BERITA MAGANG Perbedaan On-The-Job-Training, Sertifikasi, Magang dan Magang Online Game Lab

Perbedaan On-The-Job-Training, Sertifikasi, Magang dan Magang Online Game Lab

Perbedaan On-The-Job-Training, Sertifikasi, Magang dan Magang Online Game Lab

Masih bingung membedakan On-The-Job-Training, Magang, dan Sertifikasi? Berikut ini penjelasan khusus untuk kalian.

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Pernahkah kalian mendengar tentang istilah On-The-Job-Training, Setifikasi, Magang dan Magang Online Game Lab Indonesia? Istilah-istilah tersebut sebagian pasti sudah ada yang pernah mendengarnya.

Magang mungkin sudah tidak asing lagi bagi kalian yang tengah atau sudah pernah menempuh pendidikan di universitas maupun SMK. Para mahasiswa dan siswa tersebut diwajibkan untuk mengikuti kegiatan tersebut, guna memberikan pengalaman untuk bekerja secara langsung di perusahaan sekaligus sebagai syarat untuk memenuhi nilai akademis mereka. 

         "Lalu bagaimana dengan On-the-job-training dan Sertifikasi? Adakah yang sudah pernah mendengarnya? Atau baru saja mendengarnya saat ini?"

Jika kalian belum pernah mendengar atau mengetahuinya, Tim Game Lab Indonesia akan membahas tentang Sertifikasi, On-the-job-training, Magang, dan Magang Online di Game Lab indonesia

Sertifikasi

Sertifikasi secara singkat merupakan pemberian sertifikat bukti diakuinya kemampuan atau keterampilan dari orang tersebut. Biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu.

Secara luas Sertifikasi merupakan proses pelatihan kerja yang diselenggarakan oleh lembaga pelatihan atau organisasi profesional dibawah bimbingan atau pengawasan instruktur guna menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.

       "Biasanya peserta sertifikasi akan mendapatkan sertifikat sebagai hasil dari pelatihan yang dia ikuti dansebagai bukti profesionalitas keterampilan pada bidang yang ia ikuti."

Sertifikasi membuktikan bahwa orang tersebut memiliki kemampuan dan keterampilan yang diakui secara profesiaonal dalam melakukan pekerjaan di bidangnya. Sertifikasi biasanya harus diperbarui secara berkala atau hanya bisa digunakan dalam periode tertentu.

Sertifikasi atau kualifiaksi ini akan berguna sebagai nilai plus di CV-mu atau meningkatkan posisimu di perusahaan jika kamu sudah bekerja. Sertifikasi yang sering kita dengan di bidang teknologi adalah Sertifikasi Animator, Sertifikasi 3D Artist, Sertifikasi Programmer, Sertifikasi 2D Artist, dan lain sebagainya.


Baca juga : Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Magang


On-The-Job-Training

On-the-job-training atau sering menyebutnya ojt atau training, biasa kita jumpai saat ada karyawan baru yang mulai masuk ke kantor maka ia harus melalui masa training  selama beberapa saat.

Jadi kita artikan On-the-job-training merupakan pelatihan kerja yang diselenggarakan pihak perusahaan atau lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan atau pengawasan instruktur, dalam proses produksi di suatu perusahaan, guna menguasai keterampilan atau keahlian tertentu. 

      "Masa training tiap perusahaan berbeda-beda mulai dari 3 bulan, 6 bulan, bahkan 1 tahun atau lebih sesuai dengan kebijakan masing-masing perusahaan."

On-the-job-training biasa dilakukan perusahaan guna memperikan pelatihan kepada karyawan baru agar mereka bisa bekerja dengan baik sesuai dengan standard kerja di perusahaan. Biasanya dibimbing langsung oleh karyawan senior yang lebih berpengalaman sebagai instrukturnya.

Seorang trainee atau peserta training biasanya akan dibimbing untuk meningkatkan kemampuan kerja, performa, kecakapan, dan pemecahan masalah, serta management waktu agar sesuai dengan standart perusahaan.

Magang 

Mari kita bedah satu per satu definisi dari ketiga istilah tersebut. Yang Pertama kita akan membahas definisi dari Magang. Magang tentu sudah tidak asing lagi bagi kalian mahasiswa aktif ataupun siswa dari SMK. 

Magang sebenarnya secara luas bisa diartikan sebagai pelatihan yang berhubungan dengan dunia kerja, tujuannya dari magang ini biasanya untuk persyaratan akademis atau untuk  mendapatkan nilai akhir atau persyaratan untuk mendapatkan gelar di universitas.

       "Magang mempunyai banyak sebutan seperti internship, kerja praktek, maupun praktek kerja lapangan. Meskipun ada perbedaan sedikit pada penyebutannya namun memiliki tujuan yang sama."

Setiap mahasiswa atau siswa SMK harus mengikuti kegiatan ini sebagai syarat wajib untuk kelulusan. Durasi Magang biasanya berbeda-beda sesuai dengan kebijakan lembaga pendidikan mereka.

Meskipun tujuan dari magang di atas sebagai persyaratan akademis namun magang  bisa benar-benar kita manfaatkan untuk bekal keterampilan atau keahlian mahasiswa atau siswa sebelum memasuki dunia kerja.

Magang Online Game Lab

Magang Online Game Lab merupakan terobosan baru buat kalian yang menginginkan magang berkualitas namun tetap bisa dilakukan dimana pun tanpa mengkhawatirkan tempat  maupun biaya yang akan dikeluarkan untuk magang ini.

Sesuai dengan namanya, Magang Online  Game Lab, memang dilakukan secara online, dari manapun dan kapanpun kalian berada tanpa khawatir dengan jarak yang jauh ataupun akomodasi yang sulit.

       "Meskipun dilakukan secara online namun kegiatan magang yang di lakukan tetap sama seperti kegiatan magang offline, dengan bimbingan dari para trainer profesional."

Cukup dengan registrasi dan melakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur dari Game Lab Indonesia, maka kalian bisa langsung mengikuti Magang Online Game Lab. Ada banyak pilihan kelas yang bisa kalian ikuti sesuai dengan bidang dan passion yang kalian mau.

Perbedaan Sertifikasi, On-The-Job-Training, Magang dan Magang Online Game Lab

Setelah mengetahui definisi masing-masing istilah diatas dapat kita simpulkan beberapa perbedaan dan persamaan yang bisa kita jadikan acuan untuk membedakan ketiga istilah tersebut.

Sertifikasi

  • Biasanya dilakukan fresh graduate atau pegawai yang membutuhkan sertifikat keahlian
  • Tujuannya untuk mendapatkan pelatihan dan pengakuan sebagai profesiaonal dalam bidang tersebut, bisa juga sebagai syarat untuk menikkan posisi di perusahaan
  • Tidak terbebani tanggungjawab atas target perusahaan atau lembaga pelatihan tersebut

On-the-job-training

  • Biasanya dilakukan fresh graduate atau siapapun yang tengah mencari pekerjaan
  • Tujuannya untuk memperoleh kemampuan atau keahlian kerja sesuai dengan standard perusahaan
  • Sudah mulai mendapatkan tanggungjawab terhadap target perusahaan
  • Sebagian besar akan diterima menjadi pegawai tetap

Magang

  • Dilakukan oleh pelajar, mahasisiwa maupun siswa SMK
  • Tujuan dari magang sebagai syarat akademis atau syarat memenuhi kurikulum yang ada
  • Peserta magang tidak mendapatkan tanggungjawab terhadap target perusahaan
  • Peserta magang belum tentu diterima sebagai pegawai tetap

Magang Online Game Lab

  • Bisa dilakukan oleh siapapun
  • Tujuan bisa untuk syarat akademis maupun sebagai pelatihan sesuai dengan bidang yang diinginkan
  • Tidak terbebani tanggungjawab target perusahaan
  • Peserta dengan hasil magang yang baik dan sesuai standar perusahaan bisa diangkat menjadi pegawai
  • Dilakukan secara online

Definisi dari ke-4 isitilah pelatihan tersebut masih memiliki beberapa kesamaan namun tujuan dari masing-masing pelatihan tersebut sudah jelas ya, meskipun sama-sama pelatihan yang ditujukan untuk meningkatkan keterampilan dan keahlian dari pesertanya.

Sumber gambar : www.freepik.com

Bagi kalian mahasiswa aktif dan siswa SMK yang akan mengikuti magang, carilah tempat magang yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Magang secara offline maupun online bisa sama-sama merupakan pilihan yang tepat. Namun kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung dengan Game Lab Indonesia, seperti di bawah ini :

  • biaya yang lebih murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang magang online di Game Lab Indonesia bisa hubungi admin dengan klik gambar di bawah ini.

 


 

Baca artikel menarik tentang magang lainnya :

Sumber gambar :

 

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

on-the-job-training training mahasiswa
Febriani Sari

Febriani Sari

Kamis, 14 Maret 2019