi web developer, maka pelajari istilah-istilah dan dasar-dasar pemrograman.

Belajar sendiri pun akan menunjukkan hasil yang maksimal jika diiringi dengan keseriusan dan konsistensi. Banyak tokoh-tokoh ternama yang memulai kesuksesannya dengan belajar sendiri. Sebut saja Bill Gates, sosok fenomenal pendiri Microsoft yang kini digunakan oleh seluruh orang di dunia.

Sebagai informasi, Bill Gates mulai mengenal komputer saat usianya masih 13 tahun. Meski belajar sendiri, ia dengan cepat menguasai program basic. Sadar akan ketertarikannya di bidang komputer yang tinggi, Bill Gates pun mengembangkan program dan bersama teman-temannya mendirikan Microsoft. Kisah tersebut bukan tidak mungkin kamu capai. Cobalah mulai belajar sendiri terkait bidang-bidang yang kamu minati.

3. Banyak Ikut Pelatihan dan Magang

Jika merasa terlalu sulit untuk memulai belajar sendiri, mintalah bantuan profesional dengan cara mengikuti pelatihan dan magang. Orang-orang yang dulunya belajar otodidak dan mencapai kesuksesan pun tak lepas dari mengambil kelas yang dipandu profesional.

Profesional akan mengarahkan kamu yang mungkin masih awam di bidang tertentu untuk terus berusaha dan menjadi lebih dekat dengan impianmu. Belajar dengan profesional dapat dilakukan lewat pelatihan-pelatihan maupun magang. Saat ini, tak sedikit perusahaan yang menyediakan pelatihan secara gratis.

Sementara magang bisa menjadi pilihan yang baik untuk kamu yang ingin mempraktikkan minatmu di bidang tertentu. Magang juga akan membantumu familiar dengan budaya kerja.

Lowongan Kerja Terdekat

Lowongan Kerja Terdekat - GAMELAB.ID

Sembari menggembleng diri sendiri untuk terus mengasah skill, cobalah melamar kerja. Ada beberapa lowongan kerja yang dewasa ini banyak diminati oleh masyarakat, terutama kawula muda.

Globalisasi membuat pekerjaan di bidang teknologi dan kreatif semakin digandrungi. Berikut lowongan kerja terdekat bulan Juli dan Agustus 2023 rekomendasi GAMELAB.ID. 

Digital Marketing

  1. Tutor Digital Marketing di PT Wish Sukses Digital, berlokasi di Jakarta Barat. Lamar sebelum 23 Agustus 2023.
  2. Content Creator (Digital Marketing) di PT Kotagede Jewellery Group, berlokasi di Sleman, Yogyakarta. Lamar sebelum 16 Agustus 2023.
  3. Digital Strategist - Digital Marketing di PT Ayo Bangun Superteam, berlokasi di Bandung. Lamar sebelum 15 Agustus 2023.

Desainer Grafis

  1. Desainer Grafis dan Sosial Media di PT Wish Sukses Digital, berlokasi di Jawa Barat. Lamar sebelum tanggal 23 Agustus 2023.
  2. Desainer Grafis di PT Qourum Pacific, berlokasi di Tangerang Selatan. Lamar sebelum 18 Agustus 2023.
  3. Pengajar Desain Grafis dan Ilustrasi di PT Educa Sisfomedia Indonesia, berlokasi di Salatiga.Lamar sebelum 11 Agustus 2023.
  4. Desainer Grafis di CV Saribunga Alam Lestari, berlokasi di Bandung Barat. Lamar sebelum 30 Juli 2023.

Social Media

  1. Social Media Specialist di JDV Wedding Planner, berlokasi di Jakarta Pusat. Lamar sebelum 30 Juli 2023.
  2. Social Media Specialist di Kara Brides, berlokasi di Jakarta Pusat. Lamar sebelum 30 Juli 2023.
  3. Advertisir Social Media di CV Averros Herbal, berlokasi di Demak, Jawa Tengah. Lamar sebelum 30 Juli 2023.
  4. Social Media Specialist di PT Ayo Bangun Superteam, berlokasi di Bandung.Lamar sebelum 15 Agustus 2023.

Baca Juga: 10 Keuntungan Pelatihan Prakerja untuk Fresh Graduate

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Selain lowongan kerja terdekat yang sudah disebutkan di atas, ada ratusan lowongan kerja lain yang bisa kamu lamar di platform Job Vacancy GAMELAB.ID. GAMELAB.ID meluncurkan platform job vacancy untuk membantu para pencari kerja menemukan pekerjaan impiannya.

Kamu dapat memilih lowongan sesuai yang diinginkan, baik lowongan penuh waktu (full time), pekerjaan lepas (freelance), paruh waktu (parttime), maupun magang (intern). Lowongan kerja yang tersedia juga tak terbatas di satu daerah saja. Untuk pertanyaan lebih lanjut, klik di sini.(*)


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 19 Juli 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI