BERITA TIPS MAGANG & KARIER Tips Pintar Agar Diangkat Menjadi Pegawai Tetap Setelah Magang

Tips Pintar Agar Diangkat Menjadi Pegawai Tetap Setelah Magang

Oleh Gamelab Indonesia | Jumat, 15 Maret 2019

Tips Pintar Agar Diangkat Menjadi Pegawai Tetap Setelah Magang

Magang kemudian diangkat menjadi pegawai di tempat magangmu bukan hal mustahil. Tim Game Lab Indonesia kasih tips dan cara biar jadi fulltime.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Magang bisa menjadi salah satu alternatif buat kalian mahasiswa dan fresh graduate untuk mengembangkan kariermu lho. Selain pengalaman yang bakalan kalian dapatkan di tempat magang, skill-mu juga bisa berkembang. 

Banyak manfaat yang dari mengikuti magang bisa kalian dapatkan. Dengan mengikuti magang di perusahaan yang kompeten kalian akan mendapatkan pengalaman bekerja secara profesional. Selain pendapatkan pengalaman bekerja, magang juga bisa memberimu koneksi dengan orang-orang baru yang lebih profesional di bidangnya. 

   "Dengan membangun jaringan atau koneksi dengan orang-orang di tempat kalian magang akan memberikan kesempatan untuk mendapatkan posisi sebagai pegawai tetap di perusahaan tersebut."

Tidak semua peserta magang yang bisa diangkat menjadi pegawai tetap, mereka yang berhasil diangkat menjadi pegawai tetap tentunya memiliki kualifikasi yang lebih, yang memenuhi standart perusahaan.

Tidak sulit untuk membuat kalian diangkat  menjadi fulltime di tempat kalian magang. Tim Game Lab Indonesia sudah merangkum beberapa cara yang bisa kalian lakukan agar bisa di angkat menjadi pegawai tetap tadi tempat kalian magang. 

1. Attitude yang baik dan beri kesan yang positif

Mendatangi tempat yang baru atau masuk ke lingkungan baru tentu saja kita harus menjaga sikap kita, bersikap baik dan memberikan kesan yang positif akan membuatmu lebih diterima di tempat tersebut.

Apalagi saat mengikuti kegiatan magang, dimana kalian datang dengan tujuan tertentu, tentu harus menjaga etika ketika berada di tempat magang tersebut. Mulai dari menjaga etika seperti bersikap ramah, memberi respon yang baik, tidak bersikap arogan atau pun cuek dan yang terpenting mentaati peraturan di tempat kalian magang.

Berikan kesan positif selama kalian melakukan magang di tempat itu. Hal sekecil apa pun akan mempunyai dampak yang baik jika kalian melakukannya dengan senang hati. 

2. Lakukan tugas dengan sebaik-baiknya

Hal lain yang akan memberimu nilai plus saat melakukan magang adalah dengan melakukan tugas sebaik-baiknya. Meskipun kalian belum memiliki pengalaman untuk bekerja, namun pihak perusahaan akan menilai dari kesungguhanmu dalam menyelesaikan tugas kalian.

     "Meskipun mengerjakan tugas yang belum pernah kalian kerjakan sebelumnya memang tidak mudah, namun kalian bisa belajar secara bertahap utnutk menyelesaikan tugas kalian."

Perusahaan akan memberikan tugas yang biasanya sudah disesuaikan dengan kemampuan kalian, jadi tidak perlu khawatir jika kalian tidak bisa menyelesaikannya. Kalaupun tidak paham terhadap tugas tersebut, kalian bisa belajar dengan bertanya pada trainer atau pembimbing kalian.

Tidak melulu dengan hasil yang bagus kadang lewat keseriusan dan kesungguhan kalian dengan melakukan tugas dengan sebaik-baiknya akan  membuat perusahaan memberikan nilai tambah pada kalian. Tapi tetap lebih baik kalian juga memberikan hasil yang terbaik terhadap tugas yang kalian kerjakan.


Baca Juga : Kemampuanmu Bisa Berkembang Melalui Berbagai Kegiatan Magang Berikut Ini


3. Datanglah tepat waktu (on-time) dan on-target

Sebuah perusahaan tentunya memiliki target yang harus dicapai atau KPI, yang harus dicapai agar kredibilitas perusahaan tetap terjaga. Salah satu hal yang ditekankan disini adalah efisiensi waktu dan bekerja dengan cepat dan tepat.

Apalagi perusahaan tempatmu magang adalah perusahaan besar dengan sistem kerja yang sangat cepat, disana kalian tidak bisa membuang-buang waktu untuk hal-hal yang kurang penting.

Seperti datang tepat waktu misalnya, perusahaan juga memiliki standard toleransi terhadap keterlambatan karyawannya, namun beberapa tidak mentolerir hal tersebut. Bagi kalian peserta magang biasakanlah untuk datang tepat waktu, karena itu bisa membantu penilaian perusahaan terhadap kalian. Atau jika magang secara online, kalian harus melakukan absensi secara tepat waktu juga. 

"Selain 'datang tepat waktu', biasakan untuk selalu on-time dalam hal apapun, seperti saat ada meeting."

Kalian tidak akan membuat teman atau karyawan lain menunggumu, padahal meeting tersebut bersifat urgent.  Memang bisa saja mereka meninggalkanmu dan memulai meeting duluan namun tetap saja itu akan membuat penilaian buruk padamu. Kalian bisa meninggalkan pesan jika memang tidak bisa datang on-time karena suatu hal, sehingga mereka tidak akan menunggumu.

4. Berpenampilan rapi dan menarik

Kesan pertama memang haruslah yang baik, teruslah berusaha untuk memberikan kesan pertama yang baik dan positif terhadap perusahaan tempatmu magang. Ada banyak cara yang bisa kalian lakukan untuk membuat kesan baik terhadap diri kalian, salah satunya dengan berpenampilan rapi.

    "Siapa sih yang tidak senang melihat penampilan rapi dan menarik, tentunya tidak  dengan outfit rapi, sopan, dan nyaman untuk dipakai."

Cobalah berpenampilan rapi ditambah dengan penampilan yang menarik merupakan hal yang lebih bagus. Tidak mau kan mereka memberimu penilaian yang buruk karena melihat penampilanmu yang kurang rapi. Penampilan karyawan merupakan cerminan wajah dari perusahaan, untuk itu kadang di psoter lowongan kerja terdapat sayarat yang mengharuskan berpenampilan rapi dan menarik meskipun tidak berurusan dengan client secara langsung.

Selain karena lebih enak jika melihat sesuatu yang rapi dan menarik, berpenampilan rapi juga bisa mengisyaratkan kesungguhanmu dalam mengikuti magang di tempat tersebut. Berpenampilan rapi tidak harus yang berlebihan, namun tetap sesuaikan dengan keadaan dan situasi saat di tempat magang.

5. Jadilah pribadi yang aktif

Jadilah pribadi yang aktif saat kalian berada di tempat magang. Mulailah dengan bertanya tentang pekerjaan apa yang akan kalian lakukan kepada pengawasmu di tempat magang. Kalian juga harus lebih aktif bertanya jika kalian tidak mengerti dengan tugas yang kalian dapatkan.

     "Menjadi aktif bukan berarti menanyakan hl-hal kecil yang sebenarnya bisa kalian cari di internet. Aktiflah untuk hal yang lebih positif, bertanyalah dengan pertanyaan yang berbobot." 

Terkadang pengawas kalian tidak akan sempat mengecek satu persatu pekerjaan kalian jadi berikan laporan kepada pengawas kalian setelah selesai mengerjakan tugas dan mintalah kritik dan saran. Saat tugas kalian sudah selesai semua dan tidak memiliki tugas untuk dikerjakan, bertanyalah pada pengawas kalian untuk next job kalian.

Hal -hal seperti itu juga akan dinilai oleh pengawas dan akan menjadi pertimbangan perusahaan terhadap diri kalian. Dengan menjadi pribadi yang aktif juga akan menunjukkan keseriusanmu dalam mengikuti magang. Namun jangan melakukan tindakan aktif yang berlebihan hal itu akan menjadi bumerang untukmu.

Baca Juga : Gamelab Indonesia dan Universitas Negeri Semarang Menjalin Kerjasama dalam Program Studi Independen Bersertifikat

6. Bangun koneksi dan relasi baru

Attitude yang baik, penampilan yang rapi, etos kerja yang bagus, memiliki management waktu yang baik tentu akan memudahkanmu membuat koneksi dengan orang-orang disekitarmu. Buatlah koneksi sebanyak mungkin ditempat magangmu, hal itu akan memudahkamu mendapatkan rekomendasi aatupun saran dari orang-orang profesional.

Dengan membangun koneksi, kesempatanmu untuk diterima sebagai fulltime di tempat magangmu akan semakin besar. Tentunya mereka akan senang merekomendasikan kalian sebagai karyawan tetap di tempat itu jika kalian sudah membangun relasi yang bagus disana. Bahkan tidak jarang tawaran tersebut datang langsung dari pendiri perusahaan tersebut, karena melihat hasil kerja dan sikap kalian.

Sumber gambar : www.freepik.com

Memang tidak semua peserta magang langsung diangkat menjadi karyawan tetap, namun dengan bersungguh-sungguh dan melakukan tips di atas akan membuat kesempatanmu menjadi fulltime semakin besar. magang yang kalian lakukan bukan semata-mata karena tuntutan akademis, namun manfaatkanlah waktu magang kalian untuk mulai membangun karir juga. 

Bagi kalian mahasiswa aktif dan siswa SMK yang akan mengikuti magang, carilah tempat magang yang terpercaya dan memiliki kredibilitas yang baik. Magang secara offline maupun online bisa sama-sama merupakan pilihan yang tepat. Namun kamu akan mendapatkan banyak keuntungan dengan bergabung dengan Game Lab Indonesia, seperti di bawah ini :

  • biaya yang lebih murah : cukup sediakan niat, laptop (pc) dan koneksi internet
  • dibimbing oleh trainer yang professional di bidangnya
  • pengalaman belajar berdasarkan project-based learning

Untuk pertanyaan lebih lanjut tentang magang online di Game Lab Indonesia bisa hubungi admin dengan klik gambar di bawah ini.

 


 

Baca artikel menarik tentang magang lainnya :

Sumber gambar :


Gamelab Indonesia

Gamelab Indonesia

Jumat, 15 Maret 2019

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI