BERITA PRAKERJA Google Slides: Pengertian, Fitur-Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Google Slides: Pengertian, Fitur-Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 23 Agustus 2023

Google Slides: Pengertian, Fitur-Fitur, Kelebihan dan Kekurangan

Apa Itu Google Slides? Berikut pengertian, fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangan dari Google Slides. Google Slides merupakan aplikasi pembuat presentasi digital yang bermanfaat.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Pernahkah kamu menggunakan Google Slides untuk membuat presentasi? Di era digital yang kian berkembang, presentasi menjadi cara penting untuk menyampaikan informasi, ide, dan gagasan dengan cara yang menarik dan efektif.

Google Slides merupakan solusi modern yang memungkinkanmu membuat presentasi secara online. Artikel ini akan mengulas selengkapnya mengenai apa itu Google Slides, fitur-fitur, kelebihan, dan kekurangannya.

Apa Itu Google Slides?

Google Slides adalah fitur presentasi digital yang disediakan oleh Google dalam paket aplikasi produktivitasnya yang dikenal sebagai Google Workspace (sebelumnya dikenal sebagai G Suite).

Dengan menggunakan Google Slides, pengguna dapat membuat slide presentasi dengan berbagai elemen seperti teks, gambar, grafik, diagram, video, dan animasi.

Aplikasi ini menyediakan berbagai fitur untuk mengatur tata letak, memilih tema, menambahkan efek transisi, serta memberikan sentuhan visual lainnya untuk membuat presentasi yang menarik dan informatif.

Google Slides juga terintegrasi dengan Google Drive, sehingga presentasi yang dibuat secara otomatis akan tersimpan. Hal ini tentu memudahkan pengguna untuk mengakses, mengedit, atau berbagi presentasi dengan akun Google yang terhubung di berbagai perangkat.

Google Slides - GAMELAB.ID

Fitur-Fitur Google Slides

Google Slides memiliki fitur-fitur yang menawarkan kreativitas tinggi, membuat presentasi tak hanya menarik, tetapi juga profesional dan efektif. Berikut merupakan beberapa fitur dari Google Slides.

  1. Kolaborasi Real-Time: Salah satu fitur unggulan Google Slides adalah kemampuan untuk berkolaborasi secara real-time. Pengguna dapat mengundang rekan kerja atau teman untuk berkontribusi pada presentasi yang sama secara bersamaan. 
  2. Template yang Kreatif: Jangan pusing jika tak bisa mendesain presentasi yang menarik, sebab Google Slides menyediakan berbagai template presentasi yang siap pakai, termasuk template untuk bisnis, pendidikan, dan banyak lagi.
  3. Tidak Perlu Install: Google Slides bisa digunakan bahkan jika kamu tidak melakukan penginstalan pada aplikasinya.
  4. Aksesibilitas Multi-Perangkat: Google Slides dapat diakses melalui berbagai perangkat, sehingga pengguna bisa bekerja kapan pun di mana pun tanpa terikat pada satu perangkat.
  5. Integrasi dengan Google Drive: Presentasi yang dibuat dengan Google Slides secara otomatis disimpan di Google Drive.
  6. Animasi dan Transisi: Google Slides menyediakan berbagai efek animasi dan transisi yang dapat digunakan untuk membuat presentasi lebih dinamis.
  7. Grafik dan Diagram: Pengguna dapat menyisipkan grafik, diagram, dan tabel ke dalam presentasi untuk mengilustrasikan data atau informasi dengan lebih jelas dan terstruktur.
  8. Akses Offline: Meskipun berbasis web, Google Slides memungkinkan akses offline.
  9. Formulir dan Quizzes: Selain slide presentasi, pengguna juga dapat membuat formulir atau kuis interaktif untuk mengumpulkan respons dari audiens atau peserta.
  10. Photo Editing dan Masking: Google Slides memiliki alat pengeditan gambar sederhana dan fitur photo masking yang memungkinkan pengguna membuat layer yang tak diinginkan menjadi latar belakang transparan.
  11. Dukungan Berkas PPT: Google Slides dapat mengimpor dan mengonversi berkas presentasi PowerPoint (.ppt).

Template Google Slides - GAMELAB.ID

Kelebihan Google Slides

  • Gratis: Google Slides dapat digunakan secara gratis dengan fitur-fitur yang lengkap. Hal ini tentu menjadi solusi yang bagus untuk membuat presentasi menarik tanpa mengeluarkan biaya tambahan.
  • Akses Mudah dan Multi-Perangkat: Disinggung sebelumnya, Google Slides dapat diakses dari berbagai perangkat. Aplikasi ini cocok digunakan bahkan untuk pemula.
  • Berbasis Cloud: Saat menggunakan Google Slides, kamu tidak perlu khawatir kehilangan hasil kerja saat listrik mati. Sebab layanan ini dapat menyimpan file secara otomatis karena berbasis Cloud.
  • Kolaborasi: Google Slides memungkinkan kamu dan rekan-rekanmu melakukan kolaborasi presentasi di waktu yang bersamaan.

Kekurangan Google Slides

  • Kemampuan Offline Terbatas: Meskipun bisa digunakan dalam kondisi offline, namun Google Slides secara umum memerlukan koneksi internet untuk berfungsi dengan baik. Jika koneksi terputus, kemampuan untuk bekerja dapat terbatas.
  • Harus Menggunakan Gmail: Untuk mengoperasikan Google Slides, kamu harus menggunakan Gmail. Hal ini tentu berbeda dengan Microsoft PowerPoints yang bisa langsung dipakai.
  • Keterbatasan Pilihan Efek: Google Slides memiliki keterbatasan pilihan efek, yang bahkan lebih sedikit dari Microsoft PowerPoint dan Key Notes.

Google Slides - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengenal Google Slides: Platform yang Sering Digunakan Perusahaan dan 9 Keunggulannya

Penutup

Meskipun memiliki sejumlah kekurangan, Google Skides memiliki kelebihan yang lebih banyak yang bisa kamu manfaatkan untuk menciptakan file presentasi menarik dan informatif.

Apakah kamu sudah bisa mengoperasikan Google Slides? Jika belum, ini saatnya kamu mengikuti Kelas Prakerja Membuat Slides Interaktif Menggunakan Google Slides di GAMELAB.ID. Yuk, ciptakan presentasi yang interaktif dengan cara mendaftar kelasnya melalui link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 23 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI