BERITA PRAKERJA Cara Redeem Kode Pelatihan Prakerja 2023

Cara Redeem Kode Pelatihan Prakerja 2023

Oleh Rifka Amalia | Selasa, 19 September 2023

Cara Redeem Kode Pelatihan Prakerja 2023

Beginilah cara redeem kode pelatihan Prakerja 2023. Perhatikan pula batas waktu yang perlu dipatuhi untuk redeem kode Prakerja agar kepesertaan tidak hangus.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Setelah dinyatakan lolos dalam program Kartu Prakerja 2023, peserta penerima manfaat perlu melakukan redeem kode pelatihan untuk mendapatkan akses belajar. Kode redeem itu biasanya didapatkan melalui platform digital tempat membeli pelatihan. Apakah kamu masih bingung cara redeem kode pelatihan Prakerja 2023? Simak ulasannya dalam artikel berikut ya.

Kode Voucher dan Kode Redeem Prakerja

Kode voucher Prakerja adalah kode unik yang diberikan lembaga pelatihan kepada peserta yang telah lolos seleksi dalam Program Prakerja. Kode ini berfungsi sebagai "voucher" yang bisa digunakan untuk memilih dan mendaftar ke berbagai pelatihan yang disediakan oleh mitra pelatihan yang bekerja sama dengan Prakerja. Kode voucher ini digunakan agar peserta bisa mengakses Learning Management System (LMS).

Di sisi lain, kode redeem Prakerja adalah kode unik yang diperoleh dari manajemen Prakerja agar peserta bisa mengakses pelatihan. Kode voucher dan kode redeem Prakerja sangat penting dalam proses pendaftaran dan partisipasi dalam program pelatihan yang disediakan oleh Prakerja.

Jika kamu membeli pelatihan di platform digital dan memperoleh kode voucher, kamu juga harus memasukkan kode tersebut bersamaan dengan kode redeem agar bisa mengakses pelatihan. Sebagai informasi, pelatihan Prakerja bisa dibeli dalam waktu 15 hari sejak peserta dinyatakan lolos. Lalu, bagaimana cara redeem kode pelatihan Prakerja?

Cara Redeem Kode Pelatihan Prakerja 2023

Redeem kode sangat dibutuhkan untuk mengikuti pelatihan di lembaga pelatihan yang bermitra dengan Prakerja. Penukaran kode redeem bisa dilakukan di tempat pelatihan dan akan diproses oleh admin lembaga pelatihan. 

Melalui website resminya, Prakerja memaparkan cara redeem kode pelatihan, yang mana penerima harus melihat terlebih dulu kode redeem tersebut melalui email atau dashboard akun Prakerja.

Melihat Kode Redeem via Email

  • Buka kotak masuk email yang sudah terdaftar di akun Prakerja.
  • Kamu bisa ketik kata kunci "Pembelian Pelatihan" untuk memudahkan pencarian.
  • Di sana, kamu akan melihat kode redeem yang bisa digunakan untuk redeem pelatihan.

Cara Redeem Kode Pelatihan via Dashboard

  • Kamu bisa melihat kode redeem pelatihan Prakerja melalui dashboard akun dengan cara klik di Pelatihan Saya.
  • Jika pelatihan yang kamu beli merupakan pelatihan daring/online, kamu bisa melihat kode redeem-nya di bagian kanan bawah.
  • Untuk mengikuti pelatihan, silahkan masukkan kode redeem tersebut di lembaga pelatihan.
  • Lakukan verifikasi. Jika sudah, kamu bisa mengikuti pelatihan.
  • Di sisi lain, jika pelatihan yang kamu beli diselenggarakan secara luring/offline, redeem bisa dilakukan dengan cara memperlihatkan kode QR dengan klik Lihat QR.
  • Silahkan tunjukkan kode QR tersebut ke lembaga pelatihan untuk verifikasi pertemuan.
  • Sistem akan memverifikasi kode QR-mu.
  • Apabila proses verifikasi selesai, kamu bisa mengikuti pelatihan offline sesuai jadwal.
  • Sebagai catatan, kode QR yang sudah terverifikasi tidak bisa discan kembali.
  • Maksimal scan QR hanya bisa dilakukan 2 kali dalam sehari.

Cara Redeem Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB

Waktu Redeem Pelatihan Prakerja 2023

Tak jarang, ada peserta yang gagal melakukan redeem pelatihan Prakerja. Hal ini bisa disebabkan karena kamu melakukan redeem di waktu yang sudah terlewat.

Apabila sudah berhasil membeli pelatihan, kamu harus memperhatikan waktu redeem kode pelatihan ya! Sebab jika terlambat redeem, kamu bisa dianggap gagal mengikuti pelatihan. Lalu, berapa batas waktu redeem pelatihan Prakerja 2023?

Waktu Redeem Pelatihan Luring/Offline

Waktu tukar kode redeem pelatihan luring bisa dilakukan antara 1 jam sebelum pelatihan dimulai atau 2 jam setelah pelatihan dimulai. Misalnya, jika pelatihan dimulai pukul 09.00 WIB, kamu punya waktu menukarkan kode redeem di pukul 08.00 pagi WIB sampai 11.00 siang WIB.

Waktu Redeem Pelatihan Daring/Online

Sementara waktu redeem pelatihan daring bisa dilakukan antara 1 jam sebelum pelatihan dimulai atau 1 jam setelah pelatihan dimulai. Artinya, jika waktu pelatihan yang kamu ikuti pukul 09.00 WIB, maka kamu bisa menukarkan kode redeem pada pukul 08.00 - 10.00 pagi WIB.

Perlu diingat, jika pelatihan sudah dimulai dan kamu belum melakukan redeem voucher, kamu masih bisa mengikuti pelatihan karena bisa redeem voucher di satu atau dua jam setelah pelatihan dimulai, sesuai dengan jenis pelatihan yang diambil (luring/daring).

Namun, jika kamu terlambat menukar kode redeem di batas waktu yang sudah ditentukan, maka kepesertaan kamu akan hangus karena dianggap tidak bisa menyelesaikan pelatihan pertama.

Untuk menghindari kelalaian semacam ini, kamu perlu melakukan pengecekan terhadap jadwal pelatihan, mulai dari tanggal, jam, sampai lokasi. Jika kamu seorang pelupa, akan lebih baik untuk membuat alarm guna mengingatkan redeem pelatihan Prakerja. Pastikan untuk tidak terlambat melakukan redeem agar tetap bisa melakukan pelatihan Prakerja.

Cara Redeem Voucher Prakerja Gamelab

Setelah lolos Prakerja dan memperoleh saldo pelatihan setotal Rp3,5 juta, kamu disarankan segera membeli pelatihan pertama, salah satunya yakni mengikuti pelatihan Prakerja Gamelab. Berikut merupakan cara redeem coucher pelatihan Prakerja di Gamelab.

1. Beli kelas di platform digital yang bekerja sama dengan program Prakerja Gamelab, yaitu:

2. Lakukan pembayaran menggunakan 16 angka nomor Kartu Prakerjamu.

3. Pastikan nomor handphone yang kamu daftarkan aktif, karena kamu akan menerima nomor OTP.

4. Jika sudah, akan muncul kode voucher berupa huruf dan angka yang diacak.

5. Salin kode voucher tersebut untuk mengakses pelatihan.

6. Buat akun (sign up) atau masuk ke akun (login) ke website Gamelab.ID atau buka website gamelab.id/prakerja

7. Masukkan kode voucher yang sudah kamu salin.

8. Untuk menukar kode redeem, kamu bisa cek di detail pelatihan di dashboard prakerja kamu.

9. Salin kode tersebut ke website gamelab, dan klik submit kemudian klik mulai belajar.

10. Daftar menggunakan 'lainnya' dan masukkan nama lengkap sesuai KTP atau Kartu Prakerja, lengkap dengan email dan nomor HP kamu yang aktif, lalu kirim data. Jika sudah muncul notifikasi pendaftaran berhasil, artinya kamu bisa memulai kelas yang sudah kamu piilih.

Cara Redeem Pelatihan Prakerja 2023 - GAMELAB

Tujuan Prakerja

Seperti diketahui, pelatihan Prakerja bertujuan untuk meningkatkan keterampilan dan kompetensi para perncari kerja, karyawan/buruh korban PHK, karyawan/buruh yang membutuhkan peningkatan kompetensi, atau mereka yang tidak berpenghasilan dalam rangka mendukung keberhasilan mereka di dunia kerja maupun dalam membangun usaha sendiri.

Secara umum, berikut merupakan beberapa tujuan dibentuknya Program Prakerja:

  • Meningkatkan Kemampuan Kerja: Memberikan peserta keterampilan dan pengetahuan yang diperlukan untuk menjadi tenaga kerja yang lebih terampil dan kompeten.
  • Meningkatkan Daya Saing: Membantu peserta bersaing dalam pasar kerja yang kompetitif dengan mengembangkan keterampilan yang relevan dengan permintaan pasar.
  • Membuka Peluang Baru: Memberikan peluang bagi peserta untuk menciptakan usaha mandiri atau berkarir di bidang yang berbeda dari latar belakang mereka sebelumnya.
  • Menyesuaikan dengan Perubahan Teknologi: Mengajarkan keterampilan yang relevan dengan perubahan teknologi dan tren bisnis terkini.
  • Mendorong Kemandirian Ekonomi: Membantu peserta memahami cara mengelola keuangan mereka dan mengembangkan potensi ekonomi pribadi.
  • Mengurangi Pengangguran: Mengurangi tingkat pengangguran dengan menciptakan individu yang lebih siap bekerja.
  • Meningkatkan Kesejahteraan Sosial: Meningkatkan kesejahteraan sosial dengan memberikan akses lebih besar ke peluang pekerjaan dan pendapatan yang lebih baik.
Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Apakah pemaparan di atas telah memberimu gambaran lebih jelas tentang cara redeem kode pelatihan Prakerja 2023? Sebagai informasi, pada skema normal program Prakerja, pelatihan dapat dijalankan dengan 3 metode. Yakni secara online, offline, atau hybrid. Masing-masing lembaga pelatihan memiliki kebijakan atas metode pelatihan yang mereka gunakan.

Prakerja 2023 juga menawarkan insentif pelatihan lebih banyak, yakni Rp3,5 juta. Pasalnya, Prakerja pada skema normal lebih berfokus pada pengembangan kompetensi dan keterampilan. Insentif pelatihan tersebut juga tidak bisa dicairkan dalam bentuk apapun, dan hanya bisa digunakan untuk membeli pelatihan.

Tentu, kamu tidak boleh menyia-nyiakan bantuan pelatihan tersebut, mengingat dunia kerja saat ini sangatlah kompetitif. Untuk dapat bersaing dengan ribuan pelamar kerja lainnya, kamu harus memiliki skill yang relevan dengan bidang yang ingin kamu tekuni.

Jika kamu merupakan seorang penerima manfaat kartu Prakerja, kamu bisa membeli pelatihan Prakerja di Gamelab.ID. Yuk, beli kelasnya dengan menghubungi link ini atau klik salah satu pilihan kelas di bawah ini ya!

Desain Grafis

Copywriting

Pemasaran Instagram

Kelas Trello

Pemandu Wisata

Google Slides


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Selasa, 19 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI