BERITA UMUM Persiapan Dunia Kerja: 8 Tips Upgrade Skills, Cara Efektif Asah Keterampilan

Persiapan Dunia Kerja: 8 Tips Upgrade Skills, Cara Efektif Asah Keterampilan

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 1 Agustus 2023

Persiapan Dunia Kerja: 8 Tips Upgrade Skills, Cara Efektif Asah Keterampilan

Ingin mengasah keterampilan sebelum terjun ke dunia kerja? Berikut 8 tips upgrade skills yang bisa kamu lakukan.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Dunia kerja makin kompetitif, jika tidak meningkatkan kualitas diri dengan cara upgrade skills alias mengasah keterampilan, kamu mungkin akan tergilas dengan gilanya persaingan di pasar kerja.

Terlebih, jika kamu adalah lulusan baru yang masih belum memiliki pengalaman kerja. Tetapi, jangan terlalu khawatir. Alih-alih meratapi nasib, sebaiknya kamu segera mengambil tindakan nyata. Berikut merupakan tips upgrade skills sebelum terjun ke dunia kerja.

Identifikasi Keterampilan

Langkah pertama untuk meningkatkan keterampilan adalah mengidentifikasi keterampilan yang sangat dicari oleh perusahaan di pasar kerja saat ini. Lakukan riset tentang industri dan perusahaan yang ingin kamu masuki, kemudian cari tahu keterampilan apa yang menjadi prioritas bagi perusahaan tersebut.

Misalnya, jika kamu tertarik di bidang teknologi informasi, mungkin kamu perlu menguasai bahasa pemrograman tertentu. Selain melihat kebutuhan dunia kerja, kamu juga bisa menyesuaikannya dengan kebutuhanmu.

Sesuaikan dengan Minat dan Bakat

Setelah mengetahui keterampilan yang dibutuhkan, langkah berikutnya adalah memilih keterampilan yang sesuai dengan minat dan bakat kamu. Kamu harus memilih keterampilan yang benar-benar menarik perhatianmu, sebab hal ini akan membantumu untuk lebih termotivasi dalam belajar. Pertimbangkan pula potensi jangka panjang dari keterampilan yang kamu pilih dan bagaimana keterampilan itu dapat membantumu dalam mencapai tujuan karier.

Manfaatkan Media Belajar Online

Ingat, kamu hidup di era digital yang serba online. Saat ini, akses terhadap sumber belajar online sangatlah melimpah. Kamu bisa menonton video-video tutorial, mengikuti kursus kelas online, atau mengikuti webinar yang diselenggarakan secara gratis.

Misalnya, jika kamu tertarik untuk menjadi desainer grafis CorelDRAW, maka kamu bisa mencari di YouTube tentang cara mengoperasikan CorelDRAW untuk pemula. Belajar mandiri secara online juga lebih fleksibel untuk dilakukan.

Ikuti Pelatihan atau Workshop

Selain belajar secara mandiri, penting juga untuk mengambil bagian dalam pelatihan atau workshop yang diselenggarakan oleh institusi terpercaya. Pelatihan ini memberikan pengalaman praktis dan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan instruktur dan rekan-rekan sesama peserta. Mengikuti pelatihan juga efektif meningkatkan keterampilan, sebab kamu akan mendapat pandangan langsung dari ahli industri.

Tips Upgrade Skills Sebelum Terjun ke Dunia Kerja - GAMELAB.ID

Terapkan Keterampilan yang Kamu Pelajari

Setelah menguasai teori tentang keterampilan yang ingin kamu tingkatkan, jangan lupa untuk menerapkannya melalui praktik-praktik rutin. Misalnya, seandainya kamu sedang belajar bahasa asing, maka berlatihlah untuk terus mengobrol menggunakan bahasa tersebut.

Cari rekan mengobrol bahasa asing dengan cara mengikuti kelompok diskusi dan sejenisnya. Semakin sering kamu mempraktikkan keterampilan yang sedang dipelajari, maka semakin cepat pula kamu akan menguasai keterampilan tersebut.

Ikuti Proyek Kolaboratif

Jika ada kesempatan, bergabunglah dalam proyek kolaboratif dalam sebuah kelompok studi.Ini adalah cara yang bagus untuk mengasah keterampilanmu dengan melibatkan diri dalam situasi yang mirip dengan dunia kerja.

Kolaborasi dengan orang lain juga akan membantumu memahami dinamika tim, membangun keterampilan komunikasi, dan belajar bagaimana menghadapi tantangan bersama-sama.

Buat Proyek Pribadi

Kamu juga bisa mempraktikkan keterampilan dengan membuat proyek-proyek pribadi. Sebagai contoh, jika kamu sedang belajar pemrograman, maka buatlah kode program sederhana.

Jika kamu sedang belajar desain grafis, cobalah untuk membuat logo-logo sederhana. Praktik semacam ini akan membantumu mengasah keterampilan sekaligus meningkatkan kreativitas.

Ikut Program Magang

Sebelum terjun ke dunia kerja, tidak ada salahnya untuk mengikuti program magang. Magang bisa dilakukan oleh siswa SMK, mahasiswa, maupun umum yang memang ingin memperoleh gambaran tentang dunia kerja nyata.

Mengikuti magang akan membantumu mengasah keterampilan di bidang yang kamu minati. Jangan lupa untuk memilih perusahaan tempat magang yang relevan dengan minat dan bakatmu.

Tips Upgrade Skills Sebelum Terjun ke Dunia Kerja - GAMELAB.ID

Baca Juga : Mau Bisnis Laku? Analisis SWOT Dulu, Baru Deh Buka Gerai!

Penutup

Meningkatkan keterampilan sebelum terjun ke dunia kerja adalah langkah yang cerdas dan strategis. Dengan mengidentifikasi keterampilan, terus belajar, dan mempraktikkannya, kamu menunjukkan konsistensi untuk mengejar karir yang sukses. Ingatlah bahwa upgrade skills adalah proses yang berkelanjutan, sehingga diperlukan komitmen untuk melakukannya.

Jika kamu merupakan salah satu yang sedang berupaya untuk meningkatkan keterampilan dan membutuhkan bantuan profesional, maka jangan khawatir. Kamu bisa mengikuti pelatihan dan magang di GAMELAB.ID. GAMELAB.ID menyediakan berbagai pilihan kelas di bidang teknologi, desain dan multimedia, serta bidang bisnis. Yuk daftarkan dirimu. Kamu bisa menghubungi link ini ya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 1 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI