BERITA PRAKERJA Website Lembaga Pelatihan/LMS Terbaik untuk Prakerja 2023

Website Lembaga Pelatihan/LMS Terbaik untuk Prakerja 2023

Oleh Rifka Amalia | Rabu, 13 September 2023

Website Lembaga Pelatihan/LMS Terbaik untuk Prakerja 2023

Ketahui website lembaga pelatihan/LMS terbaik untuk Prakerja 2023. Program Kartu Prakerja memberikan kesempatan untuk meningkatkan kompetensi dan keterampilan.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Apakah kamu merupakan penerima manfaat Kartu Prakerja 2023? Jika iya, kamu hanya memiliki waktu 15 hari untuk membeli pelatihan pertama di mitra Prakerja. Artikel ini akan mengulas tentang rekomendasi website pelatihan Prakerja terbaik dan apa itu LMS yang digunakan dalam proses belajarnya.

Kartu Prakerja 2023

Dijalankan sejak tahun 2020, program Kartu Prakerja masih berlangsung hingga saat ini dengan skema normal yang berfokus pada peningkatan kompetensi angkatan kerja agar mampu bersaing di pasar kerja yang kompetitif.

Saat diluncurkan pertama kali di masa pandemi di tahun 2020, Prakerja sempat dijalankan menggunakan skema bantuan sosial (bansos). Skema itu memiliki 2 tujuan, yakni memberikan bantuan pada masyarakat Indonesia terdampak Covid-19, sekaligus meningkatkan kompetensi mereka.

Namun, pada skema normal yang berjalan per tahun 2023, Prakerja hanya difokuskan pada peningkatan kompetensi pencari kerja, pekerja/buruh korban PHK, pekerja/buruh yang membutuhkan peningkatan keterampilan dan kompetensi untuk kebutuhan kerja.

Apabila kamu sudah dinyatakan lolos, kamu akan mendapatkan insentif Prakerja 2023 setotal Rp4,2 juta. Insentif tersebut terdiri dari insentif pelatihan (non-tunai) Rp3,5 juta, insentif biaya mencari kerja Rp600 ribu, dan insentif mengisi survei Rp100 ribu.

Insentif Rp600 ribu dan Rp100 ribu bisa kamu cairkan melalui rekening bank atau dompet digital yang sudah disambungkan ke dashboard akun prakerja. Kamu juga harus sudah menyelesaikan pelatihan pertama untuk mencairkannya.

Pelatihan pertama tersebut dapat dibeli di Kelas Prakerja melalui platform digital yang bermitra dengan Prakerja, seperti Tokopedia, Bukalapak, Pitar, Karier.mu, Pijar Mahir, dan Kemnaker. Dalam pelaksanaannya, kamu akan diarahkan untuk menggunakan LMS (Learning Management System) untuk memudahkan proses pembelajaran.

Website Lembaga Pelatihan LMS Prakerja - GAMELAB

Apa Itu LMS?

LMS (Learning Management System) adalah perangkat lunak berbasis web yang dirancang untuk melakukan pengelolaan, pemantauan, pelaporan, dokumentasi, administrasi, perpustakaan digital, distribusi konten pendidikan, dan lainnya dalam pembelajaran berbasis komputer.

LMS sering digunakan di berbagai konteks pendidikan dan pelatihan, seperti di sekolah, universitas, perusahaan, atau program pelatihan online. LMS atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut sebagai Sistem Manajemen Pembelajaran ini berfungsi memberikan tempat untuk menyimpan dan mengakses materi pembelajaran, mengatur jadwal, memfasilitasi komunikasi antara instruktur dan peserta, serta melacak kemajuan pembelajaran.

Penggunaan LMS menunjang proses pembelajaran yang efektif dan efisien. LMS memudahkan peserta dan instruktur dalam mengakses materi pembelajaran dan berpartisipasi dalam kursus kapan saja dan di mana saja, selama terhubung dengan koneksi internet. Secara umum, LMS biasanya memiliki fitur-fitur berikut:

  • Manajemen Kursus: Membantu instruktur dalam merencanakan, mengelola, dan menyampaikan materi kursus.
  • Akses Materi Pembelajaran: Memberikan akses ke bahan pembelajaran seperti teks, video, tugas, dan ujian.
  • Interaksi dan Komunikasi: Memfasilitasi interaksi antara instruktur dan peserta, serta antara peserta itu sendiri melalui forum, pesan, dan diskusi online.
  • Evaluasi dan Penilaian: Memberikan alat untuk menguji pengetahuan dan kemampuan peserta pelatihan, serta mengukur kemajuan mereka.
  • Pelacakan Kemajuan: Memungkinkan instruktur dan peserta untuk melacak kemajuan dalam pelatihan.
  • Pengelolaan Jadwal: Menampilkan jadwal kursus/pelatihan dan pengingat tentang tugas atau ujian yang akan datang.
  • Sertifikat: Memberikan sertifikat atau pengakuan setelah menyelesaikan kursus atau pelatihan.
  • Analisis dan Pelaporan: Menyediakan data tentang partisipasi dan kemajuan peserta untuk membantu pengambilan keputusan.

Pelatihan Prakerja Menggunakan LMS

Dalam pelaksanaan pelatihan Prakerja secara daring mengunakan Learning Management System (LMS), ada standar khusus yang harus diperhatikan oleh mitra Kartu Prakerja. Mengutip Kemnaker.go.id, berikut merupakan standar LMS untuk pelatihan Prakerja.

A. Alamat Situs/link, yang disesuaikan dengan nama lembaga pelatihan

B. Tampilan

  1. Halaman Beranda Situs:
    a. Halaman beranda situs yang bisa diakses oleh semua orang/pengunjung;
    b. Menampilkan Program Pelatihan yang diusung oleh lembaga pelatihan (Judul, Foto, Deskripsi Singkat, Harga, Ulasan).
  2. Halaman Informasi
    a. Deskripsi Pelatihan;
    b. Tujuan;
    - Kurikulum;
    - Durasi;
    - Jadwal Pelatihan;
    - Info Instruktur
    - Evaluasi (Tugas, Kuis, Ujian);
    - Sertifikat Penyelesaian.
  3. Halaman Pendaftaran
    a. Penukaran Kupon Kartu Prakerja (Sisnaker);
    b. Daftar/login.

C. Fitur/Fungsi

  1. Pendaftaran
  2. Materi Pembelajaran Pelatihan
    a. Video Pembelajaran sesuai kurikulum;
    b. Referensi (e-book, PPT, dll).
  3. Penilaian
    a. Tugas;
    b. Kuis;
    c. Ujian.
  4. Forum Diskusi dan Tanya Jawab dengan Instruktur
  5. Histori login peserta
  6. Sertifikat Penyelesaian

Pada pelatihan Prakerja yang dilangsungkan secara online atau daring (dalam jaringan), ada skema yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran daring, yaitu:

  • Pelatihan dilakukan minimal 15 jam per pelatihan.
  • Pelatihan boleh dipecah dalam beberapa sesi dengan maksimal pelatihan per hari dilakukan selama 3 jam guna menjaga efektivitas dan efisiensi.
  • Format pelatihan Prakerja secara daring dilakukan dengan Webinar.
  • Peserta akan mendapatkan tugas praktik mandiri minimal 30 menit per akhir sesi.
  • Total bobot durasi tugas praktik mandiri adalah 120 menit.
  • Setiap instruktur/pelatih melayani pengalaman pembelajaran minimal 50 peserta.
  • Satu pelatihan diisi maksimal 150 peserta dengan minimal 3 tenaga pelatih agar pelatihan berjalan optimal.
  • Satu tenaga pelatih didampingi satu asisten pelatih untuk mengoptimalkan pengalaman pelatihan secara praktik dengan bantuan asisten.
  • Pelaksanaan webinar/daring wajib menggunakan LMS.

Selain daring, pelatihan Prakerja 2023 bisa dilaksanakan secara offline alias luring (luar jaringan) dengan ketentuan sebagai berikut:

  • Pelatihan dilangsungkan minimal 15 jam per pelatihan yang bisa dipecah dalam beberapa sesi dengan maksimal pelatihan 8 jam per hari.
  • Pelatihan luring paling pagi bisa dimulai pada pukul 08.00 WIB dan selesai paling malam pada 21.00 WIB.
  • Format pelatihan dilakukan dengan webinar.
  • Peserta melakukan evaluasi unjuk keterampilan selama 120-180 menit, yang mana alokasi waktu tersebut sudah termasuk dalam rangkaian kegiatan untuk setiap program pelatihan.
  • Per tenaga pelatih melayani pengalaman pembelajaran dari minimal 20 peserta.
  • Per mata pelatihan maksimal diisi 40 peserta dengan minimal 2 tenaga pelatih untuk memanfaatkan fasilitas secara optimal.
  • Jika menggunakan alat peraga komputer, maka satu komputer harus diperuntukkan satu peserta.
  • Jika tanpa alat peraga non komputer, maka satu alat peraga bisa digunakan untuk lima peserta.

Website Lembaga Pelatihan LMS Prakerja - GAMELAB

Website Lembaga Pelatihan/LMS Terbaik

Salah satu website lembaga pelatihan Prakerja 2023 terbaik yang menggunakan sistem LMS adalah Gamelab Indonesia (Gamelab). Lembaga pelatihan ini menyediakan beberapa Kelas Prakerja yang bisa diikuti oleh para peserta yang ingin meningkatkan kompetensi dan keterampilan di sejumlah bidang, seperti:

  • Pelatihan Instagram Marketing: Instagram adalah platform sosial yang sangat populer dan efektif untuk pemasaran. Pelatihan ini dapat membantumu memahami strategi pemasaran yang efektif di Instagram, meningkatkan visibilitas bisnis atau merek, dan meningkatkan interaksi dengan audiens.
  • Pelatihan Desain Grafis: Desain grafis adalah aspek penting dari branding dan pemasaran. Pelatihan ini akan membekalimu keterampilan untuk membuat materi pemasaran yang menarik, seperti poster, grafik media sosial, dan banyak lainnya.
  • Pelatihan Copywriting: Copywriting adalah seni menulis teks yang menarik dan persuasif untuk pemasaran. Pelatihan ini akan membantumu meningkatkan kemampuan dalam menghasilkan konten pemasaran yang efektif.
  • Pelatihan Google Slides: Google Slides adalah alat yang kuat untuk membuat presentasi yang interaktif. Pelatihan ini akan membantumu meningkatkan keterampilan komunikasi visual.
  • Pelatihan Menggunakan Trello: Trello adalah alat manajemen proyek yang sangat berguna. Mengikuti pelatihan ini akan membantumu mengorganisasi pekerjaan dengan lebih baik, meningkatkan produktivitas, dan mengelola proyek-proyek dengan lebih efisien.
  • Pelatihan Pemandu Wisata: Jika kamu tertarik dalam industri pariwisata, pelatihan ini akan memberimu pengetahuan dan keterampilan yang diperlukan untuk menjadi pemandu wisata yang berkelanjutan.
Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Itulah penjelasan mengenai website lembaga pelatihan/LMS terbaik untuk Prakerja 2023. Penggunaan LMS dibutuhkan dalam proses pembelajaran yang efektif dan efisien, sebab sistem ini bisa memudahkan proses komunikasi dan pemantauan antara peserta dan instruktur pelatihan.

Adapun, pelatihan-pelatihan yang dipaparkan di atas bisa diikuti jika kamu sudah sah menjadi penerima Kartu Prakerja 2023. Pastikan untuk mengikuti pelatihan yang sesuai dengan minat dan kebutuhan kamu ya.

Jika sudah memikirkannya dengan matang, kamu bisa mengikuti pelatihan Prakerja Gamelab dengan cara menghubungi link ini atau klik pada daftar pelatihan yang sesuai kebutuhanmu di bawah ini.

Instagram Marketing

Desain Grafis

Copywriting

Google Slides

Trello

Pemandu Wisata


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Rabu, 13 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI