GDP Komunitas Game Asal Kota Pempek

BERITA KOMUNITAS GDP Komunitas Game Asal Kota Pempek

GDP Komunitas Game Asal Kota Pempek

GAMEDEVPALEMBANG BERDIRI

GameDevPalembang didirikan oleh Roylisto Putra Perdana dan Faisal Morensya pada bulan Agustus tahun 2015. Diawali dari percakapan faisal morensya bersama teman-temannya dari komunitas game developer bandung, akhirnya untuk pertama kalinya diadakan meetup penggiat pengembangan game di Palembang untuk membuat suatu komunitas yang serupa di Palembang. 

 

PERKEMBANGAN KEANGGOTAAN

Nama GDP (GameDevPalembang) sendiri disetujui karena nama tersebut dapat dengan jelas mencerminkan deskripsi dan tujuan dari komunitas. Anggota aktif GDP saat berdiri ada enam orang yaitu Roylisto, Faisal, Hisbullah, Rezi, Nazhif dan Ario. Saat ini GDP memiliki anggota aktif sebanyak 20 orang dan anggota grup di sosial media (facebook) sebanyak 417 anggota. Ada beberapa anggota yang berasal dari daerah sekitar palembang, seperti Baturaja dan Ogan Ilir.

 

KEGIATAN GDP
Komunitas GameDevPalembang (GDP) ini bisa dibilang inovatif karena memiliki banyak kegiatan yang khas seperti our choice, dev ex, local game jam, dan workshop.

  • Our Choice adalah kegiatan belajar mengenai game development dengan tema yang telah disepakati di meetup sebelumnya.
  • Dev Ex adalah kegiatan membangun simple game dengan tim secara acak dalam kurun waktu tertentu (1-2 bulan misalnya). Kegiatan ini diadakan agar para anggota terbiasa membangun sebuah game dengan sebuah tim dan deadline publish yang ditentukan.
  • Local Game Jam. GDP pernah mengadakan local game jam pertama pada tahun 2015.
  • Workshop. GDP juga pernah menyelenggarakan workshop pada universitas di Palembang seperti Universitas Sriwijaya, MDP Palembang, MDP Lampung, dan Politeknik Sriwijaya.

Biasanya sebulan satu hingga dua kali di salah satu rumah anggota atau tempat makan, tetapi saat ini belum melakukan gathering kembali dan melakukan aktifitas komunitas melalui grup media sosial saja. Menurut sumber yang kami wawancarai hal ini terjadi dikarenakan kebanyakan anggota GDP adalah mahasiswa, jadi salah satu fokus dari GDP adalah adanya kegiatan yang berkaitan dengan meningkatkan kemampuan anggota.

 

CARA BERGABUNG KE KOMUNITAS GDP
Teman-teman anggota komunitas GDP berharap dapat kembali melakukan kegiatan komunitas secara rutin dan lebih baik. Untuk mengikutinya cukup mudah, ikuti saja group facebooknya di Game Developer Palembang dan datang ke gathering offlinenya. Yuk, bagi kamu yang berada di Palembang dan sekitarnya bergabung segera agar sharing dan kegiatan semakin seru. Makin rame makin seru! 


Baca juga artikel menarik lainnya : 

komunitas community diskusi palembang gamedev
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Senin, 17 September 2018