BERITA BISNIS & ADMINISTRASI Ampuh! 12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Ampuh! 12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 7 September 2023

Ampuh! 12 Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

Sedang mencari penghasilan tambahan? Inilah 12 cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa kamu terapkan. Saat ini, banyak orang memanfaatkan TikTok untuk mencari uang.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Daftar Isi Artikel

Hingga saat ini, eksistensi TikTok sebagai media sosial terus meroket. Belakangan, aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk membuat, mengedit, dan berbagi video pendek dengan berbagai musik, filter, dan efek kreatif ini menjadi incaran untuk menjadi ladang penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok

TikTok telah bertransformasi dari sekadar platform hiburan menjadi peluang untuk menghasilkan uang. Dengan jutaan pengguna aktif setiap hari, platform ini menawarkan berbagai cara untuk mengonversi kreativitas menjadi pendapatan.

Lalu, bagaimana cara mendapatkan uang dari TikTok? Berikut merupakan beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk memperoleh pendapatan dari media sosial TikTok.

1. Menjadi Influencer

Ketika membicarakan soal mencari uang dari TikTok, kebanyakan orang akan langsung terpikir bahwa menjadi influencer adalah solusinya. Kebebasan berkreasi di TikTok dan penyebaran informasinya yang cepat memungkinkan kamu untuk menemukan audiens yang tepat.

Tentu saja, menjadi seorang influencer di TikTok bisa menjadi sumber potensial untuk menghasilkan pendapatan. Ada beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan jika ingin mengembangkan diri sebagai influencer di TikTok. Di antara lain:

  • Temukan Niche atau Fokus: Identifikasi topik atau niche yang sesuai dengan minat kamu. Fokuskan pada bidang yang tak cuma sesuai minat, tetapi juga memiliki potensi mendapatkan pengikut yang besar. Misalnya tentang kuliner, musik, komedi, dan lain sebagainya.
  • Kualitas Konten: Konten dengan kualitas baik, menarik, dan unik, cenderung lebih disukai oleh audiens. Meskipun terkadang audiens juga menyukai konten ala kadarnya, tetapi sebaiknya kamu menggarap kontenmu dengan cukup serius dan tak cuma asal-asalan.
  • Konsistensi: Di mana pun platformnya, konsistensi dalam mengunggah video adalah kunci. Tetap lah aktif dan berinteraksi dengan pengikut kamu secara teratur.
  • Kesabaran: Selain konsisten, membangun basis pengikut yang besar untuk menjadi seorang influencer juga membutuhkan waktu dan kesabaran. Teruslah mengasah keterampilan dan beradaptasi dengan perubahan tren untuk memahami audiens TikTok.

2. Gabung TikTok Affiliate

Cara lain untuk mendapatkan uang dari TikTok adalah dengan bergabung pada program TikTok Affiliate. Program ini memungkinkanmu mendapat uang lewat komisi dari penjualan yang dihasilkan melalui tautan afiliasi.

Mula-mula, kamu perlu mencari merek atau perusahaan yang memiliki program afiliasi di TikTok yang sesuai dengan niche akun milikmu. Jika sudah menemukannya, bergabunglah dengan program afiliasi yang kamu pilih.

Untuk menarik audiens, kamu perlu membuat konten yang menarik dan unik. Jangan lupa untuk menyematkan tautan afiliasi guna melacak konversi yang berasal dari rekomendasi kontenmu. Tautan ini bisa disisipkan di deskripsi video atau kolom komentar.

Sebaiknya, kamu memberikan ulasan yang jujur dan informatif agar mendapat kepercayaan dari audiens. Perlu dicatat, semakin audiens percaya dengan konten yang kamu buat, maka semakin mudah bagi mereka untuk terbujuk membeli produk dari rekomendasi kontenmu.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok - GAMELAB.ID

3. Manfaatkan Fitur Link di Bio

TikTok memiliki fitur "tautan dalam bio" yang memungkinkan penggunanya untuk menyematkan tautan ke situs web atau platform lain. Dengan fitur ini, kamu berkesempatan untuk mengarahkan pengikut ke platform lain yang dapat menghasilkan uang, seperti toko online atau blog.

Jika kamu tergabung dalam program afiliasi di platform lain, kamu juga bisa menyematkan kumpulan link afiliasi tersebut ke akun TikTokmu. Cara ini dapat meningkatkan peluangmu untuk mendapatkan penghasilan lebih banyak.

4. Jual Produk Sendiri

Apakah kamu memiliki produk fisik atau digital yang ingin dipromosikan? Jika iya, TikTok bisa menjadi tempat yang tepat untuk memamerkan produk tersebut dengan cara kreatif dan menarik. Penjualan ini bisa dilakukan dengan cara memanfaatkan fitur TikTok Shop. Kamu juga bisa menjualnya lewat siaran langsung.

5. Manfaatkan TikTok Shop

TikTok Shop adalah platform yang memungkinkan pengguna untuk menjual produk atau barang dagangan melalui TikTok. Fitur ini membantu pengguna menampilkan produk-produk jualan mereka.

Untuk menggunakan fitur ini, kamu perlu mendaftar terlebih dulu. Silahkan kunjungi situs Seller Center TikTok Shop dan lakukan pendaftaran akun dengan melengkapi data-data yang diminta. 

Kamu mungkin akan diminta melengkapi nama toko, alamat, keterangan produk, dll. Jika sudah mendaftar, kamu bisa menggunakan fitur TikTok Shop untuk berjualan. Jangan lupa buat konten menarik dan sematkan tautan jualanmu.

6. Gunakan TikTok Ads

TikTok Ads adalah program iklan yang disediakan oleh TikTok untuk bisnis dan pengiklan. Kamu bisa memanfaatkan fitur ini untuk mempromosikan produk, layanan, atau merek kepada audiens yang lebih luas di platform TikTok.

TikTok Ads memungkinkan pengiklan untuk menampilkan iklan video yang kreatif di antara konten yang dibagikan oleh pengguna TikTok. Hal ini membantu pengiklan menjangkau jutaan audiens untuk mempromosikan produk mereka.

Selain itu, TikTok Ads juga memberikan kesempatan untuk mendapatkan uang dari internet dengan memonetisasi video yang diunggah. Jenis iklan pada TikTok Shop juga beragam. Untuk menggunakannya, kamu perlu memiliki anggaran iklan terlebih dulu.

7. TikTok Creator Fund

TikTok juga memiliki program TikTok Creator Fund yang memungkinkan kreator mendapatkan penghasilan dari konten yang mereka buat. Program ini memberikan kompensasi kepada kreator berdasarkan kinerja dan kualitas konten mereka. Meski demikian, ada beberapa syarat yang perlu dipenuhi untuk menggunakan fitur ini.

Setidaknya, kamu harus memiliki 10.000 pengikut. Video yang kamu unggah di akun TikTok juga harus memiliki sedikitnya 10.000 penayangan dalam 30 hari terakhir. Apabila belum bisa bergabung dengan TikTok Creator Fund, kamu bisa menhajukan permohonan.

Setelah bergabung, ciptakan konten-konten menarik. Kian banyak views dan engagement dari konten buatanmu, kompensasi yang kamu dapatkan juga semakin besar.

8. Sponsored Post

Sponsored post adalah jenis iklan yang dibuat atau disponsori oleh sebuah perusahaan atau merek tertentu, dan kemudian dipublikasikan atau dibagikan oleh pengguna atau akun media sosial lainnya. Dalam hal ini, iklan tersebut dipublikasikan di platform TikTok.

Sponsored post TikTok biasanya berisi konten yang mendukung atau mempromosikan produk, layanan, atau merek tertentu. Tujuan dari sponsored post TikTok adalah untuk meningkatkan kesadaran merek, mempromosikan produk atau layanan, dan mencapai audiens yang lebih besar melalui kreator TikTok yang memiliki banyak pengikut.

9. Donasi Live Gifting

Mendapatkan donasi dari Live Gifting di TikTok adalah salah satu cara bagi pengguna TikTok untuk meraih pendapatan. Live Gifting adalah fitur di TikTok yang memungkinkan pengguna untuk memberikan hadiah virtual kepada pengguna yang sedang melakukan siaran langsung (live streaming) di platform tersebut.

Pengguna yang menerima donasi dalam bentuk hadiah virtual dapat mengubahnya menjadi uang sungguhan. Tetapi, untuk memulai live streaming kamu harus memilik setidaknya 1.000 pengikut.

10. Menjalankan Misi TikTok

Misi TikTok adalah program di mana TikTok memberikan imbalan kepada pengguna yang memenuhi tugas atau misi tertentu yang ditetapkan oleh platform tersebut. Imbalan ini dapat berupa uang atau hadiah lainnya.

TikTok seringkali mengumumkan misinya melalui berbagai sumber, seperti situs web resmi, blog TikTok, atau di dalam aplikasi itu sendiri. Setelah menemukan Misi TikTok yang ingin diikuti, silahkan mendaftar dan ikuti perintah yang disediakan.

11. Menjadi Admin TikTok

Populernya media sosial ini membuat banyak orang memanfaatkannya untuk berbagai keperluan bisnis. Jika kamu merasa mampu dan menguasai platfrom tersebut, kamu bisa menawarkan jasa admin di TikTok.

Tugas admin TikTok yakni mengelola akun orang lain secara profesional. Ini bisa menjadi peluang yang menjanjikan, mengingat kita hidup di era digital yang banyak menggantungkan pemasaran lewat media sosial.

12. Menjual Akun TikTok

Jika kamu memiliki kemampuan dalam membangun dan mengembangkan akun TikTok untuk mendapatkan banyak pengikut, kamu bisa menjadikannya sebagai ladang bisnis.

Banyak orang membutuhkan akun TikTok dengan basis pengikut besar untuk kepentingan bisnis dan lainnya, sehingga menjual akun TikTok bisa menjadi salah satu cara untuk mendapatkan penghasilan.

Cara Mendapatkan Uang dari TikTok - GAMELAB.ID

Baca Juga : Rahasia Strategi Penjualan Live TikTok, Temukan Hanya di GAMELAB.ID Online Webinar (GLOW)

Penutup

Ada banyak cara yang bisa dilakukan oleh pengguna TikTok untuk memperoleh penghasilan. Namun, penting untuk diingat bahwa kesuksesan di TikTok, seperti halnya di platform media sosial lainnya, memerlukan kerja keras, kreativitas, dan dedikasi.

Tidak semua orang akan mencapai popularitas atau pendapatan yang sama, tetapi dengan ketekunan dan inovasi, kamu tetap memiliki peluang untuk membangun kehadiran yang kuat di TikTok.

Jika kamu ingin memanfaatkan peluang tersebut, ada baiknya kamu belajar lebih lanjut mengenai Strategi Menghasilkan Pendapatan Melalui TikTok. Yuk, ikuti kelas tersebut di GAMELAB.ID. Silahkan hubungi link ini ya!


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 7 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI