BERITA PRAKERJA Kapan Prakerja Gelombang 61 Dibuka? Simak Informasi Pengumuman Gelombang 60

Kapan Prakerja Gelombang 61 Dibuka? Simak Informasi Pengumuman Gelombang 60

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 30 Agustus 2023

Kapan Prakerja Gelombang 61 Dibuka? Simak Informasi Pengumuman Gelombang 60

Kapan Prakerja Gelombang 61 dibuka? Sebelumnya, simak juga informasi pengumuman Prakerja Gelombang 60 dan apa yang perlu dilakukan jika sudah lolos.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Ketahui informasi mengenai kapan Prakerja Gelombang 61 dibuka dan pengumuman Prakerja Gelombang 60. Bagi kamu yang gagal di pendaftaran gelombang 60, jangan khawatir ya! Sebab, kamu masih bisa mengikuti pendaftaran Prakerja Gelombang 61 yang akan dibuka tidak lama lagi.

Pengumuman Prakerja Gelombang 60

Situs resmi prakerja melalui Instagramnya mengumumkan bahwa gelombang 60 Prakerja ditutup pada Senin, 28 Agustus 2023 pukul 23.59 WIB. Berdasarkan gelombang-gelombang sebelumnya yang memiliki jeda 3 hari setelah penutupan gelombang, maka pengumuman prakerja gelombang 60 diprediksi akan disampaikan pada hari ini, Rabu, 30 Agustus 2023.

Informasi mengenai seleksi Prakerja dapat dilihat melalui media sosial Facebook dan Instagram prakerja.go.id. Sementara informasi kelolosan dapat diketahui melalui notifikasi SMS dan email dari Prakerja.

Cara Tahu Lolos Prakerja atau Tidak

Untuk mengetahui lolos atau tidak, calon peserta dapat melihat hasil pengumuman dengan cara melakukan login ke akun Prakerja yang sudah dibuat. Apabila dinyatakan lolos, pada akunmu akan muncul tiga video tentang Kartu Prakerja. Selanjutnya, kamu harus menonton tiga video tersebut untuk bisa melihat nomor Kartu Prakerja.

Hasil Seleksi Lolos pada Dashboard Prakerja - GAMELAB.ID

Perlu diketahui, menonton tiga video yang tersedia adalah wajib. Video juga tidak bisa kamu tutup sebelum benar-benar selesai. Kamu juga tidak boleh mempercepat tayangan video, sebab hal-hal tersebut bisa mengakibatkan tidak dapat dilihatnya nomor Kartu Prakerja.

Sementara itu, jika belum beruntung dan dinyatakan tidak lolos, akan muncul notifikasi di dashboard akun yang berbunyi "Kamu Belum Beruntung". Di sana juga tertera alasan kamu gagal diterima. Umumnya, kegagalan dalam proses seleksi terjadi karena adanya persyaratan yang belum terpenuhi.

Hasil Seleksi Gagal pada Dashboard Prakerja - GAMELAB.ID

Meski demikian, jangan berkecil hati ya! Kamu masih bisa mengikuti pendaftaran gelombang prakerja selanjutnya. Jika ingin mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 61, kamu cukup melakukan pendaftaran ulang tanpa perlu memasukkan data-data seperti saat mendaftar pertama kali.

Daftar Pelatihan Prakerja

Bagi yang sudah dinyatakan lolos Kartu Prakerja, langkah selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membeli pelatihan pertama sesegera mungkin. Kamu hanya memiliki waktu 15 hari untuk membeli perlatihan pertama Prakerja.

Apabila tidak membeli pelatihan dalam batas waktu 15 hari sejak dinyatakan lolos Prakerja, dapat berakibat pada dicabutnya Kartu Prakerja dan kepesertaanmu menjadi non-aktif. Jika hal itu terjadi, maka di masa depan kamu tidak bisa kembali mengikuti Program Kartu Prakerja.

Bukan itu saja, dicabutnya kepesertaan juga menyebabkan saldo pelatihan hangus dan dikembalikan ke Rekening Kas Umum Negara (KUN). Kamu juga tidak bisa mencairkan insentif Prakerja 2023 Rp700 ribu jika tidak mengikuti pelatihan pertama Prakerja.

Oleh karena itu, sangat dianjurkan agar kamu memanfaatkan saldo pelatihan senilai Rp3,5 juta dengan sebaik-baiknya untuk meningkatkan keterampilan.

Adapun, pelatihan pertama Prakerja bisa dibeli melalui platform digital seperti Tokopedia, Bukalapak, SIAPkerja, PINTAR, Pijar, dan Karier.mu. Kamu juga perlu menyambungkan rekening bank atau e-wallet (dompet digital) ke akun Prakerja untuk membeli pelatihan. Jika belum mengetahui caranya, silahkan baca di sini ya.

Kapan Prakerja Gelombang 61 Dibuka?

Sebagai informasi, seleksi Prakerja gelombang berikutnya selalu dibuka setiap 2 (dua) minggu sekali pada hari Jumat pukul 12.00 WIB sejak gelombang sebelumnya ditutup. Jadi, kapan Prakerja Gelombang 61 dibuka?

Jika mengacu pada tanggal penutupan Kartu Prakerja Gelombang 60 pada Senin, 28 Agustus 2023, maka dipastikan Prakerja Gelombang 61 akan dibuka di awal bulan September 2023. Pastikan untuk selalu update mengenai informasi pembukaan gelombang baru dengan mengecek Instagram resmi Prakerja @prakerja.go.id.

Sembari menunggu dibukanya gelombang 61, ada baiknya kamu memahami syarat-syarat yang harus dipenuhi untuk mendaftar Kartu Prakerja, yaitu:

  • Warga Negara Indonesia (WNI) yang terdaftar di Kartu Tanda Penduduk (KTP).
  • Usia minimal 18 tahun
  • Tidak sedang dalam masa belajar di pendidikan formal.
  • Merupakan seorang karyawan terdampak PHK, buruh yang dirumahkan, seorang yang ingin meningkatkan keahlian, serta buruh bukan penerima upah.
  • Bukan bagian dari kelompok pejabat negara, Aparatur Sipil Negara (ASN), TNI, Polri, kepala desa dan perangkatnya, juga bukan seorang direktur/komisaris atau dewan pengawas BUMN/BUMD.
  • Dalam satu Kartu Keluarga (KK), hanya ada 2 (dua) anggota yang mengikuti Kartu Prakerja.

Itulah persyaratan-persyaratan yang harus kamu penuhi sebelum mendaftar program Kartu Prakerja 2023. Apabila sudah mememuhi persyaratan, silahkan lakukan pendaftaran. Kamu bisa menyimak cara daftarnya di sini ya.

Prakerja Gelombang 61 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Itulah informasi mengenai pengumuman Kartu Prakerja Gelombang 60 dan prediksi Pendaftaran Prakerja Gelombang 61. Bagi yang sudah lolos program Kartu Prakerja, jangan lupa untuk segera membeli pelatihan Prakerja ya.

Pemasaran Instagram

Desain Grafis

Google Slides

Kamu bisa mengikuti pelatihan-pelatihan Prakerja yang disediakan oleh GAMELAB.ID. Informasi mengenai kelas Prakerja GAMELAB.ID bisa kamu ketahui lebih lanjut dengan menanyakan ke link ini. Yuk, daftar kelas prakerja!


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 30 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI