BERITA TIPS MAGANG & KARIER Tips Jitu Melamar Kerja untuk Lulusan Baru

Tips Jitu Melamar Kerja untuk Lulusan Baru

Oleh Rifka Amalia | Jumat, 29 September 2023

Tips Jitu Melamar Kerja untuk Lulusan Baru

Berikut merupakan tips melamar kerja yang bisa diterapkan oleh lulusan baru sebagai persiapan untuk meningkatkan peluang memperoleh pekerjaan.

Yuk, ikuti program inovatif MAGANG ONLINE untuk berbagai bidang seperti animasi, coding, 3D, illustrasi, musik dan bisnis hanya di GAMELAB.ID!

Yuk, belajar di GAMELAB ACADEMY, belajar kapan saja, di mana saja. Kurikulum berbasis industri. Dapatkan SERTIFIKAT ketika kamu sudah selesai!

Daftar Isi Artikel

Tips melamar kerja - Dewasa ini, lapangan pekerjaan yang tersedia di pasar kerja memang semakin luas. Namun, persaingan dunia kerja juga meningkat drastis, sehingga tak sedikit pencari kerja yang kesulitan mendapatkan pekerjaan setelah lulus. Berikut merupakan sejumlah tips yang bisa membantu kamu dalam persiapan melamar pekerjaan sebagai lulusan baru.

1. Tentukan Tujuan Karier

Sebelum mulai mencari pekerjaan, penting untuk memiliki pemahaman yang jelas tentang tujuan karier yang ingin kamu capai. Pertimbangkan bidang atau industri apa yang kamu minati dan sesuaikan dengan latar belakang pendidikanmu.

Buat daftar pekerjaan atau peran yang kamu inginkan dalam jangka panjang. Menentukan tujuan karier akan membantumu mengarahkan fokus dan bisa menjadi sumber motivasi yang kuat.

2. Siapkan CV Paling Menarik

Curriculum Vitae (CV) adalah dokumen wajib yang dibutuhkan saat mencari pekerjaan. Di dalam CV, dimuat data-data seperti riwayat pendidikan, informasi pribadi, pengalaman organisasi, dll.

Jika selama menempuh pendidikan kamu memiliki prestasi-prestasi tertentu, tuliskan hal tersebut ke dalam CV. Kamu juga bisa menyertakan pengalaman organisasi yang pernah kamu ikuti.

Apabila pernah mengikuti program magang, PKL, atau mengerjakan proyek-proyek tertentu yang membuahkan hasil, kamu juga bisa menuliskannya sebagai pengalaman kerja. Jangan lupa tuliskan pula keahlian yang kamu kuasai ya.

3. Manfaatkan Relasi

Satu di antara hal terbaik yang bisa dilakukan untuk mencari pekerjaan adalah dengan memanfaatkan relasi. Sebagai lulusan baru, kamu bisa mencari informasi pekerjaan sebanyak-banyaknya dari alumni yang sudah bekerja.

Mendapatkan informasi lowongan kerja dari alumni akan memudahkanmu dalam mempersiapkan diri sebelum melamar pekerjaan. Karena itu, pastikan untuk menjaga relasi dan hubungan baik dengan alumni ya!

Tips Melamar Kerja - GAMELAB

4. Ikut Job Fair atau Career Expo

Sebagai seorang job seeker (pencari kerja), sering-seringlah mengikuti acara job fair atau career expo, yakni event di mana perusahaan-perusahaan berkumpul di suatu tempat untuk mencari kandidat karyawan yang tepat secara langsung.

Dengan mengikuti job fair, kamu berpeluang secara langsung menyerahkan CV-mu atau jika beruntung bisa pula mengikuti walk in interview. Job fair juga memberikan keuntungan seperti mendapatkan konsultasi karier secara gratis, kesempatan bertemu dengan perusahaan-perusahan di berbagai bidang, hingga kesempatan melamar kerja secara langsung.

Untuk memudahkan saat mengikuti job fair, ada baiknya kamu telah memiliki perusahaan incaran, sehingga saat datang ke job fair kamu telah menyiapkan beberapa pertanyaan. Jangan lupa pula siapkan resume dan CV terbaikmu.

5. Siapkan Portofolio

Selain menyiapkan CV, portofolio yang menunjukkan hasil kerja nyata juga penting disiapkan dalam proses mencari pekerjaan. Portofolio adalah cara yang efektif untuk menunjukkan kepada calon perekrut apa yang mampu kamu lakukan. Ini memungkinkan kamu untuk memamerkan proyek-proyek, hasil kerja, atau karya nyata yang menggambarkan kemampuanmu.

6. Info Loker di Situs Online

Selain menyiapkan berkas-berkas dan dokumen pendukung, jangan lupa untuk terus memantau situs lowongan kerja agar mendapatkan informasi terbaru. Agar tak ketinggalan informasi, kamu bisa berlangganan notifikasi yang sesuai dengan minatmu. Biasanya, kamu juga bisa mem-filter lowongan pekerjaan yang sesuai dengan bidangmu.

7. Cari Tahu soal Perusahaan

Lakukan riset mendalam terhadap perusahaan incaranmu. Semakin banyak tahu, kamu bisa semakin mempersiapkan diri dalam melamar pekerjaan. Hal ini juga akan memudahkan saat kamu sampai ke tahap wawancara.

8. Persiapan Wawancara

Agar semakin matang, lakukanlah persiapan wawancara. Kamu bisa mencari daftar pertanyaan yang umum keluar saat wawancara dan berlatih menjawabnya. Latihan wawancara bisa dilakukan secara mandiri dengan melihat dari cermin atau merekam via ponsel.

Kamu juga bisa meminta bantuan teman atau keluarga untuk mengajukan pertanyaan-pertanyaan wawancara kerja. Hal ini dapat meningkatkan keterampilanmu dalam berkomunikasi dan mencegahmu gagap saat berhadapan dengan rekruter.

9. Pertimbangkan Magang

Jika memiliki kesempatan, pertimbangkan untuk mengikuti program magang. Ini bisa menjadi cara yang baik untuk mendapatkan pengalaman kerja dan membangun jaringan dengan profesional.

10. Ikut Pelatihan

Selain magang, kamu juga bisa mengikuti pelatihan guna meningkatkan keterampilan. Saat ini, industri cenderung lebih mengedepankan calon pekerja yang kompeten ketimbang gelar pendidikannya.

Tips Melamar Kerja - GAMELAB

Baca Juga : Mengintip Dunia Programmer, Apa yang Tidak Dikatakan di Kampus!

Penutup

Itu lah sejumlah tips yang bisa kamu lakukan dalam upaya persiapan melamar kerja. Terlepas dari sebanyak apapun tips yang kamu coba, penting untuk meningkatkan keterampilan di bidang relevan yang ingin kamu geluti.

Salah satu upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kompetensi adalah dengan mengikuti kelas akademi di Gamelab. Ada berbagai pilihan kelas di bidang teknologi, kreatif/desain, hingga manajemen bisnis yang bisa kamu ikuti. Yuk, hubungi link ini untuk mengikuti kelasnya.


Rifka Amalia

Rifka Amalia

Jumat, 29 September 2023

ARTIKEL TERKAIT

Magang lebih mudah dan bisa dilakukan dari mana saja dengan Program Magang Online Gamelab. Magang Bersertifikat, plus Pelatihan!

DAFTAR MAGANG

ARTIKEL POPULER

KATEGORI