BERITA APLIKASI Mengenal Medibang Paint Pro Aplikasi Software Gratis Dan Ramah Bagi Ilustrator Pemula

Mengenal Medibang Paint Pro Aplikasi Software Gratis Dan Ramah Bagi Ilustrator Pemula


Mengenal Medibang Paint Pro Aplikasi Software Gratis Dan Ramah Bagi Ilustrator Pemula

Banyak yang belum tahu bahwa ada software gratis yaitu medibang yang dapat kalian gunakan sebagai pemula dalam dunia ilustrator. Dengan tampilan yang user friendly akan membuatmu cepat beradaptasi memakainya

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY harga lebih murah, bisa belajar kapan saja dan di mana saja. Kelas ditulis oleh professional dari industri berkolaborasi dengan praktisi pendidikan. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

Medibang paint pro adalah software gratis untuk digital painting dan comic creator . meskipun gratis, ia hadir dengan berbagai macam fitur seperti kuas, font, latar belakang dan sumber daya lainya. medibang juga tersedia dalam berbagai platform windows, ios, mac os x dan juga android. aplikasi ini juga dilengkapi dengan fitur penyimpanan cloud loh, sehingga para penggunanya dapat memindahkan karyanya dengan mudah.

Tampilan yang user friendly membuat medibang nyaman digunakan dan ramah bagi ilustraor pemula dan tentunya gratis, hal itu menjadi salah satu keunggulan yang dimiliki medibang. Selain itu berikut keuntungan-keuntungan yang bisa kalian peroleh ketika menggunakan software medibang.

Brush

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

Medibang memlilik 50 kuas yang bisa kalian gunakan seperti GPen, Pen untuk membuat lineart dan kuas cat air untuk mewarnai. Setiap kuas memiliki pengaturan yang berbeda-beda yang bisa kalian atur sendiri loh, kalian juga dapat membuat kuas sendiri sesuai keinginan kalian, dan masih banyak kuas-kuas menarik lainnya yang diberikan medibang bagi para pengguna.

Lightweight

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

Terlepas dari semua fiturnya, MediBang Paint Pro ramping dan ringan. Itu dibuat untuk berjalan dengan lancar tanpa memperlambat komputer Anda.

Layer

product-point03

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

Seperti kebanyakan software untuk ilustrasi, medibang juga memiliki fungsi layer yang memudahkan kalian untuk membuat sketsa, mewarnai, dan memberikan line art

Snap guides

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

Fitur ini dapat kalian gunakan untuk membantu kalian menggambar garis atau kurve dengan sempurna, kalian bisa menggunkannya untul membuat prespektif dan adengan pada komik. Untuk lebih jelasnya kalian bisa klik link ini, https://medibangpaint.com/en/use/2015/03/manual2-3/#snap  how to use snap dan macam-macam snap pada medibang paint pro

Using the cloud

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

fitur selanjutnya yang menarik dari medibang adalah penyimpanan cloud, kalian dapat menggunakan fitur ini untuk mentransfer dan membuka file dengan mudah di komputer, tablet, atau smartphone kalian dan kalian juga dapat menyinkronkan kuas dan pengaturan lainnya di seluruh perangkat yang terhubung atau terinstall dengan medibang

Free fonts

product-point09

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/ 

MediBang Paint juga memberikan banyak font gratis untuk kalian gunakan saat membuat komik dan ilustrasi lainnya.

Collaboration with other

product-point10

Sumber: https://medibangpaint.com/en/pc/  

Sangat sulit memang ketika menggambar sendiri atau menyelesaikan proyek sendiri, oleh karena itu MediBang Paint membuat fitur yang memungkinkan kalian berbagi file dengan pengguna lain sehingga Anda dapat melakukan Proyek Grup dengan mereka. Contoh dan bagaimana cara menggunakan fitur ini kalian bisa lihat di https://medibangpaint.com/en/team/ 

kali ini saya akan memberikan tutorial singkat dan semoga mudah dipahami, tutorial kali ini saya akan membuat objek chibi dengan menggunakan medibang paint pro dan menggunakan perangkat keras seperti laptop dan pen display Wacom.

1.      Buka aplikasi softwarenya terlebih dahulu, Untuk membuat lembar kerja baru kalian bisa membuka terlebih dahulu aplikasinya dan pilih menu file -> klik new atau ctrl + N dan akan muncul seperti gambar dibawah ini

Untitled 1 Dalam gambar menampilkan 2 pilihan untuk standard an komik, dan saya pilih standar, lalu pilihlah ukurannya disini saya menggunakan ukuran ketas A4 yang dibuat landscape dan klik oke setelah itu mulailah membuat sketsa atau memasukan sketsa yang telah saya buat.

2.      buatlah sketsanya, buatlah sketsa kasar kreasi kalian sendiri, saya membuat objek chibi yang memegang gitar. apabila kalian ingin menggunakan raw sketsa yang telah saya buat, kalian bisa download pada link berikut https://drive.google.com/file/d/1fat9rqNT1XXBAAXdbEKfy4CrD-A4NI6B/view?usp=sharing  

Untitled 2

3.      Buatlah lineart pada sketsa, disini saya mengunakan tools brush pen dengan ketebalan 10 untuk badan dan baju dan menggunakan tools pen (sharp) untuk bagian rambutnya, ketipisan pada pola baju dan rambut bisa menggunakan tools pen (sharp) dengan ketebalan 6, lalu ikuti pola sketsa yang telah dibuat.

*tips: ketika ingin memberikan lineart pada objek sketsa turunkan opacitynya menjadi 49% agar memudahkan anda memberikan lineart pada objek

Untitled 3

 

4.       Berikanlah warna dasar pada sketsa yang telah diberi lineart, saya menggunakan tools bucket tool atau ember cat.

*tipsnya usahakan pada sketsa garis tidak ada yang putus

Untitled 5

Untitled 6

5.      setelah diberikan warna dasar berikanlah highlight atau shadaw pada objek tersebut. pada pemberian highlight saya menggunakan tools airbursh untuk memberikan bayangan pada kulit objek. hasilnya bisa kalian lihat dibawah ini.

Untitled

gimana? mudahkan? bagi saya sendiri yang pengguana software medibang paint pro keunggulan dari produk ini menurut saya adalah toolnya mudah dipahami juga sangat user friendly untuk pengguna yang baru ilustrasi digital. Medibang juga menyediakan banyak tools menarik dan tentu saja gratis tanpa biaya perbulan.

 


Apriani Indarti

Apriani Indarti

Rabu, 2 Juni 2021