BERITA SERIOUS GAME Serious Game VS Game-based Learning, Beda?

Serious Game VS Game-based Learning, Beda?


#serious game #game-based learning
Serious Game VS Game-based Learning, Beda?

Pernah mendengar tentang serious game dan game-based learning? Kedua istilah tersebut memiliki makna yang berbeda lho. Ini dia perbedaan serious game dan game-based learning.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, desain, coding, 3D artwork, art dan illustrasi dan digital music hanya di GAMELAB.ID!

Penggunaan game semakin hari semakin banyak dimanfaatkan untuk keperluan lain selain hiburan, misalnya saja untuk kebutuhan pendidikan, peningkatan kualitas, pelatihan, dan masih banyak lagi manfaat lainnya. Dalam penggunaan game sebagai media tersebut memiliki beberapa sebutan yang berbeda, seperti game-based learning, serious game, dan gamification

Seperti game untuk tujuan pembelajaran, kita bisa menyebutnya dengan game-based learning. Jika game-based learning bertujuan untuk memberikan pembelajaran melalui permainan game atau melakukan pendekatan pembelajaran dengan menggunakan game. Game-based learning biasanya digunakan untuk dunia pendidikan baik untuk sekolah dasar, menengah maupun atas. 

Photo by Andreas Schantl on Unsplash

Sedangkan untuk serious game biasanya diguanakan untuk jenjang yang lebih tinggi, seperti pelatihan karyawan dengan berbagai macam bidang pekerjaan. Seperti namanya serious game adalah permainan yang tidak hanya bertujuan untuk hiburan semata, namun apabila pengguna memainkan game tersebut akan mendapatkan pengetahuan hingga meningkatkan skill mereka secara tidak langsung. 

Dari kedua hal yang telah disampaikan tersebut bisa kita asumsikan bahwa kedua istilah tersebut memiliki makna dan tujuan yang berbeda.  Namun benarkah kedua hal tersebut benar-benar berbeda? Mari kita bahas lebih dalam lagi untuk kedua istilah tersebut.

Serious Game

Pict by Freepik.com

Serious game atau game yang serius kita sebut saja begitu merupakan sebuah permainan yang dirancang selain untuk tujuan utamanya sebagai hiburan namun ada bagian yang membuatnya menjadi lebih terasa 'serius'. Mungkin lebih tepatnya di dalam game tersebut pemain tidak hanya akan mendapatkan hiburan namun juga akan mendapatkan sebuah informasi atau pesan yang sebenarnya merupakan tujuan dari game tersebut.

Jika kita melakukan browsing di pencarian Google, dengan kata kunci Serious Game, maka akan kita temukan banyak sekali game yang serupa. Game-game tersebut memiliki tujuan dan pesan tersendiri dari dirancangnya game tersebut. Game dengan kriteria seperti ini biasanya digunakan untuk pelatihan dan pengembangan karyawan dengan topik-topik yang lebih serius. Terdapat beberapa rekomendasi serious game yang dapat digunakan untuk meningkatkan skill dan pengalaman.

Apa yang begitu menarik dari serious game?  Dalam game jenis ini, kita dapat menemukan cerita yang menarik, dimana kita sebagai pemain akan ikut dalam alur ceritanya. Mekanik permainan dalam serious game biasanya di sesuaikan sesuai dengan tujuan atau pesan yang ingi di sampaikan oleh pengembang game, sehingga ada beberapa mekanik game yang unik. Selain kedua hal tersebut yang membuat serious game menarik tentunya adanya tantangan tersendiri pada pemain untuk mendapatkan skor yang tertinggi dengan mencapai tujuan dari game tersebut.


Baca berita lainnya: Serious Game Untuk Online Training


Game-based Learning

Pict by Freepik.com

Secara garis besar Game-based learning merupakan sebuah metode pendekatan menggunakan permainan yang dirancang khusus untuk membantu proses belajar mengajar. Dengan menggunakan game-based learning kita dapat memberikan stimulus pada tiga bagian penting dalam pembelajaran yaitu Emotional, Intellectual, Psycomotoric. Game-based Learning termasuk salah satu cara membuat pembelajaran yang secara efektif dapat meningkatkan daya serap dari pembelajaran tersebut menggunakan game. 

Game-based learning terutama digunakan untuk anak-anak. Dengan menggunakan metode ini, anak-anak yang menggunakan permainan ini sebagai pendekatan belajarnya akan lebih mudah untuk menerima pembelajaran tersebut karena menurut beberapa penelitian menyebutkan bahwa anak atau siswa bisa menyerap pelajaran atau informasi sebesar 80% dari yang mereka lakukan sendiri, hal tersebut dapat dilakukan melalui sebuah simulasi.

Penggunaan metode pembelajaran melalui game sebenarnya sudah mulai banyak digunakan untuk pendidikan pada sekolah-sekolah di luar negeri. Mereka sudah mulai menerapkan metode ini karena metode ini dinilai lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi pelajaran yang sedang diajarkan.

Serious Game VS Game-based Learning, Sama?

Setelah mengetahui beebrapa hal tentang serious game dan game-based learning, mari kita pacah pemaparan di atas menjadi beberapa perbandingan yang dapat kita gunakan membandingkan kedua istilah ini.

 

Pembanding
Serious Game
Game-based Learning
Definisi umum

Sebuah game yang dirancang dengan tujuan utama selain sebagai hiburan juga memiliki tujuan atau pesan lain sebagai inti dari permainannya.

Sebuah proses dan praktik pembelajaran yang di lakukan dengan menggunakan sebuah game.

Tujuan

Untuk mengubah kebiasaan, cara berikir, pandangan, dan menambah pengetahuan pemainnya.

Pendekatan dalam suatu proses pembelajaran  sehingga memudahkan penyerapan informasi pembelajaran.

Alasan penggunaan

Untuk mengetahui pesan yang terdapat pada game tersebut.

Meningkatkan suatu proses pembelajaran.

Konsep

Game sebagai perantara pesan atau inti game merupakan sebuah pesan pada pemain.

Game di gunakan sebagai pembelajaran atau bagian dari pembelajaran tersebut.

Pengguna

Karyawan atau pegawai untuk pelatihan peningkatan skill atau orang dewasa yang ingin meningkatkan skill tertentu.

Kebanyakan digunakan untuk proses pembelajaran anak atau siswa.

 

Dari beberapa perbandingan tersebut dapat kita lihat beberapa perbedaaan dari serious game dan game-based learning.  Dengan bantuan tabel tersebut kita dapat menentukan metode mana yang lebih tepat digunakan untuk kegiatan yang akan kita lakukan dan akan lebih tepat pada sasaran dari kegiatan yang akan dilakukan.

 


Sumber:

  • growthengineering.co.uk

 

Baca artikel menarik lainnya:

Hidupmu bahagia kalau pernah main game papan ini! Main game ULAR TANGGA sekarang bisa lewat HP dan bisa main rame-rame.


Febriani Sari

Febriani Sari

Rabu, 5 Februari 2020