BERITA SMK Skills yang Diajarkan di SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja?

Skills yang Diajarkan di SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 16 Agustus 2023

Skills yang Diajarkan di SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak, Apa Saja?

Inilah skills yang diajarkan di SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). Rekayasa Perangkat Lunak adalah jurusan di SMK yang mempelajari pengembangan perangkat lunak.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) merupakan satu di antara banyaknya jurusan di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). Dalam dunia yang semakin dikuasai oleh teknologi, jurusan ini memberikan peluang besar untuk mengembangkan keterampilan dalam pembuatan perangkat lunak dan membuka jalan menuju karier yang menjanjikan di industri teknologi informasi. Lalu, apa itu jurusan Rekayasa Perangkat Lunak dan apa saja yang dipelajari?

Mengenal Jurusan RPL

Rekayasa Perangkat Lunak adalah disiplin ilmu yang berkaitan dengan proses ilmiah dan sistematis dalam merancang, mengembangkan, menguji, dan memelihara perangkat lunak.

Sedangkan jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) adalah salah satu bidang pendidikan di sekolah kejuruan yang mempelajari dan mendalami semua cara-cara pengembangan perangkat lunak. Jurusan RPL bertujuan untuk membekali siswa dengan pengetahuan dan keterampilan dalam pengembangan, perencanaan, pengujian, dan pemeliharaan perangkat lunak.

Perangkat lunak sendiri mencakup aplikasi, sistem, pembuatan game, program yang digunakan pada perangkat komputer, smartphone, peralatan elektronik, dan banyak lagi. Jurusan RPL identik dengan tiga hal yang menjadi kunci keberhasilan rekayasa perangkat lunak, yakni coding, desain, dan algoritma.

SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) - GAMELAB.ID

Skills yang Diajarkan di Jurusan RPL

Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak membekali siswa dengan berbagai keterampilan, antara lain:

1. Pemrograman

Pemrograman merupakan skill yang pasti diajarkan kepada siswa SMK jurusan RPL. Siswa akan mempelajari bahasa pemrograman seperti Java, Python, C++, atau bahasa pemrograman lainnya yang umum digunakan dalam pengembangan perangkat lunak. Siswa akan diminta untuk belajar tentang sintaks, struktur data, algoritma, dan konsep dasar pemrograman lainnya.

2. Pengembangan Aplikasi

Jurusan ini akan membekali keterampilan pengembangan aplikasi kepada siswa. Siswa akan diajarkan bagaimana merancang, mengembangkan, dan mengimplementasikan aplikasi perangkat lunak. Mereka akan diajarkan untuk memahami tahapan pengembangan aplikasi, termasuk analisis kebutuhan, desain antarmuka, pengkodean, dan pengujian aplikasi.

3. Desain Database

Pemahaman tentang Desain Database adalah bagian integral dari kurikulum SMK jurusan RPL. Desain Database memiliki peran yang sangat penting dalam pengembangan perangkat lunak dan aplikasi modern.

Siswa akan mempelajari tentang desain dan pengelolaan basis data. Mereka akan belajar membuat tabel, relasi, serta mengatur dan memelihara struktur database untuk mendukung aplikasi yang dibangun.

4. Pengujian Perangkat Lunak

Pemahaman tentang teknik pengujian perangkat lunak memiliki peran yang krusial dalam memastikan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan berfungsi dengan baik, sesuai dengan kebutuhan, dan bebas dari hambatan. Siswa akan belajar cara mengidentifikasi bug, melakukan pengujian fungsional dan pengujian regresi untuk memastikan perangkat lunak berjalan dengan baik.

5. Pengembangan Web

Pemberian keterampilan pengembangan web kepada siswa SMK jurusan RPL memiliki sejumlah alasan yang sangat relevan dengan perkembangan teknologi dan permintaan pasar.

Siswa akan belajar tentang bahasa pemrograman untuk web seperti HTML, CSS, dan JavaScript. Mereka juga akan berlajar merancang antarmuka pengguna yang responsif dan menarik.

6. Keamanan Perangkat Lunak

Siswa jurusan RPL akan diajarkan berbagai aspek yang terkait dengan mengidentifikasi, mengatasi, dan mencegah potensi ancaman dan kerentanan dalam perangkat lunak. Ini bertujuan untuk memastikan bahwa perangkat lunak yang dikembangkan aman dari serangan siber dan melindungi data pengguna serta integritas sistem.

7. Manajemen Proyek Perangkat Lunak

Dalam skill manajemen proyek perangkat lunak, siswa akan mempelajari berbagai aspek yang terkait dengan merencanakan, mengorganisir, melaksanakan, dan mengelola proyek pengembangan perangkat lunak dengan efisien dan efektif.

8. Bahasa Pemrograman Lanjutan

Selain bahasa pemrograman dasar, siswa juga mungkin akan mempelajari bahasa pemrograman lanjutan atau teknologi spesifik seperti mobile app development, framework web, atau pengembangan game.

9. Soft Skills

Tidak hanya keterampilan teknis, siswa jurusan RPL juga diajarkan soft skills yang penting dalam dunia kerja dan interaksi sosial. Di antaranya yakni keterampilan komunikasi, kerja tim, pemecahan masalah, dan kreativitas.

SMK Jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) - GAMELAB.ID

Baca Juga : Ekplorasi Game VR dan Animasi, SMK PGRI 1 Ponorogo Kunjungan ke Gamelab Indonesia

Penutup

SMK jurusan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dirancang untuk mempersiapkan siswa dengan keterampilan praktis yang dibutuhkan dalam industri teknologi informasi dan perangkat lunak.

Untuk mempersiapkan siswanya agar siap terjun ke dunia kerja, SMK memiliki program-program seperti PKL, yang mana siswa akan terlibat secara langsung dengan pekerjaan nyata di industri dalam kurun waktu tertentu.

Bukan itu saja, SMK juga diberi kesempatan untuk melakukan kerja sama dengan pelaku industri demi menciptakan lulusan yang kompeten di bidang yang relevan dengan jurusannya.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan oleh siswa SMK untuk meningkatkan keterampilan di bidang Rekayasa Perangkat Lunak adalah dengan mengikuti magang/PKL di GAMELAB.ID.

GAMELAB.ID juga membuka kerja sama Kelas Industri dalam program SMK Binaan yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas SMK dan lulusannya, serta mendekatkan SMK dengan industri. Yuk, magang dan jalin kerja sama dengan GAMELAB.ID. Jika ada yang ingin ditanyakan, silahkan menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 16 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI