BERITA BERITA GAME 8 Rekomendasi Serious Game Untuk Meningkatkan Skill dan Pengalaman

8 Rekomendasi Serious Game Untuk Meningkatkan Skill dan Pengalaman

Oleh Gamelab Indonesia | Rabu, 5 Februari 2020

8 Rekomendasi Serious Game Untuk Meningkatkan Skill dan Pengalaman

Perlunya meningkatkan skill tentunya tidak hanya melalui latihan terus-menerus yang membosankan. Namun dengan memainkan serious game ini skill dan pengalaman dapat meningkat dengan cepat.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Game sebagai media hiburan memang tidak dapat ada habisnya. Semakin hari semakin banyak game yang diciptakan dengan berbagai genre dan gameplay yang semakin menarik. Selain peningkatan dalam hal kualiatas dan gameplay yang semakin beragam, kegunaan game juga semakin meluas. Game yang biasanya digunakan untuk tujuan hiburan, saat ini dapat digunakan untuk tujuan pendidikan maupun peningkatan skill.

Seperti game untuk tujuan pendidikan, kita bisa menyebutnya dengan game-based learning. Jika game-based learning bertujuan untuk memberikan pembelajaran melalui permainan game atau dengan bermain game tertentu pengguna mendapatkan pengalaman dan ilmu. Game-based learning biasanya digunakan untuk dunia pendidikan baik untuk sekolah dasar, menengah maupun atas. 

Sedangkan untuk serious game biasanya digunakan untuk jenjang yang lebih tinggi, seperti pelatihan karyawan dengan berbagai macam bidang pekerjaan. Seperti namanya serious game adalah permainan yang tidak hanya bertujuan untuk hiburan semata, namun apabila pengguna memainkan game tersebut akan mendapatkan pengetahuan hingga meningkatkan skill mereka secara tidak langsung. 

Pada artikel kali ini kita tidak akan membahas lebih lanjut untuk game-based learning, namun kita akan membahas lebih dalam untuk serious game. Dalam artikel ini kita akan membahas rekomendasi serious game yang bisa harus dicoba, terutama bagi kalian yang memiliki bidang yang sama. 

Plague Inc.

Pict by Plague Inc.

Game ini merupakan salah satu game strategi yang saat ini tengah populer. Game ini memungkinkan pemain untuk menciptakan virus yang dapat menginfeksi dunia. Game buatan studio game asal Inggris, Ndemic Creations, ini sudah dirilis di platform Android dan iOS sejak 2012 silam.

Dalam game ini pemain diminta untuk membuat sejumlah virus yang dapat menginfeksi seluruh dunia. Dimana kemenangan pemain diukur dari seberapa banyak virus tersebut menyebar di seluruh dunia. Pemain di minta untuk menciptakan kemampuan khusus pada virus yang dibuatnya. kemampuan virus dapat dikembangkan berdasarkn kondisi iklim atau geografis daerah yang dijangkiti. Seiring negara di dalam game melakukan pencegahan maka pemain diminta untk memperkuat virusnya.

Game ini mendadak menjadi viral di beberapa media sosial di Tiongkok karena mewabahnya virus yang akhir-akhir ini sedang terjadi. Meskipun tujuan dari game ini adalah untuk menciptakan sebuah virus, namun dari hal tersebut kita dapat belajar tentang penyebaran virus yang berhubungan dengan keadaan iklikm dan geografis suatu tempat. Hal ini akan berguna terutama untuk bidang medis agar dapat mengantisipasi virus jenis apa yang sekiranya akan mudah menjangkit suatu daerah tertentu. 

IBM City One

Pict by gamesforcities.com

IBM City One merupakan game simulasi untuk perancangan kota. Game ini dirancang untuk membantu industri dan penggiat bisnis agar lebih cepat untuk memahami kompleksitas perancangan kota dari mulai pengelolaan air, sumber energi, hingga keuangan. Game ini semula memang serupa dengan Maxiz 'Sim City', namun game tersebut tidak masuk dalam daftar ini karena Sim City lebih dirancang untuk tujuan hiburan.

Dalam gameplay nya, pemain dapat mengubah kota dengan menerapkan beberapa alternatif bidang sumber energi, air, dan perbankan. Pemain dapat memulai dengan membangun sebuah industri dan harus mengembangkan industri yang lainnya dengan dana yang terbatas. Dalam hal ini keputusan dari pemain dapat mempengaruhi pendapata, laba, kepuasan warga dan perbaikan lingkungan. Dengan serangkaian skenario krisis, pemain harus bekerja sesuai dengan misi untuk menentukan keseimbangan ekonomi, lingkungan, dan sosiologi kota.

Game ini tidak hanya dibuat untuk tujuan hiburan semata, namun pengembang ingin memberikan gambaran pada pemain dampak apa saja yang mungkin muncul dalam pembanguanna sebuah kota dan bagaimana solusi yang akan muncul dari krisis yang mungkin terjadi. Game ini tidak hanya akan memberikan pengalaman nyata namun juga akan memotivasi pemain untuk mencari solusi dan inovasi untuk tantangan yang muncul untuk menciptakan kota yang lebih nyaman, efisien, dan lebih cerdas.

Microsoft Flight Simulator

Pict by Microsoft Flight Simulator

Sesuai dengan namanya, game ini merupakan game simulator untuk penerbangan. Game simulasi penerbangan buatan Microsoft ini merupakan salah satu serious game paling lama dan paling canggih yang dipakai sebagai program simulasi. Game ini dipasarkan dalam bentuk permainan video games dan dijalankan dengan menggunakan sistem windows

Game ini baru saja meluncurkan model baru untuk tahun 2020 ini dengan grafis yang terlihat begitu realistis, sangat menarik. Untuk pemain yang menginginkan simulasi penerbangan yang benar-benar terlihat seperti nayata bisa mencoba game ini. 

Dalam game simulasi ini pemain akan di tantang untuk menerbangkan pesawat. Pemain dapat memilih berbagai medan dan jenis pesawat yang ingin diterbangkannya. Layaknya berada diruang kokpit pesawat sungguhan, pemain harus menerbangkan pesawat mulai dari take off hingga landing.

Pengalaman nyata yang akan didapat oleh pemain dari dari simulasi yang terlihat nyata tersebut sangat cocok digunakan utnuk emlatih skill bagi para pilot muda yang akan berlatih untuk menerbangkan pesawat ataupun bagi siapapun yang ingin merasakan sensasi menerbangkan pesawat.


Baca artikel lainnya: Serious Game Untuk Online Training


Tiltfactor Laboratory

POX Save The People Pict by Tiltfactory LaboratoryTiltfactor Laboratory adalah sebuah pusat penelitian serious game yang ada di  Dartmouth College, New Hampshire. Pusat penelitian ini telah sukses dengan mengembangkan beberapa permainan kartu seperti Pox : Save The People. Berbeda dengan Plague Inc., Pox : Save The People, mengharuskan pemain untuk memberikan penyembuh atau vaksin kepada anggota kelompoknya.

Pox : Save The People sendiri merupakan sebuah boardgame yang dimainkan oleh 1-4 pemain. Dalam permainannya, pemain memiliki kesempatan untuk menyembuhkan atau memvaksinasi  anggota kelompok terhadap wabah penyakit. Melalui permainan ini, pemain dapat memahami kekebalan dari kelompok dan kebutuhannya terhadap vaksin dan mengajarkan pemain tentang topik-topik serius seperti gerakan anti-vaksinasi dan stereotip sosial. 

A Force More Powerful

Pict by Breakaway Games

A Force More Powerful adalah sebuah film dokumenter yang berisi tentang perlawanan terhadap kekerasan yang dibuat oleh PBS pada tahun 2000 silam. Kemudian dari film dokumenter tersebut dikembangkan oleh Breakaway Games menjadi sebuah video game  denagn judul yang sama. 

Dalam gameplay nya, game ini mengajarkan cara untuk berperang dengan menggunakan metode anti kekerasan. Salah satu perancang game ini adalah salah satu pemimpin gerakan mahasiswa Serbia, Otpor, bernama Ivan Marovi?. Game ini merupakan game strategi yang mengharuskan pemain untuk membuat skenario perangnya sendiri. Game strategi ini memiliki sepuluh skenario yang dapat dimainkan oleh pemain, namun pemain juga memungkinkan untuk membuat skenarionya sendiri.

Darfur is Dying

Pict by gamesforchange.org

Game ini merupakan game browser berbasis flash tentang krisis yang terjadi di daerah Dafur, Sudah Barat. Meskipun termasuk dalan serious game, game ini masuk dalam klasifikasi sebagai newsgame. Dalam sisi jurnalistik, permainan dalam game ini membantu mengungkap kebenaran dan menjelaskan tentang perang di Darfur dan bencana kemanusiaan yang diakibatkannya.

Dalam permainan tersebut pemain akan menjadi salah satu anggota keluarga terlantar yang ada di Darfur. Pemain memilih salah satu anggota keluarga Darfuri. Dalam aksinya, terdapat 2 mode, mode pertama pemain diminta untuk ke sumur mengambil air dan kembali kekeularga tanpa ketahuan oleh patroli milisi janjaweed. Jiak pemain berhasil mebawa air tanpa ketahuan maka mode akan berlanjut ke mode 2. Di mode 2 ini pemain harus menggunakan air untuk tanaman dan membangun pondok. Tujuan akhir dari game ini adalah kamp harus tetap berjalan selama 7 hari.

PeaceMaker

Pict by peacemakergame.com

PeaceMaker merupakan game simulasi untuk mempromosikan perdamaian yang berfokus pada konflik Israel - Palestina. Dalam game ini, pemain akan ditantang untuk menjadi seorang pemimpin yang dapat memimpin orang-orang telah gagal.

Pemain perlu mewakili salah satu pihak dan membuat satu keputusan yang berhubungan dengan sosial, politik, dan militer. Konsekuensi dari pilihan yang diambil akan mengajarkan pemain tentang situasi yang kompleks. 

Baca Juga : 4 Langkah Selanjutnya, Setelah Kamu Ikut Program MSIB

FoldIt

Pict by FoldIt

Game yang cukup menarik dimana kita dapat memainkan puzzle untuk membentuk sebuah virus. FoldIt bahkan membantu menguraikan strukstur kristal virus monyet Mazon-Pfizer, penyebab AIDS. Hal yang belum ditemukan selama 15 tahun sebelumnya, dapat ditemukan hanya dalam waktu 10 hari untuk mendapatkan model enzim yang akurat dengan uopaya gabungan dari ribuan pemain game ini.

Dalam permainan ini pemain dapat ikut serta berkontribusi pada penelitian ilmiah untuk menguraikan struktur protein melalui puzzle yang ada pada game ini. Karena protein adalah bagian dari begitu banyak penyakit, mereka juga dapat menjadi bagian dari penyembuhan. Bagi pemain hal ini akan sangat berguna sekali untuk melatih analisa, terutama untuk mereka yang berkontribusi pada bidang yang berhubungan dengan kesehatan.

Dari beberapa serious game di atas adalah beberapa rekomendasi serious game yang dapat dimainkan untuk meningkatkan skill. Beberapa game memiliki tingkat kompleksitas yang berbeda dan memiliki bidang yang berbeda sesuai dengan tujuan dari game tersebut. Game tersebut tidak hanya dimainkan oleh beberapa orang tertentu yang memiliki bidang yang sama, namun orang awam juga dapat mencoba game tersebut untuk mengukur dan meningkatkan skill mereka.

 


Sumber:

  • growthengineering.co.uk

 

Baca artikel menarik lainnya:


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Rabu, 5 Februari 2020

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI