BERITA TIPS MAGANG & KARIER Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Magang

Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Magang

Oleh Gamelab Indonesia | Rabu, 13 Maret 2019

Istilah Dalam Dunia Kerja Yang Perlu Kamu Tahu Ketika Magang

Banyak istilah dalam dunia kerja yang asing bagi para mahasiswa. Istilah-istilah ini akan berguna untuk kamu yang akan masuk dunia kerja.

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Magang memang merupakan sebuah batu loncatan yang bisa kamu manfaatkan untuk meraih karir yang cemerlang. Ingat, karir yang cemerlang tidak bisa diraih begitu saja dan harus melalui kerja keras dan usaha.

Carilah tempat magang yang benar-benar kompeten dengan perusahaan yang memiliki kredibilitas tinggi agar masa magangmu terjamin. Terjamin disini maksudnya, pengalaman dan skill kalian benar-benar akan berkembang dengan mengikuti magang di perusahaan tersebut.

"Sebagai seorang fresh graduate atau mahasiswa magang tentu kamu harus mengetahui istilah-istilah tersebut agar tidak terjadi miskomunikasi dan komunikasi menjadi lebih lancar."

Meski terdengar sepele, karena istilah-istilah ini digunakan pada saat-saat tertentu, namun perlu kalian ketahui untuk menjaga komunikasi tetap lebih lancar. Dunia kerja memiliki istilah-istilah yang sering digunakan untuk mempermudah komunikasi di dalamnya.

Beberapa istilah-istilah dunia kerja yang kamu harus tahu saat magang agar tidak salah mengartikannya. Cus simak istilah-istilah berikut ini.

[1] Turn Over

Turn Over adalah istilah yang sering dipakai oleh perusahaan besar pada tingkat pergantian karyawan atau pengeluaran karyawan, baik itu akibat pengunduran diri maupun PHK dari pihak perusahaan. Perusahaan dengan tingkat Turn Over yang tinggi biasanya sering melakukan pergantian karyawannya dalam setahun, hal ini biasanya bertujuan untuk memangkas biaya operasional perusahaan. 

[2] Whistle Blower

Istilah ini masih terdengar cukup asing jika kita benar-benar tidak bekerja di suatu perusahaan besar. Istilah ini mempunyai makna karyawan yang melakukan kecurangan yang mengakibatkan perusahaan rugi. Hal merugikan seperti itu bisa ditindaklanjuti sesuai dengan kebijakan perusahan masing-masing.

[3] Breach of Contract 

Istilah ini sering digunakan bagi karyawan yang melanggar kontrak kerja. Saat pertama kali menerima surat kontrak kerja dan sudah menyetujui dan menandatanganinya namun karyawan tidak menepati kontrak yang dibuat. Hal ini juga bisa ditindaklanjuti sesuai dengan keterangan pada kontrak yang dibuat.

[4] Over Time

Kata ini sering kali digunakan para karyawan pejuang malam, ya kata over time berarti lembur. Bekerja melebihi waktu kerja, biasanya dilakukan karena karyawan tersebut tidak bisa mencapai target kerja pada hari itu atau sudah mendekati dengan batas waktu project yang di kerjakan.

Ada pula karyawan yang sengaja melakukan over time untuk mencari pundi-pundi uang lebih, biasanya dilakukan pada hari libur atau menggantikan partner yang berhalangan hadir, hal itu tergantung di mana perusahaan tempat kamu bekerja nanti.

[5] Minutes of Meeting (MOM)

Istilah ini digunakan saat melakukan meeting biasanya untuk menunjuk catatan yang digunakan saat meeting dan ringkasan hasil dari meeting tersebut. Sehingga para anggota karyawan yang melakukan meeting bisa mengetahui isi dari meeting tersebut. Mungkin secara gampang bisa di sebut sebagai rangkuman meeting.

[6] KPI atau Key Performance Indicators

Sesuai dengan namanya, KPI berisi poin-poin yang berkaitan dengan indikator kerja, indikator yang bisa diukur sehingga jelas bisa diketahui apakah target kerja karyawan atau divisi dalam perusahaan bisa tercapai atau tidak. KPI biasanya digunakan sebagai patokan atau arahan para karyawan dalam bekerja.

[7] OKRs atau Objective Key Results

Hampir sama dengan KPI namun berbeda. OKRs juga merupakan indikator kerja karyawan yang dapat diukur dengan jelas biasanya berupa patokan angka bukan hanya sekedar kalimat namun berupa jumlah. Sehingga karyawan akan lebih terpacu untuk mencapai target kerja.

[8] MOU atau Memorandum of Understanding

MoU sering kali digunakan perusahaan saat akan bekerja sama denga rekanan mereka. MoU sendiri merupakan surat perjanjian kerja sama antara pihak perusahaan dengan pihak partner yang akan melakukan kontrak dengan perusahaan. 

[9] SOP atau Standart Operational Procedure

SOP pada satu perusahaan berbeda dengan perusahaan yang lainnya, bahkan antara divisi satu dengan lainnya pun berbeda. SOP ini merupakan peraturan tertulis atau prosedur yang wajib di patuhi oleh karyawan selama bekerja di perusahaan tersebut. 


Baca juga : Kemampuanmu Bisa Berkembang Melalui Berbagai Kegiatan Magang Berikut Ini


[10] Standing Meeting

Meski tidak digunakan di semua perusahaan, namun istilah ini perlu kalian ketahui. Sesuai dengan namanya, meeting ini dilakukan secara berdiri dengan waktu yang singkat, biasanya untuk menjelaskan sudah sejauh apa project yang kamu kerjakan dan laporan-laporan singkat tentang progress project-mu.

[11] ASAP

ASAP atau As Soon AS Possible merupakan sitilah yang sudah tidak asing lagi ya sepertinya dan sudah banyak digunakan tidak hanya di perusahaan saja. Istilah ini biasanya digunakan untuk project yang datangnya mendadak dan harus segera diselesaikan dengan waktu yang singkat.

[12] Tentative

Kata ini merupakan kata yang sering digunakan untuk hal-hal yang sebenarnya belum jelas arah kedepannya seperti apa. Masih seperti berandai-andai atau jawaban sementara karena belum menemukan jawaban yang pas.

[13] After Lunch

Kalau kamu bekerja di perusahaan besar, tentu tidak akan asing lagi mendengar kata atau istilah ini. Biasanya menunjuk waktu setelah makan siang yaitu jam 1, namun ada juga yang mengartikannya jam-jam setelah makan siang entah jam berapapun itu yang terpenting setelah makan siang.

[14] 13th Salary 

Istilah atau kata ini sepertinya adalah kata yang membuatmu bersemangat diantara kata atau istilah yang lainnya. Yaaaps, 13th Salary atau gaji ke-13, perusahaan-perusahaan biasanya akan memberikan gaji ke-13 untuk karyawannya. Pemberian gaji ke-13 ini bisa bersamaan dengan THR ataupun saat awal tahun atau sesuai dengan kebijakan perusahaan tersebut.

[15] Pantry

Ini sebenarnya merupakan nama ruangan, tetapi kata atau istilah pantry bisa menjadi penyemangatmu di tengah-tengah kesibukan kerja. Karena di pantry inilah biasanya para karyawan melakukan aktivitas-aktivitas penyegaran yang tidak bisa dilakukan di ruang kantor tentunya. Jika ada yang berkata padamu "ke pantry yuk" itu artinya "break bentar yuk ngopi dulu".

[16] Jobdesc

Jobdesc merupakan detail pekerjaan yang harus kamu lakukan saat berhasil membuat kontrak dengan suatu perusahaan. Jobdesc inilah yang akan menjadi acuan kerjamu selama di perusahaan tersebut.

[17] Follow Up

"Nanti saya follow up lagi."

Istilah ini sepertinya sudah tidak asing lagi ya. Istilah ini biasanya digunakan untuk menindaklanjuti hasil dari presentasi yang kita lakukan pada client. Memastikan mendapat jawaban dari client yang sedang kita handle

[18] Annual Leave

Ini juga salah satu istilah atau kata yang bisa bikin kamu semangat. Cuti Tahunan atau Annual Leave. Biasanya karyawan akan mendapatkan jatah cuti tahunan yang bisa mereka gunakan sesuai dengan kehendak mereka dan sesuai dengan kebijakan perusahaan tentunya.


Baca juga : Tips dan Trik Mencari Tempat Magang yang Bagus


[19] Long Weekend

Tidak asing bukan, tidak hanya di perusahaan namun sudah umum digunakan. Istilah ini merupakan istilah yang merujuk pada libur panjang, biasanya saat libur hari Raya ataupun tanggal merah di hari Jumat dan Senin.

[20] Outsourcing

Istilah yang mengacu pada penggunaan tenaga kerja atau karyawaan diluar perusahaan untuk mengerjakan suatu project. Biasanya suatu perusahaan menggunakan tenaga bantuan tersebut karena didalam perusahaan tersebut tidak terdapat ahli bidang pada project yang sedang dikerjakannya.

[21] Remote Working

Istilah ini bisa disebut bekerja secara remote. Berbeda dengan pekerja freelance, remote working ini memang dikerjakan oleh karyawan perusahaan tersebut namun pekerjaan tersebut tidak dilakukan diluar kantor.

[22] Management Trainee

Karyawan yang direkrut perusahaan untuk diberikan pelatihan. Biasanya management trainee berasal dari berbagai macam progdi yang nantinya akan diberikan pelatihan sesuai dengan bidang pekerjaan yang di perusahaan tersebut.

Baca Juga : Gamelab Indonesia dan Universitas Negeri Semarang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

[23] Walk-in Interview

Jika kalian sudah pernah melamar pekerjaan atau melihat lowongan pekerjaan, kadang terdapat istilah ini di dalamnya. Walk-in Interview merupakan wawancara yang dilakukan tanpa seleksi, jadi kamu bisa mengikuti wawancara tersebut secara langsung tanpa membuat janji terlebih dahulu.

Itu tadi beberapa istilah ada di dunia kerja, mungkin beberapa tidak akan kamu dengar jika tidak melakukannya, namun tetap perlu kamu ketahui untuk menambah pengetahuanmu terhadap dunia kerja.

     "Masih banyak lagi istilah-istilah lain dalam dunia kerja, hal itu bisa kamu ketahui dengan langsung terjun di perusahaan yang menyediakan tempat magang."

Carilah tempat magang yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Magang secara offline maupun online bisa sama-sama merupakan pilihan yang tepat.  Namun kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung dengan Game Lab Indonesia, seperti di bawah ini :

  • biaya yang lebih murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang magang online di Game Lab Indonesia bisa hubungi admin dengan klik gambar di bawah ini.

 


 

Baca artikel tentang magang lainnya :

Sumber gambar :


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Rabu, 13 Maret 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI