BERITA SMK UKK Assessment dari Industri, Apa Itu?

UKK Assessment dari Industri, Apa Itu?

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 5 Oktober 2023

UKK Assessment dari Industri, Apa Itu?

Mengenal Uji Kompetensi Keahlian (UKK) dengan asesmen dari industri. UKK merupakan upaya pemerintah dalam menjamin mutu pendidikan sekolah kejuruan (SMK).

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Siswa pendidikan kejuruan, diketahui perlu melakukan uji kompetensi keahlian (UKK) dengan assessment atau asesmen dari industri. UKK merupakan upaya pemerintah untuk menjamin mutu pendidikan pada satuan pendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dengan harapan menghasilkan lulusan yang kompeten.

Apa Itu UKK?

Uji Kompetensi Keahlian (UKK) adalah salah satu bentuk evaluasi dan penilaian yang dilakukan pada tingkat pendidikan kejuruan, terutama pada Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) atau lembaga-lembaga pelatihan kejuruan. UKK bertujuan untuk mengukur sejauh mana kemampuan, pengetahuan, dan keterampilan siswa atau peserta pelatihan dalam bidang keahlian tertentu yang mereka pelajari.

UKK juga berperan penting dalam kelulusan siswa , yang mana hasilnya akan menjadi indikator pencapaian standar kompetensi kelulusan. Selesai menjalani UKK, siswa akan menapatkan sertifikat kompetensi. Sertifikasi tersebut akan menjadi sumber informasi atas kompetensi yang dimiliki para siswa SMK.

Adapun UKK dengan asesmen dari industri adalah proses penilaian yang dilakukan oleh pihak industri atau sektor bisnis terkait terhadap siswa atau peserta pelatihan dari institusi pendidikan atau lembaga pelatihan.

Pelaksanaan UKK SMK Tunas Harapan Pati bersama Gamelab Indonesia

Mengapa Asesmen UKK dari Industri Penting?

UKK dengan asesmen dari industri memiliki beberapa manfaat, berikut di antaranya:

1. Memastikan Kesiapan Kerja

Salah satu tujuan utama dari asesmen UKK adalah untuk memastikan bahwa siswa atau peserta pelatihan memiliki keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk memasuki dunia kerja. Ini membantu mengurangi kesenjangan antara pendidikan dan kebutuhan industri.

2. Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia

Dengan melakukan penilaian yang komprehensif, UKK membantu menghasilkan tenaga kerja yang lebih berkualitas. Ini memastikan bahwa individu yang memasuki dunia kerja memiliki kompetensi yang sesuai dengan kebutuhan industri, yang pada gilirannya meningkatkan produktivitas dan kualitas produk atau layanan dari industri tersebut.

3. Memungkinkan Pencapaian Standar Industri

Industri sering memiliki standar tertentu yang harus dipenuhi oleh pekerja mereka. UKK membantu memastikan bahwa siswa atau peserta pelatihan memenuhi standar tersebut, sehingga menciptakan keseragaman dalam kompetensi di seluruh industri.

4. Memfasilitasi Rekrutmen

Pihak industri dapat menggunakan hasil UKK sebagai panduan dalam proses rekrutmen. Hasil dari UKK dapat membantu perusahaan/industri dalam mengidentifikasi calon pekerja yang telah teruji dan memiliki kemampuan yang sesuai dengan pekerjaan yang ditawarkan.

5. Evaluasi dan Perbaikan Program Pendidikan

Lembaga pendidikan dapat menggunakan hasil asesmen UKK untuk mengevaluasi efektivitas program mereka. Hal ini dapat membantu mereka dalam menyesuaikan kurikulum dan metode pengajaran agar lebih sesuai dengan kebutuhan industri.

6. Peningkatan Karier

Bagi siswa atau peserta pelatihan, asesmen UKK dapat memberikan bukti konkret bahwa mereka memiliki kompetensi dalam bidang tertentu. Tentu saja, ini meningkatkan peluang mereka dalam melamar pekerjaan atau menunjang karier di masa depan.

Baca Juga : Mendapat Pemahaman Langsung dari Trainer Expert, SMKN 1 Buahdua Sumedang Kunjungan Industri ke Educa Studio

UKK Assessment dari Industri Gamelab

Kegiatan asesmen Uji Kompetensi Keahlian (UKK) bisa dilakukan dengan menggandeng Gamelab sebagai industri. Sebagai industri, Gamelab membuka kerja sama dengan SMK di seluruh Indonesia untuk melaksanakan UKK.

Materi yang diujikan dalam UKK juga sudah disesuaikan dengan kebutuhan terkini dunia industri. Peserta yang lulus UKK akan mendapat sertifikat kompetensi yang dibutuhkan oleh industri.

Dengan menjalani UKK bersama Gamelab, kamu bisa mendapatkan sejumlah manfaat, yakni:

  • Mengukur pencapaian kompetensi siswa SMK yang telah menyelesaikan proses pembelajaran sesuai kompetensi keahlian yang ditempuh
  • Memfasilitasi siswa SMK yang akan menyelesaikan pendidikannya untuk mendapatkan sertifikat yang telah terverifikasi secara Nasional
  • Mengoptimalkan pelaksanaan sertifikasi kompetensi yang berorientasi pada capaian kompetensi lulusan SMK sesuai Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia
  • Memfasilitasi kerjasama SMK dengan dunia usaha, dunia industri, dan dunia kerja (DUDIKA) dalam rangka pelaksanaan Uji Kompetensi sesuai kebutuhan DUDIKA
  • Materi UKK disusun berdasarkan skema sertifikasi sesuai dengan jenjang kualifikasi peserta uji/asesi yang memuat kemampuan melaksanakan pekerjaan spesifik, operasional, dan/atau penjaminan mutu
  • Ujian dilaksanakan berbasis komputer melalui LMS Gamelab Indonesia dan sertikat kompetensi didapatkan dalam bentuk digital

Pelaksanaan UKK SMK Tunas Harapan Pati bersama Gamelab Indonesia

Sedangkan SMK yang bisa bekerja sama dalam UKK bersama Gamelab adalah sekolah kejuruan yang memiliki jurusan-jurusan ini:

  • Pengembangan Perangkat Lunak dan Gim (PPGL)
  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)
  • Multimedia (MM)
  • Desain Komunikasi Visual (DKV)
  • Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ)
  • Bisnis Daring Pemasaran (BDP)
  • Otomatisasi & Tata Kelola Perkantoran (OTKP)
  • Akuntansi Keuangan dan Lembaga (AKL)

Apakah SMK-mu memiliki salah satu jurusan dari yang disebutkan di atas? Jika iya, kamu bisa menggandeng Gamelab untuk melaksanakan Uji Kompetensi Keahlian (UKK). Silahkan hubungi link ini untuk detail informasinya ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 5 Oktober 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI