BERITA PRAKERJA Kapan Insentif Prakerja Gelombang 61 Cair?

Kapan Insentif Prakerja Gelombang 61 Cair?

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 27 September 2023

Kapan Insentif Prakerja Gelombang 61 Cair?

Kapan cairnya insentif Prakerja gelombang 61? Diketahui, pendaftaran gelombang 61 dibuka pada Jumat, 22 September 2023 dan ditutup pada Senin, 25 September 2023.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu seorang penerima manfaat Prakerja gelombang 61? Jika iya, selamat karena sudah lolos. Kamu mungkin bertanya-tanya mengenai kapan insentif Prakerja gelombang 61 akan cair. Untuk mengetahuinya, simak ulasan dalam artikel berikut ya.

Insentif Prakerja 2023

Sebelumnya, kamu perlu mengetahui berapa besaran insentif Prakerja 2023 yang akan kamu dapatkan jika dinyatakan lolos dan sah menjadi seorang penerima manfaat program Kartu Prakerja.

Prakerja 2023 menawarkan besaran insentif dengan total lebih besar dari tahun-tahun sebelumnya. Namun, total insentif yang masuk ke kantong peserta mungkin lebih kecil dibanding Prakerja 2020-2022.

Bukan tanpa alasan, insentif Prakerja saat ini lebih difokuskan pada pemberian biaya pelatihan agar peserta bisa meningkatkan keterampilan dan kompetensi di bidang yang relevan sesuai dengan pekerjaan yang ingin digeluti.

Insentif Prakerja Gelombang 61 - GAMELAB

Hal ini sudah sejalan dengan skema Prakerja 2023 yang berjalan normal, tak lagi menggunakan skema bantuan sosial (bansos) seperti di tahun-tahun sebelumnya. Skema bansos di tahun 2020-2023 dijalankan karena Prakerja memiliki dua misi yakni meningkatkan kompetensi sekaligus memberikan bantuan bagi peserta di tengah dampak pandemi Covid-19.

Seiring meredanya Covid-19, Prakerja pun berjalan dengan skema normal. Oleh karenanya, pemerintah menggelontorkan Rp3,5 juta untuk biaya pelatihan dengan harapan peserta dapat memaksimalkan bantuan tersebut untuk mengasah kompetensi agar semakin siap bersaing di pasar kerja yang ketat.

Selain biaya pelatihan, pemerintah juga memberikan insentif mencari kerja atau insentif usai melakukan pelatihan pertama senilai Rp600 ribu. Ada pula insentif pengisian survei yang diberikan dua kali dengan sekali pemberian bernilai Rp50 Ribu.

Dengan begitu, total insentif yang bisa dikantongi oleh peserta Prakerja adalah Rp700 ribu. Sedangkan total keseluruhan insentif Prakerja 2023 adalah Rp4,2 juta.

Kapan Insentif Prakerja Gelombang 61 Cair?

Insentif Prakerja senila Rp700 ribu hanya bisa dicairkan jika peserta Prakerja gelombang 61 sudah menyelesaikan pelatihan pertama sekaligus sudah melakukan pengisian survei di dashboard Prakerja. Sebagai informasi, batas membeli pelatihan adalah hanya 15 hari sejak peserta dinyatakan sah sebagai penerima manfaat Prakerja 2023.

Jika tidak segera membeli pelatihan dalam batas waktu yang ditentukan, kepesertaan akan dihapus, dan tentu saja insentif Prakerja tidak akan bisa cair. Oleh karenanya sangat penting untuk membeli pelatihan pertama setelah dinyatakan lolos menjadi penerima manfaat prakerja.

Adapun sebelum mencairkan insentif Prakerja gelombang 61, kamu perlu memastikan rekening atau e-wallet sudah tersambung dengan dashboard Prakerja. Berikut cara menyambungkannya:

  • Buka website resmi prakerja.go.id.
  • Login ke akun Prakerja yang sudah didaftarkan.
  • Tonton 3 video yang tersedia di beranda.
  • Hubungkan dengan rekening atau dompet digital (e-wallet) dengan cara pilih "Sambungkan Sekarang".
  • Pilih rekening atau e-wallet, kemudian sambungkan.
  • Konfirmasi data keuangan, lakukan pengecekan, dan klik "Ya Sambungkan" jika sudah yakin.
  • Apabila memilih e-wallet, pastikan untuk memasukkan kode OTP dan kode keamanan.
  • Akun prakerja telah terhubung dengan rekening dan e-wallet.

Insentif Prakerja gelombang 61 akan cair sekira 3-5 hari kerja sejak jadwal muncul di akun prakerjamu. Apabila masih belum dikirim, kamu bisa lapor di pengaduan prakerja atau klik link ini.

Insentif Prakerja Gelombang 61 - GAMELAB

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Apakah penjelasan di atas telah memberikanmu bayangan tentang kapan insentif Prakerja gelombang 61 akan cair? Jika sudah, jangan lupa untuk segera membeli pelatihan ya.

Pelatihan Prakerja 2023 bisa dibeli melalui sejumlah platform digital, yaitu Bukalapak, Pijar Mahir, Tokopedia, Pintar, Kariermu, hingga SIAPKerja. Insentif pelatihan Rp3,5 juta bisa digunakan untuk membeli pelatihan sebanyak-banyaknya.

Sebagai catatan, jika bantuan insentif pelatihan masih tersisa, kamu tidak bisa mencairkannya dalam bentuk apapun. Karena itu, sangat disarankan agar kamu memaksimalkannya untuk menghabiskannya dengan cara membeli pelatihan dan belajar di bidang-bidang yang kamu minati.

Kamu juga bisa membeli pelatihan Prakerja di Gamelab dengan beragam pilihan kelas. Di antaranya kelas desain grafis, pemasaran instagram, copywriting, pemandu wisata, hingga kelas manajemen proyek dengan Trello. Untuk mendaftar ke kelasnya, kamu bisa menghubungi link ini atau klik salah satu dari pilihan kelas di bawah ini.

Desain Grafis

Instagram

Copywriting

Wisata

Trello


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 27 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI