BERITA PRAKERJA Cara Menambah Font di CorelDRAW Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Menambah Font di CorelDRAW Tanpa Aplikasi Tambahan

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 24 Agustus 2023

Cara Menambah Font di CorelDRAW Tanpa Aplikasi Tambahan

Inilah langkah-langkah atau cara menambah font di CorelDRAW tanpa aplikasi tambahan. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi tambahan seperti Bitstream Font Navigator untuk cara lainnya.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Cara menambah font di CorelDRAW - Bagi yang tertarik dengan dunia desain grafis, kamu mungkin tidak asing dengan software CorelDRAW. Entah mendengarnya, atau bahkan menggunakannya.

CorelDRAW merupakan perangkat lunak desain grafis yang sangat populer di dunia. Namun, sudahkah kamu mengetahui cara menambah font di CorelDRAW? Artikel ini akan mengulas tentang CorelDRAW dan cara menambahkan font tanpa menggunakan aplikasi tambahan.

Sekilas Tentang CorelDRAW

CorelDRAW adalah perangkat lunak desain grafis berbasis vektor yang dikembangkan oleh Corel Corporation. Perangkat lunak ini menjadi salah satu alat utama bagi desainer grafis untuk menciptakan ilustrasi, logo, desain web, materi pemasaran, dan masih banyak lagi.

CorelDRAW dikenal memiliki antarmuka yang mudah digunakan, bahkan untuk pemula yang ingin mempelajarinya. Aplikasi ini menawarkan berbagai fitur dan alat yang kuat untuk menciptakan desain yang menarik dan profesional.

Fungsi Font pada CorelDRAW

Satu di antara banyaknya fitur yang dimiliki CorelDRAW adalah Font. Font merupakan salah satu elemen dasar dalam desain grafis, dan CorelDRAW menyediakan berbagai fitur dan opsi terkait font untuk memungkinkan pengguna mengatur dan mengaplikasikan berbagai jenis huruf dan teks dalam desain mereka.

Adapun Font dalam CorelDRAW memiliki berbagai fungsi, antara lain:

1. Komunikasi Visual

Berbagai gaya, ukuran, dan bentuk font dapat membantu pengguna menyampaikan suasana, tone, dan makna yang berbeda dalam desain. Artinya, Font membantu pengguna mengkomunikasikan pesan secara visual.

Sebagai contoh, font yang elegan dan minimalis mungkin lebih cocok untuk desain formal, sementara font yang 'berani' dan berukuran besar mungkin cocok untuk desain yang mencolok.

2. Menciptakan Identitas Merek

Font yang konsisten dan unik dapat membantu pelaku bisnis dan pemasaran dalam menciptakan identitas merek yang kuat. Dengan menggunakan font yang khas dan sesuai dengan karakter merek, audiens akan lebih cepat mengenali sebuah brand.

3. Peningkatan Estetika

Pilihan font yang tepat juga dapat meningkatkan estetika dan tampilan desain yang kamu buat. Font dengan desain yang elegan, modern, atau klasik dapat memberikan sentuhan visual yang unik pada sebuah desain.

4. Meningkatkan Hierarki Visual

Font dapat digunakan untuk mengatur hierarki visual dalam desain. Dengan menggunakan ukuran, boldness, dan gaya yang berbeda, kamu dapat menyoroti bagian-bagian penting dalam sebuah teks, misalnya bagian judul, subjudul, dan isi.

5. Pembeda Visual

Penggunaan font yang berbeda dapat digunakan untuk membedakan antara elemen-elemen dalam desain. Misalnya, kamu bisa memanfaatkan font yang berbeda untuk membedakan teks kutipan dari teks utama.

6. Menyesuaikan Gaya dan Tema

Font yang dipilih dapat membantu menggambarkan gaya dan tema dalam desain yang kamu buat. Misalnya, font serif yang klasik cocok untuk desain tradisional, sementara font sans-serif modern dapat sesuai dengan desain yang bersifat kontemporer.

Menambah Font di CorelDRAW - GAMELAB.ID

Cara Menambah Font di CorelDRAW

Meskipun CorelDRAW telah menyediakan berbagai pilihan Font yang bisa kamu gunakan dalam proses mendesain, namun dalam beberapa kasus, kamu mungkin perlu menggunakan font khusus yang sesuai dengan merek, perusahaan, atau proyek tertentu.

Saat itu lah kamu perlu menambahkan font ke CorelDRAW. Berikut merupakan dua cara menambah fontDengan menambahkan font di software CorelDRAW, salah satunya tidak membutuhkan aplikasi tambahan.

1. Cara Menambah Font dengan Bitstream Font Navigator

Unduh dan Instal Bitstream Font Navigator: Jika belum memilikinya, silahkan melakukan pengunduhan dari sumber terpercaya.

  • Buka Bitstream Font Navigator: Jalankan aplikasi dengan cara klik start > All Program > CorelDraw.
  • Cari Font yang Ingin Ditambahkan: Pilih menu font catalog, kemudian cari folder di mana kamu menyimpan font yang ingin ditambahkan ke CorelDRAW.
  • Tambahkan Font ke Koleksi: Pilih font atau kelompok font yang ingin ditambahkan. Klik kanan, lalu pilih opsi "Install" atau "Add to Collection". Ini akan menambahkan font tersebut ke koleksi font yang dikelola oleh Bitstream Font Navigator.
  • Refresh Font di CorelDRAW: Setelah font ditambahkan, lakukan refresh dan font list akan diperbarui. Kamu dapat membuka aplikasi CorelDRAW dan mengakses font baru yang telah ditambahkan. Terkadang, kamu perlu me-restart aplikasi agar font terdeteksi.

2. Cara Menambah Font Tanpa Aplikasi Tambahan

Jika tidak ingin mengunduh aplikasi tambahan seperti cara pertama, jangan khawatir. Kamu bisa menambah font di CorelDRAW tanpa aplikasi tambahan. Berikut langkah-langkahnya.

  • Siapkan Font yang Sudah Didwonload: Mula-mula, siapkan dulu font yang sudah kamu unduh dan ingin ditambahkan ke CorelDRAW.
  • Copy Font: Jika sudah menemukan font yang ingin ditambahkan, lakukan perintah Ctrl + C.
  • Temukan Folder Font: Buka Lokal Disk C > Pilih Windows > Masuk ke folder Font.
  • Tunggu Folder Font Terbuka Semua: Windows akan meload semua jenis font yang terinstall.
  • Paste Font: Jika semua font sudah terbuka, silahkan lakukan perintah paste (Ctrl+V) di Folder Font.
  • Font Siap Digunakan: Muat ulang CorelDRAW jika perlu, font siap digunakan untuk mendesain.

Menambah Font di CorelDRAW - GAMELAB.ID

Baca Juga : Tutorial Menggambar Karakter Marbel Milik Educa Studio

Penutup

Itulah cara menambah font di aplikasi CorelDRAW dengan dan tanpa aplikasi tambahan. Font yang menarik dan sesuai dengan konten dapat meningkatkan daya tarik visual desain.

Nah, jika kamu berkeinginan menjadi seorang desainer grafis, kamu mungkin perlu mengasah kemampuan untuk mengoperasikan aplikasi CorelDRAW. Kamu bisa mengikuti kelas prakerja Mengoperasikan CorelDRAW untuk Menjadi Designer Grafis di GAMELAB.ID dan mengembangkan keterampilanmu di bidang desain grafis. Tunggu apa lagi nih, yuk daftar kelasnya di sini.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 24 Agustus 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI