BERITA SMK 15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 22 Agustus 2023

15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja

Inilah 15 jurusan SMK paling dibutuhkan di dunia kerja. Sebelum mendaftar di SMK, sebaiknya kamu mempertimbangkan prospek kerja yang akan menunjang karier di masa depan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Jurusan SMK paling dibutuhkan di dunia kerja - Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan jenjang pendidikan yang mempersiapkan lulusannya agar siap terjun ke industri kerja. Ada beberapa jurusan di SMK yang bisa kamu pilih sesuai dengan minat yang ingin kamu kembangkan. Adapun, berikut merupakan jurusan-jurusan di SMK yang paling dibutuhkan dunia kerja.

1. Rekayasa Perangkat Lunak

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah kompetensi keahlian dalam program pendidikan SMK yang membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pemrograman komputer, pengembangan perangkat lunak, dan teknologi informasi.

Di era teknologi yang kian berkembang pesat, lulusan jurusan RPL banyak dibutuhkan di dunia kerja untuk menjawab kebutuhan industri terkait ketersedianan tenaga teknisi dalam pengembangan software.

Jurusan RPL dirancang untuk mempersiapkan siswa menjadi profesional di bidang teknologi dan perangkat lunak dengan fokus pada pengembangan aplikasi, desain perangkat lunak, manajemen proyek, dan pemecahan masalah teknis.

15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja - GAMELAB.ID

2. Desain Grafis dan Multimedia

Jurusan Desain Grafis dan Multimedia adalah salah satu kompetensi keahlian di SMK yang mempersiapkan siswa untuk mengembangkan keterampilan dalam seni visual, desain grafis, animasi, dan penggunaan perangkat lunak kreatif.

Jurusan ini mewadahi siswa-siswi untuk mengeksplorasi kreativitas yang sangat dibutuhkan industri kreatif saat ini. Siswa pada jurusan ini akan diajarkan tentang berbagai aspek desain grafis dan multimedia.

Misalnya penggunaan software desain grafis dan multimedia seperti CorelDRAW, Adobe Photoshop, Illustrator, InDesign, dll. Siswa juga akan diajari tentang pembuatan animasi, ilustrasi, logo, fotografi, videografi, dan konten visual lainnya.

3. Akuntansi

Jurusan Akuntansi adalah satu di antara studi di SMK yang membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola keuangan, analisis laporan keuangan, dan pembukuan. Singkatnya, jurusan ini membekali kompetensi dalam mengelola seluruh transaksi keuangan.

Siswa SMK jurusan Akuntansi dapat bekerja sebagai seorang akuntan, auditor, analisis keuangan, spesialis perpajakan, manajer keuangan, konsultan keuangan, manajer akuntansi, hingga akuntan pajak. Hampir semua perusahaan membutuhkan lulusan akuntansi.

4. Bisnis dan Pemasaran

Jurusan Bisnis dan Pemasaran adalah kompetensi yang mempelajari keilmuan dan praktik pengembangan bisnis dan pemasaran. Jurusan ini memberikan pengetahuan dan keterampilan untuk menjadi seorang marketing.

Beberapa materi yang dipelajari oleh siswa jurusan ini adalah ekonomi bisnis, bisnis online, marketing, administrasi umum, administrasi transaksi, simulasi dan komunikasi digital.

Lulusan SMK jurusan Bisnis dan Pemasaran dapat bekerja di berbagai bidang perusahaan, atau malah membangun bisnisnya sendiri. Prospek kerja jurusan Bisnis dan Pemasaran antara lain, menjadi manajer pemasaran, manajer penjualan, spesialis pemasaran digital, pemasaran produk, spesialis riset pasar, konsultan bisnis, manajaer toko/ritel, dan masih banyak lainnya.

5. Administrasi Perkantoran

Jurusan Administrasi Perkantoran atau yang kini disebut sebagai Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran (OTKP) adalah jurusan yang membekali siswa SMK tentang pengetahuan, keterampilan, dan sikap dalam menyelesaikan pekerjaan di perusahaan atau perkantoran. Jurusan ini termasuk ke dalam bidang keilmuan manajemen yang memiliki spesifikasi khusus di bidang perkantoran.

Tanggung jawab pekerjaan di bidang perkantoran yang mungkin akan digeluti siswa SMK setelah lulus antara lain, merencanakan kegiatan kantor, menyediakan peralatan kantor, membantu tugas manajemen senior, mengatur perubahan antar departemen, dan lain sebagainya.

6. Animasi

Jurusan Animasi adalah program pendidikan di SMK yang membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam seni animasi, pengembangan konten animasi, dan penggunaan perangkat lunak animasi. Program ini dirancang untuk melatih siswa menjadi profesional kreatif dalam industri animasi yang berkembang pesat.

Pembekalan yang diterima siswa jurusan Animasi antara lain, prinsip-prinsip dasar animasi, teknik penggambaran karakter, pembuatan efek visual, kemampuan menggambar manual/digital, pemnguasaan teknik animasi 2D dan 3D, spesial efek, produksi film animasi, sinematografi, hingga penguasaan perangkat lunak animasi seperti Adobe After Effects, Blender, atau Autodesk Maya.

Lulusan jurusan animasi dapat bekerja sebagai animator, seniman multimedia, desainer visual efek, ilustrator, storyboard artist, animator karakter, desainer motion graphics, dan lainnya.

7. Broadcasting dan Perfilman

Jurusan Broadcasting dan Perfilman adalah program keahlian di SMK yang mempelajari dasar-dasar keilmuan dan keterampilan menjadi seorang pekerja TV dan film. Program ini mempersiapkan siswa siap memasuki industri penyiaran, media, dan produksi konten audiovisual.

Siswa akan dilatih mengenai bagaimana proses mengembangkan ide, pembuatan naskah, membuat sebuah program acara, merancang jadwal produksi, mengoperasikan alat-alat seperti kamera, lighting, microphone, mengedit video, membuat project film pendek, dan lain-lain.

Pekerjaan yang bisa digeluti oleh lulusan Broadcasting dan Perfilman antara lain, reporter atau jurnalis, presenter atau host, videografer, video editor, produser konten, teknisi penyiaran, camera person, sound enginer, manajer produksi, dan masih banyak lagi.

15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja - GAMELAB.ID

8. Farmasi

Jurusan Farmasi adalah bidang keilmuan yang membekali siswa dengan pembelajaran tentang obat, mulai dari kandungan kimia pada obat, proses pembuatan dan pengemasan obat, fungsi dan kegunaan obat, hingga cara distribusi dan pengelolaan stok obat.

Lulusan SMK jurusan Farmasi bisa menjadi ahli farmasi yang bertanggung jawab memberikan obat yang tepat sesuai resep dokter kepada pasien. Pengetahuan seorang ahli farmasi mengenai obat, seharusnya lebih banyak dari seorang dokter.

Universitas Indonesia mendefinisikan farmasi sebagai profesi yang berkarya lewat penguasaan seni dan ilmu membuat obat dari bahan alam maupun sintetik untuk didistribusikan dan digunakan dalam penanganan, pencegahan, dan pengobatan penyakit.

9. Analisis Kimia

Jurusan Analisis Kimia merupakan bidang studi kesehatan yang bertujuan menambah pengetahuan tentang analisis kimia, teknik laboratorium, pengujian bahan, dan penggunaan peralatan analisis. Program ini dirancang untuk melatih siswa menjadi ahli dalam melakukan analisis kimia yang akurat dan relevan dalam berbagai industri.

Prospek kerja lulusan Analisis Kimia antara lain, menjadi analisis laboratorium, teknisi laboratorium, peneliti kimia, konsultan kimia, ahli kimia lingkungan, pengembang metode analisis, dan lainnya.

10. Perhotelan

Jurusan Perhotelan merupakan studi yang berupaya menghasilkan tenaga ahli di bidang perhotelan, dirancang untuk melatih siswa dalam berbagai aspek layanan perhotelan, manajemen operasional, dan keterampilan pelayanan kepada tamu.

Jurusan Perhotelan memiliki dua konsentrasi, yakni keahlian perhotelan dan restoran. Prospek kerja lulusan perhotelan antara lain, menjadi front office staff, housekeeping staff, manajer front office, manajer kebersihan, manajer restoran, pelayan restoran, pemasaran hotel, dan lainnya.

11. Pariwisata

Jurusan Pariwisata adalah bidang keilmuan di SMK yang mempelajari tentang kepariwisataan. Siswa akan dibekali pengetahuan mengenai manajemen destinasi wisata, tour and travel, dan perhotelan.

Ini merupakan jurusan yang tepat jika kamu ingin berlibur tetapi mendapat bayaran. Lulusan jurusan pariwisata bisa menjadi seorang pemandu wisata, wirausaha, pramugari/pramugara, sales agensi wisata, dan lainnya.

12. Tata Busana

Jurusan Tata Busana adalah program studi keahlian yang menekankan pada bidang pembuatan busana dalam pengelolaan dan penyelenggaraan usaha busana. Program studi ini memiliki visi menghasilkan daya manusia yang profesional yang mampu berkompetisi dalam mengembangkan sikap profesional di bidang busana di kancah nasional dan internasional.

Keterampilan yang kamu dapatkan selama menempuh pendidikan di jurusan ini dapat memberimu kesempatan untuk membuka usaha sendiri sebagai seorang penjahit atau desainer.

13. Tata Rias dan Kecantikan

Jursan Tata Rias dan Kecantikan adalah program pendidikan yang melatih siswa dalam berbagai aspek tata rias, perawatan kulit, perawatan rambut, dan keterampilan kecantikan lainnya.

Siswa jurusan ini akan belajar tentang teknik tata rias wajah, rambut, dan tubuh, termasuk rias pengantin, rias pesta, dan tata rias karakter. Mereka juga akan dilatih dalam perawatan kulit, manikur, pedikur, dan keterampilan komunikasi dalam melayani klien.

Kebutuhan di bidang tata rias dan kecantikan sangat dibutuhkan oleh dunia kerja. Kamu bisa menjadi seorang penata busana, MUA, konsultan kecantikan, dan lainnya.

15 Jurusan SMK Paling Dibutuhkan Dunia Kerja - GAMELAB.ID

14. Tata Boga

Jurusan Tata Boga adalah studi yang dirancang untuk melatih siswa dalam berbagai aspek pembuatan makanan, teknik memasak, manajemen dapur, dan keterampilan kuliner lainnya.

Kamu akan diajarkan tentang teknik memasak, pemilihan bahan, plating makanan, standar kebersihan dan sanitasi dapur, ilmu gizi dan kesehatan, hingga manajemen perencanaan dan pengelolaan. Lulus dari jurusan ini, kamu bisa menjadi seorang koki/chef, ahli gizi, pemandu kuliner, pengembang menu, dan lainnya.

15. Keperawatan

Jurusan Keperawatan adalah program pendidikan di SMK yang membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan medis, perawatan pasien, etika profesi, dan pemahaman tentang kesehatan. Lulusan jurusan ini bisa menjadi seorang perawat klinik, perawat rumah sakit, perawat anak, perawat home care, dan lainnya.

Baca Juga : Memperkaya Ilmu Digital Accounting, SMK Gema Nusantara Melaksanakan UKK bersama Gamelab Indonesia

Penutup

Itulah 15 jurusan SMK yang paling dibutuhkan di dunia kerja. Apakah penjelasan di atas memperjelas gambaranmu tentang jurusan-jurusan di SMK? Memilih jurusan SMK harus didasari atas minat dan keterampilan yang ingin dikembangakan.

Setelah lulus SMK, kamu juga bisa terus meningkatkan keterampilanmu di bidang relevan dengan cara mengikuti pelatihan-pelatihan. Jika kamu seorang siswa SMK jurusan RPL, Desain Grafis dan Multimedia, atau Bisnis dan Pemasaran, kamu bisa mengikuti kelas akademi di GAMELAB.ID untuk semakin mengembangkan keahlian. Yuk, daftarkan dirimu sekarang melalui link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 22 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI