Semangkuk 'SALAD' untuk Seluruh Salatiga

BERITA KOMUNITAS Semangkuk 'SALAD' untuk Seluruh Salatiga

Semangkuk 'SALAD' untuk Seluruh Salatiga

Kalo ngomongin Salad pasti yang kita bayangin adalah kesegaran salad buah ataupun kenikmatan salad sayur.. hmmm yummy!!! Tetapi tunggu dulu, salad kali ini bukan salad makanan ya, melainkan Komunitas Pengembang Game dari Kota Salatiga,

 

SALAD BERDIRI?

Pada Tahun 2015 lalu karena melihat pentingnya komunitas di industri kreatif juga melihat industri game yang semakin berkembang, Salad resmi didirikan oleh Andi Taru yang merupakan CEO Educa Studio. Dan dari sinilah muncul orang-orang baru yang ingin ikut serta berkontribusi dan mengenal game lebih dalam.  Sejak tahun 2018 tongkat estafet ketua berpindah ke Mas Saputro yang merupakan CMO Educa Studio. Salad didirikan dengan beberapa latar belakang baik dari internal pelaku industri kreatif game maupun latar belakang berdasarkan industri game di Indonesia itu sendiri. 

Latar belakang internal pelaku industri kreatif game:

  • Pengembangan game terdiri dari berbagai bidang keahlian.
  • Belum adanya jalur yang efektif untuk mengenalkan industri game di kota Salatiga.
  • Punya ide game tapi tidak ada tindak lanjutnya.
  • Tidak tahu mulai dari mana membuat sebuah game.

Latar belakang berdasarkan industri game di Indonesia:

  • Sulit mencari talenta yang berkualitas di bidang game.
  • Ingin memberikan akses dan tempat agar mereka dapat mengembangkan atau berpartisipasi untuk industri game di Indonesia.

Dan akhirnya dari berbagai peramasalahan tersebut munculah ide untuk mendirikan perkumpulan untuk mengkoordinasi mereka dalam suatu wadah komunitas. Komunitas tersebut resmi beri nama Salatiga GameDev (SALAD). 

 

MENGAPA SALAD?


Salad mengambil filosofi dari makanan salad yaitu gabungan dari berbagai macam buah dalam mangkuk. Dari permasalah peserta sendiri banyak dari kalangan beda keahlian khususnya di kota Salatiga. Sedangkan tujuan salad yaitu mengumpulkan berbagai bidang keahlian tersebut menjadi kelompok dengan tujuan untuk pengembangan game. Maka dinamakan Salatiga GameDev yang kita singkat menjadi kata SALAD dan acaranya sering disebut dengan MANGKUK (Mari Ngobrol Kumpul Komunitas) SALAD (Salatiga Game Dev). 

 

KEGIATAN SALAD
Saat awal mula berdiri salad beranggotakan 15 orang, kegiatan Salad biasanya adalah kumpul bersama komunitas, selain acara kumpul bersama berupa seminar tentang industri game juga mengadakan workshop atau pelatihan keanggota. Kegiatan lainnya yaitu playday yaitu acara bermain bersama game digital maupun boardgame.  Pertemuan rutin Salad biasanya dilakukan rutin sebulan sekali. Bertempat di Lantai 1 Gedung Educa Studio.  Nah untuk teman-teman yang tertarik bisa gabung ya, Salad juga terbuka untuk umum.

 

BAGAIMANA CARA BERGABUNG di SALAD?

Caranya cukup mudah yaitu bergabung dalam group facebook Salad. Karena semua event yang akan diadakan Salad akan diumumkan lewat facebook Group Salad. Bisa juga bergabung di group Whatsapp untuk mengikuti diskusi dan informasi-informasi secara lebih cepat. 

 

KEUNIKAN SALAD

Keunikannya yaitu peserta Salad dari semua bidang keahlian atau disiplin ilmu dan anggotanya dari semua umur. Dari berbagai disiplin ilmu tersebut akan ada banyak ide yang muncul dalam analisa dan pembuatan game. Saat ini komunitas tidak hanya melulu membahas tentang industri game saja, tetapi lebih luas ke bidang teknologi, pendidikan dan ekonomi kreatif. 

 

HARAPAN SALAD

Untuk saat ini ketua SALAD aktif adalah Mas Saputro yang merupakan CMO dari Educa Studio. Mas Saputro berkata"Harapannya kedepan SALAD ingin menjadi komunitas yang banyak dikenal dan diikuti masyarakat terutama warga kota Salatiga dan sekitarnya. Dengan tujuan memberikan solusi-solusi terbaik bagi mereka yang ingin serius terjun di industri game serta memunculkan pelaku kreatif digital yang lebih berkualitas."


Baca artikel lainnya:

komunitas salatiga salad gamedev
Septi Yuliana

Septi Yuliana

Kamis, 18 Oktober 2018