BERITA SMK Bisakah Lulusan SMK Lintas Jurusan untuk Kuliah?

Bisakah Lulusan SMK Lintas Jurusan untuk Kuliah?

Oleh Rifka Amalia | Kamis, 21 September 2023

Bisakah Lulusan SMK Lintas Jurusan untuk Kuliah?

Bisakah lulusan SMK lintas jurusan saat kuliah nanti? Meski lulusan SMK dipersiapkan untuk langsung kerja, kamu tetap bisa melanjutkan ke perguruan tinggi.

Aktivitas di kantor membosankan?
Karyawan engangement kurang?
GAMIFIKASI-IN aja!

Ciptakan lingkungan belajar yang lebih MENYENANGKAN dengan GAME-BASED LEARNING!

Daftar Isi Artikel

Sebagai seorang siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), kamu mungkin bertanya-tanya tentang bisa nggak ya lulusan SMK lintas jurusan saat di perguruan tinggi nanti?

Jangan khawatir, lulusan SMK yang ingin melanjutkan ke perguruan tinggi bisa kuliah dengan jurusan yang berbeda dari jurusan di SMK. Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ya.

Lulusan SMK Bisa Lintas Jurusan

Belum lama ini, laman resmi Seleksi Nasional Penerimaan Mahasiswa Baru (SNPMB) 2023 mengungkapkan bahwa pemerintah memberi kesempatan kepada calon mahasiswa untuk mendaftar program studi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) dengan lintas program dari jurusan yang diambil saat masih di sekolah menengah.

Diterapkannya kurikulum Merdeka Belajar dalam SNPMB 2023 membuat siswa menengah atas baik SMA, MA, maupun SMK, bisa lintas jurusan.

Pada dasarnya, kewenangan penetapan kriteria dan hasil kelulusan seleksi tergantung pada masing-masing perguruan tinggi. Yang pasti, calon mahasiswa diimbau agar bertanggung jawab merampungkan pendidikannya selama kuliah.

Bisakah Lulusan SMK Lintas Jurusan Saat Kuliah - GAMELAB

Bahkan, mengutip Kompas.com, lulusan SMK juga dibolehkan mendaftar di Jurusan Kedokteran yang umumnya hanya menerima lulusan SMA dan MA dari jurusan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA).

Umumnya siswa SMK yang bisa mendaftar di Jurusan Kedokteran adalah mereka yang di SMK mengambil jurusan Kesehatan Perawatan, Kesehatan Masyarakat, atau Ilmu Gizi. Jurusan-jurusan tersebut masih berada di ranah kesehatan.

Pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2023, dua jurusan yang membolehkan SMK mendaftar Kedokteran adalah Universitas Negeri Semarang (Unnes) dan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan (BP3) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) juga menegaskan melalui akun resminya bahwa siswa SMK memiliki kebebasan memilih jurusan di perkuliahan, asal dilandasi kesadaran dan tanggung jawab.

Apabila siswa SMK sudah memilih program studi lintas jurusan di perkuliahan, apapun kesulitan yang dihadapi kelak, mereka tetap harus menyelesaikan pendidikan perguruan tinggi tersebut sampai selesai.

Pengalaman Lintas Jurusan dari Alumnus SMK

Pada dasarnya, sudah banyak alumni SMK yang berbagi pengalaman lintas jurusan saat kuliah. Pengalaman itu salah satunya dibagikan oleh netizen dengan nama pengguna Noririn di platform Quora.

Dalam kisahnya, Noririn menyebutkan bahwa saat belajar di SMK, dia mengambil jurusan Multimedia. Di sekolah ia mempelajari hal-hal yang berhubungan dengan fotografi, videografi, animasi, hingga desain grafis.

Namun, saat hendak masuk ke perguruan tinggi, Noririn merasa kurang siap untuk melanjutkan jurusan tersebut. Dia pun memutuskan untuk lintas jurusan dengan dua pilihan program studi yakni Jurusan Geografi lewat jalur SBMPTN dan jurusan Pariwisata lewat jalur UM.

Setelah pertimbangan matang, alumnus jurusan Multimedia itu memilih berkuliah di jurusan Pariwisata. Kisah Noririn mengenai lintas jurusan SMK untuk kuliah selengkapnya dapat dibaca di sini. Ia juga memberi pesan kepada lulusan SMK yang ingin lintas jurusan agar memilih jurusan perkuliahan yang sesuai dengan passion.

Di platform yang sama, alumnus SMK dengan nama pengguna Fikri Sujasmara Pratama juga berbagi kisah lintas jurusan. Dia merupakan lulusan SMK teknik elektro yang memutuskan lintas jurusan dengan mengambil jurusan sastra.

Jurusan di SMK

SMK sendiri merupakan program pendidikan vokasi yang memiliki beberapa jurusan di dalamnya untuk membekali pengetahuan dan keterampilan bagi para siswanya agar siap kerja setelah lulus. SMK memiliki banyak jurusan, berikut beberapa di antaranya.

  • Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yakni jurusan yang dirancang untuk mencetak siswa menjadi profesional di bidang teknologi dan perangkat lunak.
  • Desain Grafis dan Multimedia yakni jurusan yang mewadahi siswa-siswinya untuk mengeksplorasi kreativitas dalam seni visual, desain, multimedia, dan lainnya.
  • Akuntansi yakni jurusan yang memberikan pengetahuan tentang pengelolaan keuangan, analisis laporan keuangan, hingga pembukuan.
  • Bisnis dan Pemasaran yakni jurusan yang mempelajari keilmuan dan praktik pengembangan bisnis dan pemasaran.
  • Broadcasting dan Perfilman yakni jurusan yang mempelajari keilmuan dan keterampilan penyiaran dan perfilman.

Bisakah Lulusan SMK Lintas Jurusan Saat Kuliah? - GAMELAB

Baca Juga : GAMELAB dan SMKS Pelita Al-Qur'an Gelar Seminar Industri untuk Tingkatkan Keterampilan Siswa

Penutup

Siswa SMK memang dibebaskan untuk lintas jurusan saat masuk ke perguruan tinggi. Namun ingat ya, ada tanggung jawab dan komitmen yang harus dilaksanakan untuk merampungkan proses perkuliahan.

Pilihan lintas jurusan mungkin cocok diambil bagi lulusan SMK yang merasa tidak cocok dengan jurusannya. Namun, banyak pula siswa SMK yang mengambil jurusan sesuai minat demi bisa langsung bekerja pasca-lulus nanti.

Sebagai siswa SMK, kamu akan dibekali dengan beragam pengetahuan dan keterampilan agar kelak tidak gagap ketika terjun ke dunia kerja. Modal ini bisa kamu dapatkan dengan mengikuti Kelas Industri, yakni kelas khusus yang dibuat di lingkungan sekolah dengan kurikulum berstandar industri.

Jika kamu seorang siswa SMK yang ingin langsung bekerja dan ingin mendapatkan kompetensi sesuai standar industri, maka ini saatnya kamu mengajak sekolahmu untuk bekerja sama dengan Gamelab melalui link ini. Yuk, jangan sia-siakan kesempatan belajar dengan instruktur profesional dari industri.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Kamis, 21 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI