BERITA MAGANG 5 Tips Agar Magangmu Lebih Berkesan

5 Tips Agar Magangmu Lebih Berkesan

5 Tips Agar Magangmu Lebih Berkesan

Kegiatan bisa jadi pengalaman yang berkesan jika bisa kamu maksimalkan. Simak tips berikut ini agar magangmu lancar dan berkesan

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

Magang menjadi salah satu fase penting yang harus dilalui oleh mahasiswa. Dalam mengikuti kegiatan magangpun tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. 

Kegiatan magang atau internship dijadikan salah satu mata kuliah wajib yang harus diselesaikan oleh para mahasiswa, meskipun beberapa dari kalian menganggapnya hanya sebagai syarat akademis. Namun ada hal penting yang sebenarnya bisa kalian pelajari dari mengikuti kegiatan magang.

      "Tahukah mengapa kegiatan magang diwajibkan untuk kalian para mahasiswa? Itu agar kalian para mahasiswa memiliki pengalaman dengan dunia kerja, tidak hanya menguasai bidang akademis saja namun juga pengalaman langsung melakukan pekerjaan di bidang kalian."

Untuk itu carilah tempat magang yang benar-benar sudah terpercaya, agar magangmu bukan hanya karena alasan akademik namun juga bisa mendapatkan pengalaman kerja yang berkesan buatmu.

Kegiatan magang bisa menjadi kegiatan yang berkesan jika kalian melakukannya dengan sungguh-sungguh. Berikuti ini Tim Game Lab Indonesia bagikan tips agar kegiatan magangmu bisa berkesan dan lancar.

Lakukan pekerjaan secara profesional

Magang memang menjadi syarat untuk memenuhi nilai akademis bagi sebagain besar mahasiswa, namun dalam melakukannya kalian tidak boleh setengah-setengah. Lakukan pekerjaan yang kalian terima dengan profesional.

     "Lakukan pekerjaan secara profesional karena itu akan berpengaruh pada penilaian perusahaan terhadap kinerja kalian yang akan memperngaruhi nilai kalian nantinya. Singkirkan ego kalian dan bekerjalah secara profesional meskipun status kalian sebagai peserta magang."

Dengan melakukan pekerjaan kalian secara profesional akan membuat kalian merasakan pengalaman yang sebenarnya saat bekerja. Kegiatan magang bisa dijadikan sebagai salah satu cara untuk belajar tentang dunia kerja yang ingin kalian geluti. Meskipun tujuan utama dalam mengikuti magang adalah untuk memenuhi syarat akademis, namun bisa kalian manfaatkan untuk mencari pengalaman sebanyak-banyaknya.

Selalu lakukan riset

Selalu biasakan untuk melakukan riset terlebih dahulu, meskipun riset kecil-kecilan. Lakukan riset terhadap tempat magang kalian, bagaimana kebiasaan di perusahaan tersebut, pahami aturan dalam perusahaan tersebut. 

Selain melakukan riset terhadap tempat magang kalian, lakukan riset terhadap pekerjaan yang kalian terima. Hal itu akan memudahkanmu dalam menyelesaikan pekerjaan yang kalian terima. Selain lebih mudah menyelesaikan pekerjaan kalian riset juga akan membuatmu terlihat profesional dalam bekerja karena memberikan hasil yang baik.

      "Melakukan riset akan membuat pengetahuan kalian semakin bertambah, hal ini kakan membawa banyak dampak pada diri kalian."

Seperti kemudahan dalam hal komunikasi, dalam menyelesaikan pekerjaanpun semakin mudah, bahkan kalian akan lebih mudah disanjung dengan pengetahuan yang kalian miliki.

Melakukan riset juga akan berguna bagimu saat akan bertanya. Sebagai peserta magang memang di perbolehkan untuk bertanya terhadap hal-hal yang kurang dipahami, namun pertanyaan juga harus yang berbobot. Untuk itu diperlukan riset terlebih dahulu untuk memastikan pertanyaan tersebut bukan pertanyaan yang jawabannya bisa dengan mudah kalian temukan di internet

Hindari penggunaan social media secara berlebihan

Menggunakan social media memang hak setiap individu merdeka, mereka bebas untuk menggunakannya sesuai dengan keinginan mereka. Namun kita juga harus mengerti situasi dan kondisi dimana kita bermain social media.

      "Gunakan social media sesuai dengan situasi dan kondisi yang tepat, kalian harus mengetahui waktu dan kondisi yang tepat untuk bermain social media."

Hindari penggunaan social media secara berlebihan dan setiap waktu. Hal itu akan membuat orang-orang disekitarmu merasa kurang nyaman sehingga akan membuatmu mendapat penilaian buruk di tempat magang. Kecuali jika pekerjaan magangmu memang mengharuskan banyak waktu di social media, it's OK.

Merasa senang dan memposting kegiatan saat magang memang tidak dilarang, namun perlu kalian ketahui terlebih dahulu aturan dalam perusahaan tersebut. Ada beberapa perusahaan yang mengijinkan untuk memotret tempat magang namun adapula yang tidak karena masalah etika dalam perusahaan, hal itu harus kalian hargai sebagai peserta magang.

Intensitas bermain social media juga perlu di-manage dengan baik, tidak setiap saat dan setiap waktu memposting kegiatan kalian di tempat magang, selain hal tersebut bisa disebut spamming juga bisa mengganggu karyawan lain yang sedang serius bekerja.


Baca juga : Tips Pintar Agar Diangkat Menjadi Pegawai Tetap Setelah Magang


Buat komunikasi 2 arah

Komunikasi merupakan hal yang penting dalam setiap kegiatan termasuk dalam kegiatan magang. Jika komunikasi yang terjalin tidak baik maka akan berdampak buruk, seperti timbulnya miskomunikasi yang dapat mengganggu pekerjaan kalian. 

Komunikasi 2 arah disini maksudnya komunikasi yang terjadi memiliki timbai balik bukan komunikasi searah seperti kalimat perintah dan kalian hanya mengiyakan, namun buatlah komunikasi dimana terdapat timbal balik sehingga akan terjadi situasi yang lebih menyenangkan.

     "Jangan takut untuk memulai mengobrol dengan para karyawan di sana, namun tentu saja harus tahu situasi dan kondisi. Ajaklah mengobrol saat jam makan siang atau saat coffee break, walau hanya sekedar menyapa atau meminta saran dari mereka."

Buatlah situasi dan kondisi yang kondusif, dimana komunikasi yang terjalin bisa berjalan dengan baik. Pastikan selalu memiliki komunikasi 2 arah sehingga akan terbangun relasi yang bagus antara kalian dan karyawan pada perusahaan tersebut.

Bangun kepercayaan dan teruslah berkomunikasi

Salah satu yang akan membuat kegiatan magangmu berkesan adalah memiliki relasi dengan orang-orang profesional di perusahaan tempat magangmu. 

Mulai bangun kepercayaan mereka, tunjukkan sikap ramah, lakukan hal-hal dengan sebaik-baiknya dan profesional, dal hal-hal yang bisa membangun kepercayaan mereka. 

Buatlah relasi pertemanan diantara mereka, terus jagalah komunikasi dengan mereka walaupun kalian sudah selesai menjalankan kegiatan KP. Itu akan bermanfaat untukmu kelak.

Sumber gambar : www.freepik.com

Nah apakah kamu sudah melakukan tips-tips diatas? Coba lakukanlah tips diatas agar kegiatan magangmu terasa lebih berkesan dan bisa berjalan dengan lancar.

Bukan hanya mendapatkan nilai atau lulus persyaratan akademis, namun kalian juga akan mendapatkan relasi baru, teman baru, pengalaman, baru, skill baru yang tentunya tidak akan kalian temui jika tidak mengikuti kegiatan magang.

Bagi kalian mahasiswa aktif dan siswa SMK yang akan mengikuti magang, carilah tempat magang yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Magang secara offline maupun online bisa sama-sama merupakan pilihan yang tepat. Namun kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung dengan Game Lab Indonesia, seperti di bawah ini :

  • biaya yang lebih murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang magang online di Game Lab Indonesia bisa hubungi admin dengan klik gambar di bawah ini.

 


 

Baca artikel tentang magang lainnya :

Sumber gambar :

Dapatkan akses GRATIS untuk kelas animasi, desain, coding, machine learning dan sebagainya hanya untuk HARI INI!

mahasiswa fresh graduate magang
Febriani Sari

Febriani Sari

Senin, 18 Maret 2019