BERITA KUNJUNGAN INDUSTRI Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan ke GAMELAB.ID

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan ke GAMELAB.ID

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 10 Agustus 2023

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan ke GAMELAB.ID

Siswa dan siswi dari SMKN 4 Kuningan menjalani kegiatan seru dalam Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID). Ini adalah upaya agar mereka lebih kenal dengan dunia industri.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Pada Selasa, 8 Agustus 2023, SMKN 4 Kuningan melakukan Kunjungan Industri ke Gamelab Indonesia yang berlokasi di Jalan Kalisombo No.18 Salatiga Kecamatan Sidorejo Kota Salatiga Jawa Tengah 50711 Indonesia. Kunjungan Industri ini berjalan lancar. Para siswa dan siswi juga terlihat bersemangat.

Pengenalan Dunia Industri

Pada sesi Kunjungan Industri kali ini, SMKN 4 Kuningan mengawali kegiatan dengan melakukan seminar pengenalan dunia industri. Seminar ini dipandu oleh Kak Nia dari Gamelab Indonesia.

Dunia industri memang menjadi hal yang sangat perlu untuk diketahui oleh anak-anak Sekolah Menangah Kejuruan (SMK). Pasalnya, SMK dibuat dengan tujuan mempersiapkan peserta didiknya untuk langsung terjun ke dunia kerja.

Pengenalan dunia industri kepada siswa-siswi SMKN 4 Kuningan diharapkan memberikan gambaran nyata mengenai bagaimana dunia indutsri berjalan, khususnya di bidang pengembangan game dan animasi.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Adik-adik SMKN 4 Kuningan juga dikenalkan mengenai PT Educa Sisfomedia Indonesia, yang saat ini memiliki dua start up aktif yakni Educa Studio dan Gamelab Indonesia (GAMELAB.ID).

Educa Studio sendiri merupakan perusahaan yang mengembangkan konten dengan tujuan pendidikan. Konten ini dikemas dalam berbagai media seperti game, animasi, buku, dan lainnya. Educa juga berkomitmen menghadirkan proses belajar yang CEMUMU, yakni cepat, tepat, mudah murah, dan muenyenangkan.

Produk-produk Educa yang dipasarkan antara lain Marbel, Riri, Kabi, dan Kolak. Educa juga memiliki YouTube Kabi (Kisah Teladan Nabi) dengan 12.6 pelanggan dan YouTube Riri (Cerita Anak Interaktif) yang memiliki pelanggan sebanyak 1,31 juta.

Pada kesempatan tersebut, Kak Nia juga menjelaskan mengenai peluang kerja di bidang industri kreatif yang bisa ditempuh oleh adik-adik SMKN 4 Kuningan pasca-lulus nanti.

Adapun selain Educa Studio, PT Educa Sisfomedia Indonesia memiliki start up Gamelab Indonesia yang berfokus pada pengembangan skill digital. GAMELAB.ID memiliki beberapa program, di antaranya kelas akademi, program magang, pelatihan prakerja atau intensif bootcamp, Teaching Factory, dan SMK Binaan. Pelatihan yang ditawarkan GAMELAB.ID bergerak di beberapa bidang, di antaranya teknologi, kreatif dan desain, serta bisnis dan manajemen.

Siswa-siswi SMKN 4 Kuningan juga berkesempatan mendapatkan voucher belajar di GAMELAB.ID. Voucher tersebut dapat digunakan untuk mengikuti pelatihan di bidang yang diminati, sehingga siswa SMKN 4 Kuningan menjadi semakin siap menghadapi dunia industri.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Live Webinar dengan Expert Industri

Agenda selanjutnya usai seminar pengenalan dunia industri adalah webinar dengan expert Industri. Kali ini, adik-adik SMKN 4 Kuningan berkesempatan bercengkerama dengan Kak Candra, expert game developer Educa Studio. Kak Candra berbagi pengetahuannya tentang proses pengembangan game, sehingga siswa-siswi SMKN 4 Kuningan memiliki gambaran yang lebih lengkap soal produksi game.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Showcase Animasi, Game, dan VR

Masih bersemangat mengikuti agenda selanjutnya, adik-adik SMKN 4 Kuningan tampak senang kala diberi kesempatan menjajal game buatan anak magang dan kelas industri di GAMELAB.ID.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Tampak antusiasme terpancar dari rona wajah mereka. Siswa SMKN 4 Kuningan secara bergantian mencoba game virtual reality yang memberikan kesan realistis bagi para penggunanya. Mereka juga melihat karya-karya animasi dari para peserta magang dan Kelas Industri GAMELAB.ID.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Di akhir kunjungan, Kepala Program Studi Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM (PPLG) SMKN 4 Kuningan, Muchammad Nur'Syarif S.Kom juga menyampaikan terima kasih atas pengenalan dunia industri yang dilakukan GAMELAB.ID kepada siswa dan siswinya. 

Muchammad Nur'Syarif meyakini, pengalaman dan pembelajaran di bidang game telah memberikan wawasan yang lebih luas kepada peserta didiknya untuk lebih memahami tentang pengembangan game di dunia industri.

Kunjungan Industri SMKN 4 Kuningan - GAMELAB.ID

Baca Juga : Info Loker 2024, Cocok untuk Lulusan SMK yang sesuai dengan Jurusan

Penutup

Kunjungan Industri yang dilakukan siswa-siswi SMKN 4 Kuningan ke GAMELAB.ID adalah bagian dari upaya pengenalan dunia industri kreatif kepada murid jurusan Pengembangan Perangkat Lunak dan GIM (PPLG).

Pengetahuan tentang bagaimana industri berjalan akan membantu siswa-siswi SMKN 4 Kuningan dalam mempersiapkan karirnya setelah menjalani pendidikan. Pengalaman seru Kunjungan Industri ini juga bisa kamu rasakan loh. 

Yuk, usulkan kepada sekolahmu untuk bekerja sama dengan GAMELAB.ID untuk melaksanakan kegiatan ini. Silahkan hubungi link ini untuk informasi selengkapnya ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 10 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI