BERITA KARIR 8 Pekerjaan Bergaji Besar untuk Lulusan SMK

8 Pekerjaan Bergaji Besar untuk Lulusan SMK

Oleh Ayu Larasati | Selasa, 19 April 2022

8 Pekerjaan Bergaji Besar untuk Lulusan SMK

Kamu lulusan SMK dan masih bingung mau kerja apa? Berikut beberapa pekerjaan bergaji besar untuk lulusan SMK yang bisa menjadi referensimu.

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Daftar Isi Artikel

Salah satu tujuan saat mendaftar sekolah di SMK adalah langsung mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Namun, kenyataannya, tidak jarang pekerjaan yang ada tidak sesuai dengan jurusan yang kamu pilih saat menempuh studi di SMK.

Kabar baiknya, mendapatkan gaji tinggi tidak hanya bisa didapatkan oleh orang-orang yang menempuh bangku kuliah. Kamu yang lulusan SMK pun juga bisa mendapatkan pekerjaan dengan gaji tinggi, asalkan memiliki skill yang memadai dan sesuai dengan standar industri. Berikut beberapa jenis pekerjaan bergaji tinggi untuk lulusan SMK yang dapat kamu gunakan sebagai referensi.

Pekerjaan Bergaji Tinggi untuk Lulusan SMK

Akuntansi

Lulusan akuntansi sejak dahulu selalu menjadi primadona. Mengingat akuntan dibutuhkan di perusahaan mana pun, dan gajinya juga lumayan. Pekerjaan ini tentu menjadi peluang yang besar, terutama untuk kamu yang sekolah di SMK jurusan AKL (Akuntansi dan Keuangan Lembaga).

Dilansir dari idxchannel, gaji rata-rata seorang akuntan sekitar Rp4 juta, tergantung pada perusahaan dan UMR daerah masing-masing.

Administrasi Perkantoran

Kamu lulusan SMK jurusan OTKP (Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran)? Pekerjaan yang satu ini bisa jadi pilihan profesi yang tepat untukmu!

Pekerjaan ini memiliki tugas di seputar pengelolaan informasi dan data secara sistematis untuk mencapai tujuan sebuah perusahaan atau organisasi.

Setiap perusahaan tentu membutuhkan seorang administrator untuk tata kelola perusahaan. Secara umum, gaji yang didapatkan dari pekerjaan ini sebesar Rp3 juta hingga Rp4 juta setiap bulan. Bergantung pada profesi yang dijabat dan kebijakan setiap perusahaan.

Game Developer

Untuk kamu yang sekolah di SMK jurusan RPL dan tertarik dengan dunia game, bisa mencoba berkarir di bidang pengembangan game.

Game developer adalah bidang pekerjaan di mana seseorang merancang dan membuat sebuah software khusus game. Kisaran gaji game developer sekitar Rp6 juta.

Software Tester

Pekerjaan ini mengharuskan kamu menguji sebuah software atau perangkat lunak. Software tester merupakan pekerjaan yang cocok untuk lulusan SMK jurusan RPL. Kisaran gaji pekerjaan ini sekitar Rp5 juta hingga Rp10 juta per bulan.

Desainer Grafis

Kamu lulusan SMK jurusan Multimedia dan jago desain? Maka, kamu bisa mencoba menjadi seorang desainer grafis. Profesi ini banyak diperlukan oleh berbagai perusahaan. Kisaran gaji seorang desainer grafis sekitar Rp2,5 hingga Rp3,5 juta untuk desainer grafis junior.

Animator

Pekerjaan lain yang cocok untuk lulusan SMK adalah animator. Animator umumnya bertugas membuat gambar animasi dengan teknik tertentu sehingga menjadi gambar yang dapat bergerak. Kisaran gaji seorang animator adalah Rp5 juta hingga Rp10 juta.

Social Media Marketing

Untuk kamu lulusan SMK jurusan BDP (Bisnis Daring dan Pemasaran), tidak ada salahnya untuk mencoba pekerjaan sebagai social media marketing. Meningkatnya perkembangan teknologi membuat media sosial menjadi platform yang tepat untuk mengenalkan sebuah produk atau jasa kepada konsumen. Di situlah keahlianmu diperlukan.

Seorang social media marketing memiliki tugas untuk menerapkan strategi pemasaran dengan membuat konten, meningkatkan engagement, sampai penggunaan ads. Gaji yang diperoleh oleh seorang social media marketer berkisar Rp2,5 juta hingga Rp6 juta per bulan.

Teknisi Komputer

Untuk kamu yang lulusan SMK jurusan TKJ, kamu bisa mencoba pekerjaan yang satu ini. Teknisi komputer merupakan pekerjaan yang sangat diperlukan, terlebih saat ini hampir seluruh pekerjaan menggunakan komputer. Di samping itu, komputer-komputer tersebut memerlukan para teknisi untuk perbaikan dan perawatan. Gaji seorang teknisi komputer berkisar dari Rp2,5 juta hingga Rp3,5 juta per bulan.

Catatan: Besaran gaji yang pasti bergantung pada kebijakan setiap perusahaan dan UMR masing-masing daerah.

Baca Juga : Viral! Lulusan SMK Raup Omzet Rp100 Juta, Kok Bisa?

Tips Agar Lulusan SMK Segera Mendapatkan Pekerjaan

Itu dia daftar pekerjaan dengan gaji yang besar untuk lulusan SMK. Kira-kira, mana nih pekerjaan yang paling cocok untukmu?

Nah, agar kamu bisa segera mendapatkan pekerjaan, berikut beberapa yang bisa kamu terapkan.

Buat CV yang menarik

CV menjadi hal pertama yang dilihat oleh perusahaan saat kamu melamar kerja. Jadi, pastikan kamu membuat CV yang menarik dari segi desain, isi, dan template.

Menyusun portofolio

Selain CV, kamu juga harus menyusun portofolio agar pihak recruiter tertarik untuk merekrutmu. Untuk kamu yang lulusan SMK, portofolio yang dapat kamu gunakan bisa berupa karya atau pekerjaan yang kamu selesaikan saat mengikuti magang atau kelas industri.

Optimasi skill digital

Berkembangnya teknologi di era digital membuat banyak perusahaan membutuhkan talent digital yang memiliki skill digital sesuai standar industri. Untuk itulah Gamelab Indonesia hadir dengan berbagai program menarik seperti magang, kelas industri, teaching factory, dan akademi online untuk membantu para siswa SMK untuk meningkatkan skill digital.

Tertarik untuk optimasi skill di Gamelab agar cepat dapat kerja? Klik di sini untuk informasi selanjutnya!

 

 


Referensi:

https://www.idxchannel.com/milenomic/pekerjaan-dengan-gaji-tinggi-untuk-lulusan-smk 

https://www.renesia.com/10-peluang-atau-prospek-kerja-rpl/ 

 

 


Ayu Larasati

Ayu Larasati

Selasa, 19 April 2022

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI