BERITA PRAKERJA Gagal di Gelombang 58? Ini Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023

Gagal di Gelombang 58? Ini Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 2 Agustus 2023

Gagal di Gelombang 58? Ini Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023

Simak tips lolos seleksi prakerja 2023 berikut ini. Jangan menyerah jika belum beruntung pada seleksi program prakerja di gelombang sebelumnya. Kamu bisa terus mendaftar sampai lolos.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Bagaimana hasil seleksi kartu prakerja-mu? Apakah lolos? atau coba lagi? Diketahui, gelombang 58 kartu prakerja telah dibuka pada tanggal 28 Juli 2023 dan ditutup pada 31 Juli 2023 pukul 23.59 WIB.

Jika masih belum beruntung di gelombang kali ini, kamu bisa mengikuti gelombang prakerja selanjutnya. Berikut merupakan tips lolos seleksi prakerja yang bisa kamu praktikkan.

Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023

Hasil dari seleksi program prakerja memang tidak bisa ditebak. Tak jarang, ada beberapa calon peserta yang sudah mencoba pendaftaran berkali-kali, namun masih belum beruntung. Seorang alumni program kartu prakerja bernama Nadia Yolanda melalui Instagram resmi prakerja.go.id sempat membagikan tips agar lolos gelombang seleksi prakerja.

Dalam penuturannya, Nadia Yolanda menyarankan agar calon peserta mengikuti sosial media Instagram resmi prakerja dan menyalakan notifikasinya untuk selalu mendapatkan informasi terkini ketika pendaftaran gelombang baru telah dibuka.

Menurut Nadia, hal itu dapat membantu peserta lebih update sehingga tidak tertinggal saat pendaftaran. Ia menegaskan, tips darinya adalah untuk mendaftar secepat mungkin setelah pendaftaran gelombang baru diumumkan.

Tips tersebut tentu berguna bagi para calon peserta. Namun, ada beberapa tips lain yang bisa diikuti oleh para calon peserta seleksi prakerja agar lolos di seleksi gelombang berikutnya.

1. Pastikan Persyaratan Terpenuhi

Tips paling utama dan pertama adalah, kamu harus memastikan telah memenuhi seluruh persyaratan pendaftaran. Jika persyaratan tidak terpenuhi, mau secepat apa pun kamu melakukan pendaftaran, tentu kamu akan kehilangan kesempatan untuk lolos seleksi prakerja.

2. Selalu Cek Berulang Data yang Dimasukkan

Kesalahan input data sangat mungkin terjadi saat proses pendaftaran. Kesalahan penulisan pada nomor NIK dan nomor telepon, bisa terjadi karena tidak disadari. Oleh karenanya, akan lebih baik jika kamu melakukan pengecekan data secara berulang untuk memastikan data yang dimasukkan sudah benar.

Kamu perlu memastikan hal-hal lain seperti alamat,nama lengkap, dan nama ibu kandung. Sesuaikan seluruh daata dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) milikmu. Apabila terdapat ketidaksesuaian data, peserta disarankan langsung menghubungi Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil).

Peserta bisa datang langsung ke kantor terdekat atau menghubungi melalui telepon 1500537, Whatsapp/SMS 08118005373 dan email ke callcenter@dukcapil.kemendagri.go.id.

3. Periksa Keaktifan Email dan Nomor HP

Penting untuk memastikan bahwa email dan nomor HP yang kamu masukkan saat pendaftaran prakerja adalah aktif atau tidak mati. Pasalnya, verifikasi akun prakerja dan beberapa informasi akan disampaikan melalui email dan pesan.

Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

4. Pastikan Verifikasi Foto Lewat HP

Pendaftaran sebaiknya dilakukan via handphone (HP). Jika saat pendaftaran kamu mengaksesnya dengan komputer, maka segeralah berpindah ke ponsel pintar. Proses verifikasi foto harus dilakukan dengan mengambil gambar secara langsung dari ponsel kamu.

5. Kerjakan TKD/SKB dengan Benar

Pada saat proses pendaftaran, kamu akan diminta untuk mengerjakan Tes Kemampuan Dasar (TKD)/ Soal Kemampuan Belajar (SKB). Soal yang diujikan adalah tentang tes penalaran verbal dan tes penalaran kuantitatif dengan durasi pengerjaan maksimal yakni 40 menit, yang mana masing-masing tes diberi estimasi waktu 20 menit.

Perlu diingat, tes ini hanya bisa dilakukan satu kali saja tanpa adanya pengulangan. Ketika kamu menutup halaman tes, waktu juga akan terus berjalan. Tes akan otomatis terkirim saat waktu habis. Oleh karena itu, kamu harus mengerjakan tes ini dengan teliti, namun juga cepat. Hasil tes berpengaruh terhadap hasil seleksi program prakerja.

Syarat Pendaftaran Kartu Prakerja

Sebelum memastikan bahwa seluruh langkah pendaftaran telah kamu ikuti dengan benar, kamu perlu mengetahui persyaratan pendaftaran kartu prakerja berikut ini. Persyaratan ini juga dapat kamu lihat di laman resmi prakerja.go.id.

1. Warga Negara Indonesia (WNI) berusia paling rendah 18 tahun dan paling tinggi 64 tahun.
2. Tidak sedang menempuh pendidikan formal seperti SMA maupun kuliah.
3. Sedang dalam kondisi membutuhkan kerja dan mencari kerja, seorang pekerja/buruh yang terkena PHK, atau pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi kerja, seperti pekerja/buruh yang dirumahkan dan pekerja bukan penerima upah, termasuk pelaku usaha mikro dan pelaku usaha kecil.
4. Bukan merupakan seorang Pejabat Negara, Pimpinan dan Anggota DPRD, Aparatur Sipil Negara (ASN), Prajurit TNI, Anggota Polri, Kepala Desa dan perangkat desa, dan bukan seorang Direksi/Komisaris/Dewan Pengawas pada BUMN atau BUMD.
5. Pastikan dalam 1 Kartu Keluarga (KK), hanya terdapat maksimal 2 Nomor Induk Keluarga (NIK) yang menjadi Penerima Kartu Prakerja.

Tips Lolos Seleksi Prakerja 2023 - GAMELAB.ID

Baca Juga : Panduan Lengkap: Tips Sukses di Media Sosial untuk Pemula

Penutup

Itulah beberapa tips yang bisa kamu lakukan agar lolos seleksi gelombang kartu prakerja. Perhatikan tiap langkah dan instruksi pada saat melakukan pendaftaran. Sementara itu, bagi kamu yang dinyatakan lolos seleksi prakerja, segera lah mengambil pelatihan prakerja.

Kamu bisa mencairkan insentif satu kali setelah menyelesaikan pelatihan pertama. Beberapa pelatihan yang bisa kamu ambil di antaranya yakni pelatihan di bidang teknologi, desain dan multimedia, serta bisnis dan manajemen.

Jenis pelatihan prakerja tersebut dapat kamu ikuti di GAMELAB.ID. Tersedia banyak kelas prakerja yang bisa kamu pilih sesuai dengan bidangmu. Di antaranya kelas Mengoperasikan CorelDRAW Untuk Menjadi Designer GrafisMembuat Musik Digital Menggunakan FL Studio Untuk Menjadi Multimedia Designer dan  Memasarkan Produk dan Jasa Melalui Instagram. Untuk informasi lebih lanjut dan jika memiliki pertanyaan tentang kelas prakerja GAMELAB.ID, kamu bisa menghubungi link ini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 2 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI