BERITA BERITA GAME Kini, Siapa Pun Bisa Bikin Game! Caranya Hanya di GLOW

Kini, Siapa Pun Bisa Bikin Game! Caranya Hanya di GLOW

Oleh Hafizhan Fathu Radifan | Rabu, 28 Juni 2023

Kini, Siapa Pun Bisa Bikin Game! Caranya Hanya di GLOW

Game sudah menjadi wadah kreativitas tapi ada yang merasa membuat game susah dan rumit. Tapi dengan scratch bisa memudahkan membuat game sederhana dan dapat dimainkan hanya di GLOW akan membahasnya.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Halo SOBAT GAMELAB.ID! Kali ini MinLab ingin cerita keseruan GLOW (GAMELAB.ID Online Webinar) pada 6 Juni 2023 lalu yang membahas scratch sebagai Solusi Membuat Game Sederhana yang pastinya seru dan bermanfaat.

Berlangsungnya Kegiatan GLOW

Peserta GLOW mengikuti kegiatan ini dengan sangat antusias dan tertib dan interaktif penuh dengan pertanyaan rasa pertanyaan.

"Kamu bisa membuat permainan yang luar biasa, tapi kamu tidak bisa sukses. Permainmu yang membuat sukses."-Irme Jele

GLOW yang berlangsung dari pk 14.00 WIB ini membahas pembuatan game dengan cara yang mudah, bahkan bisa dari device apa saja, sehingga siapa pun bisa membuat game sederhana. Dengan memberikan pengetahuan tentang dasar membuat game ini bisa menjadi langkah awal yang baik bagi industri game Indonesia dan bisa membuat anak muda untuk termotivasi untuk membuat game.

Scratch sebagai Solusi Membuat Game Sederhana

Di era digital ini, pemrograman menjadi salah satu keterampilan yang sangat berharga. Banyak platform pemrograman yang tersedia, tetapi untuk pemula yang ingin belajar membuat game sederhana, Scratch adalah solusi yang ideal. Scratch adalah platform pemrograman visual yang dirancang khusus untuk mempelajari dasar-dasar pemrograman.

Salah satu kegiatan menarik yang dapat dilakukan dengan Scratch adalah membuat game. Membuat game sederhana menggunakan Scratch tidak hanya menyenangkan, tetapi juga memiliki manfaat edukatif yang signifikan. MinLab akan menjelaskan beberapa manfaat yang dapat diperoleh dengan membuat game menggunakan Scratch.

1. Pemahaman Konsep Pemrograman

Membuat game sederhana menggunakan Scratch memberikan kesempatan bagi pemula untuk memahami konsep-konsep dasar pemrograman secara interaktif. Scratch menggunakan sistem blok pemrograman visual yang intuitif, memungkinkan pengguna untuk memahami logika dasar seperti kondisi, perulangan, dan fungsi. Dengan mempelajari dan menerapkan konsep ini dalam konteks game, pemula dapat mengembangkan pemahaman yang kuat tentang dasar-dasar pemrograman.

2. Kreativitas dan Ekspresi Diri

Membuat game dengan Scratch memberikan kebebasan berekspresi bagi penggunanya. Dalam proses membuat game, kamu dapat merancang karakter, mengatur level permainan, menciptakan skenario, dan menambahkan elemen-elemen kreatif lainnya. Proses ini mendorong imajinasi dan kreativitas, memungkinkan untuk mengungkapkan ide-ide unik dan orisinal melalui game yang kamu buat.

3. Peningkatan Pemecahan Masalah

Membuat game melibatkan pemecahan masalah yang kontekstual dan praktis. Dalam merancang game, kamu harus mempertimbangkan aturan permainan, tantangan yang dihadapi pemain, dan cara untuk mencapai tujuan tertentu. Proses ini melibatkan pemikiran kritis dan analitis, serta kemampuan untuk memecahkan masalah dengan mencoba dan menguji solusi. Dengan membuat game menggunakan Scratch, kamu dapat mengasah keterampilan pemecahan masalah secara menyenangkan.

4. Kolaborasi dan Berbagi

Scratch adalah komunitas yang ramah dan inklusif. Platform ini memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan sesama pembuat game, berkolaborasi dalam proyek-proyek, dan saling memberikan umpan balik. Melalui berbagi game yang telah kamu buat, kamu dapat memperoleh wawasan berharga dari komunitas Scratch dan meningkatkan keterampilan Anda dengan masukan yang diberikan oleh pengguna lain.

5. Pengenalan Dasar-dasar Desain

Dalam membuat game, elemen desain seperti tata letak, warna, suara, dan animasi sangat penting. Dengan Scratch, kamu dapat mempelajari dasar-dasar desain grafis dan suara, serta menerapkannya dalam game kamu. Membuat game di Scratch membantu meningkatkan pemahaman visual dan estetika, yang dapat berguna dalam berbagai konteks kreatif lainnya.

Baca Juga : Toge Productions dan Mojiken Studio: Kisah Kesuksesan Studio Game Indonesia yang Menggebrak Dunia!

Penutup

Membuat game menggunakan Scratch adalah cara yang menyenangkan dan bermanfaat untuk belajar dasar-dasar pemrograman dan mengembangkan keterampilan kreatif. Selain itu, proses membuat game sederhana melibatkan pemecahan masalah, kolaborasi, dan pengenalan dasar-dasar desain. Oleh karena itu, bagi siapa pun yang tertarik dalam mempelajari pemrograman atau ingin mengasah keterampilan kreatif, Scratch adalah platform pemrograman yang ideal untuk menjelajahi dunia game development.

Ingin bisa membuat game dengan Scratch? Yuk segera ikuti kelas dari GAMELAB.ID yang pasti bisa menambah pengetahuanmu dengan klik di sini sekarang juga. Yuk ikuti GLOW (GAMELAB.ID Online Webinar) yang seru ini! Jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan pengetahuan baru tentang teknologi dan jangan lupa untuk follow media sosial dari GAMELAB.ID di @gamelab.id untuk informasi menarik lainnya. Sampai jumpa di GLOW selanjutnya.


Hafizhan Fathu Radifan

Hafizhan Fathu Radifan

Rabu, 28 Juni 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI